Rekomendasi Facial Wash Terbaik Untuk Kulit Berminyak

5 bulan, by Hai Gadis

Facial Wash Terbaik Untuk Kulit Berminyak

Apakah kamu termasuk pemilik kulit berminyak, Girls? Sebagian orang memang ada yang memiliki tipe kulit wajah berminyak yang cenderung mengkilap dan basah. Kulit berminyak ini jika nggak dirawat dengan baik maka akan mudah terbentuk jerawat, komedo, dan lain sebagainya. Salah satu cara merawat kulit wajah berminyak adalah dengan skincare basic seperti sabun cuci muka. Namun, memilih facial wash terbaik untuk kulit berminyak tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebelum itu, simak dulu deh ulasan Hai Gadis soal kulit berminyak.

Ciri-ciri kulit berminyak

Pada kulit kita, secara normal akan terdapat sebum, yaitu minyak alami yang berfungsi melapisi kuit dan rambut. Sebum tersebut diproduksi oleh kelenjar sebasea. Nah, kulit berminyak sebenarnya adalah kondisi saat kelenjar sebasea pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sehingga, kulit jadi terlihat mengkilap atau berkilau.

Kulit berminyak ini sangat mudah mengalami masalah jerawat maupun komedo karena minyak yang terlalu banyak membuat kotoran lebih mudah menempel maupun menyumbat pori. Selain itu, biasanya sel-sel kulit mati di kulit berminyak juga lebih sulit luruh yang berakibat menyumbat pori. Kulit berminyak sendiri memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Terlihat lengket, basah, dan mengkilap,
  • Pori-pori wajah terlihat jelas,
  • Wajah mudah berjerawat,
  • Lebih mudah tumbuh komedo.

Tips memilih facial wash untuk kulit berminyak

Memilih sabun cuci muka untuk kulit berminyak nggak bisa kamu lakukan sembarangan, Girls. Kamu harus memilihnya secara tepat supaya kulit wajahmu terawat dengan baik dan terhindar dari masalah-masalah seperti jerawat, komedo, kusam, serta masalah lainnya. Nah, Hai Gadis punya tips untuk memilih face wash untuk kulit berminyak, yaitu sebagai berikut.

a. Pilih kandungan facial wash yang mampu mengontrol minyak berlebih

Tips yang pertama adalah memilih facial wash yang punya kandungan bahan aktif pengontrol minyak berlebih. Bahan-bahan tersebut antara lain salicylic acid, glycolic acid, retinol, niacinamide, teh hijau, dan lain sebagainya. Salicylic acid berfungsi untuk mengeksfoliasi minyak dan kotoran secara mendalam. Kemudian glycolic acid berfungsi untuk membersihkan dan mengecilkan pori-pori, sementara retinol mengontrol  produksi minyak dan mencegah jerawat. Kalau niacinamide, fungsinya adalah meningkatkan ketahanan kulit dan mengendalikan produksi sebum.

b. Pilih produk yang pH-nya seimbang dengan pH kulit

Rata-rata, pH kulit normal kita secara umum adalah 5,4 – 5,9. Maka, disarankan banget lho Girls memilih produk face wash dengan pH di kisaran angka tersebut supaya tetap seimbang dengan kulit. Soalnya ketika pH kulit nggak seimbang, kulit bisa rentan berjerawat, timbul kerutan di sekitar mata, hingga mengalami iritasi. Bahkan, jika pH nggak seimbang, maka bisa mendukung pertumbuhan bakteri dan timbulnya masalah akibat kotoran yang ada di wajah.

c. Sebaiknya pilih produk yang bertekstur gel

Dalam memilih facial wash untuk kulit berminyak juga sebaiknya pilih yang teksturnya gel sehingga terasa ringan dan lembut di kulit. Selain itu, tekstur gel yang bening juga cenderung nggak mudah mengiritasi kulitmu dan nggak meninggalkan rasa ketarik setelah dipakai.

d. Pilih produk yang formulanya non-comedogenic, non-acnegenic, dan dermatology tested

Selanjutnya, pilihlah produk facial wash yang formulanya non-comedogenic dan non-acnegenic supaya produk nggak mudah menyumbat pori yang bikin munculnya masalah komedo beserta jerawat. Selain itu, pilih produk yang keamanannya terjamin karena telah lolos uji, yaitu ditandai dengan label dermatology tested. Bahkan kamu juga perlu mengecek label BPOM suatu produk lho.

Nggak hanya itu, sebaiknya kamu juga memilih facial wash yang bebas dari bahan yang memicu iritasi, misalnya alkohol yang terlalu tinggi dan juga SLS. Sementara jika tipe kulitmu berminyak sekaligus sensitif, hindari produk yang mengandung bahan alkohol, paraben, fragrance, dan lain sebagainya.

e. Pilih produk yang mengandung bahan pelembap

Meski kulitmu tipe berminyak, jangan biarkan kulitmu kering atau dehidrasi, Girls. Soalnya kulit yang kering malah memicu produksi sebum lebih banyak. Untuk itu, pilihlah produk facial wash yang tetap mengandung bahan pelembap. Misalnya saja hyaluronic acid, Aloe vera, glycerin, dan lain sebagainya. Kandungan pelembap nggak akan memberi efek kering pada kulitmu, sehingga kamu bakalan tetap nyaman deh manggunakan sabun muka tersebut tanpa takut kulit dehidrasi.

Itulah beberapa tips memilih produk facial wash untuk kulit berminyak yang bisa kamu terapkan. Selanjutnya, kamu nggak perlu bingung lagi memilih produk yang ada di pasaran. Sebab, Hai Gadis punya beberapa rekomendasi sabun muka terbaik untuk kulit berminyak yang bisa kamu pertimbangkan nih.

Rekomendasi facial wash terbaik untuk kulit berminyak

1. Cetaphil Oily Skin Cleanser

Facial wash untuk kulit berminyak

Photo via cetaphil.co.id

Produk skincare dari Cetaphil memang banyak diminati, salah satunya adalah facial wash untuk kulit berminyak, yaitu Cetaphil Oily Skin Cleanser. Pembersih wajah yang satu ini memang mampu menghilangkan kotoran, sisa makeup, dan juga minyak berlebih di wajahmu. Formulanya juga sangat lembut tanpa merusak permukaan kulit lho.

Dari segi kandungan, produk ini terkenal aman karena nggak mengandung bahan-bahan pemicu iritasi seperti alkaline, alkohol, dan fragrance. Sehingga nggak hanya cocok buat kulit berminyak, untuk tipe kulit kombinasi dan berjerawat pun tetap cocok. Selain itu, face wash ini juga nggak memiliki bahan yang bisa menyumbat pori-pori alias non-comedogenic.

Bahkan produk dari Cetaphil ini juga nggak mengandung sabun dan memiliki pH yang seimbang, sehingga nggak akan mengiritasi kulitmu. Oh ya, Cetaphil Oily Skin Cleanser juga mengklaim mampu mengurangi kadar minyak di wajah secara signifikan dalam 2 minggu. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 170.000-an untuk kemasan 125 ml.

2. Garnier Pure Active Matcha Deep Clean Dirt & Oil-Control Foam

Facial wash untuk kulit berminyak

Photo via shopee.co.id

Sabun muka untuk kulit berminyak yang recommended berikutnya banyak tersebar di pasaran sehingga mudah banget menemukannya. Garnier Pure Active Matcha Deep Clean Dirt & Oil-Control Foam memiliki 100x kandungan antioksidan dari ekstrak matcha dibandingkan dengan teh hijau Cina biasa. Selain itu, facial wash ini juga diperkaya dengan salicylic acid yang mampu mengurangi minyak berlebih hingga 96% dan juga mengurangi timbulnya jerawat.

Dari segi tekstur, sabun muka yang satu ini cukup creamy dengan aroma matcha yang menyegarkan. Busanya juga lembut sehingga nggak akan mengiritasi kulitmu. Kamu bisa menggunakannya secara teratur untuk mengatasi masalah jerawat dan minyak berlebih. Harga produk ini Rp 30.000-an untuk kemasan berukuran 100 ml. Namun ada juga lho kemasan sachet yang lebih ramah di kantong, yaitu Rp 4.000-an dengan ukuran 9 ml.

3. Erha 2 Facial Wash for Oily Skin

Photo via erhastore.co.id

Selanjutnya, ada Erha 2 Facial Wash for Oily Skin yang juga recommended sebagai facial wash terbaik untuk kulit berminyak. Produk ini berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajahmu. Kalau dari segi kandungan, ada AHA, DMAE, dan Witch hazel extract yang fungsinya adalah membersihkan kulit dengan baik dari minyak berlebih.

Bahkan pada produk ini juga terdapat kandungan niacinamide yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan tanda penuaan dini. Setelah pemakaian, kulit akan terasa segar banget. Dengan pemakaian teratur, kulitmu juga akan lebih cerah, lembap, kencang, dan terhindar dari minyak berlebih. Harga produk ini adalah Rp 74.000,- untuk kemasan botol 60 ml.

4. The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash

Facial wash untuk kulit berminyak

Photo via thebodyshop.co.id

The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash adalah salah satu sabun muka untuk kulit berjerawat yang mengandung tea tree oil. Sabun cuci muka yang satu ini bermanfaat untuk mencegah munculnya jerawat karena kelebihan minyak tanpa membuat kulit menjadi terlalu kering. Selain itu, berbagai kotoran di wajah pun akan dibersihkan dengan baik dan lembut.

Masalah jerawat juga bisa teratasi dengan penggunaan teratur lho. Selain ada kandungan tea tree oil, dalam face wash ini juga terdapat lemon dan tamanu oil. Meski busanya nggak melimpah, tapi produk ini efektif untuk membersihkan kotoran dan makeup yang menyumbat pori-pori kulit. Aromanya juga nggak mengganggu, sehingga cocok buat kamu yang sensitif terhadap bau. Jika ingin membeli produk ini, harganya Rp 149.000,- ya, Girls.

5. Acnes Natural Care Face Wash Oil Control

Facial wash untuk kulit berminyak

Photo via blibli.com

Rekomendasi facial wash untuk kulit berminyak berikutnya adalah Acnes Natural Care Face Wash Oil Control. Pembersih wajah yang satu ini cocok abis digunakan oleh remaja. Kandungannya sendiri adalah kombinasi 8 ekstrak tanaman yang mampu mengurangi minyak berlebih pada wajah dan mencegah munculnya jerawat.

Selain itu, facial wash untuk remaja yang satu ini memiliki butiran lembut (microbids) yang mampu membersihkan wajahmu dari kotoran secara optimal. Setelah mencuci wajah, kulitmu akan terasa segar dan kesat. Cocok juga lho digunakan pada kulit kombinasi maupun acne prone. Bahkan produk ini memiliki harga yang affordable, yaitu hanya Rp 16.000-an untuk kemasan 50 gram.

6. Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam

Photo via sebamedindonesia.com

Selanjutnya, ada Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam sebagai sabun muka untuk kulit berminyak yang berkualitas. Produk ini sebenarnya adalah foam cleanser bebas bahan sabun dengan kandungan antibakterial. Selain cocok buat kulit berminyak, produk ini juga cocok untuk kulit alergi hingga sensitif.  Facial wash dari Sebamed ini pun memiliki pH 5,5 sehingga bisa menstabilkan kulit wajah.

Kalau dari segi kandungan, ada montaline C40 sebagai antibakteri. Kemudian ada juga kandungan sodium lactate dan panthenol. Tekstur produk ini sangat lembut dan nyaman di wajah. Nggak hanya bisa membunuh jerawat dan mencegah minyak berlebih, face wash ini juga mampu mencerahkan kulitmu. Harga Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam ini adalah Rp 200.000-an untuk ukuran 150 ml.

7. COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

Photo via shopee.co.id

Rekomendasi facial wash untuk kulit berminyak berikutnya adalah dari brand Korea Selatan, yaitu COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser. Pembersih wajah yang satu ini memiliki kandungan salicylic acid untuk mengontrol produksi minyak berlebih di wajah dan juga melawan jerawat. Pastinya kamu tahu dong kalau kulit berminyak bakalan rentan berjerawat.

Selain itu, ada juga kandungan tea tree oil yang berfungsi menenangkan jerawat, antiinflamasi, antibakteri, dan antiseptik. Diformulasikan dengan bahan-bahan alami (botanical ingredients), tanpa paraben dan SLS, produk dari COSRX ini nggak akan menimbulkan iritasi buat kulit. Bahkan sabun muka yang satu ini pun mampu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dan  merawat kulit wajah agar nggak terasa kering. COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser bisa kamu beli seharga Rp 100.000-an untuk kemasan 150 ml ya, Girls.

8. Himalaya Purifying Neem Face Wash

Photo via shopee.co.id

Pembersih muka untuk kulit berminyak yang recommended buat kamu masih ada lho. Kali ini ada Himalaya Purifying Neem Face Wash yang memang diformulasikan untuk kulit berminyak. Produk ini mampu membuat kulitmu cerah dan bebas masalah. Dengan tekstur gel, formula facial wash ini mampu membersihkan kulit dari kotoran dan juga minyak berlebih tanpa menjadikan kulit kering.

Kalau dari segi kandungan, ada Neem yang mampu membersihkan kulit dengan baik dan ada kunyit yang mampu mengendalikan jerawat. Apalagi kulit berminyak sangat rentan berjerawat, ‘kan? Dengan pemakaian teratur, kulitmu akan lebih lembut, cerah, dan segar deh. Oh ya, produk dari Himalaya ini juga bebas sabun lho, sehingga gentle banget deh digunakan pada kulitmu. Untuk kemasan 100 ml, face wash ini dijual seharga Rp 30.000-an. Kamu bahkan bisa dengan mudah menemukannya di toko-toko atau swalayan terdekat lho.

9. Innisfree Bija Trouble Facial Foam

Facial wash untuk kulit berminyak

Photo via innisfree.com

Facial wash untuk kulit berminyak yang recommended berikutnya adalah Innisfree Bija Trouble Facial Foam. Facial foam dari brand Korea Selatan ini mampu menyegarkan dan membersihkan wajah secara menyeluruh sekaligus mengurangi permasalahan kulit. Selain itu, produk ini juga memiliki busa lembut yang nyaman di kulit.

Dari segi kandungan, ada asam salisilat alami untuk eksfoliasi sel kulit mati dan merawat kulit bermasalah. Kemudian ada juga Jeju Bija yang bermanfaat untuk merawat kulitmu agar lebih sehat. Masalah kulit berminyak dan rentan berjerawat bakalan teratasi deh. Dengan harga Rp 120.000,- kamu bisa membeli face wash ini untuk ukutan kemasan 150 ml.

10. Emina Ms. Pimple Acne Solution Face Wash

Photo via eminacosmetics.com

Buat para remaja yang punya tipe kulit berminyak, coba saja Emina Ms. Pimple Acne Solution Face Wash. Sabun pembersih dari brand lokal ini memiliki banyak keunggulan. Ada kandungan salicylic acid untuk mempercepat regenerasi kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri. Kemudian ada juga kandungan rosebay willowherb extract yang efektif mengurangi kemerahan pada kulit.

Selain itu, produk ini pun mengandung witch hazel extract dan zinc gluconate yang mampu mengontrol sebum serya mengurangi tampilan kulit berminyak. Dari segi tekstur, produk ini berbentuk gel yang cukup kental dan licin dengan warna bening. Busanya juga nggak terlalu banyak dan terasa lembut di kulit. Setelah pemakaian, kulitmu nggak bakal  terasa ketarik deh. Harga produk ini adalah Rp 15.000-an. Masih terjangkau buat kantong remaja deh.

11. SENKA Perfect Whip

Photo via senka.id

Pastinya kamu tahu dong dengan facial wash terbaik yang satu ini, yaitu SENKA Perfect Whip. Facial wash ini memiliki kemasan tube warna biru ini terkenal memiliki busa yang melimpah dan mampu membersihkan wajah dengan baik. Kandungan utama dari produk ini adalah White Cocoon Essence yang menjadikan busa lembut tapi bisa membersihkan makeup dan kotoran di wajah. Minyak berlebih di wajah juga bisa dibersihkan dengan baik sehingga cocok juga buat tipe oily skin.

Kemudian ada kandungan double hyaluronic acid yang bikin kulit wajah tetap lembut dan terhidrasi dengan baik. Jadi, setelah pemakaian kulitmu nggak akan terasa kering dan kasar. Selain itu, face wash dari SENKA ini juga nggak mengandung SLS. Namun jika kulitmu termasuk sensitif, ada baiknya lakukan patch test dulu karena terdapat alkohol, fragrance, dan sodium benzoate pada produk ini. Jika ingin membeli facial wash untuk kulit berminyak ini, harganya Rp 37.000-an untuk ukuran 50 gram dan Rp 70.000-an untuk ukuran 120 gram.

12. Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Acne Clear Foam

Photo via shopee.co.id

Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Acne Clear Foam juga termasuk sabun cuci muka yang cocok buat kulit berminyak nih, Girls. Kandungannya sendiri berupa 5.000 ppm asam salisilat dan AHA, BHA, PHA. Fungsinya adalah mengangkat sel kulit mati dan melembapkan wajahmu. AHA bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kulit dan meningkatkan ketahanan kulit. Sedangkan BHA meringankan gejala kulit berjerawat, dan PHA melembapkan serta menghilangkan sel kulit mati tanpa membuat kulit teriritasi.

Selain itu, produk ini mampu mengontrol sebum berlebih pada wajah, menenangkan jerawat, dan mengurangi masalah jerawat. Bahan yang digunakan pada skincare dari Some By Mi ini terdiri dari 70% bahan alami untuk mengurangi iritasi kulit dan membersihkan pori-pori dengan baik. Selain asam salisilat dan AHA, BHA, PHA, ada pula kandungan mugwort, teatree, dan ekstrak Centella asiatica untuk melindungi dan merawat kulitmu. Cocok abis deh buat tipe kulit berminyak dan acne prone. Kamu bisa membelinya seharga Rp 125.000-an.

13. Hada Labo Tamagohada Ultimate Mild Peeling Face Wash

Facial wash untuk kulit berminyak

Photo via blibli.com

Masih ada lho rekomendasi facial wash untuk kulit berminyak yang bisa kamu gunakan, yaitu Hada Labo Tamagohada Ultimate Mild Peeling Face Wash. Sabun pembersih wajah yang satu ini mengandung kombinasi AHA / BHA untuk mengikis permukaan sel kulit mati secara lembut. Selain itu, produk ini tetap mampu mengangkat kotoran dan minyak berlebih yang menyumbat pori wajah dengan baik.

Formula dari produk ini juga mampu mencerahkan kulitmu dan membuat warna kulit lebih merata. Kamu bisa menggunakannya secara teratur untuk hasil maksimal. Facial wash berkemasan tube warna biru telur asin ini dijual seharga Rp 30.000-an untuk kemasan 50 gram.

14. ElsheSkin Acne Cleansing Wash

Facial wash untuk kulit berminyak

Photo via elsheskin.com

Selanjutnya ada ElsheSkin Acne Cleansing Wash sebagai sabun cuci muka terbaik untuk kulit berminyak yang bisa kamu coba. Produk yang satu ini memiliki kandungan salicylic acid dan bahan anti acne yang manfaatnya adalah membersihkan kulit dari kotoran, minyak berlebih, sisa makeup, serta membersihkan kulit yang berjerawat.

Namun, produk ini kurang cocok untuk tipe kulit kering dan sensitif ya, Girls. Dengan kemasan botol warna putih berukuran 100 ml, kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 65.000,-.

15. The Face Shop Jeju Volcanic Lava Pore Cleansing Foam

Photo via tokopedia.com

The Face Shop juga punya produk facial wash terbaik dengan konsep dasar “Back to Nature”, yaitu mngembalikan kondisi kulit menjadi alami dan natural. The Face Shop Jeju  Volcanic Lava Pore Cleansing Foam yang dibuat untuk kulit berminyak ini memiliki kandungan volcanic ash dari Jeju yang berfungsi melindungi dan membersihkan kulit dari polusi.

Selain itu, produk ini mampu membersihkan pori-pori kulit dengan baik, termasuk membersihkan minyak berlebih yang bikin penampilan makin mengkilap. Bahkan, nantinya produk ini akan menjaga kadar minyak di kulit agar selalu seimbang. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 179.000,-.

Nah, itulah beberapa rekomendasi facial wash terbaik untuk kulit berminyak yang bisa kamu gunakan. Ada produk yang memiliki harga terjangkau dan mudah ditemukan di pasaran dengan kualitas yang nggak kalah bagus. Ada pula produk yang cenderung pricey dengan kandungan bahan-bahan alami yang tinggi. Yang pasti, kamu bisa memilihnya secara bijak ya, Girls.

3 Comments

  1. Arik berkata:

    Kak rekomendasi produk kulit dehidrasi sensitif dong terimakasih

  2. Halimah berkata:

    Terimakasih artikel mengenai facial wash nya
    Sangat cocok untuk saya tidak menagandung bahan kimia yg terlalu kuat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *