Rekomendasi Produk Skincare Untuk Kulit Kering Yang Bagus

5 bulan, by Hai Gadis

Skincare untuk kulit kering

Memiliki kulit wajah yang kering memang nggak nyaman. Biasanya kulit wajah kering bisa kamu ketahui setelah mencuci muka dengan sabun dan nggak memakai skincare apa-apa. Kalau kulitmu terasa kencang atau tertarik, maka menandakan bahwa kulitmu kering. Jenis kulit ini kalau nggak dirawat dengan skincare untuk kulit kering bisa menyebabkan masalah yang mengganggu penampilan seperti kulit kusam, kasar, gatal, atau bersisik. Bahkan kulit kering juga bisa dengan mudah mengalami tanda-tanda penuaan.

Table of Contents

Ciri-ciri kulit kering

Gimana sih caranya tahu kalau kulitmu sebenarnya termasuk kulit kering? Biasanya kulit kering akan memiliki ciri-ciri seperti berikut ini nih, Girls.

  1. Cenderung kasar, bersisik, atau terasa gatal
  2. Produksi minyak di kulit wajah nggak cukup / rendah
  3. Mudah menjadi kusam
  4. Rentan terkelupas atau kaku saat cuaca dingin
  5. Mudah timbul tanda penuaan seperti keriput, flek hitam, atau garis halus
  6. Pori-pori dan garis-garis kulit terliha jelas
  7. Kulit terasa keras dan tertarik setelah dibersihkan dengan sabun.

Penyebab kulit kering

Kalau kulitmu memiliki tanda-tanda seperti di atas, maka bisa jadi wajahmu memiliki jenis kulit kering. Maka, kulitmu perlu perawatan dengan baik supaya nggak mudah mengalami berbagai masalah. Soalnya kulit kering sangat mudah mengalami iritasi atau infeksi. Namun sebelum itu, kamu juga perlu mengenali penyebab kulit kering terlebih dahulu.

a. Kondisi lingkungan

Kondisi lingkungan saat kamu beraktivitas bisa menjadi penyebab kulit kering, Girls. Misalnya saja saat beraktivitas di luar ruangan di mana kulitmu terpapar sinar matahari tanpa dilindungi SPF. Atau bisa juga saat kamu berada di suatu tempat yang memiliki cuaca panas, kelembapan kulit akan menurun. Begitu pula saat kamu  berada di suatu tempat yang udaranya dingin.

b. Menggunakan sabun cuci muka yang salah

Selain faktor lingkungan, penggunaan sabun cuci muka untuk membersihkan wajahmu juga bisa menjadi pemicu kulit kering. Sabun yang memiliki kandungan terlalu keras bisa menghilangkan minyak di wajah sehingga menyebabkan kulitmu kering. Apalagi kalau kamu memililih sabun yang nggak mengandung pelembap, maka setelah mencuci muka, kulit bisa semakin kering. Oh ya, membersihkan wajah dengan sabun cuci muka juga nggak perlu berlebihan ya, Girls. Secukupnya saja kemudian lanjutkan dengan penggunaan skincare setelah itu.

c. Mencuci muka dengan air panas terlalu sering

Nah, kalau kamu hobi mandi dengan air panas, harus hati-hati, Girls. Boleh-boleh saja kok kalau sesekali. Namun jangan terlalu sering, karena air panas bisa membuat kulit menjadi kering. Air panas ini bisa mengurangi kadar air dan minyak pada kulit wajahmu.

d. Nggak minum air dengan cukup

Nggak hanya faktor eksternal, faktor dari dalam seperti konsumsi minuman pun bisa menjadi penyebab kulit kering. Untuk itu, pastikan setiap hari kamu mengonsumsi cairan dengan cukup. Kebutuhan cairan tiap orang bisa berbeda-beda, tetapi rata-rata adalah 8 gelas sehari. Tanda kamu cukup minum adalah air kencing berwarna bening, bukan kuning atau bahkan kecokelatan. Sudah cukup belum nih minummu?

e. Merokok

Mungkin hal ini biasanya dilakukan oleh laki-laki, meski ada juga kok wanita yang merokok. Nah, merokok ini pun bisa menyebabkan kerusakan kulit seperti membuat kulit wajah menjadi kering dan kasar. Untuk itu, hati-hati ya, Girls!

f. Kondisi penyakit tertentu

Penyakit atau kondisi medis tertentu pun bisa memicu kulit menjadi kering lho. Misalnya saja hipertiroidisme, psoriasis, diabetes, dermatitis, dan lain sebagainya. Kalau kulit keringmu diakibatkan oleh gangguan kesehatan, sebaiknya kamu langsung memeriksakan diri ke dokter deh.

Tips memilih skincare untuk kulit kering

Banyak ya penyebab kulit kering yang bisa jadi tanpa sadari sering kamu lakukan lho. Tentunya untuk mengatasi kondisi kulit kering ini, kamu perlu merawat wajahmu dengan skincare yang tepat. Produk skincare untu kulit kering sendiri banyak beredar di pasaran. Mulai dari produk lokal maupun produk dari luar negeri. Kalau salah pilih, masalah di kulitmu nggak bakal teratasi secara efektif.

Daripada bingung memilih produk skincare untuk mengatasi kulit keringmu, mending simak dulu tips dari HaiGadis berikut ini.

a. Pilih skincare yang memiliki kandungan pelembap

Yang satu ini menjadi poin sangat penting untuk kamu perhatikan. Kulit kering harus terlembapkan dengan baik sehingga kamu perlu memilih skincare yang mengandung pelembap. Kandungan pelembap yang baik misalnya adalah shea butter, jojoba oil, olive oil, dan coconut oil.

Namun kamu bisa juga memilih skincare yang punya kandungan humectant dan bisa menarik air ke kulit seperti Aloe vera, glycerin, serta hyaluronic acid. Ketiga kandungan tersebut pun bisa melembapkan kulit berminyak agar nggak mengalami dehidrasi.

b. Pilih skinare yang kandungannya water based

Kulit kering nggak hanya karena produksi minyak yang kurang lho, tetapi bisa jadi karena kulit mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, kamu bisa memilih skincare yang berbahan dasar air supaya kadar air pada kulitmu bisa kembali setelah beraktivitas seharian.

c. Hindari skincare yang mengandung alkohol

Kandungan alkohol pada produk skincare memang bagus jika cocok-cocok saja dengan kulitmu. Namun kandungan ini pun bisa menyebabkan kulit menjadi kering lho. Akibatnya, kulit bisa terasa perih setelah penggunaan skincare.

d. Pilihlah produk skincare dengan tekstur krim

Skincare dengan tekstur krim mungkin terasa greasy dan berat digunakan pada kulit berminyak. Namun, tekstur ini cocok lho buat kulit kering agar hasilnya kulitmu lebih lembut karena terlembapkan.

e. Pilih produk yang mengandung vitamin dan nutrisi lain untuk wajahmu

Nggak cukup hanya terlembapkan, kulitmu yang kering tetap membutuhkan nutrisi, bukan? Hal ini agar kulit menjadi lebih sehat dan terhindar dari masalah lainnya. Nutrisi untuk kulit misalnya adalah kandungan vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan masih banyak lagi.

f. Pilih produk skincare untuk kulit kering yang harganya sesuai budget

Penggunaan produk perawatan kulit pastinya nggak hanya sekali – dua kali, tetapi setiap hari. Maka, sangat penting untuk memilih produk yang harganya sesuai budget atau kemampuanmu. Kalau kamu memaksakan diri membeli produk skincare dengan harga yang terlalu mahal, dikhawatirkan nantinya kamu kesulitan membelinya lagi setelah produk tersebut habis. Padahal, produk skincare untuk kulit kering yang bagus nggak selalu mahal. Dan harga terjangkau pun belum tentu kualitasnya jelek kok.

g. Pilih produk berdasarkan review beauty vlogger atau pengguna sebelumnya

Membaca ulasan produk sebelum membelinya juga sangat penting untuk kamu lakukan nih. Tujuannya agar kamu nggak salah memilih produk yang kurang berkualitas. Apalagi jika produk tersebut belum pernah kamu gunakan. Kamu bisa melihat review para beauty influencer atau pengguna sebelumnya di internet kok.

Rekomendasi produk skincare untuk kulit kering

Kalau sudah tahu tips memilih skincare untuk kulit kering yang benar, kini kamu nggak perlu bingung lagi, Girls. HaiGadis punya rekomendasinya khusus buat kamu nih. Simak, yuk!

Makeup remover untuk kulit kering

1. Nivea Micellair Skin Breathe Xpert Makeup Remover

Photo via nivea.co.id

Skincare untuk kulit kering yang pertama berupa produk makeup remover dari Nivea, yaitu Nivea Micellair Skin Breathe Xpert. Cairan pembersih wajah berupa micellar water ini bisa mengangkat makeup dan berbagai sisa kotoran di wajah dengan baik. Bahkan makeup waterproof juga bisa terhapus lho. Menariknya lagi, produk ini lembut saat digunakan dan nggak meninggalkan residu.

Kalau dari segi kandungan, kamu nggak perlu khawatir kulit menjadi kering. Soalnya micellar water yang satu ini diperkaya ekstrak black tea sebagai antioksidan. Kemudian ada blackcurrant yang bisa memperbaiki dan menutrisi kulit, serta blackberries yang memberi kelembapan pada kulitmu. Kulit kering nggak bakalan makin kering bahkan teriritasi deh. Harga produk ini masih di bawah Rp 30.000-an kok.

2. Innisfree Olive Real Cleansing Oil

Skincare untuk kulit kering

Photo via innisfree.com

Kali ini, produk skincare untuk kulit kering masih berupa makeup remover, yaitu Innisfree Olive Real Cleansing Oil. Cleansing oil sesuai namanya memang berbahan dasar minyak, sehingga cocok abis digunakan untuk membersihkan wajah dari sisa makeup dan kotoran pada kulit kering. Innisfree Olive Real Cleansing Oil mengandung formula olive oil terbaik yang kaya akan nutrisi dan berbagai vitamin.

Selain membantu membersihkan kotoran dan makeup dengan sempurna, produk ini juga mampu membersihkan kulitmu hingga ke pori. Makeup waterproof pun bisa terangkat dengan baik lho. Kulitmu juga jadi lebih lembap dan halus tanpa khawatir jadi kering. Oh ya, Cleansing oil terbaik dari Innisfree ini pun bisa meminimalkan tampilan pori-pori wajahmu kok. Kamu bisa membelinya seharga Rp 240.000-an.

Facial wash untuk kulit kering

3. Senka Perfect Whip Facial Foam

Skincare untuk kulit kering

Photo via senka.id

Senka Perfect Whip Facial Foam merupakan pembersih wajah yang recommended buat kamu yang mencari skincare untuk kulit kering.  Produk ini sangat bagus untuk menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sisa makeup. Buat kamu yang punya kulit kering, nggak usah khawatir karena produk ini pada saat bersamaan akan menghidrasi kulit.

Pembersih wajah yang hits abis ini formulanya juga ringan dan mampu meregenerasi kulit. Busanya juga melimpah lho, tetapi lembut dan nggak bikin iritasi. Harga produk asal Jepang ini pun masih terjangkau kok, yaitu Rp 37.000,-.

Toner untuk kulit kering

4. Klairs Supple Preparation Unscented Facial Toner

Skincare untuk kulit kering

Photo via klairscosmetics.com

Kamu butuh skincare berupa toner yang recommended? Coba saja Klairs Supple Preparation Unscented Facial Toner. Toner ini kaya akan kandungan yang melembapkan kulit lho, sehingga pas banget dipakai buat tipe kulit kering. Formulanya juga ringan dengan tekstur seperti gel yang cepat meresap.

Dari segi kandungan, produk ini diperkaya dengan campuran berbagai tumbuh-tumbuhan, hyaluronic acid, dan Centella asiatica. Selain melembapkan, tentu kandungan tersebut mampu menutrisi kulitmu. Oh ya, produk ini juga nggak mengandung pewangi maupun essential oil lho, jadi bisa digunakan juga untuk kulit sensitif. Namun harganya cukup pricey nih Girls, yaitu sekitar Rp 300.000-an.

5. Wardah Nature Daily Seaweed Balancing Primary Hydrating Booster

Photo via wardahbeauty.com

Skincare untuk kulit kering dari Wardah ini merupakan booster yang juga bisa kamu gunakan sebagai toner lho. Wardah Nature Daily Seaweed Balancing Primary Hydrating Booster memiliki kandungan ekstrak rumput laut untuk membuat kulit tetap halus,lembut, dan lembap. Selain itu, ada kandungan balancing seaweed extract yang membantu mempertahankan agar kulit dalam kondisi normal. Lalu ada hydraboost formula agar kulit tetap lembap dan kenyal.

Bahan pelembapnya ada lagi lho, yaitu hyaluronic acid. Masalah kulit kering jadi gampang teratasi deh. Cara memakainya adalah tuang ke telapak tangan, kemudian tepukkan secara merata pada wajah dan leher yang telah dibersihkan. Wardah Nature Daily Seaweed Balancing Primary Hydrating Booster harganya sangat terjangkau lho, yaitu Rp 35.000-an.

Essence untuk kulit kering

6. SK-II GenOptics Aura Essence

Skincare untuk kulit kering

Photo via sk-ii.com

Kali ini, produk skincare yang bisa kamu gunakan pada kulit keringmu berupa essence. Essence ini digunakan setelah kamu membersihkan wajah dan menggunakan toner, Girls. Produk ini memiliki kemasan yang mewah karena botolnya tampak berkilau warna-warni. Kalau dari segi kandungan, produk SK-II ini diperkaya dengan Pitera yang memliki asam amino, vitamin, mineral, dan asam organik. Fungsinya adalah menghidrasi dan mencegah kerusakan pada kulitmu.

Kemudian ada pula kandungan ekstrak Prunus yang mampu mengurangi kerusakan kulit akibat terbakar sinar matahari. Kulit pun akan terhindar dari kusam. Kalau memakainya secara teratur, kulitmu bakalan lebih lembap dan cerah. Essence ini bisa kamu beli seharga Rp 1,5 jutaan Girls.

Serum untuk kulit kering

7. The Body Shop Vitamin E Moisture Serum

Skincare untuk kulit kering

Photo via femaledaily.com

Produk skincare selanjutnya berupa serum nih, Girls. The Body Shop Vitamin E Moisture Serum ini merupakan serum pre-moisturizer yang mampu memberikan perlindungan pada kulitmu secara intensif. Serum ini juga mampu menghidrasi kulitmu dengan baik agar nggak kering.

Dengan pemakaian teratur pada wajah dan leher setiap hari, kulitmu akan terasa halus karena lembap. Dari segi kandungan, produk ini diformulasikan dengan tocopheryl acetate atau vitamin E. Tekstur serum ini juga ringan dan mudah meresap lho. Yang terpenting, produk dari The Body Shop ini pun cruelty free. Kamu bisa membelinya seharga Rp 259.000,-.

Face oil untuk kulit kering

8. Klei & Clay Soothe Face Oil

Skincare untuk kulit kering

Photo via kleiandclay.com

Buat kulit kering, mengunakan face oil sangat penting lho. Soalnya jenis skincare yang satu ini bisa melembapkan wajahmu dengan baik. Nah, Klei & Clay Soothe Face Oil ini sangat recommended untuk kamu pakai. Soalnya memiliki kandungan minyak alami yang bermanfaat untuk menghidrasi kulit, mengurangi bekas jerawat, dan memberi efek kenyal serta glowing pada wajahmu. Kulit bakalan bebas kusam deh.

Produk ini juga memiliki aroma yang menenangkan lho, sehingga bikin kamu nyaman memakainya. Untuk kandungannya sendiri ada rosehip seed oil yang kaya akan antioksidan. Kemudian ada juga linoleic acid, vitamin A, dan vitamin C. Manfaatnya adalah meregenerasi sel kulit dan mengurangi kusam seperti bekas jerawat. Masih ada nih kandungan sweet almond oil yang bisa menangkal radikal bebas dan mencegah kulitmu dari kerusakan.

Yang terpenting, ada juga avocado oil yang mengatasi kulit kering dan membantu mencegah penuaan dini. Nggak lupa, ada geranium oil untuk mencerahkan wajah. Lengkap banget, ‘kan? Kamu bisa memakainya secara teratur kok. Harganya pun affordable, yaitu Rp 104.000,-.

Moisturizer untuk kulit kering

9. Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Multifunction Gel ( Sebelumnya bernama Wardah Hydrating Aloe Vera Gel)

Skincare untuk kulit kering

Photo via wardahbeauty.com

Wardah juga punya nih produk skincare untuk kulit kering, yaitu berupa Aloe vera gel. Produk ini diperkaya dengan triple humectant system yang berfungsi melembapkan kulit secara optimal. Kemudian ada triple soothing agent yang membantu merawat kulit kering atau kulit yang iritasi.

Nggak hanya melembapkan, produk ini juga bisa mengatasi kulit kemerahan akibat paparan sinar matahari. Bisa banget deh kamu mengaplikasikannya sebelum memakai makeup. Kulit kamu nggak bakalan kering deh. Produk ini juga harganya terjangkau lho, yaitu Rp 35.000-an.

10. Vaseline Petroleum Jelly

Skincare untuk kulit kering

Photo via vaseline.com

Produk skincare yang satu ini memang terkenal memiliki banyak fungsi. Antara lain adalah melindungi kulit kering dan mengunci kelembapan untuk memperbaiki kulit kering. Buat mengurangi tampilan garis halus di wajah juga bisa lho. Bahkan bisa juga untuk menyembuhkan luka gores, kulit mengelupas, dan luka bakar. Kandungan dari VaseinePetroleum Jelly ini adalah wonder jelly asli yang telah melalui 3 tahap pemurnian.

Teksturnya sendiri terasa lembut di kulit dan nggak akan menyebabkan alergi deh. Produk inipun non-comedogenic lho, jadi kamu nggak perlu khawatir pori-pori akan tersumbat. Vaseline Petroleum Jelly ini pun bisa kok kamu gunakan sebagai pelembap bibir. Harganya sekitar Rp 80.000-an, Girls.

Sunscreen untuk kulit kering

11. Skin Aqua UV Moisture Milk

Skincare untuk kulit kering

Photo via shopee.co.id

Skincare untuk kulit kering selanjutnya adalah Skin Aqua UV Moisture Milk. Pelembap wajah yang satu ini memiliki kandungan SPF 50+ dan PA+++ yang bisa melindungi kulitmu dengan sinar UV. Selain itu ada juga kandungan hydraulic acid dan kolagen yang bisa melembapkan, melembutkan, serta mempertahankan elastisitas kulit.

Kemudian ada juga vitamin B5 dan vitamin E yang akan menutrisi kulitmu dengan baik. Oh ya, produk ini bisa kamu pakai sehari-hari tanpa menggunakan sunscreen lagi lho. Moisturizer sekaligus sunscreen ini bisa kamu beli seharga Rp 50.000-an.

12. COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++

Skincare untuk kulit kering

Photo via cosrx.com

Skincare untuk kulit kering kali ini adalah produk sunscreen dari COSRX. Sunscreen nggak boleh kamu lewatkan Girls terutama kalau kamu sering beraktivitas di luar ruangan. Tabir surya yang satu ini bisa melembapkan kulit dengan 5.500 ppm. Kandungannya sendiri berupa Aloe barbandensis leaf water yang bisa memberi kelembapan dan nutrisi pada kulitmu. Selain itu, kandungan dari COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++ ini berupa campuran bahan-bahan alami yang telah teruji.

Tentunya, ada juga SPF 50+ dan PA+++ yang bakalan melindungi kulitmu dari UVA maupun UVB. Kamu bisa menggunaka sunscreen untuk mengakhiri rangkaian skincare-mu sebelum mengaplikasikan makeup. Produk ini dijual seharga Rp 150.000 – Rp 200.000-an ya, Girls.

Sleeping mask untuk kulit kering

13. Laneige Water Sleeping Mask

Skincare untuk kulit kering

Photo via laneige.com

Pasti kamu sudah tahu dengan skincare yang nge-hits abis ini, ‘kan? Laneige Water Sleeping Mask juga sangat recommended lho digunakan untuk kulit kering. Masker yang digunakan di malam hari saat tidur ini bisa membuat lebih cerah dan segar esok harinya.

Kandungan dari produk Laneige yang satu ini adalah air yang dikombinasikan dengan skin-soothing agent untuk melembutkan serta melembapkan kulit. Dijamin kulitmu bakalan glowing dan lembap kalau memakainya secara teratur. Oh ya, karena produk ini termasuk masker, maka kamu perlu membilasnya di pagi hari, ya. Harga Laneige Water Sleeping Mask ini adalah Rp 250.000-an.

Sheet mask untuk kulit kering

14. Garnier Serum Mask Hydra Bomb Pomegranate

Skincare untuk kulit kering

Photo via garnier.co.id

Kali ini, ada sheet mask yang recommended banget untuk kulit kering, yaitu Garnier Serum Mask Hydra Bomb Pomegranate. Sheet mask yang satu ini memang diformulasikan untuk kulit kering agar bisa terlembapkan dengan baik. Kandungannya sendiri berupa ekstrak buah delima yang kaya akan antioksidan. Kemudian ada juga kandungan hyaluronic acid yang efektif melembapkan kulitmu lho. Kulit pun akan terasa halus dan lebih terawat.

Oh ya, tiap lembar dari masker ini mampu menutrisi wajah dengan kadar konsentrasi serum untuk seminggu. Saat memakainya, wanginya segar abis sehingga bikin kamu nyaman. Serum di dalam kemasannya pun banyak, jadi puas deh pakainya. Harga produk ini sekitar Rp 20.000-an ya, Girls.

Produk scrub / eksfoliasi untuk kulit kering

15. St. Ives Gentle Smoothing Oatmeals Scrub and Mask

Skincare untuk kulit kering

Photo via stives.co.id

Butuh skincare untuk kulit kering yang berupa produk eksfoliasi? St. Ives Gentle Smoothing Oatmeals Scrub and Mask ini mengandung oatmeal dan madu. Fungsinya adalah mengangkat sel kulit mati dan kotoran serta menyejukkan kulit. Kulitmu bakalan bebas kusam deh.

Produk scrub yang satu ini juga cocok buat kulit kering lho. Soalnya nggak bakalan bikin kulit tertarik setelah memakainya. Butiran scrub-nya pun halus sehingga gentle abis deh saat diaplikasikan. St. Ives Gentle Smoothing Oatmeals Scrub and Mask bisa kamu beli seharga Rp 65.000-an.

Itu dia beberapa produk skincare untuk kulit kering yang recommended buat kamu. Dari produk-produk di atas, ada beberapa jenis skincare yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Yang terpenting, jangan malas untuk menggunakan rangkaian skincare secara teratur, ya. Kemudian, jangan lupa juga untuk minum air yang cukup dan mengonsumsi makanan sehat.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *