Aneka Jenis Makanan Penyebab Bau Badan yang Harus Kamu Hindari

By Hai Gadis

Bau badan tentu membuat kamu tak pede ketika bertemu dengan orang lain. Selain mandi teratur dan menggunakan deodorant, kamu juga harus menghindari makanan penyebab bau badan girls. Jadi aktifitas harianmu tak akan terganggu dengan aroma tubuh yang tak sedap.

Makanan penyebab bau badan ternyata tak jauh-jauh dari makanan yang kamu konsumsi tiap hari. Meski rasanya enak, usahakan jangan makan berlebih ya kalau mau badan tak bau. Kamu bisa mengontrolnya dengan mengonsumsi makanan ini dalam jumlah kecil dan tak terlalu sering.

1. Junk Food

makanan penyebab bau badan

Siapa sih disini yang tak suka makanan cepat saji? Rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau membuat junk food jadi pilihan banyak orang kalau sedang kepepet. Kalau kamu suka makan junk food tiap hari, sebaiknya mulai sekarang dikurangi ya girls.

Selain membuat tubuh beraroma tak sedap, junk food akan meningkatkan kolestrol yang bisa membuatmu tambah gemuk. Ketika kamu mengonsumsi junk food, sistem pencernaan akan memprosesnya lebih lama karena tak mengandung molekul klorofil. Padahal molekul ini bisa mengatasi bau busuk dari proses cerna yang lama lho.

2. Seafood

Tak semua makanan seafood harus kamu hindari untuk mencegah bau badan kok. Beberapa jenis ikan tetap bisa kamu konsumsi secara rutin sebagai penambah nilai gizi dalam makanan. Tapi untuk kamu yang punya kelainan metabolism tubuh, ada baiknya mengurangi konsumsi seafood mulai sekarang.

Ini karena kondisi metabolisme tubuh yang lambat akan memproses seafood dalam jangka waktu yang lama. Hasilnya tubuh tak bisa mengolah dengan baik berbagai bahan kimia dalam seafood. Alhasil tubuhmu jadi bau dan amis deh!

3. Makanan Berbau Tajam

makanan penyebab bau badan

Makanan penyebab bau badan lainnya adalah makanan yang punya bau tajam. Misanya petai, jengkol ataupun durian. Makanan ini akan membuatmu punya bau badan karena proses cernanya yang lama. Tak hanya itu, makanan ini juga mengandung sulfur yang punya bau tak sedap.

Ketika kamu mengonsumsi durian atau jengkol dalam jumlah besar, zat ini akan terserap dalam aliran darah. Hal yang sama kalau kamu mengonsumsi petai, gas dan zat sulfur yang mengalir di dalam darah akan dilepaskan di paru-paru atau pori-pori kulit. Efek baunya pun butuh waktu lama buat hilang lho, jadi baiknya kamu hindari ya!

4. Bawang-Bawangan

daftar makanan penyebab bau badan

Sudah bukan rahasia umum kalau bawang-bawangan memang bisa membuat aroma keringat jadi tak sedap. Bawang merah dan bawang putih umpamanya, kedua jenis bawang ini punya aroma tajam karena senyawa belerang yang tinggi. Senyawa ini bisa mengalir lewat darah dan keluar dari tubuh dalam bentuk keringat.

Meskipun bisa membuat seseorang berpotensi punya bau badan, tapi kamu tetap bisa mengonsumsi bawang-bawangan kok. Pastinya dalam jumlah kecil dan kamu masukkan dalam menu harianmu. Zat allicin yang menyebabkan bau badan pada bawang bawangan ternyata memberikan manfaat yang besar pada sistem pencernaan.

5. Sayuran dengan Kandungan Sulfur yang Tinggi

Jangan mengira sayuran punya segudang manfaat untuk tubuh tanpa adanya efek negative ya. Untuk beberapa jenis sayuran seperti brokoli, lobak, kembang kol ataupun brussel sprout malah akan membuat kamu punya bau badan busuk jika kamu konsumsi berlebihan.

Pasalnya jenis sayuran ini punya kandungan belerang dan sulfur yang tinggi. Ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi sayuran ini, bau badanmu akan jadi lebih menyengat, begitu pula dengan aroma nafasmu. Jadi sebaiknya hindari sayuran ini ya!

6. Daging Merah

Makanan yang membuat badan menjadi bau biasanya merupakan makanan yang perlu waktu lama untuk dicerna. Daging merah misalnya, selain proses pengolahannya yang lama, jenis daging ini juga punya jangka waktu lama sampai benar-benar terolah dalam tubuh. Kadang daging merah akan mengendap dulu di sistem pencernaan sampai benar-benar halus.

Ketika daging merah ini tak kunjung terolah, maka tubuh akan bereaksi dengan mengeluarkan gas yang berbau busuk. Gas ini akan keluar lewat pori-pori dan membuat aroma keringatmu ikut bau. Kalau tak ingin punya bau badan, sebaiknya ganti daging merah dengan daging putih atau ikan ya girls.

Sudah tahu kan berbagai macam makanan penyebab bau badan? Selain menghindari mengonsumsi makan diatas, kamu juga bisa menghilangkan bau badan tak sedap dengan menjaga kebersihan diri atau menggunakan parfum ketika bepergian.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.