15 Rekomendasi Micellar Water untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

4 minggu, by Hai Gadis

Micellar Water untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Sebagian cewek ada yang memakai makeup setiap hari untuk beraktivitas. Entah makeup minimalis yang natural, atau justru makeup yang cenderung tebal. Tentunya, setiap selesai beraktivitas, makeup tersebut perlu dibersihkan dengan baik agar kamu bisa mengenakan produk skincare lainnya dan membuat kulit tetap sehat. Nah, untuk membersihkan makeup, sekarang ini ada produk berupa micellar water yang efektif untuk membersihkan makeup dan kotoran di wajah dalam sekali usap. Khusus buat kamu yang memiliki tipe kulit acne prone, tentunya perlu menggunakan produk micellar water untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Namun sebelum membahasnya lebih lanjut, ketahui dulu yuk tentang micellar water.

Micellar water dan manfaatnya

Micellar water merupakan air yang dimurnikan dan mengandung pelembap, serta partikel minyak super kecil yang disebut misel (micelles). Micelles ini menjadi molekul yang mampu menempel pada kotoran dan minyak di satu sisi, dan sisi lain menempel di air. Nggak heran kalau micelles ini mampu membersihkan wajah sekaligus memberi hidrasi. Lantas, apa saja ya manfaat micellar water ini?

  • Membersihkan minyak dan kotoran
    Kandungan misel dalam micellar water mampu mengangkat minyak, makeup, dan kotoran di wajahmu dengan baik lho, sehingga kulit jadi lebih bersih. Makeup waterproof yang cenderung sulit dibersihkan juga lebih mudah dihapus dengan micellar water.
  • Melembapkan kulit wajah
    Selain memiliki manfaat utama untuk membersihkan kulit wajah, micellar water bermanfaat untuk melembapkan kulit. Hal ini karena produk ini biasanya mengandung gliserin yang berfungsi untuk melembapkan kulit, melawan iritasi, dan mempercepat pemulihan luka.
  • Bermanfaat sebagai toner
    Terkadang, ada juga lho produk micellar water yang sekaligus memiliki fungsi sebagai toner. Sehingga kamu jadi lebih hemat dalam membeli produk skincare deh.
  • Memiliki manfaat tambahan untuk kulit
    Manfaat tambahan dari micellar water tentunya bergantung pada kandungan produk tersebut. Misalnya saja, micellar water yang diperkaya dengan Centella asiatica atau green tea mampu memberi efek calming sekaligus membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat. Lalu ada juga yang memiliki kandungan niacinamide yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, dan lain sebagainya.

Tips memilih micellar water untuk kulit berminyak dan berjerawat

Jika kamu memiliki tipe kulit yang berminyak dan acne prone, maka memilih micellar water nggak bisa dilakukan sembarangan lho. Jika salah pilih, bisa-bisa kulitmu malah teriritasi, atau masalah jerawat jadi makin parah. Untuk itu, simak yuk tips di bawah ini.

a. Pilih produk yang nggak mengandung bahan iritan

Terkadang, kulit yang mengalami masalah jerawat bisa menjadi sensitif lho. Untuk itu, tips pertama dalam memilih micellar water untuk kulit berjerawat adalah hindari produk yang memiliki kandungan bahan iritan. Bahan pemicu iritasi tersebut antara lain alkohol, sabun, paraben, parfum, pewarna, dan lain sebagainya. Kamu bisa memilih produk yang memiliki label hypoallergenic supaya lebih aman untuk kulitmu dan mencegah jerawat agar nggak semakin parah.

b. Pilih produk yang memiliki kandungan untuk mengatasi jerawat

Dalam memilih micellar water yang aman untuk kulit berjerawat, kamu juga bisa menggunakan produk yang memiliki kandungan antiperadangan, antiseptik alami, dan zat yang berfungsi sebagai calming kulit. Zat-zat tersebut antara lain adalah gliserin, lidah buaya, panthenol,  green tea, witch hazel, dan lain sebagainya.

c. Pilih produk yang non-comedogenic dan non-acnegenic

Karena kamu memiliki tipe kulit berminyak, penting juga lho untuk memilih micellar water yang formulanya non-comedogenic dan non-acnegenic. Dengan demikian, kandungan dalam micellar water tersebut nggak akan berisiko menyumbat pori yang akan semakin memperparah jerawat.

d. Pilih produk yang mampu melembapkan wajah sekaligus mengontrol minyak berlebih

Tips memilih micellar water untuk kulit berminyak berikutnya adalah pilih produk yang mampu melembapkan wajah sekaligus bisa mengontrol minyak berlebih. Nah, kandungan-kandungan dalam skincare yang mampu memiliki fungsi tersebut antara lain hyaluronic acid, salicylic acid, niacinamide, glycolic acid, witch hazel, dan lain sebagainya.

e. Hentikan penggunaan suatu produk apabila kulit mengalami iritasi

Nggak semua produk micellar water yang aman sekalipun bisa cocok di kulitmu lho, Girls. Untuk itu, pilihlah produk secara selektif. Jika perlu, lakukan patch test terlebih dahulu. Selain itu, jika kamu terlanjur menggunakan suatu produk tetapi ternyata kulit mengalami iritasi, breakout, atau justru jerawat makin parah, kamu bisa menghentikan penggunaan produk tersebut.

Jangan lupa untuk selalu melihat beberapa review suatu produk dari sumber yang terpercaya. Entah dari beauty influencer maupun dari pengguna sebelumnya. Dengan demikian, kamu bisa mempertimbangkan lebih matang apakah akan memilih produk tersebut atau enggak.

Gimana? Mudah ‘kan cara memilih micellar water untuk kulit berminyak dan berjerawat? Setelah itu, Hai Gadis punya rekomendasi beberapa produknya nih buat kamu. Siapa tahu ada yang cocok untuk kulitmu. Simak, yuk!

Rekomendasi micellar water untuk kulit berminyak dan berjerawat

1. Bioderma Sebium H2O Purifying Cleansing Micelle Solution

photo via bioderma.co.id

Rekomendasi micellar water untuk kulit berminyak salah satunya adalah Bioderma Sebium H2O Purifying Cleansing Micelle Solution. Produk ini merupakan facial cleanser atau makeup remover  yang diformulasikan untuk kulit berminak, berjerawat, sekaligus kulit kombinasi. Dengan formula hypoallergenic, tanpa paraben, dan bebas pewarna, kulit sensitif pun bisa menggunakan produk ini.

Berkemasan botol bening dengan tutup warna hijau, makeup remover ini memiliki kandungan sebo-correcting complex yang berfungsi mencegah pori-pori tersumbat. Kemudian, produk ini juga mampu mengontrol produksi sebum berlebih di wajahmu, tetapi nggak akan memberikan sensasi kering. Kandungan lain dari micellar water ini adalah zinc gluconate dan copper sulphate yang akan mengatasi masalah jerawat di wajahmu. Untuk kemasan berukuran 250 ml, harga produk ini adalah Rp 150.000-an.

2. Garnier Micellar Cleansing Water for Acne Prone Skin

photo via garnier.co.id

Selanjutnya, ada Garnier Micellar Cleansing Water for Acne Prone Skin yang bisa kamu pilih sebagai micellar water untuk kulit berjerawat. Formulanya dapat membantu membersihkan makeup, membersihkan  kulit wajah termasuk di area mata dan bibir dengan baik. Formula micellar water ini juga bebas alkohol dan parfum, sehingga lebih aman digunakan pada kulit sensitif maupun kombinasi.

Kamu bisa menggunakannya sehari-hari untuk membersihkan wajah dari kotoran dan sisa makeup. Wajah bakalan lebih bersih tanpa terasa kering dan iritasi deh. Dengan kemasan botol plastik bening bertutup warna biru, kamu bisa membeli micellar water ini seharga Rp 28.000-an.

3. Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water

photo via shopee.co.id

Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water juga menjadi micellar water untuk kulit berminyak yang recommended untuk kamu gunakan nih, Girls. Produk ini mampu mengangkat sisa makeup dan kotoran pada wajah secara efektif. Micellar water ini nggak akan memberikan sensasi lengket sehingga cocok digunakan pada kulit berminyak.

Dari segi kandungan, ada ekstrak rumput laut dan timun yang mampu menenangkan serta meremajakan kulit. Cocok nih untuk menenangkan kulit berjerawat. Oh ya, bintik hitam di wajah dan bekas jerawat juga bakalan memudar kok. Kamu bisa menggunakan produk ini setiap hari. Nggak hanya untuk kulit berminyak, Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water ini juga cocok untuk semua jenis kulit. Harga produk ini sekitar Rp 28.000-an, ya.

4. Pond’s Vitamin Micellar Water D-Toxx Charcoal

photo via reviews.femaledaily.com

Pond’s Vitamin Micellar Water D-Toxx Charcoal juga termasuk micellar water terbaik untuk kulit berjerawat yang bisa kamu gunakan nih, Girls. Micellar water yang satu ini diperkaya dengan vitamin dan mampu membersihkan makeup dengan baik. Ada 5 vitamin esensial yang meliputi vitamin A, B3, B5, C, dan vitamin E.

Selain itu, produk dari Pond’s ini pun dilengkapi kandungan bamboo dan activated charcoal yang mampu mendetoks kulit dari kotoran. Cocok juga kok digunakan pada kulit berminyak yang rentan memiliki masalah clog pores pemicu jerawat. Dengan kemasan berupa botol yang dominan dengan desain warna hitam, harga micellar water ini adalah Rp 35.000-an.

5. Nivea Make Up Clear Micellar Water

photo via shopee.co.id

Rekomendasi micellar water untuk kulit berminyak berikutnya ada Nivea Make Up Clear Micellar Water. Produk ini telah diuji secara dermatologi dan optalmologi mengandung castor oil serta gliserin. Manfaatnya adalah memberi dan menjaga kelembapan pada kulit. Selain cocok untuk kulit berminyak, cocok juga lho untuk kulit kombinasi dan kulit normal.

Kamu juga nggak perlu khawatir kulit mengalami iritasi karena micellar water ini nggak mengandung pewarna, parfum, alkohol, paraben, maupun silikon. Klaim dari micellar water ini adalah untuk membersihkan makeup secara menyeluruh, melembapkan kulit, sekaligus menyegarkan kulit dengan formulanya yang ringan. Harga micellar water ini adalah Rp 49.000-an untuk kemasan 200 ml.

6. Biore Perfect Cleansing Water Oil Clear

photo via shopee.co.id

Untuk kulitmu yang berjerawat sekaligus berminyak, masih ada nih micellar water yang tepat dan bisa kamu gunakan sehari-hari. Biore Perfect Cleansing Water Oil Clear mampu mengangkat makeup dengan baik, kotoran, dan minyak berlebih di wajahmu hingga ke pori-pori. Dengan tekstur seperti air yang ringan, produk ini ringan saat digunakan.

Dari segi kandungan, produk ini memiliki capric glycerides dan citric acid yang mampu melembutkan serta ada efek mencerahkan kulit. Selain itu, micellar water dari Biore ini sudah teruji klinis seperti allergy-tested, ophtalmologist-tested, nggak mengandung alkohol, pewarna, maupun parfum. Harga Biore Perfect Cleansing Water Oil Clear ini adalah Rp 27.000-an untuk kemasan 90 ml dan Rp 68.000-an untuk kemasan 300 ml.

7. La Roche-Posay Effaclar Micellar Water Ultra Oily Skin

photo via shopee.co.id

Rekomendasi micellar water untuk kulit berjerawat masih ada lho, yaitu La Roche-Posay Effaclar Micellar Water Ultra Oily Skin. Produk ini bersahabat kok buat kulit berminyak dan rentan berjerawat. Dengan pH yang seimbang, micellar water ini mampu membersihkan kulitmu dengan efektif tanpa menimbulkan iritasi.

Setelah pemakaian, kulit akan terasa bersih dari sisa makeup maupun kotoran. Selain itu, kamu nggak perlu khawatir kulit jadi kering deh dengan formulanya yang mampu mengontrol minyak berlebih. Menariknya, produk dari La Roche-Posay ini nggak mengandung sabun, pewarna, alkohol, dan paraben. Untuk ukuran 50 ml, harga produk ini adalah Rp 90.000-an.

8. NEOGEN Real Flower Cleansing Water Calendula

photo via shopee.co.id

Selanjutnya, ada micellar water terbaik untuk kulit berminyak yang berupa produk asal Korea Selatan. Produk tersebut adalah NEOGEN Real Flower Cleansing Water Calendula yang memiliki kandungan kelopak bunga Calendula asli. Manfaat dari produk ini adalah mengangkat makeup dan kotoran secara efektif bahkan untuk makeup waterproof sekalipun.

Bahkan produk ini juga bisa digunakan sebagai toner lho. Sesuai namanya, kandungan micellar water ini berupa Calendula flower yang bermanfaat untuk menenangkan kulit, sehingga cocok buat kulit berjerawat. Selain itu, ada juga kandungan Chamomile, Applemint, dan Centella asiatica. Produk ini pun memiliki klaim tanpa mengandung pewarna, karena pewarnanya adalah 100% dari Calendula natural herb. Sayangnya, harga cleanser ini agak pricey, yaitu Rp 299.000,-.

9. Ovale Micellar Cleansing Water Brightening for Acne Skin

photo via reviews.femaledaily.com

Ovale Micellar Cleansing Water Brightening for Acne Skin juga menjadi salah satu micellar water untuk kulit berjerawat yang recommended. Micellar water dengan kemasan bening bertutup warna hijau ini mengandung Magnolia dan Green tea extract. Fungsi dari kandungan Magnolia tersebut adalah untuk mencerahkan kulit dan mencegah kulit mengalami iritasi.

Sementara itu, green tea extract berfungsi sebagai antioksidan dan merawat kulit berjerawat. Oh ya, produk ini pastinya telah teruji secara dermatologis dan bersifat hypoallergenic, bebas fragrance, dan bebas alkohol. Harga produk ini masih terjangkau, yaitu Rp 20.000-an.

10. Make Over Micellar Water

photo via lazada.co.id

Make Over Micellar Water merupakan pembersih yang memiliki triple action formula, yaitu membersihkan semua makeup, menghidrasi, menyegarkan, dan merevitalisasi serta menenangkan kulit. Micellar water untuk kulit berminyak ini juga aman kok buat kulit berjerawat. Soalnya nggak memiliki kandungan alkohol, sehingga nggak akan mengiritasi kulit dan membuat kulit terasa kering. Kemudian, formula produk ini juga non-comedogenic, pH balance, bebas sabun, bebas pewarna, dan telah teruji secara dermatologi.

Saat diaplikasikan, produk ini terasa ringan dan nggak akan membuat  kulit berminyakmu terasa greasy. Dari segi kandungan, ada panthenol dan Olive oil untuk menjaga kelembapan kulit. Kemudian ada juga kandungan ekstrak mentimun untuk menghidrasi kulitmu. Kalau kandungan glycerin di dalamnya mampu menjaga kelembapan kulit tetap terjaga. Kamu bisa membeli Make Over Micellar Water ini seharga Rp 80.000-an untuk kemasan 185 ml.

11. Safi Naturals Micellar Water Neem Leaf Extract

photo via safiindonesia.com

Safi Naturals Micellar Water Neem Leaf Extract juga termasuk dalam rekomendasi micellar water untuk kulit berjerawat nih, Girls. Produk ini diformulasikan untuk mengontrol minyak berlebih sekaligus menyejukkan kulit. Selain itu, kandungan neem extract di dalamnya mampu melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat.

Apalagi tanaman ini terkenal dengan kandungan vitamin E, vitamin C, antioksidan, dan asam linoleatnya yang berfungsi sebagai antiseptik alami. Kamu bisa menggunakan produk ini untuk membersihkan makeup sehari-hari. Dengan kemasan 200 ml, harga micellar water dari Safi ini adalah Rp 49.500,-.

12. Votre Peau Bare It All Facial Makeup Remover

photo via shopee.co.id

Micellar water untuk kulit berminyak yang recommended masih ada lho, kali ini yaitu Votre Peau Bare It All Facial Makeup Remover. Pembersih wajah yang satu ini mampu mengangkat kotoran dan sisa-sisa makeup secara menyeluruh hingga ke pori-pori. Kandungannya meliputi Chamomile yang berfungsi menenangkan kulit dan meminimalkan timbulnya iritasi. Cocok ‘kan untuk menenangkan kulitmu yang berjerawat?

Kemudian ada kandungan niacinamide yang memiliki efek mencerahkan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Formula micellar water ini lembut kok sehingga nggak akan membuat kulitmu terasa ketarik setelah memakainya. Sayangnya, harga produk bagus ini memang agak pricey, yaitu Rp 100.000-an untuk kemasan 200 ml.

13. Everwhite Infused Micellar Cleansing Water

photo via reviews.femaledaily.com

Masih ada nih rekomendasi micellar water untuk kulit berjerawat, yaitu Everwhite Infused Micellar Cleansing Water. Produk dari Everwhite ini memiliki kandungan rose extract dan chamomile extract. Fungsinya adalah membersihkan wajah dalam sekali usap. Makeup dan kotoran di wajah bakalan terangkat dengan baik deh.

Kandungan dari rose extract dan chamomile extract juga mampu menutrisi kulit wajah, membuat wajah bebas kusam, dan juga menenangkan kulit wajah. Menariknya lagi, produk ini tanpa kandungan alkohol, pewangi, dan pewarna lho. Kulitmu yang berjerawat dan sedang sensitif nggak bakalan teriritasi deh. Untuk kemasan 100 ml, harga micellar water ini adalah Rp 47.000-an.

14. The SAEM Healing Tea Garden Green Tea Cleansing Water

photo via zalora.co.id

The SAEM Healing Tea Garden Green Tea Cleansing Water menjadi salah satu produk micellar water untuk kulit berminyak yang berasal dari Korea Selatan nih. Sebenarnya, nggak hanya buat kulit berminyak, untuk semua jenis kulit, produk ini tetap bisa digunakan. Formulanya memiliki kandungan teh hijau Boseung yang mampu menutrisi kulit dan menjaga kelembapan kulitmu.

Selain itu, produk ini juga memiliki efek calming di kulit sehingga cocok juga buat kulit yang berjerawat. Makeup termasuk yang waterproof beserta kotoran di wajah bakalan terangkat dengan baik deh.  Dengan tekstur cair yang bening, micellar water ini nggak beraroma. Cocok juga buat kamu yang sensitif fragrance. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 90.000-an.

15. Senka All Clear Water Fresh – Anti Shine

photo via senka.id

Senka menjadi salah satu brand skincare yang lagi happening banget. Nah, produk micellar water-nya nggak kalah bagus lho, yaitu Senka All Clear Water. Untuk varian Fresh – Anti Shine ini lebih cocok digunakan pada kulit berjerawat dan berminyak. Kandungan produk ini berupa white cocoon essence, double hyaluronic acid, dan Uji green tea.

Manfaatnya nggak hanya membersihkan kulit wajah dari makeup dan kotoran, tetapi juga mampu melembapkan kulit wajah dengan baik. Kandungan green tea-nya pun mampu memberi efek calming pada wajah dan mengontrol minyak berlebih. Oh ya, karena formula produk ini dikhususkan untuk kulit berminyak dan kulit kombinasi, maka ada efek matte setelah penggunaan. Meski demikian, kulitmu nggak akan terasa kering kok. Harga micellar water ini adalah Rp 125.000,- untuk kemasan 230 ml.

Itu dia beberapa rekomendasi micellar water untuk kulit berminyak dan berjerawat khusus buat kamu, Girls. Meski diformulasikan untuk kulit berminyak, belum tentu semua produk di atas cocok buat kamu. Jadi, pilihlah dengan bijak dan utamakan produk yang minim iritasi, ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *