15 Rekomendasi Facial Wash Untuk Kulit Sensitif Terbaik

3 bulan, by Hai Gadis

Facial Wash Untuk Kulit Sensitif

Pada kulit sensitif, memilih skincare harus benar-benar tepat lho. Soalnya, kulit sensitif cenderung mudah iritasi. Salah memilih skincare saja, kulit bukannya semakin sehat. Namun justru malah bisa terjadi kemerahan, mengelupas, dan terasa perih. Nah, salah satu skincare yang agak tricky memilihnya adalah facial wash untuk kulit sensitif. Seperti yang kamu tahu, facial wash menjadi jenis skincare yang wajib dan yang paling banyak dipakai dibanding rangkaian skincare lainnya.

Facial wash sendiri sangat bermanfaat untuk membersihkan kulit wajahmu dari sisa makeup, kotoran, debu, minyak berlebih, hingga sel-sel kulit mati. Buat pemilik kulit wajah sensitif, jangan asal pilih deh. Soalnya percuma jika produk skincare yang kamu beli bagus tapi malah nggak cocok di kulitmu. Untuk itu sebelum memutuskan membeli facial wash terbaik buat kulit sensitif, simak dulu deh ulasan dari Hai Gadis berikut ini.

Ciri-ciri kulit sensitif

Sebenarnya, kamu sendiri sudah tahu belum Girls kulitmu termasuk sensitif atau enggak? Kalau belum tahu, kenali dulu yuk ciri-ciri kulit sensitif berikut ini.

  • Mudah muncul bercak atau ruam kemerahan pada kulit
  • Kulit terasa gatal, kering, hingga mengelupas
  • Mudah breakout dan teriritasi
  • Kulit mudah bereaksi terhadap zat tertentu pada skincare, misalnya saja pewangi
  • Kulit mudah terbakar sinar matahari.

Tips memilih facial wash untuk kulit sensitif

Nah, kalau kulitmu memang termasuk dalam jenis kulit sensitif, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih facial wash terbaik. Simak yuk, kalau perlu dicatat ya!

a. Pilih facial wash yang nggak mengandung bahan-bahan pemicu iritasi

Tips yang pertama adalah memeriksa kandungan suatu produk facial wash. Produk yang aman bakalan bebas dari bahan-bahan pemicu iritasi seperti alkohol, fragrance, paraben, atau bahan seperti SLS (sodium lauryl sulfate). Untuk itu, hindari produk yang mengandung bahan-bahan tersebut. Selain itu, hindari pula produk yang mengandung acid-acid tinggi sebagai eksfoliator, karena kandungan tersebut kurang baik buat kulit sensitif. Misalnya saja glycolic acid dan salicylic acid.

b. Pilih produk yang teksturnya lembut

Tips memilih facial wash untuk kulit sensitif selanjutnya adalah hindari produk yang teksturnya nggak nyaman di kulitmu. Sebaiknya sih pilih produk bertekstur gel yang lembut dan nggak mengandung bahan-bahan eksfolian seperti scrub. Kandungan scrub di facial wash bisa bikin kulitmu malah meradang. Kamu pun sebaiknya memilih produk yang nggak mengandung banyak foam yang malah bikin kulit semakin kering.  Biasanya, produk facial wash buat kulit sensitif memiliki klaim “gentle” lho. Jadi kamu bakalan mudah kok mencarinya di pasaran.

c. Jangan lupakan kandungan pelembap

Kulit sensitif jangan sampai dibiarkan kering lho Girls karena bisa makin teriritasi dan mengelupas. Dalam memilih sabun muka, hendaknya pilih produk yang tinggi akan kandungan pelembap. Misalnya saja Aloe vera dan hyaluronic acid. Kandungan pelembap pada facial wash nggak akan bikin kulit terasa kaku atau ketarik.

d. Pilih produk yang formulanya mudah dibersihkan

Poin yang satu ini juga nggak kalah penting lho, Girls. Memilih produk yang formulanya mudah dibersihkan akan meminimalkan residu atau sisa sabun yang tertinggal di kulit wajah. Selain itu, produk yang susah dibersihkan juga bisa menyebabkan kamu menyentuh wajah dengan terlalu keras yang justru bisa makin m engiritasi kulit.

e. Pilih produk yang memiliki kandungan untuk menenangkan kulit

Kandungan-kandungan produk untuk menenangkan kulit juga bisa lho kamu pilih dalam mencari facial wash terbaik untuk kulit sensitif. Misalnya saja seperti kandungan Aloe vera dan Allantoin. Kandungan-kandungan tersebut memiliki efek soothing.

f. Pilih produk dengan label “hypoallergenic” dan “dermatology tested”

Sebenarnya ada cara mudah lagi nih Girls dalam memilih facial wash bagi pemilik kulit sensitif. Biasanya produk yang memang dikhususkan untuk kulit sensitif akan memiliki label atau klaim “hypoallergenic” dan “dermatology tested”. Bahkan kamu juga bisa banget memilih produk dengan label “for sensitive skin”.

g. Pilih produk yang harganya sesuai budget

Tips yang satu ini sih nggak kalah penting. Facial wash bakalan kamu pakai setiap hari secara rutin, sehingga kalau memilih produk yang harganya terlalu mahal, takutnya kamu nggak akan memakainya secara continue deh. Lagi pula, banyak kok produk bagus yang harganya terjangkau.

Gimana? Mudah ‘kan memilih facial wash untuk kulit sensitif? Setelah ini, kamu nggak perlu khawatir lagi deh dengan sekian banyaknya produk di pasaran. Soalnya Hai Gadis punya rekomendasi khusus buat kamu. Cek, yuk!

Rekomendasi facial wash untuk kulit sensitif

1. Dear Klairs Rich Moist Foaming Cleanser

Skincare untuk kulit sensitif

Photo via klairscosmetics.com

Produk facial wash untuk kulit sensitif yang pertama berasal dari Korea Selatan nih Girls, yaitu Dear Klairs Rich Moist Foaming Cleanser. Facial wash yang satu ini nggak mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulfate) yang berbahaya bagi kulit sensitif, tetapi mengandung asam amino sebagai bahan dasar. Asam amino ini sangat lembut dan bebas iritasi dalam membersihkan serta mengatasi masalah pada kulit sensitif.

Selain itu, formula produk ini juga mampu membuat kulit tetap lembap dan pori-pori menjadi lebih bersih. Saat menggunakannya, produk ini memiliki tekstur busa yang lembut dan nyaman buat kulitmu. Kandungan-kandungan di dalamnya selain asam amino, ada hyaluronic acid, ceramide 3, dan olive oil. Kelembapan kulitmu bakalan terjaga maksimal deh. Facial wash ini pun bersifat  hypoallergenic yang nggak akan membuat kulitmu mudah iritasi. Untuk ukuran 100 ml, Dear Klairs Rich Moist Foaming Cleanser dijual seharga Rp 250.000,-.

2. Avene Extremely Gentle Cleanser Lotion

Skincare kulit sensitif bagus

Photo via tokopedia.com

Rekomendasi facial wash terbaik berikutnya adalah Avene Extremely Gentle Cleanser Lotion yang juga cocok untuk kulit sensitif. Facial wash yang satu ini merupakan pembersih wajah dengan bahan minimal dan mampu mengangkat makeup serta kotoran dari wajah dengan efektif. Dari segi kandungan sendri ada parcerine dan Avene thermal spring water yang mampu menenangkan kulit yang iritasi atau kemerahan.

Produk ini juga memiliki formula yang lembut bagi kulit dan nggak akan memberikan efek kulit terasa tertarik. Barrier kulit yang rusak juga bisa diperbaiki kalau kamu memakainya secara teratur lho. Untuk kemasan 25 ml, produk ini dijual seharga Rp 100.000-an.

3. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Photo via cetaphil.co.id

Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga termasuk facial wash untuk kulit sensitif yang best seller. Facial wash yang satu ini memiliki formula hypoallergenic, lembut, dan efektif membersihkan kulit dari sisa makeup maupun kotoran. Sabun muka ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah untuk melembapkan dan membersihkan kulit dengan baik. Oh ya, produk ini bahkan bisa digunakan dengan maupun tanpa air.

Selain itu, formulasi dari sabun muka ini pun memiliki pH seimbang sehingga nggak bakalan bikin kulitmu makin iritasi. Dari segi tekstur, konsistensi produk ini nggak terlalu cair dan nggak terlalu kental. Warnanya putih translucent, yang kalau digunakan tanpa air teksturnya akan melt menjadi lebih cair. Produk ini recommended banget deh buat kulit sensitif karena formulanya juga bebas  pewarna, pewangi, dan tanpa busa berlebih. Nggak hanya untuk kulit wajah, Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga bisa digunakan untuk kulit badanmu. Kamu bisa membelinya seharga Rp 125.000-an untuk kemasan 125 ml.

4. Laneige Fresh Calming Gel Cleanser

Skincare kulit sensitif bagus

Photo via blibli.com

Selanjutnya, ada Laneige Fresh Calming Gel Cleanser yang juga menjadi facial wash terbaik dan bagus buat kulit sensitif. Produk Korea Selatan ini mengandung ekstrak buah leci dan deep sea water yang mampu memberi efek fresh dan menenangkan pada wajah. Teksturnya juga lembut berbentuk gel, sehingga aman untuk kulit sensitif dan nggak bikin iritasi.

Laneige Fresh Calming Gel Cleanser pun terkenal ampuh untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel pada kulit tanpa membuat pori-pori tersumbat. Wajahmu bakalan terasa lebih bersih dan produksi minyak bisa terkontrol deh. Untuk ukuran kemasan 230 ml, harga produk ini adalah Rp 245.000-an. Agak pricey, tetapi sebanding deh sama kualitasnya.

5. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Photo via tokopedia.com

COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser pun termasuk facial wash untuk kulit sensitif yang recommended buat kamu. Salah satu skincare Korea yang bagus ini diformulasikan dengan bahan-bahan alami. Formulanya lembut dan mampu membersihkan kulit sensitif dengan baik tanpa menimbulkan iritasi. Sesuai namanya, facial wash ini pun memiliki kadar acid yang mirip dengan pH kulit, sehingga aman deh buat kulit sensitifmu.

Bertekstur gel, COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser juga mampu menenangkan, mengeksfoliasi, melembapkan, dan membersihkan kulit wajahmu dengan baik. Sel-sel kulit mati dan minyak berlebih pun bakalan hilang deh sehingga wajah tampak glowing. Setelah membersihkan wajah dengan cleanser ini, wajahmu juga nggak akan terasa ketarik dan tetap terlembapkan. Untuk ukuran kemasan 150 ml, produk ini dijual seharga Rp 80.000-an.

6. Safi Dermasafe Mild & Gentle Gel Cleanser

Skincare untuk kulit sensitif

Photo via safiindonesia.com

Safi merupakan salah satu produk kosmetik yang terkenal dengan label Halal. Untuk kulit sensitif, Safi juga punya facial wash terbaik, yaitu Dermasafe Mild & Gentle Cleanser. Produk bertekstur gel ini sangat cocok buat kulit sensitif dan cenderung berminyak. Kandungannya ada chamomile dan juga licorice. Manfaatnya adalah mengurangi kemerahan, iritasi, hingga ketidaknyamanan pada kulit.

Selain itu, produk ini juga mampu menjaga keseimbangan kelembapan kulit. Berukuran 100 gram, produk dari Safi ini dijual seharga Rp 63.000,-. Kamu juga bisa dengan mudah menemukannya di drugstore maupun minimarket terdekat.

7. The Body Shop Aloe Calming Foaming Face Wash

Skincare kulit sensitif bagus

Photo via thebodyshop.co.id

Rekomendasi facial wash untuk kulit sensitif berikutnya adalah The Body Shop Aloe Calming Foaming Face Wash yang kandungannya berupa Aloe vera. Produk dari The Body Shop ini menggunakan Community Trade Aloe Vera dari Meksiko yang banyak manfaatnya buat kulit wajahmu. Di antaranya adalah membantu membersihkan wajah dari makeup maupun kotoran secara lembut.

Wajahmu juga bakalan terasa bersih dan segar setelah pemakaian. Nggak ada efek kering atau kulit wajah terasa tertarik juga sehingga kulitmu akan tetap nyaman. Dengan kemasan berukuran 150 ml, The Body Shop Aloe Calming Foaming Face Wash bisa kamu beli seharga Rp 101.400,-.

8. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Photo via blibli.com

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash merupakan salah satu facial wash terbaik yang bisa menolong masalah kulit kering, termasuk pada kulit sensitif sekalipun. Face wash ini memiliki kandungan 2 tipe hyaluronic acid yang mampu membersihkan wajah secara maksimal. Wajahmu bakalan 2 kali lebih lembap setelah dibersihkan, sehingga kulit nggak terasa kasar, kering, maupun pecah-pecah.

Selain itu, kandungan yang dimiliki face wash ini pun mampu mengangkat kotoran, minyak, dan sisa makeup di kulit wajah tanpa menyebabkan kulitmu jadi kering. Produk dari Hada Labo ini pun aman kok buat pemilik kulit sensitif karena nggak mengandung bahan tambahan seperti pewarna atau pewangi. Produk ini juga dibuat dengan pH balance sehingga bakalan minim iritasi. Kamu bisa membeli skincare ini seharga Rp 40.000-an saja untuk kemasan berukuran 100 gram.

9. Acnes Foaming Wash

Sabun muka untuk kulit sensitif dan berjerawat - Acnes Foaming Wash

Photo via watsons.co.id

Buat kulit sensitif yang juga mengalami masalah jerawat, coba deh Acnes Foaming Wash ini. Sabun pembersih wajah berbentuk foam ini memiliki formula yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan pada kulit wajah, dan membersihkan minyak berlebih maupun kotoran yang menyumbat pori.

Kandungan dari produk ini berupa vitamin C yang selain berfungsi sebagai antioksidan, juga mampu melindungi kulitmu dari kerusakan akibat sinar UV. Dari segi keamanan, kamu nggak perlu khawatir karena Acnes Foaming Wash ini berlabel hypooallergenic dan dermatologically tested sehingga nggak bakalan memicu alergi maupun iritasi pada kulit.  Harganya pun terjangkau lho, yaitu Rp 29.000-an untuk kemasan 100 ml.

10. Neutrogena Ultra Gentle Hydrating Cleanser

Photo via neutrogena.com

Facial wash untuk kulit sensitif yang recommended buat kamu masih ada lho, yaitu Neutrogena Ultra Gentle Hydrating Cleanser. Produk ini bisa digunakan untuk kulit kering maupun sensitif. Formulanya mampu secara lembut menghilangkan minyak berlebih di wajah, kotoran, serta makeup. Wajahmu pun bakalan terasa bersih dan terlembapkan setiap hari.

Oh ya, produk dari Neutrogena ini juga bebas dari kandungan sabun, paraben, dan juga pewarna. Kandungannya sendiri diformulasikan dengan bahan-bahan yang minimal, sehingga mampu melindungi kulitmu dari iritasi. Ada bahan glycerin, air, dan masih banyak lagi. Face wash ini juga fragrance free lho, bahkan bisa digunakan untuk kondisi kulit yang mengalami eczema maupun rosacea. Kamu bisa membelinya seharga Rp 250.000-an untuk ukuran 354 ml.

11. Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash

Photo via wardahbeauty.com

Facial wash terbaik berikutnya hadir dari brand lokal Wardah yang juga cocok digunakan pada kulit sensitif. Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash memiliki kandungan hydramild Aloe vera extract yang mampu memberi efek menenangkan dan melembapkan kulit. Kemudian ada juga kandungan Triple Hydrating Complex yang merupakan perpaduan bahan pelembap pilihan dengan Natural Moisturizing Factor (NMF).

Kandungan ini sangat bermanfaat dalam memberikan kelembapan ekstra pada kulitmu tanpa ada efek lengket. Selain itu, skincare yang satu ini pun memiliki Advanced DermaClear+ Formula yang berasal dari asam amino sehingga menghasilkan busa yang lembut. Busa ini mampu membersihkan kotoran dan minyak berlebih hingga ke dalam pori. Dari segi tekstur, produk ini berupa gel berwarna bening yang nggak mengandung fragrance. Selain itu juga gentle dan nggak akan membuat kulitmu perih. Kamu bisa membeli Wardah Aloe Hydramild Facial Wash berukuran 60 ml seharga Rp 17.000-an. Sangat bersahabat deh buat kantong remaja.

12. Innisfree Green Tea Morning Cleanser

Photo via innisfree.com

Innisfree Green Tea Morning Cleanser merupakan salah satu facial wash untuk kulit sensitif yang recommended untuk kamu gunakan. Cleanser ini dibuat dengan formula Slightly Acid yang mampu membersihkan kulit pada pagi hari secara ringan. Selain itu, facial wash ini juga memiliki formula yang mampu menyeimbangkan pH kulit sehingga kulitmu pun akan menjadi lebih sehat.

Sabun cuci muka ini nggak bakalan bikin kulitmu iritasi karena memiliki 16 jenis asam amino yang 3,5 kali lebih banyak. Kemudian, kandungan ekstrak dari akar green tea di dalamnya kaya akan saponin yang berfungsi sebagai bahan pembersih tetapi tetap melembapkan kulit. Setelah pemakaian pun kulitmu nggak akan terasa kaku atau ketarik. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 160.000,- untuk kemasan 150 ml.

13. Sensatia Botanicals Unscented Soapless Facial Cleanser

Skincare kulit sensitif terbaik

Photo via sensatia.com

Sensatia Botanicals Unscented Soapless Facial Cleanser merupakan pembersih wajah yang dapat mengangkat sisa makeup, kotoran, dan juga minyak berlebih secara efektif. Formula dari produk ini sangat lembut dan aman bagi kulit sensitif. Dari segi kandungan sendiri ada Aloe vera, ekstrak ginseng, pepaya, dan bengkuang.

Produk dari Sensatia Botanicals ini juga nggak mengandung parfum kok, jadi kamu nggak perlu khawatir kulit akan teriritasi. Jika digunakan secara teratur, facial wash ini akan menghasilkan kulit wajah yang lembut, halus, dan glowing alami. Kamu bisa membelinya seharga Rp 125.000-an untuk ukuran 220 ml.

14. Simple Kind to Skin Refreshing Facial Wash

Skincare kulit sensitif bagus

Photo via shopee.co.id

Mungkin kamu sudah tahu kalau brand Simple memang terkenal menyediakan produk-produk untuk kulit sensitif, termasuk untuk Simple Kind to Skin Refreshing Facial Wash ini. Facial wash yang satu ini dibuat dengan formula bebas alkohol, bebas parfum, bebas pewarna, dan bebas harsh chemical. Namun, tentu saja produk ini tetap bisa membersihkan makeup, minyak, kotoran, dan sel kulit mati secara optimal.

Dari segi kandungan, produk ini memiliki Triple Purified Water dan vitamin yang banyak manfaatnya untuk kulit. Misalnya saja untuk membantu membersihkan dan menutrisi kulit tanpa iritasi. Produk ini bahkan juga soap free dan nggak akan bikin kulit terasa kering setelah pemakaian. Untuk kemasan berukuran 150 ml, facial wash ini dijual seharga Rp 90.000-an.

15. La Roche-Posay Effaclar Foaming Gel

Skincare untuk kulit sensitif

Photo via shopee.co.id

La Roche-Posay Effaclar Foaming Gel termasuk facial wash terbaik yang cukup terkenal lho. Produk ini mampu mengatasi masalah-masalah pada kulit sensitif. Saat digunakan, minyak berlebih, kotoran, sisa makeup, dan juga debu-debu pun bakalan bersih secara optimal. Menariknya, produk ini sangat aman buat kulit sensitif, bahkan buat kulit berminyak dan acne-prone juga.

Formula facial wash ini bebas sabun, bebas alkohol, dan bebas pewarna. pH-nya sendiri sama dengan pH kulit wajah sehingga nggak bakalan bikin iritasi. Oh ya, buat kulit acne-prone, produk ini pun recommended karena formulanya non-comedogenic dan nggak akan menimbulkan tumbuhnya jerawat. Untuk kemasan berukuran 50 ml, kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 80.000-an.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi facial wash untuk kulit sensitif yang bisa kamu gunakan sehari-hari. Masing-masing memiliki formula dengan kelebihan tersendiri yang pastinya tetap aman untuk kulit sensitif. Kamu bisa memilih yang paling cocok dan sesuai budget ya, Girls. Kira-kira mana nih skincare yang jadi holy grail-mu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *