15 Merk Serum Wajah Terbaik untuk Mencerahkan Kulit

4 bulan, by Hai Gadis

Serum wajah terbaik

Kulit kusam memang wajar kok dialami oleh kita yang seringkali melakukan aktivitas sehari-hari di luar ruangan. Kulit yang kusam jadi terlihat kurang segar, pucat, tampak lelah, dan nggak glowing. Nggak heran kalau masalah kulit kusam sering bikin kamu nggak pede. Namun, masalah kulit kusam tentu bisa diatasi dengan skincare kok, salah satunya adalah menggunakan produk serum pencerah wajah terbaik.

Sebelum membahas soal serum yang bisa kamu gunakan, ketahui dulu nih Girls sebenarnya kulit kusam ini apa ya penyebabnya?

Penyebab kulit kusam

a. Jarang melakukan eksfoliasi

Pastinya kamu tahu dong kalau fungsi melakukan eksfoliasi wajah adalah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, minyak, dan juga kotoran yang menumpuk di wajah. Dengan melakukan eksfoliasi secara teratur, tentunya kulitmu bakalan lebih cerah. Setidaknya, lakukan eksfoliasi kulit 1-3 kali seminggu, ya. Hayo, inget-inget deh kapan terakhir kali kamu melakukan eksfoliasi?

b. Kurang cairan

Dalam sehari, jika kebutuhan cairanmu nggak tercukupi, maka hal ini bisa menjadi penyebab kulit kusam juga lho. Saat tubuh kekurangan cairan, maka aliran darah jadi kurang lancar, termasuk aliran darah ke kulit wajah. Nggak heran kalau wajahmu jadi tampak pucat dan kering.

c. Kurang mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Pola makan ternyata juga bisa memengaruhi kulit kusam lho. Jika ingin kulit kamu nggak mudah kusam, kurang terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak, gula, dan garam.

d. Stres dan kurang istirahat

Saat stres, aliran darah ke kulit untuk memperbaiki kulitmu bisa terhambat lho. Hal ini bakalan memicu kulit kusam. Begitu pula ketika kamu kurang istirahat, proses regenerasi kulit yang seharusnya berlangsung pada malam hari jadi terhambat.

e. Paparan lingkungan

Paparan dari lingkungan seperti polusi, debu, dan juga sinar matahari pun bisa menjadi penyebab kulit kusam nih, Girls. Itulah kenapa kamu perlu pakai sunscreen, skincare, dan juga berolahraga teratur untuk membantu menghilangkan racun dari dalam kulit.

f. Hormonal

Pengaruh hormon yang berubah-ubah pun bakalan bikin kulit kamu kusam. Misalnya seperti saat pubertas, menstruasi, atau karena obat-obatan tertentu.

g. Pengaruh produk makeup

Nah lho, hati-hati lagi ya Girls kalau memilih produk makeup. Produk yang nggak cocok buat kulitmu hanya akan bikin masalah baru seperti kulit kusam.

Tips memilih serum pencerah wajah terbaik

Supaya kulit bisa tampak cerah dan glowing, kulit kusam perlu diatasi. Salah satu caranya adalah menggunakan skincare yang berupa serum. Serum ini biasanya akan mengandung konsentrat yang lebih tinggi untuk mengatasi permasalahan kulit tertentu. Nah, buat mengatasi kulit kusam kamu, jangan sembarangan pilih serum ya, Girls. Mending simak dulu tips berikut ini.

a. Pilih serum yang berfungsi mencerahkan

Tips memilih serum pencerah wajah terbaik yang pertama ini gampang banget lho. Kamu tinggal memilih produk yang memang berfungsi mencerahkan kulit. Biasanya dalam produk tersebut akan tertera klaimnya kok. Serum yang berfungsi mencerahkan kulit biasanya akan mengandung bahan-bahan pencerah. Misalnya saja arbutin yang berfungsi menghambat pembentukan melanin pemicu bintik hitam.

Kemudian ada juga bahan vitamin B3 (niacinamide) yang menghambat sel melanosit menghasilkan melanin, sehingga kulit nggak mudah kusam dan proses regenerasi sel juga jadi lebih mudah. Selain itu, ada juga kandungan seperti vitamin C dan turunannya yang bertindak sebagai antioksidan dan pencerah alami.

b. Pilih serum yang tetap mengandung pelembap

Jika kulitmu terlembapkan dengan baik, maka nggak bakalan mudah kusam lho. Untuk itu, pilih produk yang nggak hanya mencerahkan, tapi juga mampu melembapkan kulitmu ya. Bahan-bahan yang biasanya berfungsi sebagai pelembap antara lain hyaluronic acid, Aloe vera, dan lain sebagainya.

c. Pilih serum berdasarkan teksturnya

Memilih tekstur serum juga penting banget nih. Buat kamu yang punya tipe kulit berminyak, pilihlah produk yang teksturnya ringan / cair dan lebih mudah meresap supaya nggak menimbulkan efek lengket. Jika kulitmu kering, kamu bisa kok memilih serum yang teksturnya agak kental agar wajah tetap terasa lembap.

d. Perhatikan serum untuk kulit sensitif

Buat kamu yang punya kulit sensitif, tetap hati-hati, ya. Sebaiknya pilihlah produk serum yang nggak mengandung fragrance, alkohol, paraben, dan bahan pemicu iritasi lainnya. Jika perlu lakukan patch test terlebih dahulu saat membeli produk serum baru.

e. Pilih produk yang harganya sesuai kemampuan

Tips memilih serum pencerah wajah terbaik yang satu ini pun nggak kalah penting. Serum menjadi produk skincare yang bakalan kamu pakai setiap hari secara rutin lho. So, pilih yang harganya sesuai kemampuan ya supaya kamu tetap bisa menggunakannya secara continue.

f. Lihat dulu ulasan suatu produk

Zaman sekarang sih kamu bakalan gampang banget kok untuk mencari tahu suatu produk serum dari review orang lain. Bisa dari beauty influencer maupun dari pengguna sebelumnya. Jadi, jangan lupa riset dulu sebelum membeli ya Girls supaya kamu mendapatkan produk yang tepat dan aman buat kulitmu.

Begitulah cara memilih serum pencerah wajah yang wajib kamu perhatikan. Sekarang, kamu nggak perlu bingung lagi deh dengan sekian banyaknya produk yang ada di pasaran. Soalnya, Hai Gadis punya rekomendasi khusus buat kamu. Yuk, simak!

Rekomendasi merk serum pencerah wajah terbaik

1. The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA

Photo via blibli.com

Serum pencerah wajah terbaik yang pertama adalah The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA. Serum ini sangat recommended buat kamu yang punya masalah kulit kusam dan memiliki bekas jerawat. Fungsinya sendiri adalah mencerahkan kulit wajahmu dan membuat tampilan bekas jerawat memudar.

Dengan pemakaian teratur, jerawat bakalan tercegah untuk timbul lagi. Selain itu, kulitmu juga akan lebih halus karena adanya tekstur pada kulit wajah bisa teratasi. Oh ya, kalau kamu menggunakan produk ini pada siang hari, jangan lupa gunakan sunscreen setelahnya, ya. Soalnya serum ini meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Harga The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA ini adalah Rp 200.000-an.

2. L’Oreal Paris White Perfect Clinical Derm White Essence Serum

Merk serum wajah bagus

Photo via loreal-paris.co.id

Selanjutnya, ada L’Oreal Paris White Perfect Clinical Derm White Essence Serum yang juga efektif untuk mencerahkan wajahmu. Produk ini diperkaya dengan Derm White Technology berupa gabungan 3 bahan aktif yang mampu mencerahkan kulit dalam seketika. Ada Actyl C sebagai pencerah dan membantu menyamarkan noda hitam pada kulit.

Kemudian ada juga Adenosine dan Fiberlastyl yang membantu kulit lebih cerah serta mengurangi produksi melanin penyebab pigmentasi pada kulit. Oh ya, serum dari L’Oreal Paris ini bahkan mengandung SPF 19 lho, sehingga mampu melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari. Harga serum yang teksturnya ringan abis ini adalah Rp 280.000-an untuk kemasan 175 ml.

3. L’Occitane Reine Blanche Whitening Serum

Merk serum wajah terbaik

Photo via loccitane.com

Serum pencerah wajah terbaik berikutnya adalah L’Occitane Reine Blanche Whitening Serum. Produk ini diformulasikan dengan ramuan Reine Blanche dari tanaman-tanaman alami dan juga vitamin C lho. Serum ini recommended banget untuk mengatasi masalah kulit kusam. Selain itu, dengan memakai serum ini, rona wajahmu akan tampak lebih merata, tekstur kulit merata, dan kulit lebih terlembapkan.

Bahkan produk ini juga mampu menyamarkan noda hitam sehingga kulit lebih cerah, jernih, bening, dan bercahaya. Kamu nggak perlu khawatir kulit bakalan kering deh karena skincare yang satu ini mampu memberikan kelembapan wajah hingga dalam 24 jam. Sayangnya, serum bagus ini harganya agak pricey, yaitu Rp 1,1 jutaan. Namun, harga bakalan sebanding sama kualitasnya kok.

4. Nacific Phyto-Niacin Whitening Essence

Serum wajah bagus

Photo via lazada.co.id

Produk skincare Korea memang banyak yang terkenal bagus. Salah satunya adalah Nacific Phyto-Niacin Whitening Essence yang mampu mencerahkan kulit dengan baik. Produk ini nggak hanya mampu mencerahkan kulit lho, tapi juga membantu melembapkan kulitmu. Dari segi kandungan, ada niacinamide dan vitamin C dari lemon, Morusalba bark, serta rosacanina.

Fungsi dari kandungan-kandungan tersebut tentu adalah menutrisi kulitmu dan membuatnya lebih cerah bersinar. Selain itu, ada juga kandungan hyaluronic acid dan Bamboo sap yang membuat kulitmu lebih lembap secara menyeluruh. Dengan pemakaian teratur, kulit akan terasa lembut dan kenyal deh. Tekstur serum dari Nacific ini pun watery dan transparan, serta sangat ringan. Bakalan mudah meresap deh saat diaplikasikan ke kulitmu. Aromanya juga segar khas bunga-bungaan yang nggak terlalu menyengat. Untuk kemasan 50 ml, kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 185.000,-.

5. The Body Shop Drops of Light Brightening Serum

Merk serum wajah terbaik

Photo via thebodyshop.co.id

Kali ini, ada produk serum pencerah wajah terbaik dari brand The Body Shop, yaitu Drops of Light Brightening Serum. Produk ini memiliki tekstur yang ringan dan mudah meresap ke dalam kulit. Untuk kandungannya sendiri ada Red algae dan vitamin C turunan. Manfaat dari kandungan tersebut adalah membantu melembutkan dan memberikan kekenyalan pada kulit.

Sesuai namanya, serum ini juga mampu mencerahkan kulitmu dengan baik sehingga tampak lebih bercahaya kok. Masalah kulit kusam maupun noda hitam bakalan teratasi dengan baik deh menggunakan produk ini. Dengan ukuran 30 ml, serum dari The Body Shop ini bisa kamu beli seharga Rp 599.000,-.

6. Everwhite Brightening Essence Serum

Photo via everwhite.co.id

Kalau serum yang satu ini pasti kamu tahu, soalnya nge-hits banget. Ya, Everwhite Brightening Essence Serum ini mampu mencerahkan wajah, menyamarkan noda hitam, kerutan, hingga mencegah penuaan dini lho. Produk ini memiliki kandungan chroma bright, niacinamide, hyaluronate, dan juga vitamin C.

Nggak hanya mencerahkan, kulit pun bisa terlembapkan dengan baik dan pori-pori tampak mengecil. Buat kulit yang mengalami tanda-tanda penuaan, produk ini juga mengandung antioksidan yang membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan meningkatkan elastisitas kulit. Kamu bisa menggunakan serum ini setiap hari bersama rangkaian skincare rutin lainnya, ya. Everwhite Brightening Essence Serum dijual seharga Rp 100.000-an.

7. Innisfree Whitening Pore Synergy Serum

Photo via innisfree.com

Masih ada nih merk serum pencerah wajah terbaik yang termasuk produk Korea Selatan, yaitu Innisfree Whitening Pore Synergy Serum. Serum ini mengandung jeruk segar dari Jeju yang alami tanpa pestisida. Ada 6 macam citrus flavonocide yang bisa merawat kulit kusam, mengatasi warna kulit yang nggak merata, dan merawat pori-pori. Kulitmu bakalan lebih cerah bersinar deh.

Oh ya, masalah noda hitam yang bikin kulit tampak kurang glowing pun bakalan teratasi dengan serum ini. Soalnya berbagai kandungan di dalamnya mampu menghambat produksi melanin yang memicu penggelapan kulit. Untuk ukuran botol 50 ml, serum dari Innisfree ini bisa kamu beli seharga Rp 470.000,-.

8. Whitelab Brightening Face Serum

Photo via shopee.co.id

Whitelab Brightening Face Serum pun termasuk produk serum wajah yang bagus dan bermanfaat untuk membuat kulit lebih cerah nih, Girls. Produk ini memiliki banyak fungsi buat kesehatan kulitmu. Di antaranya bisa mencerahkan kulit, menghilangkan noda hitam, merawat kulit yang berjerawat, mengecilkan pori-pori, dan membuat kulit lebih lembap serta halus. Dalam serum ini, ada niacinamide yang berperan untuk mencerahkan kulit, melembapkan, menyamarkan noda hitam, dan membantu mengatasi jerawat.

Selain itu, ada juga kolagen yang berperan untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan. Kamu bisa menggunakannya setiap hari sebanyak 2-3 tetes, lalu aplikasikan pada wajah dan leher deh. Jika ingin membelinya, produk yang cukup terkenal ini dijual seharga Rp 75.000,-.

9. Wardah C-Defense Serum

Photo via blibli.com

Berikutnya ada Wardah C-Defense Serum, salah satu serum wajah untuk remaja yang selain mampu mencerahkan wajah, harganya juga cukup terjangkau. Produk dari brand Wardah yang terkenal halal ini mengandung Prolonged Hydration Biosaccharide yang berfungsi untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulitmu. Kemudian ada juga nih kandungan 10% Hi-grade vitamin C dan ekstrak Aloe vera yang bakalan menutrisi serta mencerahkan kulitmu.

Dari segi tekstur, serum ini seperti gel tapi lebih oily dengan warna yang bening. Buat kamu yang nggak suka bau wangi yang menyengat, tenang saja Girls. Soalnya serum ini nggak menimbulkan bau apapun. Sayangnya, agak ada rasa lengket di kulit setelah diaplikasikan. Namun overall, serum dengan harga Rp 75.000-an ini recommended untuk bikin wajah cerah dan glowing.

10. Benton Snail Bee Ultimate Serum

Photo via shopee.co.id

Benton Snail Bee Ultimate Serum juga recommended nih kamu gunakan sehari-hari agar mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah dan glowing. Serum ini bermanfaat sebagai boosting effect, menghidrasi dan menutrisi kulit, melindungi kulit, menenangkan kulit, dan mencerahkan serta memperbaiki kerutan pada wajah.

Dari segi kandungan, produk dari Benton ini memiliki Saccharomyces atau snail secretion filtrate ferment filtrate, bee venom, dan tea tree leaf water. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, kamu bisa menggunakannya sebanyak 2-3 tetes. Buat kamu yang punya kulit sensitif, produk ini tetap aman digunakan kok. Kamu bisa membelinya seharga Rp 200.000-an.

11. Mineral Botanica Brightening Face Serum

Photo via mineralbotanica.com

Mineral Botanica Brightening Face Serum merupakan serum yang diformulasikan dengan berbagai bahan aktif yang mampu mencerahkan kulit. Ada konsentrasi ekstrak Adansonia, antioksidan dalam bentuk vitamin C, dan ada juga kolagen. Dengan pemakaian teratur, kamu akan mendapatkan kulit wajah yang cerah dan halus karena ada kandungan kolagennya.

Masalah-masalah tanda penuaan seperti keriput dan garis halus pun bisa dengan mudah teratasi deh. Kamu bisa menggunakannya setiap hari, karena serum ini aman dan formulanya cepat meresap. Jika ingin membelinya, serum pencerah wajah terbaik ini dijual seharga Rp 75.000-an untuk ukuran 15 ml.

12. Dear Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop

Serum wajah bagus

Photo via klairscosmetics.com

Berikutnya ada brand skincare Korea terbaik yaitu Dear Klairs. Berbagai produk skincare dari brand ini terkenal bagus-bagus nih, termasuk serumnya yang bernama Dear Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop. Produk ini memiliki kandungan vitamin C murni sebanyak 5% yang membantu mencerahkan kulit, menyamarkan bekas jerawat dan kemerahan, serta meratakan warna kulit. Kemudian ada pula kandungan ekstrak Centella asiatica yang membantu mengurangi iritasi dan peradangan pada kulit wajah.

Recommended banget deh untuk kulit sensitif yang punya masalah kusam atau kurang cerah. Kalau dari segi tekstur, produk ini bening dan agak pekat sehingga butuh waktu untuk bisa meresap ke dalam kulit. Oh ya, saat menggunakan serum ini, hindari penggunaan produk yang mengandung retinol dan AHA/BHA, ya. Dear Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop dijual seharga Rp 250.000-an untuk ukuran 35 ml.

13. Biokos Derma Bright Intensive Brightening Serum

Serum wajah terbaik

Photo via lazada.co.id

Biokos Derma Bright Intensive Brightening Serum adalah salah satu serum wajah terbaik yang efektif mengurangi spot atau hiperpigmentasi. Selain itu, produk dari Biokos ini juga mampu menghambat pembentukan melanin, dan membuat kulit lebih cerah serta bercahaya. Kamu yang punya masalah tanda-tanda penuaan juga bakalan teratasi dengan serum ini deh.

Memiliki tekstur seperti krim, serum ini mengandung Coco betaine, glycerine, Nymphaea alba flower extract, Saccharomyces / xylinum black tea ferment, dan masih banyak lagi. Biokos Derma Bright Intensive Brightening Serum dijual seharga Rp 300.000-an.

14. Votre Peau Vitamin C Serum

Serum wajah bagus

Photo via blibli.com

Serum yang satu ini masih termasuk brand lokal lho, Girls. Votre Peau Vitamin C Serum merupakan serum yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan mengatasi masalah kulit seperti jerawat atau komedo. Votre Peau Vitamin C Serum memiliki kandungan propylene glycol, ascorbic acid, salicylic acid, dan lain sebagainya. Sayangnya, produk ini kurang cocok digunakan pada kulit yang mudah teriritasi karena mengandung alkohol dan juga fragrance.

Kalau bicara soal tekstur, produk ini memiliki tekstur agak kental. Aromanya cukup unik dengan perpaduan jeruk dan sitrus. Dengan pemakaian teratur, kulitmu nggak hanya akan lebih cerah. Namun jerawat, komedo, bahkan bruntusan bisa teratasi. Harga Votre Peau Vitamin C Serum ini adalah Rp 250.000-an untuk kemasan 30 ml.

15. Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum

Serum wajah terbaik

Photo via somethinc.com

Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum termasuk serum wajah yang cukup terkenal lho. Produk ini memang diformulasikan untuk mengatasi kulit kusam dan lelah. Terdapat kandungan niacinamide dalam serum ini yang mampu memperkuat lapisan perlindungan kulit dan memproduksi ceramide. Lalu ada juga kandungan Beetroot yang bisa menangkal radikal bebas dan melembapkan kulit dengan baik.

Bahkan buat kamu yang punya masalah noda hitam, kulit kasar, maupun jerawatan juga bisa teratasi. Kamu bisa menggunakan serum ini setiap hari untuk mendapatkan hasil kulit yang cerah dan glowing. Oh ya, harga Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum ini Rp 115.500,- ya, Girls.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi merk serum wajah terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kulit kusam serta mencerahkannya. Jangan lupa untuk gunakan serum ini secara teratur bersama rangkaian skincare lainnya supaya kulitmu bisa lebih sehat maksimal. Selain itu, perhatikan juga aturan pemakaian serum supaya produk tetap berfungsi efektif pada kulitmu. Kira-kira produk mana nih yang jadi holygrail-mu?

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *