Jenis Teh Berikut Ini Bermanfaat dan Bagus Lho untuk Kecantikan

3 bulan lalu   |     |   by haigadis

Teh chamomile bagus untuk kecantikan

Teh memang salah satu bahan minuman yang memiliki banyak manfaat. Selain bermanfaat bagi kesehatan, teh juga memiliki fungsi untuk kecantikan. Nggak heran deh kalau teh banyak dimanfaatkan untuk bahan-bahan kosmetik. Jenis teh juga bermacam-macam dan masing-masing memiliki manfaat yang khas. Beruntunglah kamu para penggemar teh.

Sebenarnya apa saja sih jenis teh untuk kecantikan beserta manfaatnya. Simak yuk ulasan HaiGadis berikut ini.

1. Teh Hijau (Green Tea)

Teh hijau bagus untuk kecantikan

Photo via amazon.com

Nggak perlu diragukan lagi kalau jenis teh yang satu ini memang terkenal banget bermanfaat untuk kecantikan. Teh hijau terbuat dari daun teh yang belum difermentasi, sehingga kandungan alaminya masih terjaga. Dalam takaran satu gelas, teh hijau mengandung setidaknya 50 – 150 mg polifenol, yaitu antioksidan yang sangat bermanfaat.

Manfaat teh hijau untuk kecantikan ternyata sangat banyak lho, diantaranya:

  1. Pelindung alami dari sinar matahari
    Baik diminum maupun digunakan pada kulit (misalnya sebagai masker), teh hijau mampu melindungi kulit dari penuaan akibat paparan sinar UVB lho.
  2. Mengatasi mata panda
    Teh hijau juga mampu mengurangi mata panda dengan cara menggunakan teh hijau celup yang telah dipakai, lalu dikompres pada mata selama 20 menit. Kulit di bawah mata akan segar kembali deh.
  3. Menyuburkan rambut
    Teh hijau memiliki kandungan epigallocatechin-3-gallat yang bisa meningkatkan kesuburan rambut lho. Wah, boleh nih digunakan sebagai shampo atau sebagai penumbuh alis dan bulu mata secara alami.
  4. Mengatasi minyak berlebih dan jerawat
    Jenis teh yang satu ini memiliki kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin yang bisa mengurangi minyak berlebih dan jerawat pada wajah lho. Kamu bisa memakainya sebagai toner alami maupun sebagai masker wajah.

2. Teh Hitam (Black Tea)

Teh hitam bagus untuk kecantikan

Photo via twitter.com

Teh hitam adalah salah satu jenis teh untuk kecantikan. Dari segi manfaat, teh hitam nggak kalah dengan teh hijau lho. Teh ini mengandung antioksidan bernama theaflavins yang sangat bermanfaat. Apa aja ya manfaat teh ini untuk kecantikanmu?

Manfaat Teh Hitam untuk kecantikan

  1. Membuat rambut hitam berkilau
    Rambut sebagai mahkotamu merupakan aset kecantikan yang juga harus kamu jaga, ya nggak Girls? Kamu bisa memiliki rambut hitam berkilau dengan teh hitam lho. Caranya, setelah keramas dengan shampo, gunakan seduhan dua cangkir teh hitam pekat yang sudah dingin, lalu aplikasikan secara merata pada rambut. Tunggu beberapa saat, lalu bilas deh.
  2. Mengurangi keriput dan mencerahkan kulit
    Mau punya kulit cerah dan awet muda? Kamu bisa menggunakan teh hitam sebagai masker. Teh hitam mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas di kulitmu. Caranya, gunakan ampas seduhan teh hitam sebagai masker selama 30 menit.
  3. Mengatasi mata panda
    Kamu juga bisa lho menggunakan ampas seduhan teh hitam ini untuk mengompres mata pandamu. Kulit bawah mata akan segar kembali dan makin pede deh.
  4. Meredakan jerawat
    Manfaat teh hitam untuk kecantikan salah satunya adalah mengatasi jerawat. Antioksidan alami pada teh hitam akan melawan perkembangbiakan bakteri penyebab jerawat. Caranya, setelah membersihkan muka, gunakan ampas seduhan teh hitam sebagai masker.
  5. Melembapkan bibir
    Untuk mendapatkan bibir lembut alami, kamu bisa memakai ampas seduhan teh hitam sebagai scrub alami bibir kamu lho. Coba deh!

3. Teh Chamomile

Teh chamomile bagus untuk kecantikan

Photo via stylecraze.com

Chamomile adalah nama dari beberapa tanaman yang menyerupai bunga aster pada famili Asteraceae yang berupa bunga kuning dan putih, berukuran kecil, dan harum. Chamomile merupakan salah satu jenis teh untuk kecantikan. Pasalnya, bunga chamomile memiliki fungsi sebagai antibakteri, antialergi, antiradang, antioksidan, dan analgesik (pereda nyeri). Kandungan aktifnya berupa terpenoid, flavonoid, hidroksikoumarin, mono dan oligosakarida, serta getah tanaman. Lalu, apa aja sih manfaat teh ini untuk kecantikan?

Manfaat teh chamomile untuk kecantikan

  1. Mengurangi peradangan saat jerawat
    Karena memiliki kandungan antiradang, teh chamomile mampu mengatasi peradangan akibat jerawat lho. Nah, kamu nggak perlu khawatir masalah jerawat lagi.
  2. Pelembap alami
    Teh chamomile memiliki kandungan levomenol yang berfungsi menjadi pelembap alami kulit, mencegah kerusakan kulit, dan memperbaiki elastisitas kulitmu lho.
  3. Mencegah penuaan dan melindungi dari radiasi sinar UV
    Jenis teh ini banyak mengandung antioksidan lho. Jadi bisa mencegah penuaan. Selain itu, teh chamomile juga berfungsi melindungi kulitmu dari paparan sinar UV.

Cara mengonsumsi teh chamomile untuk merawat kulitmu, bisa dengan diminum langsung, dibuat masker wajah dari rebusan bunga chamomile, atau mengompres kulit dengan ampas seduhan teh chamomile. Nah, coba secara teratur ya supaya makin cantik!

4. Teh Oolong (Oolong Tea)

Teh oolong bagus untuk kecantikan

Photo via mynet.com

Teh oolong adalah salah satu jenis teh untuk kecantikan yang berasal dari Taiwan. Teh ini nggak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi juga kecantikan oleh kandungan antioksidannya berupa polifenol yang cukup tinggi. Apa aja manfaat teh oolong untuk kecantikanmu?

Manfaat teh oolong untuk kecantikan

  1. Menghaluskan kulit
    Teh oolong mampu menghaluskan kulitmu lho dengan meminumnya. Kandungan antioksidannya akan mengurangi kerutan dan garis-garis halus di wajah, serta menangkal kotoran yang bisa membuat kulitmu kasar.
  2. Menghilangkan bintik hitam dan memutihkan kulit
    Punya masalah dengan noda hitam? Gunakan saja teh oolong ini sebagai masker. Teh ini mampu mencegah pigmentasi yang membuat kulitmu gelap akibat paparan sinar matahari. Kulitmu bakalan lebih cerah deh.

5. Teh Bunga Lavender (Lavender Tea)

Teh lavender bagus untuk kecantikan

Photo via amazon.com

Levender adalah bunga khas Eropa yang memiliki harum yang sering digunakan sebagai aromaterapi. Harum dari bunga lavender ini dapat menghilangkan stres dan menenangkan pikiran, lho. Nah ternyata dengan segudang khasiat yang dimiliki oleh bunga Lavender kemudian dibuatlah teh Lavender yang sangat bagus untuk kecantikan.

Manfaat teh bunga lavender untuk kecantikan

  1. Mengatasi jerawat
    Teh lavender mampu mengatasi jerawat yang nyebelin di wajahmu lho. Kandungannya berupa zat antiseptik yang ampuh membunuh kuman penyebab jerawat dan mengurangi peradangan akibat jerawat. Jadi, kalau kulitmu punya masalah jerawat, bakalan cepat kempes dan hilang deh. Kamu bisa menggunakan teh ini sebagai masker atau toner.
  2. Mencegah penuaan
    Aroma lavender dari teh ini mampu memperlancar sirkulasi darah, sehingga kulitmu akan ternutrisi dengan cukup. Kulitmu nggak akan cepat keriput karena penuaan deh. Kamu bisa menggunakannya sebagai toner sehari-hari lho.
  3. Mencegah ketombe dan rambut rontok
    Selain untuk kulit, rambutmu juga akan makin cantik dengan teh lavender yang digunakan sebagai shampo lho. Rambutmu akan lebih kuat dan nggak rontok. Selain itu, kulit kepala juga jadi lebih bersih dan bebas ketombe.

6. Teh Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus Tea)

Teh Hibiscus bagus untuk kecantikan

Photo via foodthesis.com

Teh hibiscus atau biasa dikenal dengan teh bunga kembang sepatu juga merupakan jenis teh untuk kecantikan lho. Teh ini memiliki kandungan alami alpha-hydroxy acid (AHA) yang banyak banget manfaatnya untuk kesehatan kulit. Nggak heran kalau teh ini juga banyak digunakan dalam berbagai produk kosmetik.

Manfaat teh bunga kembang sepatu untuk kecantikan

  1. Botox alami
    Ternyata jenis teh ini memiliki manfaat sebagai botox karena mengandung zat antipenuaan yang kuat dan aktif. Teh hibiscus akan membantu mengencangkan kulit wajahmu dengan menghambat aktivitas enzim elastase yang menghilangkan elastisitas kulit.
  2. Meratakan warna kulit
    Kulit kusam dan munculnya bintik hitam selain disebabkan oleh paparan sinar UV, juga dsebabkan oleh produksi melanin berlebihan. Teh hibiscus akan membantu mempercepat regenerasi sel kulit karena memiliki efek eksfoliasi dari kandungan asam di dalamnya.
  3. Mencegah pori-pori besar
    Teh ini ternyata mengandung zat yang mampu mengecilkan pori-porimu lho. Bahkan membantu menenangkan kulit yang meradang karena jerawat. Wah pas deh untuk tipe kulit berminyak dan berjerawat.
  4. Membuat kulit lebih halus dan glowing
    Teh hibiscus nggak hanya mampu mengeksfoliasi kulitmu, tapi juga nggak membuatnya kering. Kulitmu bakalan tampak segar dan glowing deh.

7. Teh Peppermint (Peppermint Tea)

Teh Peppermint bagus untuk kecantikan

Photo via warosu.org

Daun peppermint nggak hanya terkenal sebagai penyegar mulut dan mencegah napas nggak sedap lho, tapi juga dibuat menjadi teh yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker maupun diminum langsung. Jenis teh ini memiliki manfaat sebagai berikut.

Manfaat teh peppermint untuk kecantikan

  1. Mencegah kulit berminyak
    Daun peppermint mampu mengatasi kulit berminyak dengan mengurangi sekresi minyak dari kelenjar sebaceous yang ada di kulit. Kulitmu bakalan bebas mengkilap karena minyak berlebih deh.
  2. Menenangkan iritasi kulit
    Kalau kamu memiliki kulit sensitif, teh peppermint ini merupakan jenis teh untuk kecantikan yang bisa kamu andalkan. Peppermint memiliki sifat dingin yang dapat mengurangi peradangan dan ruam pada kulit.
  3. Mengatasi jerawat
    Jerawat bisa takut dengan teh ini karena kandungan antioksidan dan antibakterinya ampuh banget menghilangkan bakteri penyebab jerawat.
  4. Melindungi dari sinar matahari
    Peppermint mengandung vitamin A, vitamin C, folat, dan omega 3 yang bagus untuk perawatan kulit akibat paparan sinar matahari. Kulitmu bakalan bebas kusam dan keriput deh.

8. Teh Serai (Lemongrass Tea)

Teh Lemongrass atau Teh Serai bagus untuk kecantikan

Photo via amazon.com

Teh lemongrass atau teh serai ternyata juga menjadi jenis teh favorit para penggemar teh lho. Selain rasanya yang nikmat, teh ini juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Kandungan antioksidan pada serai seperti asam klorogenik, isoorientin, dan swertiajaponin, bagus untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas.

Manfaat teh serai untuk kecantikan

  1. Menghilangkan stres
    Teh ini aromanya sangat menenangkan dan dapat membantu kita tidur lho. Dengan tidur, tubuh akan bebas stres, jadi kamu akan terhindar dari penuaan deh, termasuk penuaan kulit.
  2. Menghilangkan jerawat
    Nah, yang bermasalah dengan jerawat, atasi saja dengan teh ini. Teh serai memiliki kandungan vitamin C yang ampuh banget menghilangkan jerawat dan bagus sebagai perawatan kulit.
  3. Membuat wajah lebih bersih
    Meminum teh ini dapat bermanfaat sebagai detoksifikasi tubuh lho, nggak terkecuali kulitmu. Kulit akan lebih lembap, bersih dan segar deh.

9. Teh Kombucha (Kombucha Tea)

Teh Kombucha bagus untuk kecantikan

Photo via thedailymeal.com

Teh kombucha juga termasuk salah satu jenis teh berkhasiat untuk kecantikan. Teh kombucha berasal dari jamur kombucha yang difermentasi. Teh ini bersifat probiotik dan mengandung zat yang bagus untuk kesehatan kulit, kuku dan juga rambut. Apa aja ya manfaat teh ini untuk kulit cantikmu?

Manfaat teh kombucha untuk kecantikan

  1. Menghidrasi kulit
    Teh kombucha mampu bikin kulitmu lebih kenyal dan elastis lho. Sebab, kandungannya mampu menghidrasi kulitmu dan mencegah kulit menjadi kering atau kusam. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker, diminum, atau sebagai toner.
  2. Sebagai pembersih wajah / makeup
    Wah, ternyata teh kombucha bermanfaat juga sebagai make up remover nih. Caranya, masukkan teh kombucha dalam botol sprayer, lalu tambahkan air steril dengan perbandingan 50 : 50. Usapkan ke wajah dan leher sebagai pembersih sehari-hari. Gampang ‘kan?
  3. Mencerahkan kulit dan mencegah penuaan
    Teh kombucha juga ampuh untuk mencerahkan kulitmu dan mencegah penuaan lho. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker wajah.

10. Teh Jahe (Ginger Tea)

Teh Jahe atau Ginger Tea bagus untuk kesehatan dan kecantikan

Photo via rd.com

Jahe merupakan salah satu rempah yang bisa dikonsumsi sebagai teh lho. Bahkan teh jahe termasuk jenis teh untuk kecantikan. Pasalnya, jahe nggak hanya memiliki kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, zat besi, kalium, dan antioksidan. Teh jahe juga memiliki kandungan antiinflamasi. Apa aja ya manfaat teh jahe untuk kecantikan?

Manfaat teh jahe untuk kecantikan

  1. Mempercepat sembuhnya luka
    Karena memiliki kandungan antiinflamasi atau antiperadangan, maka jenis teh ini efektif untuk membantu menyembuhkan luka di kulit, termasuk luka peradangan karena jerawat lho. Jerawatmu bakalan cepat kering dan hilang deh.
  2. Melindungi kulit dari sinar matahari
    Tahu nggak Girls, kalau kulit terlalu lama terpapar sinar matahari, maka bisa mengalami sunburn? Kulit akan memerah, perih dan seperti terbakar. Nah, kamu bisa nih meredakan gejala tersebut dengan teh jahe.
  3. Melembapkan kulit
    Kamu juga bisa menggunakan teh ini untuk menjaga kelembapan kulitmu. Jadi, kulit akan tampak halus dan nggak kusam.
  4. Mengontrol minyak berlebih
    Punya masalah kulit berminyak? Atasi aja dengan teh ini. Kulit kamu akan bebas dari minyak berlebih tapi tetap lembap lho.
  5. Mencerahkan kulit dan mencegah penuaan
    Jahe juga memiliki manfaat mencerahkan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang bikin penampilanmu kurang oke. Selain itu, jahe juga mencegah hiperpigmentasi yang membuat warna kulitmu nggak merata. Oh ya, mau kulit lebih muda dan bebas penuaan juga bisa nih menggunakan teh jahe.

Kamu bisa menggunakan teh jahe ini dengan mengonsumsinya langsung atau menggunakan jahe sebagai masker wajah. Coba deh dapatkan kulit cantikmu dengan perawatan rutin menggunakan jahe.

Itu dia jenis-jenis teh yang sangat bagus untuk kecantikan yang bisa kamu konsumsi maupun diaplikasikan pada kulit secara langsung. Jangan lupa untuk selalu rutin merawat kulit ya. Selain itu, supaya makin cantik maksimal, imbangi dengan minum air putih cukup dan makan makanan bergizi seimbang. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *