15 Rekomendasi Masker untuk Mengatasi Jerawat dan Bruntusan

By Hai Gadis

Masalah jerawat dan bruntusan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya saja karena produksi sebum berlebih di wajah, perubahan hormon, stres, dan kebiasaan sehari-hari yang kurang menjaga kebersihan wajah. Hal tersebut bisa memicu tersumbatnya kotoran dan minyak di pori-pori wajah yang menyebabkan wajah jadi berjerawat atau bruntusan. Nah, salah satu cara mengatasinya tentu dengan menggunakan skincare untuk kulit berjerawat atau skincare untuk kulit bruntusan. Produk skincare yang banyak digunakan oleh wanita misalnya saja masker penghilang jerawat.

Penggunaan masker memang dapat mengatasi permasalahan  kulit tertentu yang dalam hal ini adalah jerawat dan bruntusan. Asalkan, kamu dapat memilih secara tepat masker yang akan kamu gunakan. Baik dari segi kandungan, jenis, hingga fungsinya. Produk masker juga terkadang memberikan hasil yang cepat, di mana kulit wajah bisa terasa perubahannya dalam sekali pemakaian. Nggak heran jika masker penghilang bruntusan banyak beredar di pasaran. Namun, kamu nggak perlu bingung memilihnya, Girls. Soalnya Hai Gadis punya tips memilih masker untuk kulit berjerawat berikut ini.

Tips memilih masker penghilang jerawat dan bruntusan

a. Pilih jenis masker yang akan kamu gunakan

Produk masker memang memiliki beragam jenis yang masing-masing punya keunggulan tersendiri. Ada clay mask yang berfungsi membersihkan pori-pori dan mengontrol produksi sebum. Ada juga sheet mask yang diperkaya serum yang bisa mengatasi permasalahan kulitmu dan juga dapat melembapkan kulit dengan baik. Lalu ada sleeping mask yang akan menutrisi dan mengatasi permasalahan kulitmu di malam hari saat kamu tidur.

Exfoliating mask berfungsi untuk mengikis kotoran dan sel kulit mati dengan lembut. Kemudian ada mud mask yang hampir mirip dengan clay mask, fungsinya adalah melembapkan kulit dan juga menutrisi kulit dengan berbagai kandungan mineral di dalamnya. Nah, dari berbagai jenis masker tersebut kamu bisa memilih jenis masker yang paling nyaman digunakan.

b. Pilih masker dengan kandungan aktif yang dapat mengatasi jerawat dan bruntusan

Tips memilih masker penghilang bruntusan juga termasuk dari segi bahan aktif nih, Girls. Ada beberapa bahan aktif yang cocok dalam mengatasi masalah jerawat, yaitu sebagai berikut.

  • AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid), berfungsi sebagai eksfoliator yang mengangkat sel-sel kulit mati, mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat.
  • Niacinamide, bermanfaat dalam mengatasi jerawat dan bekasnya, mencerahkan kulit wajah.
  • Tea tree, bermanfaat untuk mengurangi iritasi dan melembapkan kulit.
  • Green tea, berfungsi sebagai anti-inflamasi, mengurangi iritasi kulit, kemerahan, mengatasi jerawat.
  • Aloe vera, bermanfaat dalam menenangkan kulit dan melembapkan kulit.
  • Hyaluronic acid, bermanfaat dalam mempertahankan kelembapan kulit dan menyeimbangkan produksi minyak.
  • Witch hazel, berfungsi untuk mengatasi jerawat dan meredakan iritasi pada kulit.
  • Mugwort, berfungsi mengatasi peradangan dan iritasi, mengatasi jerawat, melembapkan kulit, dan mencerahkan kulit.
  • Centella asiatica, berfungsi sebagai anti-aging, mengatasi jerawat, melembapkan, dan menenangkan kulit.

c. Pilih produk masker yang kandungannya aman

Tips yang satu ini juga tentunya sangat penting, Girls. Sebaiknya, gunakanlah masker yang memang kandungannya aman, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif. Kamu bisa memilih masker yang sudah memiliki label BPOM, dan nggak mengandung bahan kimia berbahaya yang berisiko mengiritasi kulit. Bahan berbahaya tersebut antara lain paraben, phenoxyethanol, hydroquinone, dan polyethylene glycol.

d. Pilih produk berdasarkan review-nya

Review suatu produk juga sangat penting untuk dipertimbangkan nih. Sebelum memutuskan untuk membeli produk masker, lihat dulu deh ulasan dari pengguna sebelumnya maupun beauty influencer. Dengan demikian, kamu bisa mempertimbangkan produk tersebut dengan baik deh.

Nah, itulah beberapa tips memilih masker penghilang bruntusan yang bisa kamu lakukan. Selanjutnya, kamu nggak perlu bingung lagi karena Hai Gadis punya rekomendasi masker penghilang jerawat berikut ini.

Rekomendasi masker penghilang jerawat dan bruntusan

1. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2X

photo via innisfree.com

Rekomendasi masker penghilang jerawat yang pertama adalah Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2X. Clay mask yang satu ini memang cukup terkenal dan efektif dalam membersihkan pori-pori. Ada kandungan Jeju Volcanic Cluster Sphere di dalamnya yang mampu menyerap minyak dua kali lebih baik. Kandungan ini juga akan secara intensif membersihkan pori-pori dari kotoran serta debu halus dengan efek dingin yang menyegarkan.

Klaim lain dari produk ini adalah mengencangkan pori-pori, mengontrol sebum, membersihkan keratin, membersihkan kotoran, menghilangkan komedo, dan juga memiliki manfaat deep cleansing. Setelah pemakaian, tekstur kulit akan lebih lembut, cerah, dan juga elastis. Dari segi tekstur, produk ini berwarna abu-abu dan agak padat dengan terdapat butiran halus.

Butiran halus tersebut adalah Juglans regia (walnut) shell powder sebagai natural exfoliant. Aroma dari masker ini adalah aroma clay tetapi nggak terlalu menyengat. Kamu bisa menggunakan clay mask untuk merawat jerawat dan bruntusan ini sebanyak 1-2 kali seminggu. Harganya Rp 190.000,- ya Girls dengan kemasan jar 100 ml.

2. AXIS-Y Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack

photo via tokopedia.com

Selanjutnya, ada rekomendasi masker penghilang bruntusan dari AXIS-Y, yaitu Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack. Produk dengan kemasan jar warna hijau ini memiliki kandungan 61% ekstrak mugwort yang bermanfaat untuk membantu detoksifikasi kulit dan meredakan peradangan. Ada juga kandungan mung bean yang mencerahkan, adzuki bean yang mengeksfoliasi kulit dengan lembut, dan ada artichoke yang mampu melembapkan kulit serta mengecilkan pori-pori.

Nggak hanya itu, masker wash off ini juga dilengkapi kandungan Houttuynia cordata untuk memperbaiki kulit yang rusak, kelp untuk menghidrasi dan merevitalisasi, serta lotus yang bermanfaat mengontrol sebum serta mencerahkan kulit kusam. Dengan tekstur mirip eskrim, masker berwarna hijau ini juga dilengkapi butiran-butiran halus.

Oh ya, produk ini cocok digunakan untuk kulit dengan masalah jerawat dan bruntusan karena dapat menenangkan iritasi serta membersihkan pori. Masker ini pun cocok digunakan oleh kulit sensitif dan memiliki klaim vegan serta cruelty-free. Kamu bisa membelinya seharga Rp 249.000,- untuk kemasan jar 100 ml.

3. Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask

photo via reviews.femaledaily.com

Lagi-lagi, ada ada produk clay mask sebagai masker penghilang jerawat yang recommended buat kamu. Kali ini sih termasuk produk lokal yang kualitasnya nggak kalah bagus. Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask merupakan masker berwarna hijau dengan tekstur jelly dan agak thick seperti clay. Mirip dengan produk AXIS-Y, masker ini juga dilengkapi dengan butiran daun teh tipis yang membantu mengeksfoliasi wajahmu secara ringan.

Dari segi kandungan, ada mugwort yang bermanfaat sebagai antibakteri untuk merawat kulit berjerawat. Kandungan ini juga mampu menenangkan kulit yang kemerahan atau iritasi, mengontrol produksi minyak berlebih, dan melembapkan kulit. Selain itu, ada juga kandungan niacinamide yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, dan cica yang mampu menenangkan kulit.

Masker ini memiliki aroma yang segar gabungan daun teh, mugwort, dan cica yang akan memberi sensasi menenangkan saat digunakan. Kamu bisa memakainya 2-3 kali seminggu pada wajah yang bersih selama 10-15 menit, lalu bilas deh. Harga Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask ini adalah Rp 75.000-an.

4. Everwhite Let It Glow Clay Mask Green Tea

photo via shopee.co.id

Everwhite Let It Glow Clay Mask Green Tea pun termasuk produk masker penghilang bruntusan yang berasal dari produk lokal. Produk dengan kemasan tube warna hijau cute ini memiliki kandungan utama bentonite clay dan green tea. Manfaatnya sendiri adalah mencerahkan wajah, membersihkan, menyamarkan pori-pori, mengurangi komedo, dan mengatasi jerawat atau bruntusan.

Selain itu, kulitmu juga akan lebih ternutrisi, kadar minyak berlebih lebih terkontrol, dan tentunya kulit jadi terasa halus serta lembut. Tekstur dari produk ini juga lembut dan nyaman saat diaplikasikan. Aromanya juga menenangkan abis tetapi nggak menyengat. Kamu bisa menggunakannya sebanyak 2-3 kali seminggu selama kurang lebih 15 menit pada kulit wajah yang bersih. Harga masker ini adalah Rp 106.000-an.

5. Jacquelle Butter Clay Mask

photo via sociolla.com

Jacquelle Butter Clay Mask merupakan salah satu masker penghilang jerawat yang lagi-lagi juga berupa masker clay. Produk ini sangat bermanfaat untuk deep cleansing dan mengangkat kotoran di wajah. Selain itu, fungsi clay mask berkemasan jar biru yang cute abis ini berfungsi mendetoks kulit dengan membersihkan pori-pori sehingga wajah lebih cerah. Oh ya, masker ini berkolaborasi dengan Disney Princess Cinderella, makanya kemasannya bernuansa warna ala-ala Disney.

Dari segi kandungan, clay mask ini memiliki calamine yang mampu mengatasi iritasi dan kemerahan. Calamine juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan mempercepat penyembuhan kulit akibat  jerawat. Selain calamine, ada juga kandungan 2% betaine untuk melembapkan kulit. Lalu ada 3% niacinamide, salicylic acid, grape seed oil, vitamin C, dan vitamin E.

Dengan pemakaian teratur, kulitmu akan lebih cerah, bebas dari masalah jerawat, dan skin barrier lebih terawat. Produk ini cocok lho digunakan untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit sensitif sekalipun. Dengan tekstur yang mirip butter dan berwarna biru, masker ini dijual seharga Rp 179.000,-.

6. N’PURE Cica Chocomint Clay Mask

photo via review.soco.id

Selanjutnya, ada masker untuk kulit bruntusan dari N’PURE, yaitu Cica Chocomint Clay Mask. Produk clay mask dengan kemasan jar warna hijau ini cocok abis untuk mengatasi masalah jerawat dan kulit berminyak. Kandungannya sendiri berupa niacinamide, Centella asiatica, dan tea tree. Manfaat masker ini adalah membersihkan kulit secara menyeluruh, mencerahkan, melembapkan, menyegarkan kulit, dan pastinya mengatasi masalah jerawat atau bruntusan.

Oh ya, masker yang satu ini mengklaim bebas dari bahan-bahan seperti alkohol, paraben, mineral oil, pewangi buatan, dan aman untuk fungal acne. Bahkan, produk ini juga aman digunakan oleh remaja dan ibu hamil nih, Girls. Dari segi tekstur, masker ini memiliki bentuk clay dan terdapat butiran scrub lembut untuk gentle exfoliator. Kamu bisa maskeran pakai produk ini selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih atau bersihkan dengan cleansing puff. Dengan berat 50 gram, harga clay mask ini Rp 119.000,-.

7. OhMySkin! Matcha Organic Face Mask Recovery + Clear Acne Treatment Mask

photo via shopee.co.id

Selanjutnya, ada masker penghilang jerawat yang berupa masker organik Girls, yaitu dari OhMySkin!. Varian Matcha Organic Face Mask ini memang dikhususkan untuk kulit yang mengalami masalah jerawat dan juga bruntusan tentunya. Bahkan masker varian matcha ini juga bermanfaat dalam mengurangi produksi minyak berlebih dan mengatasi komedo.

Masker ini cocok banget deh untuk tipe kulit berminyak dan kombinasi. Kamu bisa menggunakannya secara teratur dengan menambahkan sedikit air pada masker ini. Aduk, lalu aplikasikan ke wajah selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas deh. Oh ya, masker ini sudah mendapatkan izin BPOM ya, sehingga kamu nggak perlu khawatir akan bahan-bahan yang digunakan. Harga OhMySkin! Matcha Organic Face Mask Recovery + Clear Acne Treatment Mask ini adalah Rp 40.000,- untuk kemasan 65 gram.

8. Freeman Oil Absorbing Mint and Lemon Clay Mask

photo via lazada.co.id

Rekomendasi masker penghilang bruntusan berikutnya adalah Freeman Oil Absorbing Mint and Lemon Clay Mask. Sesuai namanya, masker ini memiliki kandungan mint dan lemon yang menyegarkan. Manfaatnya juga termasuk mengurangi minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori. Dengan sensasi mint yang menyegarkan, kandungan lemon dalam masker ini juga berfungsi untuk menyembuhkan jerawat yang meradang.

Dari segi tekstur, masker ini berbentuk clay yang nggak terlalu thick. Nggak bikin kulit terasa ketarik dan kering deh setelah pemakaian. Kamu bisa menggunakan masker berkemasan tube warna kuning ini 2 kali seminggu. Untuk isi 175 ml, harga masker ini Rp 125.000-an.

9. Somethinc Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing 10 Minutes Wash Off Mask

photo via somethinc.com

Produk lokal Somethinc juga punya lho masker bagus yang bisa menghilangkan jerawat. Somethic Mugwortella Charcoal ini berfungsi untuk menenangkan kulit yang teriritasi, kemerahan, maupun yang mengalami masalah jerawat dan breakout. Cocok deh digunakan pada kulit yang acne-prone.

Kandungan dari masker ini berupa bentonite clay dan bamboo charcoal yang mampu membersihkan pori-pori serta menenangkan jerawat. Kemudian ada juga kandungan mugwort, Centella asiatica, dead sea mud, 7 Types of Natural Plants Power, dan biji stroberi. Kamu bisa menggunakannya 1-2 kali seminggu pada kulit wajah yang bersih. Cukup gunakan selama 10 menit, lalu bilas deh. Produk masker berwarna hijau ini aman kok digunakan untuk remaja. Kamu bisa membelinya seharga Rp 89.000,-.

10. Himalaya Purifying Neem Mask

photo via shopee.co.id

Himalaya Purifying Neem Mask merupakan masker wash-off dengan tektur atau jenisnya mirip dengan clay dan mud mask. Sesuai namanya, masker penghilang bruntusan ini mengandung daun neem. Manfaatnya adalah sebagai antibakteri dan astringent yang mampu melawan jerawat. Masker ini juga mengandung Fuller’s Earth (multani mitti) yang merupakan sejenis clay. Kandungan ini berfungsi mengontrol produksi sebum dan membersihkan pori dengan memberi sensasi segar pada kulit.

Masker dengan kemasan berbentuk tube ini bisa kamu gunakan 1-2 kali seminggu selama 10-15 menit. Oh ya, sebaiknya masker ini jangan digunakan pada area kulit yang sedang iritasi atau alergi, ya. Untuk kemasan 50 ml, masker ini dijual seharga Rp 25.000-an saja, lho.

11. Wardah Milky Oat Exfoliating Scrub Capsule Mask

photo via shopee.co.id

Salah satu cara untuk mengatasi jerawat atau bruntusan adalah melakukan eksfoliasi kulit secara teratur, Girls. Nah, untuk eksfoliasi kulit kamu bisa memakai masker dari Wardah ini, yaitu Milky Oat Exfoliating Scrub Capsule Mask. Masker dengan kemasan berbentuk kapsul ini mengandung scrub dengan ekstrak natural oat. Manfaatnya adalah membersihkan pori-pori wajah dari sel kulit mati.

Butiran scrub-nya lembut kok sehingga kamu akan tetap nyaman memakainya. Belum lagi, produk ini juga memiliki aroma susu yang nyaman banget. Memiliki kemasan mini yang mudah dibawa ke mana pun, isi masker ini sebanyak 10 ml. Kamu bisa membeli capsule mask yang satu ini seharga Rp 21.000,-.

12. Emina Green Tea Latte Face Mask

photo via blibli.com

Masih ada lho rekomendasi masker penghilang bruntusan yang recommended untuk kamu, yaitu Emina Green Tea Latte Face Mask. Produk dari Emina ini memang cukup terkenal dan banyak digemari para remaja. Kandungan dari masker ini berupa kombinasi ekstrak susu dan teh hijau yang mampu memberikan sensasi kulit lebih halus, elastis, dan segar.

Emina Green Tea Latte Face Mask memiliki tekstur seperti gel dengan warna hijau dan memiliki aroma yang menyegarkan. Setelah menggunakannya, kulit wajah akan terasa lembap dan halus. Kamu bisa membeli masker dengan kemasan tube bervolume 60 ml ini seharga Rp 31.000,-.

13. Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack

photo via naturerepublic.id

Kali ini, masker penghilang jerawat yang bisa kamu gunakan adalah Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack. Masker berkemasan tube warna hijau ini memiliki kandungan Bamboo Charcoal powder, bentonite, kaolin, sea silt (mud), dan botanical extracts lainnya. Manfaat dari kandungan-kandungan tersebut adalah membantu membersihkan kulit dengan mengangkat sel kulit mati dan menjaga kelembapan kulit.

Selain itu, masker wash-off ini juga mampu membersihkan minyak berlebih di kulit wajah yang dapat menyumbat pori-pori. Kulit pun bakalan tampak lebih bersih, halus, dan terasa segar. Isi dari produk ini berwarna hitam keabuan dan dapat kamu aplikasikan selama 10-15 menit hingga masker mengering. Setelah itu, bilas deh dengan air hangat hingga bersih. Produk ini dijual seharga Rp 142.000,-.

14. Rojukiss Acne Pore Expert 5X Serum Mask

photo via shopee.co.id

Rojukiss Acne Pore Expert 5X Serum Mask merupakan produk sheet mask dengan kandungan 5x serum intensif untuk perawatan kulit berminyak yang cenderung berjerawat. Menurut klaim, dalam setiap kemasan masker ini diperkaya dengan essence yang setara 5 botol acne serum. Masker ini juga diperkaya dengan kandungan BHA, ekstrak bija, dan juga ekstrak Witch hazel.

Fungsinya adalah merawat kulit berjerawat, memudarkan bekas jerawat, dan mengecilkan tampilan pori-pori. Setelah pemakaian, kulit akan terasa lebih halus, lembap, dan minyak di wajah lebih terkontrol. Kamu bisa memakainya selama 15 menit, Girls. Masker penghilang bruntusan ini bisa kamu beli di drugstore atau minimarket terdekat seharga Rp 15.000-an.

15. Azarine Purifying Deep Cleansing Clay Mask

photo via review.soco.id

Kali ini, masker yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi jerawat dan bruntusan adalah Azarine Purifying Deep Cleansing Clay Mask. Masker clay berwarna hijau ini memiliki kandungan green tea yang berperan sebagai antioksidan, antibakteri, dan mengontrol sebum. Kemudian ada juga kandungan 12 Greentox berupa brussels, broccoli, rapseed, sunflower, cica, purslane, cucumber, matcha, Aloe vera, pea sprout, piper betie, dan olive.

Selain itu, masker lokal ini pun diperkaya dengan kandungan Encapsulated Charcoal sebagai deep cleansing pori-pori dan juga mengurangi jerawat. Lalu kandungan turmeric bermanfaat sebagai oil control sekaligus mencerahkan kulit. Masker ini memiliki klaim non-comedogenic, aman untuk kulit sensitif dan ibu hamil, serta nggak mengandung alkohol, BHA, dan fragrance oil. Kamu bisa menggunakannya selama 10 menit saja kok sebanyak 2-3 kali seminggu. Harga clay mask yang satu ini Rp 65.000,- ya, Girls.

Gimana? Dari rekomendasi masker penghilang jerawat dan bruntusan di atas, mana yang jadi favoritmu, Girls? Yang pasti, pilih produk yang aman dan hentikan penggunaan jika terjadi iritasi di kulitmu, ya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.