Rekomendasi Makanan dan Minuman untuk Menjaga Kecantikan Kulit Wanita

Makanan yang bagus untuk kecantikan kulit

7 bulan lalu

Penampilan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia, khususnya perempuan. Mempunyai penampilan yang menarik adalah impian dari semua kaum wanita. Oleh karena itu tak jarang dari mereka yang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan penampilan yang menawan itu meski harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit. Dengan memiliki penampilan yang menarik membuat orang tersebut lebih percaya diri untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Salah satu fokus utama dalam menjaga penampilan adalah perawatan kulit. Memiliki kulit bersih, sehat, dan bersinar adalah dambaan semua perempuan. Wanita akan lebih menarik di mata pria apabila memiliki kulit yang cerah dan bersih. Jadi tak heran kalau banyak wanita yang menggunakan cara instan untuk mendapatkan kulit yang disukai para kaum adam. Padahal cara itu sangatlah tidak baik bagi kesehatan kulit. Kemungkinan paling buruk adalah bisa mengakibatkan seseorang mengalami kanker kulit.

Selain kulit yang gelap, masalah yang sering kita jumpai pada kulit kita adalah kulit kusan, kering, kulit berminyak, bruntusan, dan lain lain. Tahu nggak sih sebenarnya banyak sekali makanan dan minuman yang dapat membantu mengatasi semua masalah diatas. Jadi tak perlu menggunakan bahan kimia atau pun cara instan lainnya untuk mendapatkan kulit yang menawan. Banyak sekali bahan-bahan herbal yang dapat kita gunakan untuk merawat kulit.

Di artikel kali ini kami akan membahas tentang beberapa makanan dan minuman yang dapat digunakan untuk menjaga kecantikan kulit manusia. Langsung saja kita ke rekomendasi yang pertama yaitu dengan menggunakan jenis buah-buahan yang kaya vitamin.

Buah-buahan yang bagus untuk menjaga kecantikan kulit

Kita tahu bahwa buah-buahan merupakan sumber mineral dan vitamin yang memberikan manfaat paling banyak bagi manusia. Semua buah-buahan memiliki kandungan mineral dan vitamin yang di butuhkan manusia. Salah satu manfaatnya adalah untuk merawat kesehatan kulit manusia. Dibawah ini ada beberapa buah yang mampu membantu merawat kesehatan kulit :

Buah apel

Buah pertama yang dapat menyehatkan kulit adalah buah apel. Apel erupakan buah-buahan yang sering kita jumpai di sekitar kita. Selain memiliki rasa yang enak dan manis, buah apel juga mengandung berbagai mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satu manfaatnya adalah untuk elastisitas kulit. Kandungan kolagen dalam daging buah apel dapat membantu elastisitas dan meangsang peredaran darah pada kulit kita.

Buah pisang

Buah yang kedua adalah buah pisang. Buah yang sering kita jumpai ini sangat kaya akan manfaat. Kandungan vitamin B dan C setra kandungan kalium pada daging buah nya sangat bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan melembabkan kulit. Pisang juga dpat digunakan untuk masker wajah. Cara penggunaannya yaitu dengan menghaluskan daging buah pisang, lalu oleskan pada wajah.

Jambu biji

Buah yang ketiga adalah jambu biji. Buah jambu biji mengandung anti radikal bebas yang tinggi, sehingga buah ini dapat mencegah penuaan dini pada kulit wajah kita. Untuk menggunakannya yaitu dengan menghaluskan jambu biji kemudian gunakan untuk mengoleskan pada wajah. Lakukan hal tersebut secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal guna menghilangkan kerutan di wajah.

Buah papaya

Buah papaya mampu menghilangkan sel kulit mati yang ada di kulit manusia. Buah papaya juga mampu mencerahkan kulit, sehingga tak jarang banyak perusahaan kosmetik menggunakan ekstrak buah papaya untuk digunakan sebagai bahan utama untuk membuat produk kecantikan. Cara menggunakan buah papaya ini adalah haluskan buah pepayanya, kemudian tambahkan madu. Gunakan sebagai masker pada wajah dan tubuh kalian.

Jeruk

Buah jeruk dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C. selain buahnya, kulit jeruk juga sangat berguna bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah mencerahkan dan mengencangkan kulit. Cara menggunakannya yaitu dengan mengeringkan kulit jeruk dibawah sinar matahari, kemudian haluskan kulit jeruk tersebut, lalu gunakan untuk masker. Kulit jeruk juga bisa di gunakan untuk menghilangkan pigmentasi pada kuku. Caranya yaitu dengan menggosokkannya ke kuku.

Jenis bahan makanan yang bagus untuk menjaga kecantikan kulit

Setelah tadi ada berbagai buah buahan, untuk kali ini kita akan membahas tentang beberapa jenis bahan makanan yang dapat membantu merawat kesehatan kulit kita. Ada beberapa bahan makanan yang kita rekomendasikan antara lain :

Bayam

Bahan makanan yang pertama yang kami rekomendasikan adalah bayam. Bayam mengandung lutein yang tinggi, yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan sinar UV. Pilihlah bayam yang paling banyak terkena cahaya matahari karena menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh The Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengungkapkan bahwa bayam yang terpapar cahaya selama setidaknya 3 hari mengalami peningkatan kadar vitamin C, E, dan K, asam folat karotenoid lutein, serta zeaxanthin.

Tahu

Makanan kedua yang kami rekomendasikan adalah Tahu. Kandungan isoflavone dalam tahu berfungsi untuk melembutkan kulit, karena dapat membantu produksi kolagen pada kulit manusia.dalam penelitian yang dilakukan oleh The Journal of the American Collage of Nutritionmenyatakan bahwa tikus yang diberikan isoflavone dan kemudian di biarkan terkena paparan sinar matahari (sinar UV) memiliki kerutan yang lebih sedikit dan memiliki kulit yang halus daripada tikus yang tidak diberikan isoflavone. Peneliti percaya bahwa isoflafobe dapat membantu mencegah kekurangan produksi kolagen.

Jagung

Makanan selanjutnya yang dapat membantu merawat kesehatan kulit ialah jagung. Jagung mengandung lutein yang lebih banyak daripada sumber makanan lainnya. Fungsi lutein hampir sama dengan licopene, yaitu bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV.

Daging merah

Daging merah dikenal sebagai makanan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, namun manfaat daging merah tak hanya sampai disitu, daging merah juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan kolagen pada daging merah bermanfaat untuk membantu menghaluskan kulit, mencegah keriput, dan mencegah penuaan dini.

Minuman

Selain buah-buahan dan makanan, ada juga minuman yang bermanfaat untuk menjag kesehatan kulit manusia. Diantaranya :

Teh hijau

Minuman pertama yaitu the hijau, teh hijau mengandung nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan kulit. Teh hijau mengandung katekin dan polifenol. Anti oksidan kuat yang dapat menjaga kulit agar terjaga dari radikal bebas. Minum teh hijau secangkir dalam sehari dapat membantu untuk membuat kulit yang berkilau.

Kopi

Salah satu minuman yang terkenal meningkatkan mood ini ternyata juga memiliki manfaat lain lho. Kopi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kopi mampu menjaga agar kulit tetap berkilau, kopi hitam juga dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV dan menghentikan sel pra kanker di jalurnya.

Air kelapa

Siapa yang tidak tau dengan kelapa? Pohon kelapa dikenal sebagai pohon sejuta manfaat, salah satu bagian pohon kelapa yang kaya akan manfaat adalah air kelapa. Selain menyegarkan, air kelapa juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan kalsium, potassium, dan vitamin C pada air kelapa sangatlah bermanfaat untuk membantu kulit nampak berkilau.

Yogurt

Yogurt mengandung protein, vitamin, dan bakteri baik yang tinggi. Kandungan tersebut bermanfaat untuk membantu menjaga kulitmu tetap terawat. Agar yogurt terasa lebih nikmat, kalian bisa menambahkan madu, ataupun buah-buahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *