Girls, Lakukan Tips Berikut untuk Mengatasi Rasa Insecure dan Rendah Diri Kamu

By Hai Gadis

Perasaan insecure dan rendah diri tentu pernah kamu rasakan. Untuk mengatasi insecure maupun rendah diri tak bisa langsung selesai sekejap mata girls. Ini karena perasaan tersebut memiliki banyak faktor penyebab, baik dari dalam diri kamu sendiri atau dari luar.

Tapi bukan berarti kamu tak bisa mengatasi perasaan tersebut kok. Berikut ini adalah tips yang akan membantumu mengatasi perasaan negatif ini. Jangan sampai perasaan rendah diri atau insecure yang kamu rasakan merusak hari-harimu ya.

Apa Sih Penyebab Insecure dan Rendah Diri?

mengatasi rasa insecure

photo by yahoo.com

Ternyata insecure memiliki banyak penyebab lho, ada insecure yang disebabkan karena trauma, krisis yang pernah kamu alami, atau kerugian fisik dan non materiil. Selain dari dalam diri kamu sendiri, insecure juga bisa muncul kalau kamu mengalami ketidak pastian atau gangguan sehari-hari.

Banyak pula insecure yang dimulai karena orang tua memaksakan banyak hal pada anaknya, membandingkannya dengan anak lain serta tidak memberikan apresiasi yang cukup. Rasa rendah diri nantinya akan terasa ketika anak sudah dewasa.

Rasa insecure juga bisa muncul jika kamu mengharapkan sesuatu berjalan secara sempurna. Jadi ketika ada sesuatu yang tak sesuai rencanamu, kamu merasa tak puas hati, kecewa dan sedih. Perasaan yang sama juga bisa kamu rasakan ketika menerima vonis kurang baik dari orang lain.

Apa Dampak dan Insecure dan Rasa Rendah Diri?

photo by liputan6.com

Girls, banyak yang meremehkan rasa rendah diri maupun insecure pada diri lho. Padahal ada dampak buruk yang akan diterima seseorang jika rasa insecure terlalu berlebih, diantaranya:

1. Gangguan Kesehatan Mental

Dampak pertama yang sering terjadi adalah gangguan kesehatan mental atau mental illness. Misalnya mengalami depresi, gangguan kecemasan, bahkan paranoid berlebih. Ini tentu akan membuat aktifitas harianmu tak berjalan lancar.

2. Gangguan Makan dan Body Image

Ada kemungkinan terkena gangguan makan dan masalah body image jika seseorang mengalami rasa insecure, terutama pada fisiknya. Jika berlangsung terus menerus, tentunya kesehatan tubuh juga akan terganggu.

3. Bad Relationship

Meski hanya kamu yang merasakan insecure dan rasa rendah diri, tapi dampaknya juga akan terasa pada hubunganmu dengan orang lain. Mereka yang merasa insecure berlebih akan takut untuk berinteraksi dengan teman atau keluarga.

Bagaimana Cara Mengatasi Insecure dan Rendah Diri?

photo by foreo.com

Cara untuk mengatasi insecure dan rasa rendah diri sebenarnya tak sulit untuk kamu lakukan. Selama kamu serius, melakukannya secara berkelanjutan dan berdamai dengan dirimu sendiri, kamu pasti bisa bangkit dan jadi lebih pede.

1. Berpikir Positif

Langkah awal agar bisa mengatasi insecure adalah memiliki pikiran yang positif. Kalau kamu membuat kesalahan, ingat untuk tidak menyalahkan diri sendiri ya girls. Setiap orang pernah melakukan kesalahan kok, jadi kamu tak perlu memikirkannya terus menerus.

Kamu bisa mencoba untuk bangkit dengan berpikir positif dan memaafkan dirimu sendiri. Dari pada kamu sedih karena kesalahan tersebut, bukannya lebih baik kalau kamu belajar dari pengalaman dan berbenah diri?

2. Pahami Apa yang Sedang Kamu Rasakan

Cara lain untuk mengatasi rasa rendah diri maupun insecure adalah memahami apa yang kamu rasakan. Kamu bisa memulainya dengan mengenali dulu apa yang menyebakan kamu merasa rendah diri. Dengan tahu akar penyebab  dari rasa negative tersebut, kamu bisa mulai untuk memperbaiki diri.

3. Carilah Lingkungan yang Positif

Bisa jadi kamu merasa insecure karena kamu berada di lingkungan yang toxic girls. Lingkungan yang toxic terlihat dengan teman yang tak mendukungmu, mencelamu, atau bahkan membandingkanmu dengan orang lain.

Kalau kamu merasa begitu, coba deh pindah circle dan lingkungan yang lebih positif. Dengan lingkungan yang mendukungmu untuk berkembang dan terus belajar, secara perlahan, kamu akan memiliki rasa percaya diri kembali.

4. Cari Teman atau Orang yang Menghargaimu

Jika kamu sedang sedih karena rasa insecure dan rendah diri, kamu bisa menghubungi teman atau sahabat kesayangan. Carilah orang orang yang menghargaimu dan bisa membantumu mengatasi rasa insecure. Pilih mereka yang tahu keadaanmu dan tidak menghakimi atas apa yang sudah kamu lakukan.

5. Tantang Perasaan Negatif yang Kamu Miliki

Kamu memang tak bisa mengelak perasaan negative girls, apalagi setelah kamu gagal atau melakukan kesalahan. Agar kamu tak menyalahkan dirimu sendiri, tantang pikiran negatifmu dengan memaafkan dirimu dan mengambil sudut pandang yang berbeda.

6. Sadari Bahwa Kamu Berharga

Perasaan rendah diri dan insecure akan membuat kamu merasa tak berharga. Girls jangan sampai kamu terjebak dengan pikiran tersebut ya, kamu berharga kok! Kalau kamu merasa begitu, coba ingat bahwa kamu punya teman yang baik, keluarga, pacar, dan betapa orang-orang sayang padamu.

Hal yang harus kamu ingat adalah tidak membandingkan dirimu dengan orang lain. Apalagi dengan banyaknya informasi terbaru saat ini, pasti kamu sering menemukan orang yang posisinya lebih baik dari kamu.

Semoga tips dan cara mengatasi insecure dan rendah diri diatas dapat membantumu ya. Jika kamu merasa kamu tak berguna dan lebih rendah dari yang lain, luangkan waktu sejenak untuk melakukan hal-jal yang membuatmu bahagia girls, seperti hangout bersama teman atau melakukan hobi yang kamu suka.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.