15 Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Kering dan Sensitif

4 bulan, by Hai Gadis

Skincare Untuk Kulit Kering dan Sensitif

Apakah kamu memiliki tipe kulit kering dan sensitif, Girls? Tipe kulit seperti ini jika terlalu kering bisa menyebabkan gatal dan mengalami berbagai masalah kulit lainnya seperti pecah-pecah, mengelupas, dan lain sebagainya. Pada tipe kulit ini, memilih skincare untuk kulit kering dan sensitif pastinya agak tricky. Apalagi kalau salah memilih produk yang nggak aman, kondisi kulitmu malah bisa teriritasi seperti terdapat ruam, gatal, mengalami breakout, hingga tambah kering atau mengelupas.

Skincare menjadi salah satu kebutuhan wanita untuk merawat kulit pada tipe kulit apa pun, termasuk kulit sensitif dan kering. Untuk itu, kamu harus memilih produk yang tepat supaya masalah di kulit wajahmu bisa teratasi, skin barrier makin kuat, dan kulit nggak mudah rusak. Sebelum membeli produk perawatan wajah di pasaran, simak dulu deh tips dari Hai Gadis berikut ini.

Table of Contents

Tips memilih skincare untuk kulit kering dan sensitif

a. Pilih produk skincare dengan kandungan pelembap yang tinggi

Tips yang pertama adalah pilih skincare dengan kandungan pelembap tinggi. Yang satu ini penting banget Girls untuk segera mengembalikan hidrasi dan juga kelembapan di kulit wajahmu. Bahan aktif yang berfungsi sebagai pelembap dalam produk skincare biasanya adalah:

  • Hyaluronic acid: mengikat molekul air dengan baik untuk menjaga kelembapan kulit
  • Glycerin: membantu menarik air ke dalam kulit
  • Ceramide: lapisan pelindung alami kulit untuk menjaga kelembapan tetap terkunci
  • Squalane: membantu memberi efek licin dan halus pada kulit secara ringan
  • Lactic acid: sebagai humektan yang membantu mengeksfoliasi sel kulit mati dan melembapkan kulit, tetapi kurang cocok untuk kulit sensitif
  • Snail mucin: berfungsi menghidrasi, memberi kelembapan maksimal, dan mencegah penuaan
  • Aloe vera: memberi efek soothing, calming, dan melembapkan kulit.

Selain itu, ada juga kandungan minyak alami seperti shea butter, jojoba oil, olive oil, coconut oil, dan lain sebagainya yang membantu memulihkan minyak alami di kulit kering.

b. Hindari skincare dengan kandungan alkohol

Kandungan alkohol pada produk skincare nggak hanya berisiko mengiritasi kulit, tetapi juga bisa membuat kulit semakin kering. Soalnya, kadar alkohol yang tinggi bisa menghilangkan cairan alami di kulit. Untuk itu, pilihlah produk skincare yang nggak mengandung alkohol, terutama pada produk  seperti toner, essence, atau serum.

c. Pilih produk dengan keterangan “hypoallergenic” dan “dermatologically tested” serta berlabel BPOM

Daripada bingung dengan ingredients di suatu produk skincare, kamu bisa memastikan bahwa skincare tersebut cocok untuk kulit sensitif dengan melihat labelnya. Biasanya suatu produk akan disertai keterangan “hypoallergenic” atau “dermatologically tested”. Bahkan kamu juga bisa memilih produk yang memiliki keterangan “for sensitive skin” atau “for dry skin” sesuai kebutuhanmu.

Oh ya, yang nggak kalah penting, wajib banget pilih produk berlabel BPOM meskipun kamu menggunakan skincare produk luar negeri. Dengan begini, kamu nggak akan salah memilih skincare abal-abal deh.

d. Pilih produk yang nggak memicu iritasi

Tips memilih skincare untuk kulit kering dan sensitif yang nggak kalah penting adalah hindari produk yang mengandung bahan pemicu iritasi. Misalnya saja alkohol, paraben, fragrance, dan lain sebagainya. Selain itu, sebaiknya pilih produk dengan formula pH yang seimbang dengan pH kulit yaitu 4,2 – 5,6 sehingga nggak memicu iritasi.

e. Pilih produk bertekstur krim

Biasanya untuk kulit kering, kamu bisa memilih produk bertekstur krim pada skincare seperti pelembap atau sunscreen. Tekstur krim yang cenderung berat bisa membuat kulitmu yang kering jadi terasa lebih halus dan lembap. Sementara itu, tekstur yang lebih ringan seperti gel atau lotion biasanya sering digunakan pada kulit yang berminyak agar nggak terasa lengket.

f. Pilih sunscreen yang bisa melindungi dari UVA dan UVB

Dalam memilih skincare untuk berbagai jenis kulit, sunscreen menjadi salah satu yang nggak boleh kamu lewatkan. Dalam memilih sunscreen, carilah produk yang bisa melindungi kulitmu dari UVA dan UVB. Biasanya kandungan SPF dengan minimal 30 akan melindungi kulitmu dari UVB dan kandungan PA akan melindungi kulitmu dari UVA. Sunscreen ini selain melindungi kulitmu dari kerusakan, juga bisa membuat kinerja skincare lain lebih efektif lho.

g. Pilih produk berukuran kecil terlebih dahulu jika membeli skincare baru

Pada masa pandemi begini, terkadang drugstore nggak menyediakan tester saat kamu akan membeli skincare. Hal ini tentu akan menyulitkanmu memilih produk yang nggak bikin iritasi karena kamu nggak bisa melakukan patch test. Untuk itu jika ingin membeli produk skincare baru terutama produk dari Korea, Jepang, Amerika, dan lain sebagainya, pilih produk dengan kemasan kecil terlebih dahulu. Bahkan terkadang ada kok Girls produk sample berkemasan sachet yang isinya hanya beberapa mililiter. Kamu bisa mencobanya, jika cocok, baru deh kamu bisa membeli produk dengan kemasan lebih besar.

h. Lihat ulasan atau review suatu produk terlebih dahulu

Sekarang ini banyak banget kok para beauty influencer maupun beauty enthusiast yang membahas review skincare. Nggak ada salahnya kamu melihat dulu review suatu produk sebelum memutuskan membeli skincare sesuai jenis kulitmu, Girls. Hal ini bisa membuatmu lebih mudah mempertimbangkan produk secara lengkap dari segi isi, efek, tekstur, harga, kemasan, dan lain sebagainya.

Gimana? Mudah ‘kan menerapkan tips memilih skincare untuk kulit kering dan sensitif? Selanjutnya, Hai Gadis juga punya rekomendasi beberapa produknya nih. Siapa tahu ada yang cocok buatmu, ‘kan?

Rekomendasi skincare untuk kulit kering dan sensitif

Makeup remover untuk kulit kering dan sensitif

1. Garnier Micellar Cleansing Water Even for Sensitive Skin

Skincare untuk kulit kering dan sensitif

Photo via blibli.com

Rekomendasi skincare untuk kulit kering dan sensitif salah satunya adalah Garnier Micellar Cleansing Water Even for Sensitive Skin. Produk ini dibuat dengan kandungan molekul micelles yang mampu mengangkat minyak dan kotoran dengan baik tanpa perlu dibilas. Teksturnya sendiri ringan, lembut membersihkan kotoran dan makeup tanpa menimbulkan iritasi maupun sensasi perih.

Produk ini cocok kok digunakan pada kulit sensitif dan kering karena formulanya tanpa parfum dan ada label hypoallergenic. Dari segi ingredients sendiri ada glycerin yang cocok buat kulit kering karena kandungan tersebut mampu mengunci kelembapan di kulit. Harga produk ini adalah Rp74.000-an untuk kemasan 100 ml.

2. Nivea Soothing Cleansing Oil with Natural Grape Seed Oil

Skincare untuk kulit kering dan sensitif

Photo via shopee.co.id

Berikutnya ada Nivea Soothing Cleansing Oil with Natural Grape Seed Oil yang cocok digunakan sebagai skincare untuk kulit kering dan sensitif. Produk berupa cleansing oil ini mampu menghapus makeup dan kotoran dengan baik pada kulit sensitifmu lho. Formulanya juga unik dengan transformasi dari minyak ke susu.

Dari segi kandungan, cleansing oil ini diperkaya dengan grape seed oil. Nggak hanya mampu membersihkan wajah dengan baik, kulitmu juga akan tetap terlembapkan dan terasa halus. Kamu bahkan bisa menggunakannya tanpa menggunakan air untuk membilas. Untuk kemasan 150 ml, harga produk ini adalah Rp 80.000-an.

Face wash untuk kulit kering dan sensitif

3. CeraVe Hydrating Cleanser

Skincare untuk kulit kering dan sensitif

Photo via caretobeauty.com

CeraVe Hydrating Cleanser memiliki kandungan kombinasi ceramide dan hyaluronic acid yang mampu mengunci kelembapan pada kulit sensitif dan kering. Pembersih wajah ini mampu menghidrasi wajah sekaligus mengangkat semua kotoran, bakteri, minyak berlebih, dan juga sel kulit mati tanpa membuat wajah iritasi. Dengan pH balance, produk ini juga mampu menjaga keseimbangan pH kulit wajah.

Face wash yang satu ini juga nggak mengandung bahan-bahan comedogenic lho, sehingga nggak berisiko menyumbat pori-pori. Selain unggul dengan kandungan ceramide dan hyaluronic acid, produk ini pun menggunakan teknologi MVE Delivery sehingga mampu menghidrasi kulit secara konsisten selama 24 jam. Kulitmu akan terasa bersih, kencang, dan terlembapkan dengan pemakaian teratur. CeraVe Hydrating Cleanser dijual seharga Rp 160.000-an untuk isi sebanyak 473 ml.

4. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Skincare untuk kulit kering dan sensitif

Photo via blibli.com

Rekomendasi skincare untuk kulit kering dan sensitif berikutnya ada Cetaphil Gentle Skin Cleanser yang merupakan produk face wash. Cleanser yang satu ini memiliki klaim dari segi formulanya yang  hypoallergenic, lembut, dan efektif untuk membersihkan wajah. Dengan formula pH seimbang, face wash ini cocok untuk menjaga kulit tetap sehat dan lembap.

Dari segi tekstur, produk ini memiliki konsistensi gel dengan warna putih translucent. Kamu bisa menggunakannya dengan air atau tanpa air lho. Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini memiliki kandungan propylene glycol. Formulanya bebas pewarna, pewangi, dan tanpa busa berlebih kok. Tentunya setelah membersihkan wajah dengan produk ini, kulitmu nggak akan terasa kering atau ketarik. Kamu bisa membelinya seharga Rp 125.000-an untuk isi 125 ml, ya.

Toner untuk kulit kering dan sensitif

5. Hada Labo Gokujyun Super Hyaluronic Acid Hydrating Lotion Light

Hada Labo Gokujyun Super Hyaluronic Acid Hydrating Lotion Light merupakan produk toner yang mengandung 3 tipe hyaluronic acid. Skincare yang satu ini mampu bekerja langsung ke sel kulit target dan meresap ke dalam lapisan kulit untuk mengunci kelembapan. Selain itu, produk ini juga mampu menutrisi dan memperkuat skin barrier. Kulitmu bakalan terasa lembut, halus, dan dewy bercahaya.

Dari segi tekstur sendiri sangat ringan, non sticky, dan mudah meresap. Kamu bisa menggunakannya setelah membersihkan wajah memakai face wash. Yang terpenting lagi, produk ini cenderung aman buat kulit sensitif karena nggak mengandung fragrance, mineral oil, alkohol, maupun pewarna. Diformulasikan dengan pH balance, toner ini akan menjaga keseimbangan pH kulit sehingga nggak mudah iritasi deh. Harga produk ini hanya Rp 40.000-an lho.

6. Nacific Real Floral Toner Calendula

Skincare untuk kulit kering dan sensitif

Masih ada lho rekomendasi skincare untuk kulit kering dan sensitif yang kali ini berupa produk toner. Nacific Real Floral Toner Calendula merupakan toner asal Korea Selatan yang bermanfaat untuk menenangkan dan melembapkan kulit. Sesuai namanya, kandungan utama produk ini adalah bunga Calendula asli.

Selain itu, ada juga kandungan allantoin untuk membuat kulit lebih halus dan juga 91% air bunga calendula untuk meminimalkan iritasi kulit. Bahkan jika kamu menggunakan toner ini dengan kapas, residu makeup dan kotoran di pori yang masih menempel setelah membersihkan wajah bisa hilang. Untuk kemasan berukuran 180 ml, produk ini dijual seharga Rp 120.000-an.

Serum untuk kulit kering dan sensitif

7. Avoskin Your Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica

Skincare untuk kulit kering dan sensitif

Photo via cnfstore.com

Produk serum yang satu ini tergolong baru dan bisa digunakan pada kulit kering serta sensitif. Avoskin Your Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica ini berfungsi untuk melembapkan kulit dengan optimal, mencerahkan kulit, memudarkan dark spot, sebagai anti-acne, anti-aging, dan bisa mengatasi masalah iritasi pada kulit.

Perpaduan niacinamide 12% dan Centella asiatica yang dimiliki pun bisa memperkuat skin barrier-mu nih. Dengan efek antiinflamasi, produk ini nggak akan mengiritasi kulitmu dan mampu menyamarkan pori yang membesar. Harga serum dari Avoskin ini adalah Rp 139.000-an untuk kemasan 30 ml.

Face oil untuk kulit kering dan sensitif

8. Soothe Face Oil

Skincare untuk kulit kering dan sensitif

Di skincare untuk kulit kering dan sensitif kali ini ada produk face oil, Girls. Soothe Face Oil memiliki kandungan minyak alami yang bermanfaat untuk menghidrasi kulit. Selain itu juga mampu mengurangi bekas jerawat dan memberi efek kenyal serta bercahaya pada kulit wajah. Aromanya sangat menenangkan pikiran lho sehingga nyaman banget deh memakainya.

Soothe Face Oil dibuat dengan rosehip seed oil yang kaya akan antioksidan. Lalu ada juga linoleic acid, vitamin C dan vitamin A yang dapat membantu meregenerasi sel kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Nggak hanya itu, face oil ini pun mengandung sweet almond oil yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan juga avocado oil, serta geranium oil untuk memperlambat penuaan dini serta mencerahkan kulit. Tentunya, produk ini bisa digunakan pada kulit sensitif. Kamu bisa membelinya seharga Rp 104.000,-.

Moisturizer untuk kulit kering dan sensitif

9. Bio Oil Dry Skin Gel

Skincare untuk kulit kering dan sensitif

Photo via shopee.co.id

Bio Oil Dry Skin Gel juga termasuk skincare yang ampuh banget nih digunakan untuk kulit kering dan sensitif. Bio Oil Dry Skin Gel ini memiliki kandungan utama minyak dan 3% air. Kemudian ada juga kandungan emollients seperti shea butter dan humectans seperti glycerin serta urea. Nggak heran kalau produk ini bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering.

Selain itu, ada juga kandungan niacinamide yang mampu mempertahankan kelembapan dan juga mencerahkan kulit. Gel yang satu ini meskipun mengandung minyak, nggak akan membuat kulit terasa lengket kok. Buat kamu yang punya masalah bekas luka atau stretch mark, produk ini nggak kalah oke untuk menghilangkan masalah tersebut.

Ada 3 varian ukuran yang bisa kamu beli. Ukuran 50 ml dijual seharga Rp 75.000-an, ukuran 100 ml dijual Rp 130.000-an, dan ukuran 200 ml dijual seharga Rp 220.000-an. Mau coba produk ini, Girls?

10. Erha 21 Erha 8 Moisturizer for Very Dry Skin

Skincare untuk kulit kering dan sensitif

Photo via erhastore.co.id

Erha 21 Erha 8 Moisturizer for Very Dry Skin merupakan moisturizer yang diformulasikan dengan kandungan bahan-bahan khusus untuk kulit yang sangat kering maupun sensitif. Produk ini memiliki kandungan AHA, Pro Vit B5, dan LineFactor. Selain itu ada juga kandungan sunscreen protector yang mampu melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV.

Kelembapan kulitmu pun akan meningkat dan masalah kulit kering bakalan teratasi dengan pemakaian teratur. Dengan kemasan jar warna putih, pelembap yang satu ini dijual seharga Rp 115.000-an.

Sunscreen untuk kulit kering dan sensitif

11. Skin Aqua UV Mild Milk

Skincare untuk kulit kering dan sensitif

Photo via shopee.co.id

Kali ini, ada sunscreen yang termasuk dalam skincare untuk kulit kering dan sensitif, Girls. Sunscreen yang satu ini cukup terkenal, yaitu Skin Aqua UV Mild Milk. Sunscreen ini memiliki formula yang lembut dan dapat melindungi kulit dari sinar UVA maupun UVB. Kandungannya sendiri berupa SPF 25 PA++. Kemudian ada juga kandungan Improved hyaluronic acid, collagen, dan vitamin E.

Selain melindungi dari sinar UV, sunscreen yang satu ini juga mampu melembapkan kulit dengan baik, melembutkan, dan juga mempertahankan elastisitas kulit. Dengan kemasan botol plastik bertutup warna pink, harga sunscreen ini adalah Rp 48.000-an.

12. Some By Mi Truecica Mineral 100 Calming Suncream SPF 50+ PA++++

Skincare untuk kulit kering dan sensitif

Photo via lazada.co.id

Rekomendasi skincare untuk kulit kering dan sensitif selanjutnya masih berupa sunscreen. Tepatnya dari brand Korea, yaitu Some By Mi Truecica Mineral 100 Calming Suncream SPF 50+ PA++++. Physical sunscreen ini terbuat dari 85% essence pelembap. Dari segi kandungan, produk ini dibuat dengan kandungan Centella asiatica yang mampu memberi efek soothing, Madecassoside dan Asiaticoside sebagai antioksidan, serta essential oil (orange peel oil, lavender oil, tea tree leaf oil) untuk melembapkan kulit.

Sunscreen dari Some By Mi ini memiliki tekstur yang ringan dan lembut tanpa efek whitecast (putih) yang berlebihan. Kemudian, kemampuan proteksinya dari paparan sinar mataharinya juga maksimal lho dengan SPF 50+ dan PA++++. Selain itu, ada kandungan 100% mineral UV filters berupa zinc oxide dan titanium dioxide yang mampu melindungi dari UVA serta UVB. Formula dari produk ini juga fragrance free dan non-iritating sehingga cocok buat kulit sensitif. Kamu bisa membelinya seharga Rp 130.000-an ya, Girls.

Krim malam untuk kulit kering dan sensitif

13. Sukin Sensitive Calming Night Cream

Skincare untuk kulit kering dan sensitif

Photo via blibli.com

Sukin Sensitive Calming Night Cream merupakan produk krim malam yang mampu menghidrasi kulit dengan baik dan aman buat kulit sensitif. Produk ini memiliki kandungan Combines rose hip, borage, dan minyak evening primrose. Manfaatnya adalah menghidrasi dan meningkatkan elastisitas kulit.

Selain itu, produk ini diperkaya dengan timun dan chamomile yang mampu menenangkan kulit sensitif. Ada juga ingredients bagus berupa Aloe barbadensis leaf juice, sesame seed oil, rose hip oil, shea butter, vitamin E, dan bahan alami lainnya. Wanginya soft banget sehingga nggak bikin terasa menyengat. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 200.000-an untuk isi 120 ml berkemasan jar.

Sleeping mask untuk kulit kering dan sensitif

14. Harlette Oatmilk Sleeping Mask

Skincare  untuk kulit kering dan sensitif

Photo via shopee.co.id

Harlette Oatmilk Sleeping Mask merupakan skincare untuk kulit sensitif yang mampu melembapkan kulit dengan baik. Produk ini diformulasikan dengan kandungan oat, susu, dan kolagen. Nggak hanya melembapkan kulit, tetapi juga bisa meredakan jerawat, meredakan kemerajan, dan menghilangkan bekas jerawat.

Dengan pemakaian teratur pun produk ini mampu menyamarkan pori dan membuat wajah tampak lebih cerah serta glowing alami. Nggak hanya mengandung oat, susu, dan kolagen, sleeping mask dengan kemasan lucu ini juga mengandung rice bran extract, licorice, glycerin, dan sodium hyaluronate. Kamu bisa membelinya seharga Rp 185.000-an untuk kemasan 30 gram.

Sheet mask untuk kulit kering dan sensitif

15. Rojukiss Hya Pore Expert 5X Serum Mask

Sheet mask untuk kulit kering dan sensitif

Photo via shopee.co.id

Sheet mask Rojukiss lagi nge-hits banget nih Girls di kalangan para beauty enthusiast. Makser asal Korea Selatan ini memang terkenal bagus dan terdiri dari banyak varian. Kalau untuk kulit kering dan sensitif, kamu bisa memilih varian Rojukiss Hya Pore Expert 5X Serum Mask, yaitu dengan kemasan warna biru. Masker yang satu ini memiliki  kandungan 5X serum intensif dalam merawat kulit dehidrasi yang tampak kusam, kering, dan kendur.

Kandungan dalam setiap masker diperkaya dengan essence yang setara dengan 5 botol hyaluron serum. Selain itu juga ada kandungan ekstrak Witch hazel untuk membantu mengecilkan pori-pori. Harga sheet mask ini hanya Rp 20.000-an lho.

Itu dia beberapa rekomendasi skincare untuk kulit kering dan sensitif. Meskipun produk di atas cenderung cocok buat kulit sensitif, tetap jangan lupa lakukan patch test saat memilih produk ya, Girls. Nah, produk skincare apa nih yang jadi holygrail-mu banget?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *