Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan Jika Liburan Ke Bali

By Hai Gadis

Bali menjadi destinasi wisata terbaik yang bisa kamu kunjungi waktu liburan. Dengan alamnya yang indah dan spot wisata kekinian, kamu bisa rehat sejenak dari rutinitas harian yang penat. Tapi sebelum berangkat kesana, kamu wajib tahu beberapa hal berikut ini ya!

Jangan sampai pengalaman liburanmu jadi tak seru hanya karena tak bisa menjaga diri girls. Kalau bisa mempersiapkan diri dengan baik, tentu perjalanan liburanmu lebih nyaman, aman dan menyenangkan.

Tentukan Waktu Berangkat

Sebagaimana tempat libur populer, Bali akan ramai dengan wisatawan ketika musim libur tiba. Kalau kamu tak keberatan dengan keadaan ini, kamu bisa datang ketika libur panjang menjelang. Tapi untuk kamu yang ingin menikmati Bali sepenuhnya, cobalah menghindari waktu – waktu tersebut.

Ada banyak kelebihan kalau kamu memilih datang ke Bali ketika musim liburan usai, diantaranya mendapatkan harga tiket, penginapan dan persewaan yang lebih terjangkau, mendapatkan spot foto kece dengan mudah, serta tak pusing dengan lalu lalang manusia.

Persiapkan Tiket dan Metode Perjalanan

Untuk ke Bali, ada beberapa mode transportasi yang bisa kamu pilih. Jika ingin sampai lebih cepat, kamu bisa gunakan jalur udara. Harga tiket pesawat pun bisa kamu sesuaikan dengan kantongmu. Terkait teknis pembelian tiket juga lebih ringkas dengan banyaknya platform booking yang tersedia.

Kalau tak bisa lewat jalur udara, kamu bisa pilih mode transportasi darat dan laut. Untuk durasi perjalanan tergantung tempat kamu berangkat ya, namun biasanya kedua jalur ini butuh waktu yang lebih lama untuk sampai ke Bali.

Menghormati Kebudayaan Setempat

Gunakan Pakaian yang Sopan

Bali masih menganut budaya dan adat yang kental, sebagai wisatawan kamu harus menghormatinya, girls. Salah satu caranya adalah menggunakan pakaian yang sopan ketika berkunjung ke pura atau tempat ibadah. Tapi kalau sudah terlanjur pakai pakaian yang pendek, pihak pengelola biasanya akan menyediakan kain untukmu, jangan lupa pakai ya!

Hati Hati dengan Sesajen

Ketika mengunjungi Bali, kamu akan sering melihat sesajen, baik di depan bangunan, di pura atau di dekat pohon. Kalau kamu melihatnya, kamu tak boleh punya niatan untuk merusaknya ya. Sesjaen merupakan bentuk penghormatan masyarakat Bali kepada alam semesta.

Etika Ketika Masuk Pura

Banyak pura di Bali yang menjadi spot wisata favorit wisatawan. Jika kamu tertarik berkunjung kesana, pastikan kamu beretika dengan baik, girls. Selain berpakaian sopan, kamu juga harus mentaati aturan yang berlaku. Misalnya tak masuk ke pura dan tempat ibadah ketika sedang haid atau mengalami luka dengan darah.

Menghormati Hari Raya Nyepi

Hari Raya Nyepi merupakan tradisi masyarakat Bali yang harus kamu hormati. Ketika hari raya ini, masyarakat Bali akan mengurung diri di dalam rumah dan tak menyalakan lampu. Kamu bisa menghormatinya dengan tidak menganggu prosesi ibadah ini.

Karena itu, ketika pihak hotel menyarankanmu untuk menutup tirai ketika menyalakan lampu ketika hari raya ini, jangan ajukan komplain ya. Cara ini dilakukan untuk menjaga kekhidmatan suasana Nyepi kok.

Pilih Makanan dengan Bijak

Bagi kamu yang suka makan daging sapi, sebaiknya tahan dulu ya untuk mengonsumsi olahannya. Dalam kepercayaan Hindu, sapi merupakan hewan yang suci dan harus dimuliakan. Inilah kenapa kamu akan jarang menemukan tempat makan yang menyediakan olahan sapi.

Jika memang ada olahan tersebut, kamu bisa menghindarinya dengan memilih menu lain sebagai bentuk penghormatan. Ada banyak kok makanan khas Bali yang bisa kamu coba, mulai dari bebek betutu, sate lilit, hingga babi guling. Semuanya akan memuaskan rasa lapasmu, girls.

Pakai Busana yang Sesuai

Gunakan Sunblock

Bali terkenal karena pantainya yang indah dengan ombak dan cahaya matahari terik. Kalau kamu tak terbiasa dengan panasnya sinar matahari tapi ingin menjelajahi Bali, siapkan alat tempurmu ya! Kamu bisa pakai sunblock, topi dan baju lengan panjang. Biar makin kece, jangan lupa pakai sunglasses girls.

Casual Outfit yang Menyerap Keringat

Jika tak ingin panas – panasan ke pantai, kamu bisa pilih spot wisata dengan hawa yang lebih sejuk. Misalnya di dataran tinggi Ubud, jadi kamu bisa pakai casual outfit kesukaan tanpa takut terkena sunburn atau gerah.

Dengan beberapa tips diatas, kamu tak akan bingung lagi waktu liburan ke Bali. Gimana, ada rencana ke Bali dalam waktu dekat ini?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.