15 Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Berjerawat

4 minggu, by Hai Gadis

Skincare untuk kulit berjerawat

Jerawat (acne) menjadi salah satu masalah kulit yang lazim dialami oleh wanita, terutama yang masih berusia remaja. Jerawat sendiri terjadi karena folikel atau tempat tumbuhnya rambut pada kulit tersumbat oleh minyak atau sel kulit mati. Hal inilah yang menjadikan kulit mengalami peradangan. Untuk itu, jerawat sebaiknya diatasi salah satunya dengan skincare untuk kulit berjerawat.

Meski demikian, kamu perlu tahu dulu nih Girls beberapa penyebab jerawat yang bisa diketahui.

Penyebab jerawat

  • Produksi sebum berlebih
  • Sumbatan sel kulit mati pada folikel rambut
  • Perubahan hormonal, misalnya saja saat pubertas dan menstruasi
  • Stres
  • Gaya hidup yang kurang menjaga kebersihan
  • Pola makan yang terlalu tinggi lemak dan karbohidrat
  • Penggunaan kosmetik yang kurang cocok.

Tips memilih skincare untuk kulit berjerawat

Dari sekian banyaknya produk skincare yang ada di pasaran, kamu nggak bisa sembarang memilih lho, Girls. Jika salah pilih, bisa-bisa masalah jerawatmu malah makin parah. Sebelum memutuskan untuk membeli skincare penghilang jerawat, simak dulu deh tips dari Hai Gadis berikut ini.

a. Pilih produk skincare yang formulanya non-komedogenik

Tips yang pertama adalah memilih produk yang formulanya non-komedogenik. Produk skincare yang non-komedogenik nggak akan berisiko membuat pori-pori wajahmu yang berminyak tersumbat sehingga memperparah masalah jerawat. Bahkan produk yang bisa menyumbat pori bisa menyebabkan masalah baru seperti komedo.

b. Pilih skincare dengan bahan aktif yang sesuai untuk kulit berjerawat

Buat mengatasi masalah jerawat, kamu bisa memilih skincare yang mengandung glycolic acid maupun salicylic acid. Kandungan ini bakalan membersihkan kulitmu dengan baik tanpa mengiritasi jerawatmu.

Oh ya, ada juga bahan-bahan aktif yang biasanya terdapat pada skincare dan bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Misalnya adalah matcha, aloe vera, tea tree, lemon, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga perlu menghindari bahan aktif yang berisiko mengiritasi kulitmu seperti bahan alkohol maupun asam salisilat yang terlalu tinggi.

c. Pilih sunscreen dengan label oil-free

Tips memilih skincare untuk mengatasi jerawatmu selanjutnya adalah pilih produk sunscreen yang oil-free. Mungkin kamu tahu ‘kan kalau penggunaan sunscreen sangatlah penting untuk melindungi kulit wajahmu? Namun susncreen yang formulanya terlalu oily justru bisa berisiko membuat jerawatmu makin banyak.

d. Pilih pelembap bertekstur gel

Kali ini, kamu perlu memperhatikan pemilihan pelembap nih, Girls. Baik pelembap berupa krim pagi maupun krim malam, sebaiknya pilih yang teksturnya gel. Produk bertekstur gel akan cenderung memiliki formula lebih ringan dan cepat meresap. Selain itu, produk bertekstur gel nggak berisiko menyumbat pori dibanding produk bertekstur krim yang formulanya berbasis minyak.

e. Pilih produk yang khusus mengatasi jerawat

Tips selanjutnya adalah memilih produk yang memang dikhususkan untuk kulit berminyak dan berjerawat, Girls. Produk yang sudah memiliki klaim tersebut biasanya formulanya memang membantu merawat jerawat dan mencegah jerawat datang kembali. Nggak hanya itu, skincare untuk kulit berjerawat juga biasanya memiliki formula yang bisa mengontrol minyak berlebih.

f. Pilih produk bagus berdasarkan ulasannya

Dalam memilih skincare untuk kulit berjerawat, kamu juga perlu melihat ulasan produk lho. Baik dari pengalaman pengguna sebelumnya maupun dari beauty influencer. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari memilih produk yang salah. Oh ya, pastikan juga bahwa influencer yang kamu ikuti memang me-review produk kecantikan secara terpercaya, ya.

Itu dia beberapa tips memilih skincare penghilang jerawat yang perlu kamu ketahui. Setelah itu, kamu nggak perlu khawatir lagi memilih produk yang karena Hai Gadis punya rekomendasinya berikut ini.

Rekomendasi skincare untuk kulit berjerawat

Makeup remover untuk kulit berjerawat

1. Garnier Micellar Cleansing Water Pure Active

Photo via garnier.co.id

Rekomendasi skincare untuk kulit berjerawat yang pertama adalah produk makeup remover, yaitu Garnier Micellar Cleansing Water Pure Active dengan kemasan botol warna biru. Produk ini mampu membersihkan wajah dari makeup dan juga kotoran dengan mudah lho. Kamu bahkan juga bisa membersihkan area mata dan bibir tanpa dibilas.

Cocok abis deh produk ini digunakan pada kulit berminyak maupun kulit kombinasi yang punya masalah jerawat. Sayangnya, micellar water dari Garnier ini masih mengandung alkohol sehingga kurang recommended kalau tipe kulitmu termasuk sensitif. Namun secara keseluruhan, produk ini nggak akan bikin jerawatmu makin parah. Kamu bisa membeli Garnier Micellar Cleansing Water Pure Active ini seharga Rp 35.000-an.

Facial wash untuk kulit berjerawat

2. Harlette Beauty Oatmilk Gentle Facial Wash

Skincare kulit berjerawat

Photo via shopee.co.id

Produk skincare penghilang jerawat selanjutnya pasti kamu sudah tahu ‘kan Girls, karena cukup terkenal. Harlette Oatmilk Gentle Facial Wash merupakan sabun pencuci wajah yang memiliki tekstur lembut di kulit. Facial wash ini dilengkapi oat yang mengandung saponin. Fungsinya adalah menghilangkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori wajah.

Bahkan sabun muka ini juga mampu mengelupaskan kulit secara lembut lho. Selain oat, ada juga kandungan susu yang kaya akan vitamin B, AHA, kalsium, dan antioksidan. Kulitmu bakalan tetap terlembapkan sepanjang hari deh. Untuk masalah jerawat dan kotoran yang menyumbat pori juga akan hilang dengan pemakaian teratur. Oh ya, produk dengan kemasan warna biru ini termasuk SLS free. Kamu bisa membelinya seharga Rp 115.000,-.

Toner untuk kulit berjerawat

3. Viva Face Tonic Green Tea

Photo via vivacosmetic.com

Skincare untuk kulit berjerawat kali ini cocok banget buat remaja lho. Harganya juga sangat terjangkau, yaitu Viva Face Tonic Green Tea. Penyegar wajah yang satu ini sangat pas digunakan pada kulit berjerawat karena bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan sisa-sisa susu pembersih seperti milk cleanser yang sebelumnya kamu gunakan.

Selain itu, toner ini juga mampu mengecilkan tampilan pori wajah dan menjaga pH kulit agar tetap seimbang. Untuk kandungannya sendiri, produk dari Viva ini memiliki ekstrak teh hijau sebagai antioksidan dan tea tree oil yang membantu mencegah timbulnya jerawat. Kamu bisa memakainnya setiap hari dengan mengaplikasikan produk ini ke kapas. Teksturnya juga cair seperti air dan wanginya menyegarkan. Kamu bisa membelinya hanya dengan Rp 6.000-an saja.

4. Innisfree Bija Trouble Skin Toner

Photo via innisfree.com

Innisfree Bija Trouble Skin Toner juga termasuk skincare penghilang jerawat berupa produk toner yang recommended buat kamu nih. Produk Korea yang satu ini mengandung minyak bija dari Pulau Jeju yang bermanfaat memperbaiki tekstur kulit bermasalah. Kemudian ada juga kandungan asam salisilat alami untuk eksfoliasi kulit dan membantu menyamarkan noda di wajah.

Innisfree Bija Trouble Skin Toner ini pun memiliki kandungan alkohol yang difermentasi secara alami. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk membantu menenangkan kulit yang berjerawat. Lalu yang nggak kalah penting, produk ini mengandung 100% natural essential oil. Kamu bisa membeli produk berkemasan botol warna biru ini seharga Rp 220.000,- untuk kemasan 200 ml.

Moisturizer untuk kulit berjerawat

5. COSRX Centella Blemish Cream

Skincare kulit berjerawat

Photo via blibli.com

COSRX Centella Blemish Cream merupakan salah satu skincare untuk kulit berjerawat berupa krim dengan kemasan jar berukuran 30 ml. Produk ini dibuat dari bahan-bahan natural dan dirancang untuk menenangkan kulit serta mengurangi noda bekas jerawat. Selain itu, krim dari COSRX ini tetap bisa menghidrasi kulitmu dengan baik.

Kalau dari segi tekstur, skincare yang satu ini memiliki konsistensi yang thick dengan warna putih susu. Namun, krim ini tetap bisa di-blend dengan baik saat diaplikasikan dan nggak meninggalkan white cast kok. Kandungan utama COSRX Centella Blemish Cream ini sesuai namanya, yaitu Centella asiatica atau daun pegagan.

Centella asiatica sangat bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan luka dan berperan sebagai antiinflamasi. Lalu, krim ini juga dilengkapi zinc oxide yang berfungsi melindungi kulitmu dari paparan sinar UVA maupun UVB. Kamu bisa menggunakannya sebagai pelembap maupun sebagai spot treatment. Untuk harganya sendiri, produk ini dijual sekitar Rp 180.000-an.

6. Breylee Acne Treatment Cream

Photo via shopee.co.id

Skincare yang satu ini bisa kamu gunakan sebagai krim pagi maupun krim malam lho. Breylee Acne Treatment Cream ini memiliki kandungan utama minyak esensial tea tree yang mampu untuk meredakan jerawat. Bahkan krim ini jika digunakan secara teratur, bisa bikin wajahmu bersih dari jerawat serta bekasnya.

Selain itu, krim dari Breylee ini juga bisa mengecilkan pori-pori yang cenderung membesar pada kulit berminyak. Kalau dari segi tekstur, produk ini nggak lengket kok saat digunakan di kulitmu. Formulanya juga cepat meresap. Breylee Acne Treatment Cream dijual seharga Rp 150.000an.

Sunscreen untuk kulit berjerawat

7. Acnes UV Tint SPF 35 PA+++

Photo via shopee.co.id

Selanjutnya, ada skincare penghilang jerawat berupa produk sunscreen nih, Girls yaitu Acnes UV Tint. Sunscreen yang satu ini mampu melawan bakteri penyebab jerawat dengan kandungan isopropylmethylphenol dan merawat tekstur kulitmu agar kembali halus. Tentunya, bisa banget melindungi kulit wajah dari efek buruk sinar UVA maupun UVB dengan kandungan SPF 35 PA+++.

Kulitmu juga akan tetap lembap dan ternutrisi dengan kandungan vitamin B6 dan vitamin E. Dari segi tekstur sendiri nggak terlalu thick. Kamu bisa menggunakannya sebagai dasar makeup juga lho karena produk ini mampu menyerap minyak. Harga Acnes UV Tint ini sekitar Rp 50.000-an.

Face oil untuk kulit berjerawat

8. The Body Shop Tea Tree Oil

Photo via thebodyshop.co.id

The Body Shop Tea Tree Oil juga menjadi produk skincare untuk kulit berjerawat yang bisa kamu gunakan sehari-hari nih. Produk ini memiliki kandungan Community Fair Traade Organic Tea Tree Oil dari Kenya yang bisa memberantas jerawat di wajahmu. Dengan kemasan botol kaca, produk yang mengandung tea tree essential oil sebanyak 15% ini bisa membuat kulitmu lebih bersih. Cocok abis deh digunakan pada kulit berminyak yang mengalami masalah jerawat atau komedo.

Tea tree oil ini berperan salah satunya sebagai antibakteri. Kamu bisa mengaplikasikannya pada area kulit yang berjerawat menggunakan cotton bud maupun ujung jari. Untuk ukuran botol 10 ml, harga The Body Shop Tea Tree Oil ini adalah Rp 129.000,-.

Essence untuk kulit berjerawat

9. Benton Snail Bee High Content Essence

Skincare kulit berjerawat

Photo via blibli.com

Benton Snail Bee High Content Essence merupakan skincare yang sebenarnya cocok untuk semua kulit wajah, termasuk kulit yang mengalami masalah jerawat. Produk ini mengandung air, snail secretion filtrate, bee venom, dan EGF. Fungsinya adalah menghaluskan tekstur kulit, memperbaiki kulit rusak, dan melindungi kulit dari polusi maupun radikal bebas.

Namun demikian, produk ini pun sangat bermanfaat dalam meratakan warna kulit, merawat jerawat, dan melembapkan kulit wajahmu. Oh ya, essence yang satu ini juga mengandung arbutin dan adenosine yang bisa mencegah kulit mengalami penuaan lho. Produk Korea yang satu ini bisa kamu beli seharga Rp 170.000-an.

Serum untuk kulit berjerawat

10. Dr. Jart+ Ctrl A Speedy Clear Serum

Skincare kulit berjerawat

Photo via ebay.com

Kali ini, kamu bisa mengatasi masalah jerawat di kulit wajahmu dengan produk serum, Girls. Rekomendasi serum penghilang jerawat yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah Dr. Jart+ Ctrl A Speedy Clear Serum. Serum yang satu ini bermanfaat untuk mengurangi kulit berminyak dan membantu proses regenerasi kulit.

Dari segi kandungan, ada block willow bark extract yang manfaatnya adalah mengangkat sel kulit mati. Kemudian ada sodium hyaluronate dan betaine yang bakalan mengembalikan kelembapan alami kulitmu. Oh ya, serum ini cocok abis digunakan pada tipe kulit berminyak karena nggak menyebabkan efek mengkilap. Untuk kemasan 120 ml, harga produk ini adalah Rp 250.000-an.

11. Mineral Botanica Acne Care Serum

Skincare kulit berjerawat

Photo via mineralbotanica.com

Skincare untuk kulit berjerawat selanjutnya adalah Mineral Botanica Acne Care Serum. Produk ini diformulasikan khusus untuk merawat kulit dengan masalah jerawat. Bahan-bahan yang dikandung mudah meresap ke dalam kulit lho. Bahan-bahan tersebut antara lain salicylic acid, Adansonia digitata extract, dan jojoba oil.

Dengan pemakaian teratur, serum ini mampu mengurangi produksi minyak berlebih dan menghambat tumbuhnya jerawat lho. Selain itu, kulit wajahmu juga bakalan tetap segar. Kamu bisa memakainya setiap hari pada pagi dan malam. Kamu bisa membeli Mineral Botanica Acne Care Serum ini seharga Rp 97.900,-.

Acne spot untuk kulit berjerawat

12. Emina Ms. Pimple Acne Solution Spot Gel

Skincare kulit berjerawat

Photo via shopee.co.id

Emina Ms. Pimple Acne Solution Spot Gel juga termasuk skincare yang recommended untuk kamu gunakan sebagai penghilang jerawat. Produk ini termasuk spot gel yang memiliki beberapa fungsi. Di antaranya sebagai Acne Shield Agent yang bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat. Kemudian skincare yang satu ini bisa mengontrol produksi sebum berlebih, mengurangi tekstur kasar dan kemerahan pada kulit wajah akibat jerawat.

Nggak hanya itu, produk lokal ini pun mampu membuat kulit wajahmu lebih halus dan noda bekas jerawat berkurang. Dari segi bahan yang dikandung, ada salicylic acid. Untuk teksturnya sendiri cukup mudah meresap di kulit wajah. Harga Emina Ms Pimple Acne Solution Spot Gel ini hanya Rp 28.000-an.

Produk eksfoliator untuk kulit berjerawat

13. Neogen Bio-Peel Gauze Peeling Green Tea

Skincare kulit berjerawat

Photo via lazada.co.id

Dalam skincare penghilang jerawat, belum lengkap nih Girls kalau belum ada produk eksfoliator. Salah satu yang recommended buat kamu adalah Neogen Bio-Peel Gauze Peeling Green Tea. Produk ini dikemas dalam sebuah jar dengan isi berbentuk cotton pad. Fungsinya adalah untuk eksfoliator secara lembut dan nggak berisiko menimbulkan iritasi pada kulit.

Kalau soal kandungan, produk Korea ini memiliki ekstrak green tea yang bisa mengatasi penuaan dini dan menenangkan kulit yang teriritasi, termasuk pada kulit yang berjerawat. Selain itu, sisa-sisa kotoran dan sel kulit mati di wajah bakalan terangkat dengan baik. Kamu bisa mendapatkan kulit halus dan glowing dengan pemakaian teratur. Produk eksfoliator yang satu ini dijual seharga Rp 175.000-an.

Masker untuk kulit berjerawat

14. Garnier Skin Naturals Pure Active Matcha Deep Clean

Skincare kulit berjerawat

Photo via shopee.co.id

Garnier Skin Naturals Pure Active Matcha Deep Clean merupakan masker  clay dengan kekuatan ekstrak matcha. Fungsinya adalah membersihkan minyak berlebih dan mengurangi komedo. Buat masalah jerawat, masker ini pun oke banget. Kandungan 2 kali lipat matcha-nya disertai dengan efek hangat onsen.

Efek hangat ini bakalan membantu membuka dan membersihkan pori-pori dari kotoran maupun debu. Oh ya, harga masker ini pun sangat bersahabat di kantungmu, karena hanya Rp 15.000-an. Bahkan kamu bisa dengan mudah menemukannya di toko-toko atau minimarket terdekat.

15. Leaders Insolution AC Balancing Control Mask

Skincare kulit berjerawat

Photo via shopee.co.id

Skincare untuk kulit berjerawat yang recommended buat kamu masih ada lho, yaitu  Leaders Insolution AC Balancing Control Mask. Masker berjenis sheetmask ini berfungsi untuk mengontrol sebum dan mengatasi iritasi kulit. Kalau dari segi kandungan, ada Nelumbo nucifera callus culture extract dan AHA. Manfaatnya adalah merawat kulit yang teriritasi akibat jerawat.

Selain itu, masker ini juga tetap cocok kok digunakan pada kulit sensitif. Ruam merah dan peradangan karena jerawat pun akan memudar. Untuk ukuran 20 ml, harga sheet mask ini Rp 20.000-an.

Itulah beberapa rekomendasi skincare untuk kulit berjerawat dengan bermacam-macam produk yang berbeda. Masing-masing bisa kamu pilih yang paling cocok. Yang terpenting lagi, jangan lupa gunakan secara teratur bersama rangkaian skincare-mu, ya!

1+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *