Cara Mengatasi Keringat Berlebih Pada Wanita

By Hai Gadis

Keringat yang berlebih tentunya membuat tak nyaman ketika beraktifitas ya girls. Tak hanya itu, keringat berlebih juga bisa menjadi pemicu utama bau badan yang pastinya bikin gak pede. Ternyata ada lho cara mengatasi keringat berlebihan yang bisa kamu usahakan.

Timbulnya keringat berlebih bisa disebabkan karena berbagai faktor, karena cuaca yang panas, aktifita fisik yang tinggi, stress, atau hyperhidrosis. Biar gak makin parah dan menghambat aktivitas, yuk simak cara-caranya berikut ini.

Perhatikan Makanan yang Kamu Konsumsi

cara mengatasi keringat berlebih

Photo by lifeboy.com

Batasi Makanan Pedas dan Mengandung Kafein

Makanan dengan kandungan kafein atau punya efek rasa pedas ternyata bisa jadi penyebab keringat berlebih lho. Apalagi cabai, ia bisa meningkatkan produksi keringat di bagian wajah dan kepala.

Jenis makanan lain yang bisa kamu hindari adalah makanan dengan kandungan kafein tinggi. Serupa dengan makanan pedas, ia bisa membuat keringat keluar berlebih dari dalam tubuh. Kamu bisa meminimalisirnya dengan minum es atau air hangat ya!

Pilih Makanan yang Bisa Mengurangi Keringat

Selain mengurangi jenis makanan tertentu, kamu juga bisa memilih makanan yang bisa mengurangi keringat berlebih. Beberapa makanan tersebut adalah air putih, buah atau sayuran dengan kandungan air dan kalsium yang tinggi, hingga makanan yang kaya akan serat.

Kamu juga bisa kok mengonsumsi sayuran hijau dengan kandungan magnesium atau zat besi tinggi sebagai cara mengatasi keringat berlebih kok. Selain itu, minum teh hijau akan membuat kamu lebih rileks, jadi tak gampang berkeringat deh!

Jaga Kondisi Tubuh Tetap Segar

Photo by liputan6.com

Mandi dan Rawat Tubuh

Girls, supaya kamu tak sering berkeringat, kamu bisa mandi secara teratur dan merawat tubuhmu lho. Bersihkan secara merata dengan sabun anti bakteri agar menghilangkan aroma keringat yang tak sedap. Minimalnya kamu bisa mandi sehari dua kali untuk menjaga kesegaran tubuh.

Pilih Pakaian yang Menyerap Keringat

Pakaian ternyata juga berpengaruh besar pada produksi keringat lho. Supaya tak cepat gerah, kamu bisa pilih pakaian berbahan katun yang nyaman dan bisa menyerap keringat secara maksimal. Hal yang sama kalau kamu olahraga, pilih pakaian yang nyaman dan tak membuatmu makin gerah.

Kalau memang diperlukan, kamu bisa bawa baju ekstra jika akan melakukan aktifitas outdoor. Dengan cara ini  kamu bisa segera ganti baju semisal baju sebelumnya basah kuyup oleh keringat girls.

Jaga Kesehatan

Agar tak mengalami kondisi keringat berlebih, kamu tetap harus jaga kesehatan ya. Sebaiknya hindari kebiasaan merokok atau mengonsumsi alcohol, jadi kamu bisa mengurangi produksi keringat tubuh secara alami. Menghindari kebiasaan tersebut juga membuatmu tetap sehat dan jauh dari penyakit.

Rawat Ketiak dengan Maksimal

Photo by yahoo.com

Bersihkan Bulu Ketiak

Mau tak mau harus diakui kalau ketiak jadi penyumbang terbesar masalah keringat dan bau badan. Karena itu, cara mengatasi keringat berlebih tak jauh-jauh dari merawat dan membersihkan ketiak. Agar tak bau, kamu bisa membersihkan bulu ketiak dengan proses shaving, waxing, maupun trimming.

Gunakan Pembersih Ketiak

Jika kamu bingung membersihkan ketiak pakai apa, ada beberapa pilihan yang bisa kamu pertimbangkan. Tapi membersihkan dengan sabun anti bakteri bisa jadi salah pilihan terbaik karena tak akan membuat kulit iritasi.

Tak hanya membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan keringat berlebih ataupun bau badan, membersihkan ketiak dengan sabun juga akan membuatnya tetap segar. Agar tak mengalami masalah kulit ketika menggunakan sabun sebagai pembersih ketiak, pilih yang bahannya lembut ya.

Pakai Deodorant

Terakhir, kamu bisa pakai deodorant untuk menjaga agar ketiak tetap kering dan punya aroma yang harum. Saat ini sudah banyak pilihan deodorant yang bisa kamu gunakan, mulai dari deodorant roll atau cream. Sebaiknya gunakan deodorant berbahan anti perspirant untuk menghentikan produksi keringat berlebih ya.

Cara mengatasi keringat berlebih ternyata tak sulit buat kamu lakukan bukan? Dengan cara-cara diatas, kamu bisa tetap pede beraktifitas tanpa perlu khawatir ketiak basah dan bau badan deh.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.