Apa Itu Gaya Hidup Minimalis dan Manfaatnya

By Hai Gadis

Anak muda masa kini tentu tak asing dengan gaya hidup minimalis. Awalnya tren minimalis hanya digunakan untuk arsitektur atau seni, namun belakangan mengarah ke gaya hidup. Apalagi banyak influencer dan artis yang mengaku melakukan gaya hidup ini.

Menurut Joshua Becker, minimalis merupakan konsep untuk menjaga apa yang membuatmu bahagia dan membuang yang tidak. Dalam hidup minimalis, kamu akan hidup dengan style sederhana dan lebih mementingkan kualitas hidup dibanding kuantitasnya.

Pengertian Gaya Hidup Minimalis

gaya hidup minimalis tips

Photo by darmawan-aji.com

Penjelasan ringkas diatas bisa memberimu gambaran mengenai gaya hidup ini kan? Kamu yang berniat untuk melakukan hidup minimalis harus mau menghilangkan hal – hal yang sekiranya tak berguna.

Misalnya nih kamu punya banyak baju, kamu bisa sumbangkan baju bagus yang jarang kamu pakai ke mereka yang lebih membutuhkan. Akhirnya kamu hanya menyimpan baju yang sering kamu gunakan dan lemarimu jadi lebih longgar.

Tak hanya berkaitan dengan barang saja, tren hidup minimalis juga merambah ke penggunaan gadget dan media sosial. Makin sedikit waktu yang kamu habiskan di internet untuk browing tak jelas, maka hidupmu akan lebih produktif. Istilah untuk menyebut gaya hidup ini adalah digital minimalis.

Apa Manfaat Hidup Minimalis?

Photo by jojonomic.com

Konsep hidup yang sederhana dan minimalis ini merupakan adaptasi dari filosofi Zen Buddhist. Dengan hidup secukupnya dan tak berlebihan, kamu bisa melawan konsumerisme dan menanamkan prinsip hidup yang seimbang. Kalau kamu terlalu fokus denga benda – benda, maka kamu tak bisa mencapai pencapaian spiritual.

Selain mengurangi kemungkinan konsumerisme, ada manfaat lain yang bisa kamu temukan dalam gaya hidup minimalis ini girls, diantaranya:

Mengurangi Stress

Pernah gak sih kamu merasa stress ketika melihat kehidupanmu yang stagnan dan biasa – biasa saja? Kemudian kamu bandingkan dengan kehidupan temanmu atau influencer yang terkesan mewah dan penuh glamor?

Jika sering kamu lakukan, tentu ada rasa iri, sebal dan benci dalam hati karena tak bisa mendapatkan sesuatu sebanyak mereka. Tapi kalau kamu mulai hidup minimalis, kamu bisa lebih ikhlas dengan apa yang kamu miliki dan tidak stress berlebihan.

Lebih Peduli dengan Alam

Mereka yang hidup dengan gaya minimalis lebih mementingkan kualitas dibanding kuantitas lho girls. Misalnya untuk masalah fashion, baju mereka memang sedikit, tapi bisa jadi memiliki kualitas terbaik yang tentunya lebih tahan lama.

Ini secara langsung akan memberikan dampak yang positif pada lingkungan. Item slow fashion harganya memang lebih mahal, namun bahan yang digunakan merupakan bahan terbaik. Ini tentu berbeda dengan fast fashion yang menggunakan bahan yang lebih cepat rusak, jadi kamu harus sering menggantinya.

Space yang Lebih Luas

Melihat lemari atau rak penuh dengan barang bisa membuat ruanganmu tampak sesak. Untuk menyiasatinya, kamu bisa lakukan gaya hidup minimalis guna menyingkirkan barang yang tak perlu.

Dengan cara ini, kamu bisa dapatkan ruang yang lebih lega dan membuat aktifitasmu jadi lebih nyaman. Kamu pun tak gampang terdistraksi hanya karena ruangan yang sumpek dan berantakan.

Meminimalisir Pengeluaran

Hidup yang sederhana akan membuat pengeluaranmu lebih minim, lho. Kamu jadi tahu apa yang kamu butuhkan dan apa yang sebaiknya kamu beli. Kalau memang tak kamu gunakan, baiknya memang tak membeli barang tersebut kan?

Uang yang sebelumnya kamu gunakan untuk membeli barang – barang ini bisa kamu alokasikan ke hal lainnya. Misalnya untuk mengembangkan hobi, melakukan investasi, tabungan pernikahan, dan masih banyak lainya.

Tips Mudah Memulai Gaya Hidup Minimalis

gaya hidup minimalis ala jepang

Photo by digstraksi.com

Belanja Sesuai Kebutuhan

Kalau kamu menganggap minimalis sama pelit sama, kamu salah besar girls. Gaya hidup minimalis akan membuat kamu mempertimbangkan barang yang kamu beli, apakah memang kamu butuhkan atau hanya sekedar pengen saja.

Rapikan Rumah Secara Rutin

Cara mudah lain untuk memulai hidup minimalis adalah sering – sering merapikan rumah. Kamu bisa memastikan tak ada barang yang menumpuk. Kalau ada, segera pilah dan pisahkan mana yang harus disimpan ya.

Pakai Prinsip Mengganti, Bukan Menambah

Jika ingin beli barang baru, gaya hidup ini tak akan membatasimu kok. Tapi pakai konsep mengganti ya, bukan menambah. Jadi tak ada barang yang menumpuk di rumahmu deh.

Gaya hidup minimalis secara tak langsung bisa membuatmu bahagia, lho. Tak hanya bisa membuat rumah jadi lebih cantik, pengeluaran bulananmu pun tak akan berlebihan, gimana tertarik mencobanya?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.