Cara Mengatasi Overthinking agar Hidup Lebih Damai

By Hai Gadis

Overthinking atau berpikir berlebihan memang melelahkan. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengalami stress yang akan berdampak buruk pada kesehatan. Ada cara mengatasi overthinking yang mudah lho girls.

Kalau kamu terlalu sering overthinking, kamu akan rugi waktu dan rugi kesempatan. Alih-alih segera beraktifitas, kamu malah cemas dan tenggelam dalam pikiranmu sendiri. Supaya tak bertambah buruk, kamu bisa simak tips-tips berikut ini ya!

Cari Tahu Pemicunya

cara mengatasi overthinking

Photo by suara.com

Kadang seseorang melakukan overthinking untuk memecahkan masalah. Tapi kalau terlalu lama berpikir, kamu nantinya malah akan stress sendiri. Bukannya memecahkan masalah, kamu malah sulit mengambil keputusan yang tepat.

Coba duduk sejenak dan renungkan apa pemicu dari overthinking mu. Untuk mengetahui pemicu dan faktor penyebab overthinking memang tak bisa selesai sekali duduk, kamu harus sering-sering meningkatkan kesadaran diri. Sebagai permulaan, kamu bisa mencatat apa yang membuat mu merasa tak nyaman dan terus menerus overthinking.

Buat Diri Terdistraksi

Ada cara mengatasi overthinking yang bisa kamu lakukan agar otak terdistraksi dan fokus ke sesuatu yang lain, diantaranya:

Menulis

Kamu bisa menuliskan perasaanmu dan apa yang kamu pikirkan dalam jurnal atau buku catatan kecil. Ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan dengan menulis lho, salah satunya kamu bisa tahu dan paham apa yang menganggu pikiranmu. Siapa tahu kamu juga bisa memikirkan solusi dari masalah ketika selesai menuliskannya.

Melakukan Meditasi

Banyak pakar psikologi yang menyarankan untuk melakukan meditasi jika kamu sering overthinking. Cara melakukan meditasi juga tak sulit, kamu bisa menemukan tempat yang nyaman dan membuat tubuhmu serileks mungkin. Kemudian tarik dan hembuskan nafas secara teratur. Lakukan secara berulang sampai kamu tenang ya.

Lakukan Apa yang Kamu Sukai

Kalau tak ingin melakukan dua aktifitas diatas, kamu bisa melakukan hobi atau aktifitas yang kamu sukai. Misalnya dengan membaca buku, menulis, melakukan olahraga atau keluar bertemu teman-teman. Ini akan mengalihkanmu dari overthinking dan membuat mood jadi lebih baik.

Bergerak dan Bertindak

Photo by halosehat.com

Ini merupakan cara mengatasi overthinking yang paling sulit buat dilakukan, yakni bergerak dan bertindak. Kalau kamu terus tenggelam dalam pikiran negative dan overthinking, kamu akan menyesal nantinya.

Dengan mengambil tindakan kecil untuk bergerak dan bertindak, kamu akan semakin berani untuk keluar dari zona nyaman. Langkah kecil setiap hari untuk terus bergerak dan beraktifitas tentu akan membuat pikiranmu jadi lebih tenang.

Fokus pada Apa yang Bisa Kamu Kendalikan

Girls, kamu harus mengakui bahwa tak semua hal bisa kamu kendalikan. Dengan mengakui hal tersebut, beban overthinking mu bisa jadi lebih ringan lho. Kalau kamu terus pusing dengan sesuatu yang tak bisa kamu kendalikan, kamu akan terjebak dalam overthinking tanpa melakukan sesuatu.

Misalnya nih, kamu overthinking karena kamu tak terlihat cantik ketika berkumpul bersama teman-teman. Dibanding terus memikirkannya, kamu bisa mencoba mencari solusi dengan belajar makeup lewat video secara daring. Kamu juga bisa scrolling di Instagram untuk belajar cara mix and match baju supaya jadi lebih modis.

Lepaskan Masa Lalu

cara mengatasi overthinking

Photo by dewiku.com

Banyak orang yang overthinking karena masa lalu yang mereka alami. Untuk mengatasinya memang sulit, kamu bisa mmemulainya dengan menerima masa lalumu. Meskipun masa lalumu tak sebaik yang lain, kamu harus sadar bahwa masa lalumu lah yang membentukmu sekarang.

Kalau kamu terpaku dengan kesalahan dan dendam di masa lalu, kamu tak akan move on darinya. Memang tak mudah, namun kamu harus mulai untuk tak memikirkan masa lalumu terus menerus. Dari masa lalumu, kamu bisa mengambil pelajaran dan hikmah agar tak melakukan kesalahan yang sama.

Mengelola Stress

Stress bisa membuat overthinking makin buruk, kamu bisa menghindarinya dengan mengelola stress milikmu. Sebuah studi mengungkapkan, otakmu akan lebih rileks kalau meluangkan waktu sejenak di suasana yang tenang atau dekat dengan alam.

Jika kamu sedang stress di kantor karena deadline dan pekerjaan yang berat, cobalah untuk keluar sejenak dan berjalan-jalan di taman. Ini akan membuatmu lebih rileks dan membuat otak jadi lebih tenang.

Tak sulit kan girls cara mengatasi overthinking diatas? Daripada kamu terus menerus berpikir dan tenggelam dalam pikiranmu, akan lebih baik kamu segera melangkah dan melakukan apa yang bisa kamu lakukan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.