Cara Mudah Untuk Menghilangkan Ketombe

6 bulan lalu   |     |   by haigadis

Cara Mudah Untuk Menghilangkan Ketombe

Rasa percaya diri selain tumbuh dari dalam diri juga bisa dipengaruhi dengan penampilan. Berat badan yang berlebihan, atau ada bagian tubuh yang dianggap kurang proporsional, dapat membuat orang minder dan mempengaruhi cara mereka berinteraksi dengan orang lain.

Salah satu hal yang mengganggu rasa percaya diri adalah bila ada ketombe dirambut. Selain rasa gatal yang dirasa, orang yang memiliki ketombe menjadi kikuk dan kurang nyaman ketika sedang berada diantara orang banyak. Ditambah dengan ada berbagai macam penyebab ketombe dari jenis kulit, cuaca sampai penggunaan shampo yang tidak cocok.

Kebiasaan jarang atau terlalu sering keramas juga dapat menghasilkan ketombe yang mengganggu, jamur atau infeksi juga bisa menjadi sebab adanya ketombe akut yang tidak kunjung sembuh. Untuk kondisi ketombe yang membandel dapat digunakan beberapa tips cara mudah menghilangkan ketombe untuk dicoba di rumah dan dirasakan khasiatnya.

1. Lidah buaya

Lidah buaya untuk menghilangkan ketombe

Photo via holisticzine.com

Terdapat banya kegunaan lidah buaya untuk rambut, diantaranya termasuk menghitamkan, menguatkan akar rambut, membuat rambut berkilau dan mencegah rambut rotok. Selain itu, bahan alami dengan lendir didalamnya ini, juga sangat efektif untuk menghilangkan ketombe.

Kandungan multi vitamin dalam lidah buaya seperti karbohidrat, protein, fosfor, zat besi, ka;sium, vitamin A, B1, dan C menjadi keunggulan untuk menggunakan lidah buaya secara alami untuk menghilangkan buliran gatal pada kepala ini.

Cara mengolah lidah buaya juga dapat dilakukan dirumah dengan cara menghaluskan daging lidah buaya terlebih dahulu dan kemudian oleskan pada permukaan kulit kepala. Agar meresap lakukan pijatan sederhana dan bilas dengan air bersih setelah 30 menit.

Keuntungan penggunaan lidah buaya untuk menghilangkan ketombe adalah pada waktu yang sama, ia akan memberikan kekuatan pada akar rambut dan membuat rambut semakin lebat dan berkilau.

2. Daun sirsak

Kandungan acetogenin pada daun sirsak ampuh untuk memberantas ketombe yang mengganggu. Bahan kimia organik tersebut adalah kumpulan senyawa aktif yang dapat membunuh racun pada tubuh dan juga memberantas ketombe membandel.

Cara penggunaannya terbilang sangat mudah. Anda dapat menumbuk beberapa helai daun sirsak dan menjadikannya masker rambut yang ampuh. Setelah membilas bersih dengan air maka akan terlihat kilau rambut yang cantik ditambah dengan ketombe yang hilang secara berkala

4. Jeruk nipis

Jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe

Photo via growermarketingservices.com

Vitamin C dapat diperoleh dengan mengkonsumsi jeruk. Berbarengan dengan kandungan baik lainnya seperti vitamin B1, B2, B3, B5, protein, kalsium, serta, asam folat, fosfor, zat besi, dan masih banyak lagi. Semua kebaikan dari jeruk nipis dapat dengan mudah menghilangkan ketombe hanya dengan mengikuti beberapa langkah mudah.

Anda dapat memeras beberapa jeruk nipis dan mencampurnya dengan air secukupnya. Kemudian Anda dapat menggunakannya langsung pada bagian gatal yang mengganggu. Penggunaan secara rutin dapat dengan sukses melawan ketombe dan mendorong pertumbuhan akar rambut, menebalkan rambut serta membuat rambut lebih berkilau.

4. Lemon

lemon untuk menghilangkan ketombe

Photo via sohu.com

Bahan alami lainnya yang memiliki kemiripan dengan jeruk nipis adalah lemon. Dengan menggunakan cara pembuatan seperti jeruk nipis, lemon dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Bila tidak ada jeruk nipis dirumah, Anda dapat menggunakan lemon dan akan memiliki fungi yang sama pada rambut.

5. Minyak kemiri

minyak kemiri untuk menghilangkan ketombe

Photo via pevonia.co.uk

Selain dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai minyak penyubur rambut, minyak kemiri juga berkhasiat menghilangkan ketombe secara alami. Bagian dari bumbu dapur yang mudah ditemukan baik didapur kita atau dipasar ini sudah diketahui dapat membuat rambut lebih tebal dan digunakan keluarga Indonesia untuk bayi mereka dan terbukti aman manfaatnya.

Cara membasmi ketombe dengan kemiri adalah menggunakan minyaknya yang diperoleh setelah menumbuk halus kemiri dan memijat halus pada rambut. Biarkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

6. Minyak zaitun dan almond

Kedua bahan pendamping ketika memasak tersebut merupakan pertolongan pertama yang aman untuk menghilangkan ketombe sekaligus perawatan rambut yang alami. Penggunaannya telah diketahui secara turun – menurun baik di Indonesia maupun mancanegara.

7. Cuka

Mungkin Anda kurang sering mendengar penggunaan cuka untuk menghilangkan ketombe. Bahan cuka dapur maupun cuka apel bila digunakan dengan benar dapat secara ampuh menghilangkan ketombe. Bila bahan alami lainnya perlu ditumbuk atau diperas terlebih dahulu, cuka termasuk lebih praktis dan dapat digunakan langsung.

Membasahi bagian kulit kepala dan memijatnya dengan cuku secara rutin sebanyak dua kali seminggu, akan memberantas ketombe secara permanen. Walaupun demikian, cuka memiliki bau yang khas yang hanya akan hilang dengan pembilasan yang benar-benar bersih.

8. Baking soda

Baking soda untuk menghilangkan ketombe

Photo via desired.de

Baking soda atau Natrium Bikarbonat adalah bahan kimia multifungsi yang memiliki segudang manfaat dalam membersihkan rumah, pestisida sampai perawatan tubuh dan rambut. Gunakan Baking soda secukupnya dengan pembilasan yang bersih untuk dapat menghilangkan ketombe dan tidak merusak rambut.

10. Bawang merah

bawang merah untuk menghilangkan ketombe

Photo via pinterest.com

Bila orang tua tempo dulu memberikan tumbukan bawang merah sekujur tubuh untuk mengobati anak kecil dari flu, mereka juga dapat membalurkannya pada kepala bayi untuk membuat rambut lebat. Untuk menghilangkan ketombe, orang dewasapun dapat melakukan hal yang sama.

Bawang merah memiliki sensasi hangat bila berinteraksi dengan kulit dan memberikan efek dingin pada kulit kepala. Bahan alami tersebut sangat ampuh menghilangkan ketombe, bahkan yang membandel sekalipun.

Terdapat banyak bahan alami disekitar kita yang ampuh untuk menghilangkan ketombe. Cara pengaplikasiannya juga tergolong mudah dan cepat serta dapat dilakukan oleh siapa saja. Bila menginginkan rambut yang sehat, tebal, berkilau dan bebas ketombe, pastikan merawat rambut secara teratur ya guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *