19 Rekomendasi Skincare Penghilang Bruntusan Pada Wajah

1 tahun, by Hai Gadis

Skincare penghilang bruntusan

Bruntusan menjadi masalah kulit wajah yang sering dialami wanita. Pasalnya, bruntusan menyebabkan wajah terlihat kurang mulus sehingga bisa mengganggu penampilan. Bruntusan sendiri bisa terdapat di pipi, dahi, dagu, atau di wajah bagian rahang. Selain bikin wajah kurang terasa halus, masalah kulit yang satu ini kadang terasa gatal dan perih. Menggunakan skincare penghilang bruntusan bisa menjadi salah satu solusi yang bisa kamu lakukan, Girls.

Namun sebelum itu, kamu juga perlu tahu lho bruntusan disebabkan oleh apa saja. Dengan begini, kamu bisa mencegah dan mengatasi bruntusan tersebut sesuai penyebabnya.

Table of Contents

Penyebab bruntusan

1. Jerawat-jerawat kecil

Bruntusan yang ada di wajahmu bisa jadi adalah jerawat-jerawat kecil yang tampak  sehingga bikin tampilan kulit kurang mulus. Nah kalau bruntusan tersebut berupa jerawat kecil, maka penyebabnya antara lain kurang menjaga kebersihan wajah, faktor stres, atau perubahan hormon.

2. Milia

Tahu dengan beruntusan yang biasanya ada di bawah mata nggak, Girls? Nah, milia ini biasanya disebabkan karena paparan sinar matahari dalam jangka panjang, penggunaan krim steroid, laser, dan lain sebagainya. Milia ini biasanya berwarna putih atau kuning.

3. Komedo

Komedo terutama yang berwarna putih (whitehead) yang banyak tersebar di wajah juga bisa menyebabkan tampilan wajah menjadi bruntusan lho. Penyebabnya bisa karena kotoran yang tersumbat di pori-pori, minyak, atau karena penggunaan produk kosmetik yang nggak cocok.

4. Dermatitis

Dermatitis merupakan kondisi iritasi kulit wajah yang menyebabkan kemerahan, gatal, bahkan bengkak. Kondisi ini juga bisa bikin penampilan wajah tampak bruntusan lho.

5. Biang keringat

Ada lagi nih yang bisa menjadi penyebab bruntusan, yaitu biang keringat. Kondisi ini bisa terjadi karena pori-pori tersumbat, sehingga kelenjar keringat nggak bisa bekerja dengan baik. Keringat yang terjebak di kulit dan nggak bisa keluar inilah yang akan menyebabkan benjolan bruntusan. Gejalanya bisa gatal dan perih, Girls.

6. Alergi

Kalau kamu punya alergi terhadap sesuatu seperti pada makanan, udara, atau obat-obatan, bisa jadi akan mengalami gejala bruntusan.

Secara umum bruntusan yang sering terjadi disebabkan oleh jerawat maupun komedo. Sehingga, cara mengatasinya tentu dengan merawat wajah secara tepat. Namun, apabila kamu mengalami bruntusan yang disebabkan oleh milia, dermatitis, alergi, atau biang keringat, lebih baik kamu konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Bruntusan yang disebabkan karena kamu kurang merawat kulit dengan baik, salah satunya bisa diatasi dengan penggunaan skincare untuk wajah bruntusan. Namun sebelum membeli skincare penghilang bruntusan, lebih baik simak dulu tips menghilangkan bruntusan ala HaiGadis berikut ini.

Tips menghilangkan bruntusan

1. Bersihkan wajah dengan double cleansing

Tips menghilangkan bruntusan yang pertama adalah rajin membersihkan wajah dengan double cleansing. Kamu bisa membersihkan makeup dan sisa kotoran menggunakan micellar water, cleansing water, cleansing oil, maupun cleansing balm terlebih dahulu. Kemudian, lanjutkan dengan facial wash sesuai jenis kulitmu deh.

2. Pakailah pelembap secara rutin

Cara merawat kulit bruntusan selanjutnya adalah selalu memakai pelembap. Dengan demikian, kulitmu nggak akan berisiko kering atau dehidrasi. Kulit yang kering atau dehidrasi  justru bisa menyebabkan masalah kulit lainnya.

3. Gunakan sunscreen secara rutin

Sunscreen juga sangat penting nih Girls digunakan untuk mencegah bruntusan agar nggak makin parah. Sunscreen ini juga akan melindungi kulitmu agar nggak mengalami kerusakan akibat sinar UV.

4. Lakukan eksfoliasi secara berkala

Eksfoliasi ini berfungsi untuk mengangkat kotoran, sel-sel kulit mati, minyak, dan sisa-sisa makeup di wajahmu lho. Sehingga pori-pori wajahmu pun akan lebih bersih dan nggak akan mudah mengalami bruntusan.

5. Gunakan produk skincare yang non-comedogenic

Nah kalau yang satu ini berlaku buat kulitmu yang mudah mengalami bruntusan karena komedo atau jerawat. Sebaiknya, kamu memilih skincare penghilang bruntusan yang memang bersifat non-comedogenic. Dengan begini, pori-pori wajahmu nggak akan tersumbat deh.

6. Minum air dengan cukup

Minum air dengan cukup merupakan salah satu tips merawat wajah dari dalam untuk mengatasi bruntusan. Air bisa berfungsi untuk membuang racun dari dalam tubuh lho, sehingga pori-pori wajahmu nantinya juga akan lebih bersih.

7. Berolahraga secara teratur dan makan makanan sehat

Menerapkan pola hidup sehat pun menjadi hal penting sebagai cara mengatasi bruntusan, seperti olahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan sehat. Berolahraga bisa melancarkan peredaran darah termasuk peredaran darah di area kulit.

Selain itu, berolahraga membuat tubuh berkeringat dan mampu mengeluarkan racun dari pori-pori lho. Bisa kamu coba sendiri deh, berolahraga bisa membuat wajah lebih fresh dan sehat. Kemudian, mengonsumsi makanan sehat juga berpengaruh ke kesehatan kulit seperti mengonsumsi sayur dan buah-buahan, nggak mengonsumsi makanan dengan gula serta garam terlalu banyak.

8. Jangan memencet jerawat

Jika bruntusan yang kamu alami disebabkan oleh jerawat kecil-kecil, maka hindari untuk memencetnya ya, Girls. Hal ini bisa menyebabkan bakteri penyebab jerawat mudah menyebar yang berakibat jerawat atau bruntusanmu makin parah.

Itu dia tips menghilangkan bruntusan yang bisa kamu lakukan. Selanjutnya, saatnya memilih skincare penghilang bruntusan terbaik untuk merawat wajahmu dari bruntusan. Di pasaran banyak banget produk skincare yang bisa kamu pilih dengan berbagai harga. Namun kamu nggak perlu bngung lagi kok karena HaiGadis punya rekomendasinya berikut ini.

Rekomendasi skincare penghilang bruntusan terbaik

Cleanser penghilang bruntusan terbaik

1. Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm

Photo via tokopedia.com

Dear Me Beauty 30 Second Meltawat Balm merupakan skincare untuk wajah bruntusan yang berupa cleansing balm. Produk ini bisa membersihkan sisa makeup dan kotoran di wajahmu secara effortless hanya selama 30 detik. Formulanya ringan banget dan mudah melelehkan makeup serta bisa diusap tanpa meninggalkan residu.

Setelah membersihkan muka dengan produk ini, wajahmu akan tetap terasa lembap, lembut, dan terhidrasi. Oh ya, produk ini juga bisa digunakan untuk eksfoliasi lho tanpa menggunakan scrub. Cocok juga deh buat mencegah bruntusan karena pori-pori wajahmu bakalan lebih bersih. Kamu bisa membeli cleansing balm yang satu ini seharga Rp 149.000,-.

2. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Skincare untuk menghilangkan brutusan

Photo via cetaphil.com

Rekomendasi skincare penghilang bruntusan salah satunya adalah Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Cleanser yang satu ini memiliki formula yang bebas sabun dan kandungannya lembut banget. Saat dipakai, nggak akan menyebabkan iritasi deh tetapi tetap mampu membersihkan kulitmu dengan baik. Setelah menggunakannya pun kulit akan tetap lembap.

Produk ini cocok kok buat segala jenis kulit, termasuk kulit sensitif sekalipun. Formulanya hypoallergenic, nggak ada tambahan pewangi dan busa sehingga nggak akan merusak kelembapan alami kulit. pH-nya juga seimbang dengan pH kulit kok, maka kadar air dan minyak di wajahmu bakalan tetap seimbang.

Cleanser dari Cetaphil ini mampu membersihkan kulitmu dari sel kulit mati yang menumpuk, kotoran, dan polusi yang menempel. Pori-pori bakalan lebih bersih dan wajahmu terhindar dari bruntusan deh. Selain itu, Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini bisa digunakan dengan air atau tanpa air yaitu menggunakan kapas. Kamu bisa membeli seharga Rp 100.000-an untuk botol berukuran 125 ml.

3. Senka Perfect Whip Facial Foam

Skincare untuk menghilangkan brutusan

Photo via senka.id

Senka Perfect Whip Facial Foam juga bisa nih kamu gunakan sebagai skincare untuk kulit bruntusan. Facial wash yang satu ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sisa makeup di wajah. Namun, sabun cuci muka yang hits abis ini tetap memiliki efek melembapkan kulit kok.

Formulanya juga ringan dan mampu membersihkan pori-pori dengan baik. Selain itu, produk ini pun mampu untuk meregenerasi kulitmu. Kulit nantinya akan lebih cerah dan terhindar dari bruntusan deh. Kamu bisa membeli facial wash ini seharga Rp 70.000-an untuk kemasan 120 gram.

Toner penghilang bruntusan terbaik

4. Sebamed Clear Face Cleansing Facial Toner

Skincare untuk menghilangkan brutusan

Photo via sebamedindonesia.com

Sebamed Clear Face Cleansing Facial Toner merupakan toner yang cocok digunakan buat kamu yang memiliki kulit berminyak dan bruntusan. Skincare penghilang bruntusan ini mampu mengangkat minyak dan sisa kotoran di wajah hingga ke dalam pori-pori lho. Kandungannya sendiri ada ekstrak mentimun dan protein sutra yang mampu menjaga kelembapan kulit.

Kemudian ada juga kandungan panthenol yang bisa membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Cocok nih buat kulit bruntusan akibat jerawat. Lalu ada pula allantoin dan lactic acid yang bisa membuat tekstur kulit lebih halus serta lembut. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 140.000-an.

5. COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

Skincare untuk menghilangkan brutusan

Photo via cosrx.com

Toner dari COSRX yang satu ini juga recommended lho kamu jadikan skincare untuk kulit bruntusan. Toner ini memiliki kandungan bahan-bahan alami dan air mineral. Karena mengandung AHA/BHA organik, produk yang satu ini juga termasuk exfoliating toner, Girls. Cocok abis buat mengatasi masalah komedo dan jerawat yang bikin kulit bruntusan.

Produk ini juga tetap mampu kok untuk menghidrasi dan meremajakan kulitmu. Tekstur kulit pun bakalan lebih flawless dan sehat. Kamu bisa menggunakan produk ini secara teratur agar bruntusan lenyap. Harga toner ini sekitar Rp 190.000,- ya, Girls.

Essence dan serum penghilang bruntusan terbaik

6.Benton Snail Bee High Content Essence

Skincare untuk menghilangkan brutusan

Photo via shopee.co.id

Sudah tahu dengan produk ini belum, Girls? Benton Snail Bee High Content Essence juga recommended nih untuk kamu gunakan sebagai skincare penghilang bruntusan. Essence ini terbuat dari air, snail scretion filtrate, bee venom, dan EGF. Fungsinya adalah menghaluskan kulit yang rusak dan kasar. Cocok banget ‘kan buat mengatasi masalah bruntusan?

Kemudian produk ini juga bisa melindungi kulitmu dari radikal bebas dan polusi. Dengan pemakaian teratur, kamu akan mendapatkan warna kulit yang lebih merata, tercegah dari jerawat, dan kulit tetap lembap. Selain itu, ada kandungan arbutin dan adenosine yang mampu mencerahkan wajah dan mencegah tanda-tanda penuaan. Kamu bisa membeli essence ini seharga Rp 146.000-an untuk kemasan 60 ml.

7. Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence

Skincare untuk menghilangkan brutusan

Photo via avoskinbeauty.com

Skincare penghilang bruntusan selanjutnya berupa essence dari Avoskin, yaitu Perfect Hydrating Treatment Essence. Produk ini memiliki tekstur cair yang mudah meresap dan dapat memberikan kelembapan serta kesegaran pada kulit. Kandungan dari produk ini berupa ascorbic acid, ekstrak Chamomile, carrot oil, dan rosehip oil.

Manfaatnya adalah menjadikan kulit lebih lembut, kenyal, dan menyamarkan tampilan pori-pori. Bisa nih digunakan untuk mengatasi bruntusan. Selain itu, essence yang satu ini juga bisa membuat kulit lebih cerah.  Kamu bisa membeli Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence ini seharga Rp 300.000-an untuk ukuran 100 ml.

8. Elsheskin Smoothing Serum for Acne Skin

Skincare untuk menghilangkan brutusan

Photo via elsheskin.com

Produk skincare untuk wajah bruntusan selanjutnya hadir dari Elsheskin, Girls yaitu Smoothing Serum for Acne Skin. Produk ini memang dikhususkan untuk kulit yang berjerawat, tetapi bisa juga untuk mengatasi bruntusan lho. Soalnya formula dari produk ini berfungsi untuk memperbaiki tekstur dan penampilan kulit wajah yang bermasalah.

Jerawat, bekas jerawat, bahkan bruntusan bisa lenyap deh. Kulitmu nantinya akan tampak lebih halus dan lembut. Tekstur dari produk ini juga ringan dan cepat meresap kok. Kamu bisa membelinya seharga Rp 175.000,-.

Pelembap penghilang bruntusan terbaik

9. Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel

Skincare untuk menghilangkan brutusan

Photo via shopee.co.id

Siapa sih yang nggak tahu dengan skincare dari Korea Selatan yang satu ini? Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel menjadi skincare penghilang bruntusan yang bisa kamu gunakan. Terutama buat kamu yang mengalami bruntusan karena jerawat-jerawat kecil nih, Girls. Kandungan 92% organic Aloe vera-nya bisa menenangkan kulit yang mengalami peradangan.

Produk ini pastinya juga bermanfaat dalam melembapkan kulitmu agar nggak terasa kering. Jika kulitmu lembap, pasti akan terasa lebih halus, ‘kan? Produk ini dijual seharga Rp 90.000-an.

10. Wardah Pure Olive Oil

Skincare untuk menghilangkan brutusan

Photo via wardahbeauty.com

Masih ada nih Girls rekomendasi skincare penghilang bruntusan khusus buat kamu, yaitu Wardah Pure Olive Oil. Produk ini merupakan pelembap alami yang fungsinya adalah melembapkan, mengenyalkan, dan menghaluskan kulit. Kandungannya sendiri berupa minyak zaitun yang ampuh digunakan untuk mengusir bruntusan.

Selain itu, ada kandungan vitamin E yang bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit. Nantinya, kulitmu akan bebas bruntusan dan terasa lebih halus. Produk ini juga bisa digunakan untuk mengurangi kerutan di wajah lho. Kamu bisa membelinya dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 37.000-an.

11. Kiehl’s Super Multi-Corrective Cream

Skincare untuk menghilangkan brutusan

Photo via kiehls.com

Skincare untuk wajah bruntusan kali ini berupa moisturizer dari Kiehl’s, Girls. Pelembap yang satu ini cocok digunakan untuk mengatasi bruntusan dan tanda-tanda penuaan kulit. Formulanya mampu menghaluskan dan memperbaiki tekstur kulit lho. Kulitmu yang kasar karena bruntusan akan lebih halus dan terasa kencang.

Kandungan dari krim ini berupa hyaluronic acid, jasmonic acid, dan beech tree extract yang mampu menghidrasi wajah dengan baik. Oh ya, produk ini juga mampu mengatasi penyumbatan minyak di pori yang bisa menyebabkan jerawat, komedo, atau bruntusan. Kamu bisa membeli krim ini seharga Rp 80.000-an.

Krim malam penghilang bruntusan terbaik

12. Mineral Botanica Acne Care Night Cream

Skincare untuk menghilangkan brutusan

Photo via shopee.co.id

Mineral Botanica Face Acne Night Cream juga termasuk rekomendasi skincare penghilang bruntusan yang recommended buat kamu. Produk ini sesuai namanya memang diformulasikan untuk kulit berjerawat. Namun bisa juga kok untuk mengatasi bruntusan. Soalnya formulanya mampu mengatasi kelebihan minyak di kulit wajah.

Selain itu juga mampu menutrisi kulit sepanjang malam dengan kandungan ekstrak adansonia dan vitamin C. Kandungan vitamin C ini mampu memperbaiki sel-sel kulit sehingga tekstur wajah juga akan lebih halus deh dengan pemakaian teratur. Krim malam ini dijual seharga Rp 50.000-an.

Produk eksfoliasi penghilang bruntusan terbaik

13. Neogen Bio-Peel Gauze Peeling Lemon

Skincare untuk menghilangkan brutusan

Photo via womansworld.com

Neogen Bio-Peel Gauze Peeling Lemon merupakan produk eksfoliasi yang dikemas dalam bentuk cotton pad. Produk ini berfungi sebagai eksfoliator kulit secara lembut. Sehingga kulit nggak akan mengalami iritasi lho. Produk yang terkenal bagus ini juga cocok digunakan sebagai skincare penghilang bruntusan.

Kandungannya sendiri berupa ekstrak buah lemon yang kaya vitamin C sebagai antioksidan. Efektif banget deh untuk mengangkat sisa kotoran dan sel kulit mati di wajah. Kulit wajahmu bakalan terasa halus, kenyal, dan lebih cerah. Bruntusan lama-lama bakalan memudar dengan pemakaian teratur. Neogen Bio-Peel Gauze Peeling Lemon bisa kamu beli seharga Rp 266.000-an.

14. Skinfood Black Sugar Mask Wash Off

Skincare untuk menghilangkan brutusan

Photo via instyle.com

Selanjutnya, ada produk skincare yang juga berfungsi untuk eksfoliasi kulit. Produk ini adalah The Skinfood Black Sugar Mask Wash Off yang merupakan scrub wajah dengan kandungan mineral dan vitamin. Produk ini efektif banget digunakan untuk mengeksfoliasi sel kulit mati dan merevitalisasi kulit.

Recommended juga lho digunakan untuk mengatasi bruntusan. Butiran scrub dari produk ini cukup lembut dan nggak terasa sakit saat diaplikasikan. Kamu bisa membeli skincare untuk wajah bruntusan ini seharga Rp 239.000-an.

Masker penghilang bruntusan terbaik

15. Freeman Rejuvenating Cucumber + Pink Salt Clay Mask

Skincare untuk menghilangkan brutusan

Photo via amazon.com

Masih ada nih Girls rekomendasi skincare penghilang bruntusan, yaitu Freeman Rejuvenating Cucumber + Pink Salt Clay Mask. Produk ini sesuai namanya mengandung mentimun yang dapat menenangkan dan membuat kulit lebih segar.

Kemudian ada juga kandungan pink salt sebagai scrub yang mampu membersihkan wajah dengan baik sekaligus mendetoksifikasi. Pas banget nih kalau kamu lagi mencari clay mask untuk menghempaskan bruntusan di wajah. Kamu bakalan merasakan wajahmu bersih hingga pori-pori deh. Jika ingin membeli produk ini, harganya sekitar Rp 85.000-an ya, Girls.

Sunscreen terbaik penghilang bruntusan

16. Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++ Normal to Oily Skin

Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++ Normal to Oily Skin merupakan salah satu skincare penghilang bruntusan yang berupa produk sunscreen. Skincare yang satu ini memiliki formula water-based dan tekstur yang cair sehingga sangat ringan diaplikasikan di kulit serta nggak terasa lengket. Cocok deh digunakan pada kulit berminyak, termasuk pada kulit yang mudah mengalami bruntusan.

Selain itu, sunscreen yang satu ini sangat bagus karena nggak meninggalkan whitecast. Dari segi kandungan sendiri, ada moisture gel yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Kemudian ada kandungan vitamin B5, vitamin E, dan vitamin C untuk menutrisi kulit. Dengan kandungan SPF 30 disertai PA++, pastinya sunscreen ini mampu melindungi kulitmu dari paparan sinar UVA dan UVB. Kamu bisa membelinya seharga Rp 45.000-an.

17. Erha 21 Acne Care Lab Sun Friendly For Oily & Acne Prone Skin SPF30/PA+++

Sunscreen yang cocok untuk kulit bruntusan selanjutnya adalah Erha 21 Acne Care Lab Sun Friendly For Oily & Acne Prone Skin SPF30/PA+++. Sunscreen ini memang diformulasikan untuk kulit berminyak dan cenderung berjerawat seperti bruntusan. Formula dari produk ini non-comedogenic dan non-acnegenic sehingga nggak akan menimbulkan komedo maupun memperparah jerawat.

Dari segi kandungan, ada sebum regulator yang mampu mengontrol dan menyerap minyak berlebih padakulit wajah. Selain itu, ada juga kandungan antibakteri untuk membunuh bakteri dan mencegah timbulnya jerawat. Untuk kandungan SPF-nya sendiri adalah 30 dan terdapat PA+++ sehingga produk ini akan melindungi kulit dari UVA sekaligus UVB. Kamu bisa membeli sunscreen ini seharga Rp 85.000-an.

18. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

Skincare penghilang bruntusan berikutnya masih berupa tabir surya yang kali ini dari brand Wardah. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ memiliki tekstur gel yang lembut dengan formula yang nyaman digunakan pada kulit wajah. Sunscreen ini dilengkapi dengan SPF 30 dan PA+++ untuk perindungan maksimal pada kulit dari UVB maupun UVA.

Dari segi kandungan, produk ini pun diperkaya dengan Aloe vera dan pro vitamin B5 sebagai pelembap. Kemudian ada juga vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Formula dari sunscreen terbaru Wardah ini pun non-comedogenic dan mudah meresap di kulit. Aman deh buat kulit berminyak dan kulit yang punya masalah jerawat maupun komedo. Harga sunscreen ini sangat terjangkau lho, yaitu hanya Rp 25.000-an.

19. COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++

Untuk sunscreen buat kulit bruntusan kali ini dari produk Korea, yaitu COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50+ PA+++. Tabir surya yang satu ini memiliki tekstur yang halus dan mampu melembapkan kulit dengan baik. Kandungannya sendiri diperkaya dengan 5.500ppm Aloe barbandensis leaf water.

Dengan kandungan SPF 50+ PA+++, produk ini mampu melindungi kulitmu dari paparan sinar UVA dan UVB. Selain itu, produk ini terbuat dari bahan-bahan alami yang aman buat kulitmu dan teksturnya nggak lengket. Harga sunscreen dari COSRX ini adalah Rp 120.000-an.

Demikian rekomendasi berbagai skincare penghilang bruntusan yang bisa kamu gunakan. Jangan lupa untuk menggunakannya secara teratur, ya! Nah, kalau brutusanmu ternyata parah dan sulit hilang dalam waktu lama, lebih baik konsultasikan ke dokter supaya bisa menanganinya dengan tepat.

30 Comments

  1. Mufidah Khoirun nisa berkata:

    Ka mukaku brutusan parah kli mie cream dokter sembuh tp ngk bisa mulus bnget aplgi klo ngk make crem dokter brutusan nya tambah orah danq pingin pke produk pasaran aj ka tolong donk rekomendasi scen care yang cocok buat wajah brutusan

    • Hai Gadis berkata:

      Hai Mufidah,

      Sebenarnya dalam artikel di atas sudah ada beberapa rekomendasi skincare untuk kulit wajah bruntusan yang bisa kamu coba. Namun sebelumnya, untuk menghentikan pemakaian krim dokter, sebaiknya jangan langsung berhenti dan nggak memakainya sama sekali, ya.

      Secara bertahap, kamu perlu mengurangi dosis krim dokter tersebut supaya kulit wajah bisa menyesuaikan diri. Baru deh kamu bisa mencoba skincare baru sesuai jenis kulitmu. Oh ya, bila perlu, konsultasikan ke dokter kulit dan kecantikan ya apabila kamu masih kebingungan. Semangat.

  2. Nabil berkata:

    Haii min.
    Aku ni kan beruntusan. Didahi. Di pipi kanan kiri. Ga ilang ilang. Udah pake himalaya fash wash sampe 5 kali ganti yang ukuran 100ml. Ga ilang. Pake toner nya juga. Scrub nya juga. Mask nya juga.
    Akhirnya ganti face wash herborits yang tea tree. Pake toner ovale yang acne. Pake pelembap YOU. Pake hidrating viva mawar.
    Tapi masih belum sembuh.
    Ada saran ga min

    • Hai Gadis berkata:

      Hai Nabil,

      Jika kamu sudah menggunakan berbagai produk skincare tetapi masalah bruntusanmu belum sembuh, mungkin saja skincare yang kamu gunakan memang tidak cocok dan tidak bisa bekerja efektif pada kulitmu. Hai Gadis sarankan sih kamu perlu berkonsultasi dengan dermatologist supaya mengetahui solusi yang tepat untuk menyembuhkan masalah bruntusanmu. Semangat, ya!

  3. nia berkata:

    Hai kak! mau tanya dong. muka aku normal skin(agak sedikit kering) tapi agak sedikit bruntusan di daerah kening (gak parah² bgt si) dan emang kusam gitu ka walau udah cuci muka. pengen nyoba pake serum tapi bingung mau pake serum yang khusus ngilangin bruntusan atau mencerahkan wajah. kasih saran dong kak serum yang cocok yang bisa mencerahkan wajah sekaligus ngilangin bruntusannya. tolong dijawab ya ka, makasiii 🥺🙏🏻💛

    • Hai Gadis berkata:

      Hai Nia,

      Di pasaran ada juga kok produk serum yang memiliki manfaat untuk mencerahkan sekaligus mengatasi masalah bruntusan di wajahmu. Nah, kamu bisa mencoba produk-produk tersebut. Asalkan tetap teliti dan cermati klaim serta kandungannya, ya. Jangan lupa juga lakukan uji patch test.

      Selain itu, masalah kusam dan bruntusan salah satu penyebabnya adalah jarang eksfoliasi. Selain menggunakan serum, jangan lupa gunakan rangkaian skincare lainnya juga secara teratur supaya kulitmu tetap sehat.

  4. Asmaa berkata:

    Hai kak, mau dong di rekomendasikan skincare yang ngilangin bruntusan, minyak berlebihan dan bisa mengecilkan pori². Bingung udah nyoba sana sini belum hilang:)

    • Hai Gadis berkata:

      Hai Asmaa,

      Dalam memilih skincare untuk menghilangkan bruntusan, minyak berlebih, dan mengecilkan pori-pori, ada tips yang harus kamu perhatikan. Misalnya, pilih produk yang non-comedogenic, memiliki kandungan yang bisa membersihkan pori dan mengontrol produksi minyak. Selain itu, kamu juga perlu melakukan eksfoliasi pada kulitmu secara berkala.

      Hai Gadis punya tips memilih skincare dan beberapa rekomendasi skincare pengecil pori-pori di sini dan skincare untuk kulit berminyak di sini. Kamu bisa membacanya dulu, ya.

  5. rany berkata:

    hallo kak, aku punya bruntusan di area pipi kanan sama dahi aja kak. Nah awalnya bruntusannya sedikit tpi aku ganti semua skincare ku pakai toner pyunkang yul, serum niacinamade somethinc, pelembab hada labo. Awalnya rada berkurang tpi sekarang malah tambah bnyk, itu kira2 kenapa ya kak? Oia kdng aku pakai avoskin miracoulus refining toner juga (cuman aku pakai bersamaan sama pelembab hada labo)

    • Hai Gadis berkata:

      Hai Rany,

      Pada dasarnya, bruntusan bisa disebabkan oleh banyak hal. Diantaranya keringat berlebih di wajah, rambut yang kotor dan mengenai wajah, sprei atau sarung bantal yang kotor, tidak cocok pada skincare / makeup tertentu, jarang eksfoliasi, alat makeup yang kotor, hingga ketidakseimbangan hormon.

      Kemudian mengenai masalah bruntusan yang kamu alami, bisa saja hal tersebut adalah breakout, dan bisa saja purging. Purging merupakan reaksi karena kulit beradaptasi dengan bahan aktif yang ada pada skincare. Ciri-cirinya adalah benjolan kecil berwarna merah, tidak gatal, tidak nyeri, dan tidak bengkak. Purging biasanya terjadi antara 4 – 6 minggu. Sementara breakout adalah reaksi kulit karena tidak cocok dengan bahan yang ada pada skincare. Ciri-ciri breakout adalah munculnya jerawat di area yang biasanya tidak berjerawat, gatal, dan terasa nyeri. Biasanya breakout terjadi lebih dari 4 – 6 minggu.

      Jika kamu mengalami bruntusan / breakout, lebih baik konsultasi pada dokter kulit / kecantikan supaya mendapat jawaban yang tepat mengenai penanganan masalah tersebut. Semangat!

  6. Annisa Fitriana berkata:

    kak facelwash wardah yang cocok untuk wajah bruntusan apa ya min?

    • haigadis berkata:

      Hai Annisa,

      Kamu bisa menggunakan Wardah Lightening Facial Scrub untuk mengatasi masalah bruntusan di wajah kamu. Produk ini mampu mengangkat kotoran, sel kulit mati dan komedo yang merupakan penyebab bruntusan.

  7. Indahwidia berkata:

    Hallo kak, kak gmna sih caranya ngilangin wajah beruntusan dan berminyak kak? Aku udh mkek beberapa skincare buat ngilangin tapi ttp aja ngga mau hilang kak 🙁

    • haigadis berkata:

      Hai Indahwidia,

      Kamu bisa mencoba rekomendasi skincare yang sudah Hai Gadis jelasnkan diatas. Selain itu, kamu juga perlu mengatur pola hidup yang sehat.
      Jika semuanya sudah kamu lakukan dan masih memiliki masalah bruntusan, Sebaiknya kamu lakukan konsultasi ke dokter kecantikan untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

      • Syahidah berkata:

        Hai kak produk” itu sudah boleh dipakai dari Umur12 nga kak soalnya aku berurusan dari umur 10,berurusan lumanyan banyak sih kak dibawah Katong mata dan area hidung😥

        • Hai Gadis berkata:

          Hai Syahidah,

          Ada beberapa merek skincare yang memang didesain bisa digunakan untuk umur 12 tahun, tetapi ada juga yang tidak. Namun supaya lebih aman, sebaiknya kamu menggunakan produk skincare basic dulu seperti face wash, toner, moisturizer, dan sunscreen. Itu pun kamu perlu memilih produk yang kandungannya aman.

  8. Abila berkata:

    kak aku punya masalah bruntusan yang membandel terutama didaerah berminyak, jadi gradakan gitu kalo make up-an 🙁

  9. Dianazulfa berkata:

    Kk gimanasi caranya nyari produk yg cocok untuk kulit sensitif pusing banget udah coba ini itu tp jerawatan ngak ilang’bntu rekomendasii in dong

  10. amanda putri berkata:

    min apakah some by mi ampuh untuk menghilangkan bruntusan?

    • haigadis berkata:

      Hai Amanda,

      Penyebab bruntusan cukup beragam dan pada umumnya disebabkan oleh komedo dan produk “Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner” bisa kamu gunakan untuk mengatasinya.
      Produk ini bisa merawat pori-pori, mencerahkan, sekaligus melembapkan kulit.

      • MP berkata:

        minn aku pake somebyme ini bruntusanku gamau hilang uda pake 2 bbulanan :” saran min

        • Hai Gadis berkata:

          Hai Michelle,

          Masing-masing produk skincare memiliki waktu yang berbeda untuk bisa dilihat hasilnya. Misalnya, produk toner bisa terlihat efeknya setelah 2-3 minggu, dan produk serum baru terlihat efeknya 6-8 minggu.

          Jika suatu produk yang kamu gunakan tidak juga menunjukkan hasil, ada beberapa faktor penyebabnya. Bisa saja produk tersebut tidak cocok di kulitmu, atau cara pemakaian skincare-mu belum tepat sehingga produk tidak berfungsi secara efektif.

          Namun Hai Gadis tetap menyarankan agar kamu juga berkonsultasi ke dokter kecantikan agar masalah bruntusanmu bisa tertangani secara tepat dengan produk yang cocok. Semangat.

  11. Nofi berkata:

    Ka umur aku 12 tahun udh beruntusan di jidat aku, kira” boleh ga ya pake skincare? Aku jg udh dtng bulan

  12. Nayla berkata:

    min tapi saya pake aloevera nature beruntusan nya malah nambah trs setelah make itu wajah saya panas

    • haigadis berkata:

      Hai Nayla,

      Jika sebuah produk memiliki efek negatif pada kulit seperti yang kamu alami, maka kemungkinan besar produk tersebut tidak cocok untuk kulitmu. Jadi sebaiknya kamu menggantinya dengan produk skincare yang lain dengan memberikan jeda waktu minimal 1 minggu untuk peralihan dari skincare yang lama ke skincare yang baru.

      • Rizlaa berkata:

        Ka umur aku 14 tapi udah banyak bruntus di area kening trus kaya kering gitu kuli nya tapi di area hidung bawah mata kaya berminyak gitu kira kira aku pake produk apa?buat yg ngelembabin muka atau apa?

        • Hai Gadis berkata:

          Hai Rizlaa,

          Bruntusan pada kulitmu bisa disebabkan oleh perubahan hormon, kurangnya eksfoliasi, menggunakan produk skincare atau kosmetik yang salah, maupun tidak melakukan double cleansing saat membersihkan wajah.

          Untuk mengatasinya, salah satunya adalah menggunakan skincare yang fokus mengatasi bruntusanmu. Karena tipe kulitmu sepertinya tipe kulit kombinasi, maka kamu bisa memilih skincare untuk kulit kombinasi yang bisa mengatasi bruntusanmu.

          Namun, jika masalah bruntusanmu nggak kunjung membaik, Hai Gadis sarankan kamu untuk konsultasi ke dermatologist, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *