15 Rekomendasi Skincare Penghilang Flek Hitam Terbaik

1 bulan lalu, by Hai Gadis

Skincare Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam menjadi masalah yang sering mengganggu kesehatan kulit wajah. Selain mengganggu penampilan, flek hitam sering bikin jadi nggak pede. Memang sih, flek hitam bisa ditutupi dengan makeup. Namun kamu pasti inginnya tetap memiliki kulit yang sehat kan? Jadinya tetap pede meski tanpa makeup. Kulit pun nantinya akan tetap mulus meski usia sudah bertambah. Nah, salah satu cara merawat wajah dari masalah ini adalah menggunakan skincare penghilang flek hitam terbaik.

Namun sebelum itu, perlu kamu ketahui dulu penyebab munculnya flek hitam di kulit wajah. Flek hitam sendiri muncul akibat peningkatan produksi pigmen alami kulit (melanin). Melanin merupakan pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Semakin banyak kandungan melanin pada kulit, maka akan semakin gelap warna kulit seseorang.

Table of Contents

Penyebab munculnya flek hitam

Peningkatan produksi melanin pada kulit bisa disebabkan oleh hal-hal berikut ini lho.

a. Terpapar sinar matahari dalam waktu lama

Untuk itu, menggunakan sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit wajah dari kerusakan. Meski menggunakan sunscreen, tetap saja kamu nggak dianjurkan terpapar sinar matahari dalam waktu lama.

b. Menggunakan kosmetik dan skincare yang nggak cocok

Produk kosmetik ada juga lho yang memicu munculnya melanin sehingga bisa mudah memunculkan noda hitam. Bisa jadi juga produk kosmetik memiliki kandungan yang membuat kulitmu lebih sensitif terhadap sinar matahari.

c. Faktor keturunan

Genetik juga bisa lho memengaruhi kulit wajah untuk lebih mudah mengalami flek hitam. Namun, perawatan dengan baik dan maksimal tetap bisa mencegahnya kok.

d. Makanan kurang sehat

Untuk mencegah flek hitam, kamu perlu asupan vitamin B12, K, dan E. Nah, berbagai kebutuhan vitamin bisa dicukupi asalkan kamu mengonsumsi makanan yang sehat, bergizi, dan beragam. Jangan lupa konsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin, ya.

e. Polusi dan kotoran

Polusi dan kotoran bisa memicu kerusakan kulit yang membuat kulit juga meningkatkan produksi melanin lho. Untuk itu, jangan malas membersihkan wajah dan menggunakan skincare setiap hari, terutama setelah beraktivitas di luar rumah.

f. Noda bekas jerawat

Kalau kamu suka memencet jerawat, noda bekasnya bisa susah hilang lho. Akibatnya, wajah jadi terdapat flek hitam.

g. Pengaruh hormonal

Hormonal pada wanita mudah sekali berubah-ubah. Misalnya saja saat hamil, saat menstruasi, dan lain sebagainya. Hal ini pun bisa memicu peningkatan produksi melanin di kulit wajah.

Tips memilih skincare penghilang flek hitam terbaik

Merawat wajah menjadi hal penting yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi flek hitam. Berbagai skincare juga beredar di pasaran  dan bisa dengan mudah kamu beli. Namun, tentu saja nggak boleh sembarangan. Kalau salah pilih, bisa-bisa kulitmu malah nggak terawat dengan baik. Kamu perlu memilih skincare penghilang flek hitam terbaik. Caranya, simak yuk tips dari HaiGadis berikut ini.

a. Pilih produk berdasarkan kandungannya

Bahan aktif yang biasanya bermanfaat dalam menghilangkan flek hitam antara lain asam traneksamat. Bahan ini bisa mencegah aktivasi sel melanosit sehingga produksi melanin pun terhambat. Kemudian ada juga arbutin dan vitamin C yang mampu menekan melanin sehingga flek hitam di wajah pun berkurang.

b. Pastikan memilih produk yang aman

Produk yang aman akan memiliki izin edar dari BPOM dan juga sertifikat keamanan lainnya. Nah, hal ini perlu kamu perhatikan supaya nggak mendapatkan produk skincare yang abal-abal ya, Girls.

c. Tetap pilih produk sesuai jenis kulit

Jenis kulit tetap perlu kamu pertimbangkan dalam memilih skincare penghilang flek hitam terbaik ya, Girls. Misalnya saja kamu memiliki kulit sensitif, tetap gunakan produk yang memang khusus untuk kulit sensitif. Hal ini untuk menghindarkan kulitmu dari iritasi atau masalah-masalah lain. Begitu pula untuk kamu dengan tipe kulit berminyak, kering, atau kombinasi, pilih produk sesuai tujuan jenis kulitnya ya.

d. Tetap pilih skincare yang melembapkan

Bahan pelembap memang wajib ada dalam suatu produk skincare. Pelembap ini berfungsi mencegah kulit menjadi kering, terutama saat terpapar sinar matahari lho. Dengan demikian, produksi melanin juga akan terhambat. Selain itu, kulit yang lembap juga nggak akan mudah mengalami penuaan. Bahan pelembap yang bisa kamu gunakan antara lain hyaluronic acid, ceramid, jojoba oil, dan natural oil lainnya.

e. Pilih produk sesuai budget

Supaya bisa tetap merawat wajah secara terus-menerus, pilih saja produk skincare yang ekonomis. Banyak kok skincare bagus yang harganya terjangkau. Daripada membeli yang terlalu mahal tapi malah memaksakan diri, jadinya kamu malah kesulitan deh.

f. Lihat review produk terlebih dahulu

Banyak lho konten tentang produk skincare penghilang flek hitam terbaik yang direview oleh beauty influencer maupun pengguna. Nah, kamu bisa melihat terlebih dahulu ulasan-ulasan tersebut. Dengan begini, kamu juga punya pertimbangan matang saat memilih produk skincare, terutama produk baru deh.

Rekomendasi skincare penghilang flek hitam terbaik

Kini saatnya melihat produk skincare yang recommended buat menghilangkan flek hitam. Kamu nggak perlu bingung dan pusing lagi deh memilih produk di pasaran. Nih, simak yuk ulasan HaiGadis berikut ini.

Pembersih wajah penghilang flek hitam terbaik

1. Wardah White Secret Facial Wash with AHA

Skincare untuk menghilangkan flek hitam

Photo via shopee.co.id

Pembersih wajah tentunya menjadi skincare yang sangat penting untuk mencegah timbulnya flek hitam. Terutama setelah kulitmu seharian terpapar polusi, kotoran, dan sinar matahari. Kamu bisa mencuci wajahmu menggunakan Wardah White Secret Facial Wash with AHA. Produk ini memiliki kandungan mild surfactant yang membantu membersihkan kotoran, debu, minyak, dan sisa makeup di wajah.

Kemudian ada juga kandungan AHA yang membantu mengangkat sel kulit mati agar wajah tampak lebih bersih dan cerah. Munculnya flek hitam pun bisa tercegah deh. Oh ya, produk ini juga nggak akan membuat wajah menjadi kering lho. Kamu bisa membelinya hanya dengan harga Rp 30.000,-.

Toner penghilang flek hitam terbaik

2. I’m From Rice Toner

Skincare untuk menghilangkan flek hitam

Photo via amazon.co.uk

Buat kamu yang suka dengan produk dari Korea, kamu bisa mencoba produk toner yang bagus dan recommended dari Korea yaitu I’m From Rice Toner. Toner ini berfungsi untuk menghidrasi dan mencerahkan kulit kusam. Kandungannya sendiri berupa Yeoju rice yang bermanfaat menghilangkan noda di kulit dan mengeksfoliasinya sehingga kulit pun terasa lebih lembut.

Kemudian ada juga kandungan gamma oryzanol yang membantu mencerahkan kulit kusam dan bintik hitam atau freckless. Formulanya ringan lho dengan aroma yang lembut dan nggak menyengat. Dipakai di wajah pun nggak akan terasa greasy. Toner ini bisa kamu beli seharga Rp 350.000,-.

Essence penghilang flek hitam terbaik

3. Missha Time Revolution The First Treatment Essence

Skincare untuk menghilangkan flek hitam

Photo via missha.co.id

Missha Time Revolution The First Treatment Essence merupakan skincare Korea untuk flek hitam yang juga recommended buat kamu. Essence ini mengandung konsentrat ragi sebanyak 80% yang telah difermentasi. Kandungan ini sangat mudah meresap di kulit dan mampu memberi energi di kulit. Selain kandungan tersebut, ada niacinamide yang berfungsi menambah elastisitas kulit, memperbaiki tekstur, dan juga memperbaiki warna kulit.

Flek-flek hitam pun bisa berkurang dengan produk ini. Bahkan terdapat pula kandungan DN-Aid dari Cassia alata extract yang berfungsi menambah vitalitas pada kulit yang menua dan melindungi kulit dari kerusakan. Garis halus di wajah bakalan berkurang juga lho. Kulit wajah akan tampak bercahaya dengan pemakaian teratur. Harga produk ini mulai Rp 250.000 – Rp 300.000-an.

4. SK-II Genoptics Spot Essence

Skincare untuk menghilangkan flek hitam

Photo via sk-ii.com

SK-II Genotips Spot Essence merupakan skincare penghilang flek hitam terbaik yang berupa essence terbaik. Kandungan dari essence ini berupa Pitera yang bisa membantu melenyapkan noda-noda di wajah, termasuk flek hitam. Selain itu, produk ini juga mampu mencerahkan kulit dan tampak lebih glowing.

Essence penghilang flek hitam terbaik yang satu ini juga dilengkapi desain auto-fill dropper di mana hanya menggunakan setetes, hasilnya sudah bisa sempurna di kulitmu. Teksturnya juga ringan, lembut, dan mudah meresap sempurna ke dalam kulit. Namun, harga produk ini agak pricey, yaitu Rp 1.855.000,-.

5. COSRX Galactomyces 95 Whitening Power Essence

Skincare untuk menghilangkan flek hitam

Photo via ebay.com

Produk selanjutnya yang bisa kamu pilih sebagai skincare penghilang flek hitam terbaik adalah essence dari COSRX. COSRX Galactomyces 95 Whitening Power Essence ini memiliki formula cair tetapi konsentrasi kandungannya lebih tinggi daripada toner. Meski agak kental, teksturnya tetap ringan dan mudah meresap kok.

Kandungan dari produk ini berupa 95% galactomyces yaitu ekstrak fermentasi ragi yang efektif memicu regenerasi sel kulit. Selain itu, produk ini juga bagus untuk mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam. Kamu bisa membelinya seharga Rp 260.000,-.

Serum penghilang flek hitam terbaik

6. Garnier Light Complete White Speed Vitamin C Super Essence

Skincare untuk menghilangkan flek hitam

Photo via lazada.co.id

Kali ini, skincare yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan flek hitam adalah Garnier Light Complete White Speed Vitamin C Super Essence. Skincare Garnier untuk flek hitam ini diformulasikan khusus untuk mencerahkan kulit. Kandungannya berupa ekstrak alami vitamin C 30 kali dari lemon Yuzu Jepang.

Selain mencerahkan, serum ini mampu membantu menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat. Asalkan, kamu memakainya secara teratur. Teksturnya ringan dan bisa bikin kulit terasa lembut lho. Kamu bisa membelinya seharga Rp 70.000,- untuk kemasan botol 30 ml. Namun, tersedia juga lho kemasan sachet dengan harga lebih terjangkau. Bisa banget nih buat kamu yang ingin mencoba produk ini tanpa takut mubazir kalau nggak cocok.

7. Jumiso All Day Vitamin Brightening and Balancing Facial Serum

Skincare untuk menghilangkan flek hitam

Photo via skinlibrary.co.uk

Selanjutnya, ada serum penghilang flek hitam terbaik yang bisa kamu gunakan sehari-hari yaitu  Jumiso All Day Vitamin Brightening and Balancing Facial Serum. Skincare Korea untuk flek hitam ini mengandung niacinamide, ascorbic acid, dan kandungan lainnya yang mampu mengatasi masalah hiperpigmentasi di kulit wajah.

Produk ini juga sangat efektif untuk mencerahkan wajah dan mengurangi flek hitam. Oh ya, ada juga kandungan Centella asiatica dalam produk ini yang mampu menenangkan kulitmu lho. Dengan pemakaian teratur, kulit bakalan bebas masalah. Produk ini dijual seharga Rp 280.000-an ya, Girls.

8. Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution

Skincare untuk menghilangkan flek hitam

Photo via kiehls.co.id

Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution termasuk dalam serum penghilang flek hitam terbaik yang bekerja meratakan warna kulit dan menyamarkan noda hitam secara cepat. Serum ini juga mampu mencerahkan kulitmu lho. Formulanya tergolong aman karena nggak mengandung paraben, silikon, pewangi, maupun pewarna buatan.

Dengan penggunaan secara teratur, kamu akan merasakan hasil yang signifikan dari produk ini deh. Noda-noda hitam juga perlahan akan menghilang. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 689.500,- untuk ukuran 30 ml.

Krim penghilang flek hitam terbaik

9. L’Oreal Paris White Perfect Clinical Day Cream SPF 19 PA++

Skincare untuk menghilangkan flek hitam

Photo via loreal-paris.co.id

Skincare kali ini berupa krim penghilang flek hitam terbaik dari L’Oreal Paris, yaitu White Perfect Clinical Day Cream SPF19 PA+++. Krim ini bermanfaat untuk mencerahkan, melembapkan, dan mengurangi bintik hitam di wajah. Tekstur produk ini ringan dan cepat meresap tanpa kesan lengket atau berminyak.

Jika digunakan secara teratur, kulitmu akan lebih cerah dengan rona lebih merata secara bertahap. Kemudian setelah 8 minggu, bintik hitam akan mengecil dan lama-lama memudar. Kamu bisa menggunakannya setelah menggunakan essence atau serum. Harga krim dari L’Oreal Paris ini Rp 181.900,-.

10. Garnier Light Complete Multi Action Whitening Cream

Skincare untuk menghilangkan flek hitam

Photo via bukalapak.com

Krim kali ini termasuk dalam skincare Garnier untuk flek hitam yang juga recommended untuk kamu gunakan. Produk ini mengandung ekstrak lemon dan white speed serum yang berfungsi mencerahkan serta mengurangi flek hitam pada wajah. Selain itu, ada juga kandungan vitamin C, ekstrak Long, dan ekstrak Natural Peeling Fruit.

Kandungan tersebut bermanfaat dalam mencerahkan, melembapkan, dan mengangkat sel kulit mati. Kulit pun jadi tampak bersih dan segar deh. Tekstur dari produk ini termasuk cepat meresap lho. Kemudian, terdapat kandungan SPF yang bisa melindungi kulit saat beraktivitas di luar ruangan. Dengan kemasan jar, produk ini bisa kamu berli seharga Rp 50.000 – Rp 60.000-an.

11. Neutrogena Rapid Tone Repair Dark Spot Corrector

Skincare untuk menghilangkan flek hitam

Photo via neutrogena.com

Skincare penghilang flek hitam terbaik yang satu ini berupa dark spot corrector yaitu Neutrogena Rapid Tone Repair Dark Spot Corrector. Produk ini mengklaim mampu mencerahkan kulit wajah secara instan lho. Kandungannya terdiri dari vitamin C dan retinol terkonsentrasi tinggi. Fungsinya adalah memperbarui tampilan kulit wajah, mencerahkan, dan memudarkan flek hitam yang membandel.

Kombinasi vitamin C dan retinol dari produk ini memang sangat bermanfaat dalam menghalangi produksi pigmen kulit yang abnormal. Supaya hasilnya lebih maksimal, kamu bisa menggunakannya secara rutin. Klaimnya sih dalam satu minggu, kulit kamu akan terlihat lebih muda. Produk ini bisa kamu beli seharga Rp 375.000-an, Girls.

Krim malam penghilang flek hitam terbaik

12. Pond’s Flawless White Brightening Night Cream

Skincare untuk menghilangkan flek hitam

Photo via bukalapak.com

Brand Pond’s juga punya produk skincare penghilang flek hitam terbaik berupa krim malam. Pond’s Flawless White Brightening Night Cream merupakan krim malam yang kandungannya diperkaya dengan GenActive untuk meregenerasi kulit. Produk ini juga diformulasikan khusus untuk memperbaiki kulit, mencerahkan, sekaligus menyamarkan berbagai noda hitam di wajah.

Warna kulit yang nggak merata juga akan teratasi dengan produk ini jika kamu menggunakannya secara teratur di malam hari. Yang terpenting, produk ini teksturnya ringan dan nggak akan menimbulkan efek greasy. Harganya hanya Rp 70.000,- dengan kemasan warna ungu yang elegan lho.

13. Shiseido White Lucent MultiBright Night Cream

Skincare untuk menghilangkan flek hitam

Photo via shopee.co.id

Shiseido White Lucent MultiBright Night Cream merupakan skincare penghilang flek hitam terbaik yang berupa krim malam. Produk yang berasal dari Jepang ini memiliki teknologi MultiBright yang mampu meningkatkan proses regenerasi kulit di malam hari. Kulit pun akan lebih tercerahkan dan flek hitam lama-lama hilang deh. Selain itu, krim ini pun memiliki Features SAKURAResist Technology yang ampuh dalam menekan produksi melanin akibat paparan sinar UV.

Teksturnya ringan dan nggak lengket saat diaplikasikan lho. Wajah juga akan terlembapkan dengan baik dan terlihat glowing. Oh ya, dalam produk ini ada juga teknologi Double Strike PROApproachx2 yang bisa mencerahkan kulit dan menghilangkan flek dengan kecepatan laser. Kamu bisa membelinya seharga Rp 1.150.000-an. Agak pricey sih tetapi sebanding dengan kualitasnya.

Produk eksfoliasi penghilang flek hitam terbaik

14. Neogen Bio-Peel Gauze Peeling Lemon

Skincare untuk menghilangkan flek hitam

Photo via womansworld.com

Selanjutnya, ada skincare Korea untuk flek hitam berupa produk peeling untuk mengeksfoliasi kulit. Produk ini dikemas dalam bentuk cotton pad yang fungsinya sebagai eksfoliator tanpa membuat kulit teriritasi. Kandungannya sendiri berupa ekstrak lemon yang kaya akan vitamin C sebagai antioksidan.

Pastinya skincare yang satu ini efektif mengangkat sisa-sisa noda, kotoran, dan sel kulit mati di wajahmu. Kulit wajah pun akan lebih cerah, kenyal, halus, dan tercegah dari munculnya noda hitam. Kamu bisa membeli Neogen Bio-Peel Gauze Peeling Lemon ini seharga Rp 350.000-an.

15. Glamglow FlashMud Brightening Treatment

Skincare untuk menghilangkan flek hitam

Photo via sephore.sg

GlamGlow FlashMud Brightening Treatment merupakan skincare penghilang flek hitam terbaik yang berupa masker. Produk ini memiliki formula white birch leaf yang berfungsi menyamarkan flek hitam. Selain itu, masker ini juga memiliki butiran scrub yang halus yang bermanfaat untuk membersihkan kulit tanpa membuat iritasi.

Dalam pemakaian rutin, nggak hanya flek hitam yang hilang, pori-pori wajahmu juga akn mengecil. Produk ini pun meminimalkan munculnya komedo sehingga wajah lebih bersih dan halus. Oh ya, Glamglow FlashMud Brightening Treatment juga diperkaya dengan salicylic acid, lactic acid, vitamin C, dan berlian. Selain meratakan warna kulit, wajahmu akan bebas kusam dan lebih bercahaya. Harga produk ini termasuk mahal, yaitu Rp 900.000-an, tetapi sebanding kok dengan kualitasnya.

Dari berbagai skincare penghilang flek hitam terbaik di atas, masing-masing punya keunggulan tersendiri. Jadi, jangan lupa memilihnya secara tepat ya. Kemudian, jangan malas untuk merawat wajah secara rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *