Cara Ampuh Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami dan Aman

4 bulan lalu   |     |   by haigadis

Cara mudah menghilangkan stretch mark secara alami

Stretch mark adalah suatu kondisi terjadinya guratan-guratan di kulit akibat fluktuasi lemak di dalam jaringan ikat. Strecth mark biasanya terjadi karena peregangan kulit secara berlebihan. Misalnya saja seperti yang terjadi pada orang gemuk atau wanita hamil. Membuat penampilan jadi kurang oke, perlu cara untuk menghilangkan strecth mark, Girls.

Namun sebelum itu, perlu diketahui dulu penyebab stretch mark yang sering dialami.

Berbagai Penyebab Stretch Mark

  1. Kegemukan

    Kegemukan, terutama yang terjadi secara fluktuatif bisa menjadi penyebab munculnya stretch mark, Girls. Hal ini karena kulit mengalami peregangan yang biasanya terjadi di perut, pantat, dan paha. Setelah berat badan normal lagi alias kurus, kulit jadi muncul garis-garis yang nggak oke banget.

  2. Makanan tinggi lemak dan kalori

    Ternyata salah satu penyebab stretch mark bisa dari pola makan juga lho, terutama makanan tinggi lemak dan kalori. Apalagi ditambah kurang gerak dan aktivitas fisik, akan menyebabkan penimbunan lemak yang memicu kelebihan hormon. Perubahan hormon inilah yang menyebabkan terjadinya guratan-guratan di kulit.

  3. Pubertas

    Memasuki masa puber, terjadi perubahan hormon dan pertumbuhan tanda-tanda seks secara primer maupun sekunder. Pertumbuhan ini akan memicu perubahan berat badan dan juga pertumbuhan tubuh yang fluktuatif, sehingga juga memicu stretch mark.

  4. Sering memakai pakaian terlalu ketat

    Wah, ternyata sering pakai baju atau celana ketat bisa menimbulkan stretch mark, Girls. Pakaian yang terlalu ketat bisa menyebabkan kulit mengalami trauma, apalagi kalau kulit dalam keadaan kering.

  5. Obat steroid

    Obat-obatan yang mengandung kadar steroid tinggi juga bisa menjadi penyebab munculnya stretch mark. Obat ini memiliki efek menambah hormon pada tubuh sehingga hormon-hormon di tubuh kita mengalami perubahan.

  6. Melahirkan

    Ketika hamil, perut dan beberapa bagian tubuh wanita akan membesar sehingga kulit mengalami peregangan. Nah, setelah melahirkan, kulit akan kendur kembali yang menyebabkan terjadinya stretch mark.

  7. Peningkatan massa otot

    Massa otot yang meningkat juga menyebabkan tubuh kita lebih besar dan proporsional. Namun, jika otot yang sudah terbentuk tidak dipertahankan, maka kulit akan mengendur sehingga bisa menjadi penyebab stretch mark, Girls.

Stretch mark yang muncul kadang bikin penampilan nggak pede ya Girls? Soalnya kulit kita jadi terlihat nggak mulus. Tenang saja, stretch mark ini bisa dihilangkan kok. Namun, lebih baik memakai cara-cara aman dan alami supaya terhindar dari efek samping yang berbahaya, ya nggak? Berikut ini adalah cara menghilangkan stretch mark dengan alami dan aman yang applicable banget untuk kamu lakukan di rumah.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami dan Aman

1. Menggunakan minyak vitamin E

Cara alami dan aman menghilangkan Stretch Mark menggunakan vitamin E

Photo via twitter.com

Salah satu cara menghilangkan stretch mark dengan aman adalah menggunakan minyak vitamin E yang dioleskan pada kulit yang muncul guratan-guratan disertai pijatan. Vitamin E memang bagus untuk kulit, sehingga pemakaian minyak vitamin E secara teratur akan membantu memperbaiki kulitmu.

2. Menggunakan irisan lemon

Cara alami dan aman menghilangkan Stretch Mark menggunakan irisan lemon

Photo via pinterest.com

Lemon ini mengandung vitamin C yang ampuh banget sebagai cara untuk menghilangkan stretch mark secara alami. Kandungan glycolic acid dan hydroxide acid dalam lemon dapat membantu meregenerasi kulit dan mengangkat sel kulit mati. Oleskan pada kulit yang mengalami stretch mark secara teratur, ya!

3. Menggunakan minyak zaitun

Cara alami dan aman menghilangkan Stretch Mark menggunakan minyak zaitun

Photo via aifiori.com

Cara menghilangkan stretch mark dengan aman selanjutnya adalah menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki fungsi melembapkan dengan kandungan linoleic acid-nya dan mengangkat sel-sel kulit mati. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan dan memijat lembut area yang muncul stretch mark. Pijatan ini akan melancarkan sirkulasi darah, lho. Lalu diamkan selama 30 menit agar vitamin A, D, dan E pada minyak zaitun meresap pada kulit. Setelah itu, bilas dengan air deh.

4. Menggunakan cocoa butter

Cara alami dan aman menghilangkan Stretch Mark menggunakan cocoa butter

Photo via byrdie.com

Cocoa butter mengandung kalsium, kalium, seng, mangan, besi, serotonin dan tritophan, serta vitamin A dan E. Sehingga dapat melembutkan, melembapkan, dan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas pada kulit. Cara ini termasuk ampuh untuk menghilangkan stretch mark secara alami. Caranya dengan dioleskan dan lakukan pijatan pada kulit yang mengalami guratan-guratan. Pakai 2 kali sehari sebelum mandi ya, Girls.

5. Menggunakan wortel

Cara alami dan aman menghilangkan Stretch Mark menggunakan wortel

Photo via italiansprout.com

Bahan dapur yang mudah ditemukan ini ternyata juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark dengan aman dan ampuh lho. Wortel mengandung beta karoten dan kandungan alami lain yang bagus untuk kulit. Cara memakainya, rebus wortel lalu hancurkan hingga lembut. Oleskan pada area stretch mark dan ditutup dengan plastik supaya meresap. Diamkan kurang lebih 20 menit, lalu bilas ya Girls.

6. Menggunakan lidah buaya

Cara alami dan aman menghilangkan Stretch Mark menggunakan lidah buaya

Photo via oureverydaylife.com

Lidah buaya ini bisa kamu gunakan sebagai salah satu cara alami untuk menghilangkan stretch mark. Lidah buaya mampu menenangkan kulit dan membuatnya tetap terhidrasi. Caranya, ambil gel ekstrak lidah buaya, oleskan dan lakukan pijatan pada area stretch mark. Setelah itu diamkan dan biarkan lidah buaya meresap pada kulit tanpa dibilas, Girls. Lakukan 2 kali sehari, ya.

7. Menggunakan minyak castor

Cara alami dan aman menghilangkan Stretch Mark menggunakan minyak castor

Photo via chedonna.it

Minyak castor atau disebut juga minyak jarak ini juga ampuh dan efektif menghilangkan guratan-guratan pada kulit, lho karena mengandung vitamin E, protein, dan antioksidan. Caranya, oles dan pijat lembut area yang mengalami stretch mark dengan gerakan memutar selama 5-10 menit. Tutup area stretch mark dengan kantong plastik bersih dan tempelkan botol air panas di atasnya selama 30 menit. Panas akan membuka pori-pori dan minyak bisa lebih mudah terserap ke dalam kulit.

8. Menggunakan bubuk cokelat

Cara alami dan aman menghilangkan Stretch Mark menggunakan bubuk cokelat

Photo via thesourcebulkfoods.co.nz

Bubuk cokelat yang dibuat pasta dengan ditambahkan air, lalu oles dan pijatkan pada area stretch mark, bisa membuat kulit mulus kembali lho. Lakukan dua kali sehari sebelum mandi. Menggunakan bubuk cokelat menjadi salah satu cara menghilangkan stretch mark dengan aman, Girls. Cokelat dapat melembapkan dan mendetoks kulit.

9. Menggunakan anggur

Cara alami dan aman menghilangkan Stretch Mark menggunakan anggur

Photo via starsinsider.com

Buah ini nggak cuma lezat dimakan, tapi juga dapat digunakan sebagai cara alami menghilangkan stretch mark pada kulitmu lho. Pasalnya, anggur dapat mengencangkan dan melembapkan kulit. Cukup dihancurkan hingga lembut, aplikasikan pada kulit yang mengalami stretch mark, diamkan beberapa menit supaya meresap, lalu bilas deh. Pemakaian yang teratur dan rutin akan membuat kulitmu mulus dan makin pede.

10. Menggunakan putih telur

Cara alami dan aman menghilangkan Stretch Mark menggunakan putih telur

Photo via formulafood.ru

Cara ampuh menghilangkan stretch mark juga bisa menggunakan putih telur, Girls. Enzim dalam putih telur mampu meningkatkan elastisitas kulit dan membuat stretch mark lebih cepat memudar. Caranya, siapkan 1 – 2 butir putih telur, kocok, lalu oleskan pada kulit yang mengalami guratan. Diamkan sampai kering dan meresap, baru bilas deh. Gampang, kan?

11. Menggunakan madu

Cara alami dan aman menghilangkan Stretch Mark menggunakan madu

Photo via pinterest.com

Seperti yang kita tahu kalau madu memang banyak banget manfaatnya untuk kulit. Madu memiliki kandungan antiseptik dan efektif menghilangkan stretch mark. Cara menghilangkan stretch mark secara aman menggunakan madu adalah digunakan sebagai scrub. Campurkan madu dengan garam dan gliserin. Lalu oleskan dan pijat pada bagian stretch mark. Biarkan hingga kering supaya meresap dan bilas bersih menggunakan air. Coba deh!

12. Menggunakan campuran kentang dan susu

Cara alami dan aman menghilangkan Stretch Mark menggunakan kentang dicampur susu

Photo via pngio.com

Menumbuk halus kentang yang sudah direbus, mencampurnya dengan susu cair hingga membantuk pasta lalu mengoleskannya pada kulit yang mengalami garis-garis halus adalah salah satu cara menghilangkan stretch mark secara alami. Pasta kentang susu yang sudah dioles, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Faktanya, kentang mengandung antioksidan dan juga mineral yang berfungsi sebagai antibiotik alami sekaligus berkhasiat untuk meregenerasi kulit.

13. Menggunakan minyak almond

Cara alami dan aman menghilangkan Stretch Mark menggunakan minyak almond

Photo via vida-en-salud.com

Minyak almond juga efektif lho sebagai cara menghilangkan stretch mark hanya dengan memijatkannya pada area garis halus setiap hari. Minyak almonde memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E yang bagus dalam melembapkan, menyehatkan, membersihkan, dan menghaluskan kulit.

14. Menggunakan bubuk kopi

Cara alami dan aman menghilangkan Stretch Mark menggunakan bubuk kopi

Photo via dailybreak.com

Kalau punya kopi di rumah, nggak hanya bisa diminum saja, tapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan stretch mark dengan aman. Kafein pada kopi dapat menembus kulit dan merevitalisasi sel kulit mati dengan merangsang sirkulasi darah. Kopi juga mengandung antioksidan yang mampu memperbaiki kerusakan kulit, lho. Caranya, dengan mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa agar mudah membantu kopi meresap pada kulit. Gunakan sebagai scrub dengan melakukan pijatan pada area stretch mark lalu bilas deh. Kamu cukup memakainya 2 – 3 kali seminggu, Girls.

15. Menggunakan campuran teh hitam dan garam

Cara alami dan aman menghilangkan Stretch Mark menggunakan teh hitam

Photo via mensjournal.com

Cara lain yang alami dan ampuh untuk menghilangkan stretch mark adalah dengan teh hitam. Teh hitam kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang berfungsi mengurangi kerusakan sel kulit dan mencegah pigmentasi kulit. Jadi cocok banget nih untuk memudarkan stretch mark. Caranya, larutkan 2 sendok teh bubuk teh hitam pada air hangat, campurkan dengan 1 sendok teh garam, lalu rebus sebentar kurang lebih selama 2 menit. Biarkan larutan tersebut dingin, lalu oleskan pada area stretch mark 2 – 3 kali sehari, setelah itu bilas deh.

Itu dia cara-cara menghilangkan stretch mark dengan bahan alami dan dijamin aman ala HaiGadis. Pastikan bahan-bahan yang dipakai memang nggak menimbulkan alergi di kulitmu ya, Girls. Oh ya, selain menggunakan bahan-bahan alami yang dioleskan di area stretch mark, jangan lupa juga untuk menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi, olahraga secara teratur agar kulit lebih kencang, dan minum air putih yang cukup. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *