Rekomendasi Facial Wash Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

3 bulan, by Hai Gadis

Facial wash terbaik untuk kulit kombinasi

Apakah kamu memiliki kulit kombinasi, Girls? Jika iya, proses merawatnya memang agak tricky. Kamu perlu menggunakan skincare yang tepat, karena pada jenis kulit ini, risiko kulit kering dan masalah kulit berminyak seperti jerawat atau komedo bisa terjadi sekaligus lho. Dari bermacam-macam rangkaian skincare, ada produk basic yang wajib banget digunakan, yaitu facial wash. Untuk mengatasi masalah pada kulitmu dan melakukan perawatan dengan baik, kamu perlu memilih face wash untuk kulit kombinasi.

Face wash atau sabun cuci muka bakalan menjadi skincare yang kamu butuhin banget deh. Soalnya produk ini akan kamu gunakan setiap hari untuk membersihkan kotoran dan juga makeup  setelah beraktivitas. Berbagai produk sabun cuci muka banyak beredar di pasaran dengan menawarkan bermacam-macam klaim yang menggiurkan. Namun untuk memilih produk yang bisa digunakan pada kulit kombinasi, kamu perlu menyimak tips berikut ini.

Tips memilih facial wash untuk kulit kombinasi

a. Pilih berdasarkan tipe kulit kombinasimu

Tips memilih facial wash untuk kulit kombinasi yang pertama adalah perhatikan jenis kulitmu lebih teliti, Girls. Pasalnya, tipe kulit kombinasi ada beragam. Ada kulit kombinasi normal dan berminyak, kulit kombinasi normal dan kering, serta kulit kombinasi kering dan berminyak. Itulah kenapa pemilihan produk sabun muka pun harus tepat.

Kulit kombinasi normal dan berminyak pada dasarnya adalah tanda saat kulit kamu terasa berminyak di area T-zone dan normal di area lain. Jika keadaan kulitmu seperti ini, maka kamu perlu memilih produk yang bisa melembapkan kulit dengan baik tapi tetap bisa membersihkan pori dan kelebihan minyak di area T-zone.

Kulit kombinasi normal dan kering tandanya biasanya pada zona T terasa kering tapi pada U-zone akan lebih kering. Nah, pada kulit kombinasi normal dan kering ini bisa berisiko terjadi pecah-pecah. Selain itu, saat kulit kekeringan, sebum akan lebih banyak terproduksi sehingga kulitmu malah bisa lebih berminyak. Jika tipe kulitmu seperti ini, kamu bisa memilih face wash yang daya pembersihnaya nggak terlalu kuat agar nggak terjadi iritasi. Selain itu, tetap utamakan kandungan pelembap, ya.

Sementara untuk kulit kombinasi kering dan berminyak, biasanya zona U akan terasa kering, sementara T-zone akan terasa sangat berminyak. Hal ini membuat produksi sebum jadi nggak terkontrol dan kulitmu bisa rentan berjerawat. Sementara di area U-zone malah berisiko teriritasi. Untuk itu, kamu perlu memilih face wash yang bisa menyeimbangkan produksi sebum dan juga dapat melembapkan wajah dengan baik. Selain itu, pilih juga sabun muka yang mampu membersihkan pori-pori wajah dengan baik ya, Girls.

b. Pilih antara produk facial wash atau facial foam

Ternyata produk sabun muka untuk kulit kombinasi bisa berbeda tipe lho. Ada tipe facial wash dan juga facial foam.  Facial foam cenderung menghasilkan busa yang melimpah dan lebih cocok digunakan jika kulit terasa berminyak karena busa tersebut memang mampu menghilangkan minyak berlebih di kulit. Sementara itu facial wash biasanya didesain untuk kulit yang cenderung kering dan sensitif dengan formula yang lebih gentle. Kedua produk tersebut juga seringkali disertai dengan manfaat lain untuk kulit seperti mencerahkan, menutrisi, anti-aging, dan lain sebagainya. Jadi, pilih yang tepat, ya Girls.

c. Pilih produk berdasarkan kandungannya

Tips memilih facial wash untuk kulit kombinasi berikutnya adalah berdasarkan kandungannya. Ada beberapa kandungan dalam skincare yang cocok buat kulit kombinasi nih Girls. Untuk itu sebelum membeli produk, lihat dulu ingredients-nya, ya. Ingredients tersebut misalnya adalah sebagai berikut.

  • Hyaluronic acid: bermanfaat untuk mempertahankan kadar air di kulit sehingga cocok digunakan sebagai pelembap pada kulit kombinasi, baik kombinasi normal dan kering, normal dan berminyak, maupun kering dan berminyak.
  • Salicylic acid: bermanfaat untuk membersihkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak di lapisan epidermis, serta mengontrol produksi sebum. Kandungan ini cocok untuk kulit kombinasi normal dan berminyak lho.
  • Glycolic acid: bermanfaat sebagai chemical exfoliant yang mampu menyerap minyak berlebih, membersihkan kotoran dan sel kulit mati, tapi tetap nggak membuat kulit jadi kering. Kandungan ini cocok untuk kulit kombinasi kering dan berminyak.
  • Vitamin E: bermanfaat untuk meningkatkan kelembapan kulit tanpa membuat kulit terasa berat atau berminyak sehingga cocok untuk kulit kombinasi kering dan berminyak atau kombinasi normal dan berminyak.
  • Tea tree: bermanfaat untuk mengatasi peradangan, jerawat, menyeimbangkan produksi minyak, dan mencegah kulit kering. Kandungan ini cocok untuk kulit kombinasi normal dan berminyak, hingga kulit kombinasi yang mengalami masalah jerawat.
  • Aloe vera: bermanfaat untuk menenangkan dan melembapkan kulit sehingga cocok untuk kulit kombinasi kering dan normal maupun kulit kombinasi berminyak dan kering yang disertai masalah jerawat atau iritasi.

d. Hindari bahan-bahan yang memicu iritasi

Jangan sampai deh kulitmu teriritasi hanya gara-gara salah memilih produk sabun muka untuk kulit kombinasi. Bahan-bahan pemicu iritasi antara lain bahan deterjen keras seperti natrium laureth sulfate (SLES), natrium lauril sulfat (SLS), menthol, alkohol, fragrance, paraben, dan lain sebagainya.

e. Pilih produk berukuran kecil terlebih dahulu dan lihat ulasan produk

Agak sulit untuk melakukan patch test terlebih dahulu saat membeli produk face wash, terutama yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Untuk itu, kamu bisa menyiasati dengan membeli produk yang berukuran kecil terlebih dahulu. Sayang ‘kan kalau membeli produk berukuran besar yang harganya mahal tapi ternyata nggak cocok?

Nah, jika sudah membeli produk lalu memakainya dan kulitmu mengeluarkan reaksi yang nggak nyaman, maka kamu bisa menghentikan pemakaian. Selain itu, kamu juga bisa melihat terlebih dahulu ulasan suatu produk baik dari beauty influencer, dokter kecantikan, maupun dari ulasan pengguna sebelumnya. Hal ini akan sangat membantumu dalam memilih face wash yang tepat lho.

Gampang ‘kan memperhatikan tips memilih face wash untuk kulit kombinasi secara tepat sebelum membelinya? Jangan lupa diterapkan, ya. Setelah ini, kamu nggak perlu bingung lagi kok. Soalnya Hai Gadis punya rekomendasi sabun muka untuk kulit kombinasi terbaik berikut ini.

Rekomendasi sabun muka untuk kulit kombinasi

1. Emina Dot Burst Face Wash

Facial wash untuk kulit kombinasi

via eminacosmetics.com

Rekomendasi face wash untuk kulit kombinasi yang pertama ada Emina Dot Burst Face Wash. Pembersih wajah yang satu ini memiliki formula surfaktan ringan dan terdapat butiran scrub halus. Selain itu, produk ini juga nggak terdapat tambahan pewangi dan pewarna sehingga cocok digunakan pada kulit sensitif.

Dari segi tekstur, produk ini berbentuk gel transparan  dan ringan saat digunakan. Butiran scrub-nya yang lembut juga membuat wajah terasa segar setelah pemakaian. Kamu juga nggak perlu khawatir kulit terasa ketarik kok, Girls. Harga face wash ini sangat bersahabat di kantong remaja, yaitu hanya Rp 18.500,-.

2. Bioderma Sebium Gel Moussant

Facial wash untuk kulit kombinasi

via shopee.co.id

 

Selanjutnya ada Bioderma Sebium Gel Moussant yang juga termasuk dalam rekomendasi sabun muka untuk kulit kombinasi. Sesuai namanya, sabun muka yang satu ini memang memiliki tekstur gel. Gel pembersih ini mampu menghambat timbulnya jerawat karena memiliki kandungan Fluidactiv sebo-correcting complex yang manfaatnya adalah meningkatkan kualitas sebum.

Selain itu, produk ini juga mengandung zat-zat pembersih seperti zinc, sulphate, dan copper sulphate. Manfaatnya adalah membersihkan kulit dan mengatur produksi minyak. Oh ya, skincare yang satu ini juga bebas kandungan sabun lho. Dengan pemakaian teratur, kulit akan lebih lembut, pori-pori  lebih bersih, dan nggak mudah berminyak. Untuk kemasan 200 ml, harga produk ini adalah Rp 297.000,-.

3. Innisfree Super Volcanic Pore Micellar Cleansing Foam 2X

Facial wash untuk kulit kombinasi

via innisfree.com

Innisfree Super Volcanic Pore Micellar Cleansing Foam 2X merupakan facial wash untuk kulit kombinasi yang juga nggak kalah bagus. Produk micellar foam cleansing ini diformulasikan dengan Jeju Volcanic Sphere untuk membersihkan sebum dua kali lebih kuat sehingga debu dan kotoran di dalam pori-pori bisa terangkat.

Selain itu, meski wajahmu bersih maksimal, tetap nggak akan terasa ketarik karena kulit akan tetap terhidrasi kok. Dengan kemasan tube warna kopi, produk ini dijual seharga Rp 150.000,-. Kamu akan mendapatkan produk sebanyak 150 ml.

4. Himalaya Purifying Neem Face Wash

Facial wash untuk kulit kombinasi

via lazada.co.id

Sabun muka untuk kulit kombinasi berikutnya ada Himalaya Purifying Neem Face Wash. Produk yang satu ini diformulasikan untuk membuat kulit tampak cerah dan bebas masalah. Berbentuk gel, pembersih wajah ini bebas sabun lho. Formulanya juga mampu membersihkan minyak berlebih dan kotoran tanpa membuat kulit terasa kering.

Dari segi kandungan sendiri ada Neem yang berkhasiat untuk membersihkan kulit dengan baik. Kemudian ada kunyit yang mampu mengendalikan jerawat dan membuat kulit tampak lembut, cerah, segar, serta bebas masalah. Harga Himalaya Purifying Neem Face Wash ini juga cukup affordable lho, yaitu hanya Rp 25.000-an untuk kemasan 50 ml.

5. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Facial wash untuk kulit kombinasi

via shopee.co.id

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash juga recommended digunakan sebagai face wash untuk kulit sensitif nih, Girls. Produk ini mampu mengangkat kotoran dan minyak berlebih di kulit wajah tanpa membuat kulit menjadi kering. pH-nya juga sesuai dengan pH kulit lho sehingga memiliki tingkat iritasi yang rendah.

Apalagi face wash dari Hada Labo ini juga nggak mengandung pewangi maupun pewarna. Kamu bakalan merasakan sensasi kulit lembut setelah cuci muka deh. kandungannya sendiri berupa Improved Hyaluronic Acid (AcHA) dan Hyaluronic Acid sehingga bisa melembapkan kulit dua kali lebih baik dibanding hyaluronic acid biasa. Produk ini dijual seharga Rp 25.000-an saja Girls untuk kemasan tube.

6. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Facial wash untuk kulit kombinasi

via blibli.com

Produk yang satu ini sangat terkenal dan memang cocok untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit kombinasi lho. Cetaphil Gentle Skin Cleanser memiliki formula hypoallergenic yang lembut dan efektif untuk membersihkan kulit wajahmu. Produk ini juga memiliki beberapa keunggulan, antara lain telah teruji klinis membantu melembapkan dan membersihkan kulit dengan lembut.

Face wash yang satu ini bahkan bisa digunakan dengan maupun tanpa air lho. Selain itu, formulasi produk ini memiliki pH seimbang dan telah teruji secara dermatologi. Dari segi tekstur, face wash ini memiliki bentuk mirip gel dengan konsistensi yang nggak terlalu cair tapi juga nggak terlalu kental. Warnanya sendiri putih translucent dan nggak terdapat aroma apapun. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 125.000,- untuk kemasan 125 ml.

7. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Facial wash untuk kulit kombinasi

via shopee.co.id

Face wash untuk kulit kombinasi berikutnya ada dari produk Korea Selatan, yaitu COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser. Cleanser yang satu ini juga terkenal bagus lho dengan pH sekitar 5.0 hingga 6.0 yang mirip dengan pH alami kulit. Klaim dari produk ini adalah mampu mengangkat sel kulit mati, sebum, dan mampu menghidrasi kulit wajah dengan baik. Dari segi kandungan, ada tea tree oil yang berfungsi untuk mengontrol minyak di wajah dan mengecilkan pori-pori.

Selain itu, produk ini memiliki kandungan BHA untuk memperbaiki tekstur wajah. Dengan kemasan tube, face wash yang satu ini memiliki tekstur berbentuk gel bening dengan aroma tea tree yang memberi efek calming dan soothing. Buat kulit kombinasi yang ada area berminyak, produk ini nggak akan menimbulkan sensasi lengket. Untuk kemasan 150 ml, kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 90.000-an.

8. Senka Perfect Whip Fresh – Anti Shine

Facial wash untuk kulit kombinasi

via blibli.com

Senka Perfect Whip Fresh – Anti Shine juga termasuk sabun muka untuk kulit kombinasi yang recommended kamu pakai nih, Girls. Sabun muka yang satu ini memiliki kandungan White cocoon essence dan double hyaluronic acid. Selain itu juga ada green tea yang mengandung antioksidan tinggi.

Produk dari Senka ini juga memiliki foam yang lembut dan mampu membersihkan kotoran dengan baik. Bahkan sabun muka ini juga bisa mengontrol minyak berlebih di wajah dan membuat tampilan kulit nggak mengkilap. Meski begitu, kandungan double hyaluronic acid bakalan membuat kulit tetap lembap kok. Kamu bisa membeli sabun cuci muka yang satu ini seharga Rp 50.000-an untuk kemasan 100 gram.

9. Sebamed Facial Cleanser for Oily and Combination Skin

Facial wash untuk kulit kombinasi

via blibli.com

Face wash untuk kulit kombinasi berikutnya adalah Sebamed Facial Cleanser for Oily and Combination Skin. Sesuai namanya, produk ini memang ditujukan untuk jenis kulit kombinasi dan juga berminyak. Kandungan dari produk ini ada panthenol yang mampu mengatasi luka atau iritasi, dan sebagai zat antiperadangan.

Lalu ada kandungan glycerin untuk melembapkan kulit, Hamamelis virginiana (witch hazel) bark extract untuk membersihkan pori-pori dengan baik, dan allantoin sebagai pelindung kulit dan memberi efek soothing. Oh ya, sabun muka dari Sebamed ini pun tergolong aman karena paraben free, sulfate free, alcohol free, silicon free, dan EU Allergen free. Harga produk ini adalah Rp 250.000-an untuk ukuran kemasan 150 ml.

10. Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser

Facial wash untuk kulit kombinasi

via sensatia.com

Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser juga termasuk sabun muka untuk kulit kombinasi yang berasal dari produk lokal. Sabun cuci muka ini mampu mengangkat sisa makeup, kotoran, dan minyak berlebih di kulit secara efektif. Formulanya sendiri lembut dan mampu melembapkan kulit dengan baik.

Dari segi kandungan terdiri dari bahan-bahan alami lho. Ada Aloe barbandensis leaf juice untuk melembapkan dan menenangkan kulit. Lalu ada juga vegetable glycerin untuk melembapkan kulit. Ada juga lavender Perancis, Petitgrain, Ylang Ylang, kulit jeruk, dan ekstrak akar ginseng. Setelah cuci muka, kulit akan terasa bersih dan segar tanpa ada efek ketarik lho. Harga produk ini sekitar Rp 130.000-an untuk kemasan berukuran 220 ml.

11. Wardah Nature Daily Seaweed Balancing Facail Wash

Facial wash untuk kulit kombinasi

via wardahbeauty.com

Selanjutnya, ada Wardah Nature Daily Seaweed Balancing Facail Wash yang juga bisa digunakan sebagai face wash untuk kulit kombinasi. Produk ini memiliki kandungan rumput laut yang memiliki efek sejuk di kulit wajah sehingga kulit lebih fresh dan nyaman. Selain itu, kandungan seaweed ini mampu mempertahankan kondisi kulit.

Formula dari sabun ini pun dapat menyeimbangkan pH wajah yang berubah akibat polusi maupun lingkungan sekitar. Maka, kulitmu pun nggak akan mudah teriritasi deh. Selain kandungan seaweed, ada juga DermaClear+ Formula yang mampu membersihkan dan melembapkan kulit wajah. Harga produk ini pastinya terjangkau dan mudah kamu temukan di pasaran, yaitu Rp 30.000-an untuk kemasan 100 ml.

12. Joylab Gotta Matcha

Facial wash untuk kulit kombinasi

via joylabbeauty.com

Rekomendasi sabun muka untuk kulit kombinasi berikutnya adalah Joylab Gotta Matcha. Produk dari Joylab ini nggak kalah bagus lho. Kandungannya ada teh hijau, sweet almond oil, dan oat kernel extract yang berfungsi untuk melembutkan kulit. Kemudian ada witch hazel extract dan pro-vitamin B5 yang mampu menghidrasi wajah agar nggak terasa kering.

Dari segi tekstur, produk ini cukup ringan dengan bentuk gel hijau transparan dan mampu membersihkan wajah secara menyeluruh serta mengangkat kotoran dari permukaan kulit. Sabun cuci muka ini juga nggak mengandung fragrance. Busanya pun sedikit dan gentle banget saat diaplikasikan di kulit. Produk berkemasan tube warna hijau dan putih ini dijual seharga Rp 130.000-an dengan ukuran 100 ml.

13. Jafra Advanced Dynamics Balancing Cleanser

Facial wash untuk kulit kombinasi

via jafnesia.com

Masih ada nih facial wash untuk kulit kombinasi yang recommended buat kamu yaitu Jafra Advanced Dynamics Balancing Cleanser. Pembersih wajah yang satu ini dibuat dengan formula Equalsmart Complex yang mampu membantu mengurangi minyak berlebih di kulit wajah. Selain itu, keseimbangan pH kulitmu juga akan lebih terjaga sehingga nggak mudah teriritasi.

Skincare dari Jafra yang satu ini pun dilengkapi dengan kandungan ubi jalar, daun pegagan, dan juga ashwagandha. Kamu bisa menggunakannya setiap hari untuk membersihkan wajah. Harga produk ini bisa kamu beli Rp 150.000-an.

14. Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser

Facial wash untuk kulit kombinasi

via avoskinbeauty.com

Selanjutnya, ada Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser sebagai salah satu sabun muka untuk kulit kombinasi yang bisa kamu gunakan. Produk ini mengandung marula oil, kale extract, cactus extract, niacinamide, dan pentavitin. Manfaatnya adalah memberi efek lembap, mencerahkan, dan menjaga skin barrier.

Setelah menggunakan produk ini, kulit akan terasa bersih tanpa terasa kering atau ketarik. Oh ya, produk dari Avoskin yang satu ini mulai bisa digunakan buat kamu yang usianya di atas 15 tahun ya, Girls. Kamu bisa membelinya seharga Rp 109.000,-

15. The Body Shop Seaweed Deep Cleansing Gel Wash

Facial wash untuk kulit kombinasi

via thebodyshop.co.id

Masih ada nih facial wash untuk kulit kombinasi, yaitu The Body Shop Seaweed Deep Cleansing Gel Wash. Pembersih wajah yang satu ini memiliki tekstur gel yang diperkaya dengan seaweed extract dari Irlandia. Manfaatnya adalah membantu membersihkan wajah dari kotoran dan sebum berlebih.

Selain itu, produk ini tetap mampu menyeimbangkan kelembapan kulit sehingga wajahmu nggak akan terasa ketarik setelah cuci muka. Dengan kemasan tube berwarna biru muda, face wash ini bisa kamu beli seharga Rp 159.000,-.

Gimana? Dari berbagai facial wash untuk kulit kombinasi di atas,  masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Kamu bisa memilih produk yang paling tepat untuk kulitmu, ya. Produk yang bagus belum tentu bisa cocok di kulitmu lho. Untuk itu, jangan lupa terapkan tips di atas, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *