11 Tips Memakai Maskara Agar Bulu Mata Terlihat Lentik

2 minggu lalu   |     |   by Hai Gadis

Tips memakai maskara

Cara untuk tampil menarik bagi sebagian besar wanita adalah dengan memiliki bulu mata yang lentik dan bervolume. Salah satunya dengan pemakaian maskara agar bulu mata tampak lebih lentik dan mata jadi lebih hidup. Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal tidak hanya terletak pada merk maskara yang bagus ataupun harganya yang mahal, tapi juga perlu memperhatikan cara pemakaiannya. Apapun merk maskara yang dipilih baik mahal ataupun murah kamu juga harus memperhatikan tips memakai maskara yang tepat sehingga mampu memberikan hasil yang maksimal.

Kali ini Hai Gadis akan mengulas seputar tips memakai maskata agar bulu mata kamu terlihat lentik, bervolume dan menarik.

1. Pilih formula, warna, dan aplikator maskara yang tepat

Maskara – Photo via artdeco.com

Pemilihan maskara adalah salah satu langkah penting dalam membuat bulu mata semakin lentik. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan adalah warna, aplikator, formula, dan fungsinya. Kamu bisa memilih maskara sesuai dengan yang kamu inginkan. Supaya mata terlihat lebih besar, kamu bisa pilih maskara dengan warna hitam. Warna cokelat bisa kamu pilih jika kamu memiliki rambut yang punya warna terang. Untuk maskara yang berawarna, kamu bisa mencoba produk keluaran NYX, yaitu NYX Color Mascara. Produk ini bisa kamu dapatkan di outlet NYX. Kalau kamu kesulitan menemukan produk ini, ada alternatif lain, yaitu produk keluaran Benefit, They’re Real. Produk keluaran Benefit ini bisa ditemukan di Sephoran dan outlet Benefit.

Untuk jenisnya, kamu bisa pilih satu di antara dua jenis ini: waterproof dan tidak waterproof. Maskara jenis waterproof tidak disarankan untuk digunakan sehari-hari, karena tipe ini lebih susah dihapus daripada yang tidak waterproof. Untuk sehari-hari, kamu bisa pilih maskara yang tidak waterproof karena lebih mudah untuk dihapus. Kalau kamu terlalu sering memakai yang waterproof, bulu mata akan lebih mudah rontok dan bisa membuat mata iritasi.

Untuk aplikatornya, kamu bisa tentukan berdasarkan tujuannya, karena tiap maskara memiliki fungsi tertentu. Ada yang berfungsi untuk melentikkan, ada juga yang berfungsi untuk menebalkan atau memperpanjang bulu mata. Jika kamu menginginkan bulu mata yang lebih bevolume, kamu bisa menggabungkan dua warna maskara, yaitu cokelat dan hitam. Kamu juga bisa mengkombinasikan penggunaan dua jenis maskara: satu maskara yang bertujuan untuk melentikkan dan satu maskara yang bertujuan untuk menambah volume bulu mata.

2. Jepit bulu matamu sebelum mengaplikasikan maskara

Penjepit Bulu Mata – Photo via shuuemura-usa.com

Tips memakai maskara berikutnya dan tidak kalah penting adalah menjepit bulu mata menggunakan penjepit bulu mata sebelum mengaplikasikan maskara. Tapi, dalam melakukan langkah ini kamu perlu ekstra hati-hati ya. Supaya hasilnya lebih maksimal, kamu bisa menghangatkan penjepit bulu matamu dengan menggunakan hair dryer. Tapi, usahakan jangan terlalu panas juga supaya bulu matamu tidak rapuh. Jepit bulu matamu dalam waktu secukupnya, jangan terlalu lama. Setelah itu, segera aplikasikan maskara. Penggunaan penjepit bulu mata juga jangan seing-sering agar akar bulu matamu tidak rapuh.

Dalam menggunakan penjepit bulu mata kamu bisa menggunakan keluaran lokal atau produk luar negeri. Kamu bisa menjepit bulu matamu sebanyak tiga sampai lima kali hingga kamu mendapatkan bulu mata yang kamu inginkan.

3. Pakailah primer pada bulu mata

Primer Bulu Mata – Photo via cosmopolitan.com

Bukan hanya wajah dan kelopak mata yang perlu diberi primer, bulu mata pun perlu diberi primer. Primer pada bulu mata bisa memberi hasil yang maksimal dan lebih sempurna. Gunakan primer pada bulu mata setelah kamu menggunakan penjepit bulu mata. Penggunaan eyelash primer ini bisa memberi manfaat yaitu mampu membuat bulu mata lentik dan tidak rapuh. Tips memakai maskara yang satu ini jarang diketahui namun cukup krusial untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

4. Pakailah maskara setelah menggunakan eyelash primer

Maskara – Photo via amazon.com

Setelah mengaplikasikan eyelash primer pada bulu mata, kamu bisa memakai maskara. Kamu bisa memulainya dari bulu mata bawah kemudian ke bulu mata bagian atas. Jangan lupa untuk apply maskara pada bulu matamu baik bagian bawah maupun atas untuk hasil yang seimbang. Jika kamu sudah memakainya secara merata, kamu bisa menunggu terlebih dahulu sampai mengering. Upayakan untuk tidak mengenai bagian akar bulu mata agar tidak menutup kelenjar pelumas. Salah satu produk yang bisa kamu gunakan adalah Maybelline Volume Express Turbo Macara. Pakailah maskara dengan cara zig-zag juga untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal dan optimal.

Untuk formulanya bisa dissesuaikan dengan jenis bulu matamu. Jika bulu matamu lurus, kamu bisa memakai maskara dengan curling formula. Jika bulu matamu termasuk bulu mata pendek, bisa gunakan maskara tipe lengthening, jika bulu matamu tipis, bisa gunakan tipe volumizing. Untuk bulu mata yang menggumpal, bisa gunakan spoolie brush. Produk curling formula, antara lain Clinique High Impact Curling Mascara, Givenchy Phenomen’eyes Mascara, dan Dior Diorshow Iconic Overcurl Mascara. Produk volumizing formula antara lain YSL Mascara Volume Effet Faux Cils Baby Doll, CoverGirl LashBlast Fusion Mascara, dan Chanel Le Volume De Chanel Mascara. Sedangkan produk lengthening antara lain Benefit Cosmetics They’re Real! Lengthening Mascara, Clinique High Impact Mascara, dan Lancome Definicils High Impact Mascara.

5. Aplikasikan bedak tabur pada bulu mata

Bedak Tabur – Photo via tokopedia.com

Bedak yang bisa kamu gunakan adalah bedak tabur. Sebelum maskaramu kering, kamu bisa mengaplikasikan bedak tabur pada bulu matamu secara hati-hati dengan menggunakan cutton bud. Tips memakai maskara dengan mengaplikasikan bedak tabur bertujuan agar bulu mata akan terlihat lebih tebal dan bervolume.

Cara ini juga bisa alternatif buatmu yang masih belum terbiasa menggunakan penjepit bulu mata. Kamu gunakan maskara seperti biasa. Beri sedikit bedak tabur pada bagian bulu mata memakai kuas maskara yang tidak kamu pakai lagi. Usahakan bedak taburnya tidak masuk ke mata, jadi kamu harus melakukannya dengan penuh hati-hati. Setelah itu diamkan. Lapisi lagi bulu matamu dengan maskara. Pengaplikasian bulu mata ini akan membuatnya tampak tebal dan bervolume.

6. Aplikasikan maskara lagi ke bulu mata

Maskara – Photo via tokopedia.com

Setelah kamu menaburkan bedak, kamu bisa mengaplikasikan maskara lagi. Usahakan maskara menempel secara merata pada bulu matamu. Tapi, tetap usahakan agar maskara tidak menumpuk dan menggumpal di bulu mata agar tampilannya lebih elok dipandang.

Jika kamu ingin memakai produk maskara dengan jenis waterproof, kamu bisa menggunakan PIXY Waterproof Mascara. Produk ini mampu membuat bulu mata terlihat lentik namun tetap natural. Produk ini cukup bisa menahan air. Selain warna hitam, produk ini juga tersedia dalam warna biru.

7. Gunakan obat tetes mata untuk mengatasi maskara yang mengering

Obat Tetes Mata – Photo via tokopedia.com

Apakah maskara yang kamu punya cepat mengering? Kamu wajib untuk menerapkan tips yang satu ini. Kalau maskaramu mulai mengering, kamu bisa mengatasinya dengan obat tetes mata. Obat tetes mata bisa mengencerkan maskaramu yang mengering. Caranya sangat mudah. Kamu tinggal tuangkan dua sampai tiga tetes obat mata ke dalam tabung maskara. Kemudian, kocok tabung maskara selama beberapa kali. Hasilnya, maskaramu akan kembali menjadi cair dan siap digunakan kembali.

Selain menggunakan obat tetes mata, kamu juga bisa menggunakan air hangat untuk membuat maskaramu kembali mencair. Caranya juga sangat simpel. Kamu tinggal menyiapkan air hangat secukupnya. Rendam maskara yang telah mengering ke dalam air hangat selama lima sampai sepuluh menit. Usahakan air yang kamu gunakan tidak terlalu panas sehingga tida merusak tabung maskara. Jika maskaramu belum juga mencair, kamu bisa mengulangi perendaman ke dalam air hangat sebanyak dua sampai tiga kali sampai maskara benar-benar mencair. Selain menggunakan air hangat dan obat tetes mata, kamu juga bisa mengatasinya dengan baby oil dan air lensa kontak untuk membuat maskaramu kembali mencair.

8. Simpan Maskara di Tempat yang Benar

Maskara- Photo via review.bukalapak.com

Ini juga salah satu kunci agar maskaramu tidak cepat mengering dan menggumpalkan. Kamu harus meletakkannya di tempat yang tepat. Misalnya, kamu bisa meletakkannya di dekat pendingin ruangan aau di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Jangan simpan di tempat yang panas dan lembab, karena maskaramu akan mengering dan menggumpal sehingga susah untuk digunakan.

9. Pakailah sisir bulu mata jika bulu mata menggumpal

Sisir Bulu Mata – Photo via tokopedia.com

Jika bulu matamu menggumpal, segera ambil tindakan karena bulu mata yang menggumpal membuat bulu matamu kurang enak dipandang. Kamu bisa pakai sisir bulu mata untuk mengatasinya. Setelah kamu menyapukan maskara pada bulu mata, kamu bisa menyisirnya secara perlahan menggunakan sisir bulu mata. Sisir bulu mata ini sangat mudah ditemukan. Kamu bisa menemukannya di toko kosmetik.

10. Hapus maskara dengan minyak zaitun atau baby oil

Minyak Zaitun – Photo via priceprice.com

Makeup remover bisa digunakan untuk menghapus makeup termasuk maskara. Namun, tidak semua makeup remover mampu menghapus maskara dengan bersih. Terkadang, masih ada sisa dari maskara waterproof yang susah dihilangkan. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang alami, misalnya minyak zaitun.

Minyak zaitun memang bahan alami sejuta manfaat. Selain digunakan untuk kesehatan dan kecantikan, ternyata minyak zaitun bisa membersihkan maskara pada bulu mata. Cara penggunaannya cukup mudah. Siapkan kapas dan minyak zaitun. Teteskan beberapa tetes minyak zaitun pada bulu mata. Usap bagian sekitar mata secara perlahan hingga bersih. Selain untuk menghilangkan maskara, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk membersihkan lipstick, foundation, dan bedak.

Selain menggunakan minyak zaitun, kamu juga bisa menggunakan baby oil. Baby oil aman untuk dipakai di kulit. Selain itu, baby oil ini bisa membersihkan sisa maskara yang masih menempel di bulu matamu. Kamu tinggal mengambil kapas secukupnya, menuangkan baby oil secukupnya, kemudian membersihkan sisa maskara di bulu matamu. Kamu juga bisa memanfaatkan santa, mentimun, susu dan yoghurt untuk membersihkan sisa maskara.

11. Jika bulu mata menggumpal, gunakan spoolie brush

Spoolie Brush – Photo via janeiredale.com

Apakah kamu memiliki bulu mata yang menggumpal dan merasa cukup terganggu dengan riasan matamu? Spoolie brush bisa jadi solusi yang tepat untukmu yang memiliki bulu mata yang menggumpal. Tools ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi bulu matamu yang menggumpal. Kamu bisa gunakan tools ini setelah menggunakan eyelash curler, memakai primer dan maskara. Dengan demikian, bulu matamu tidak akan menggumpal lagi. Contoh produknya antara lain Make Up For Ever Eyelash Brush dan e.l.f. Eyelash & Brow Wand.

Itulah beberapa tips memakai maskara yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan bulu mata yang lentik dan menarik. Semoga bermanfaat ya Girls!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *