9 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari oleh Penderita Maag

3 bulan lalu, by Hai Gadis

Jenis makanan yang harus dihindari penderita maag

Pola makan seseorang bisa mempengaruhi kesehatan tubuhnya. Pola makan yang sehat dan tepat bisa membuat tubuhmu semakin bugar dan sehat. Sebaliknya, pola makan yang sembarangan, bisa membuat tubuhmu kurang fit dan kurang prima. Jika tubumu kurang fit dan prima, aktivitas sehari-hari pun bisa terganggu. Maka, kamu perlu menjaga kesehatan tubbuhmu.

Penyakit maag memang penyakit yang umum dialami orang. Pemicunya tidak lain dan tidak bukan adalah terlambat makan atau salah makan. Penderita maag biasanya mengalami sakit perut, misalnya perut menjadi panas. Sakit maag juga bisa kambuh secara mendadak. Jadi, kamu harus menjaga pola makan agar maag-mu tidak kambuh.

Penyakit maag sering sulit dibedakan dengan penyakit yang lain. Penyakit maag biasanya ditandai dengan perut yang mual, muntah, penurunan berat badan, perut yang nyeri sehingga mengurangi nafsu makan, sering sendawa, meningkatnya asam lambung, nyeri ulu hati, dan refluks. Sedangkan maag akut biasanya ditandai juga dengan gejala-gejala seperti muntah darah, mual dan muntah secara terus-menerus, anemia, dan lain-lain.

Ketika sakit maag kambuh secara mendadak dan tiba-tiba, penderitanya pasti merasa tersiksa. Apalagi penderita maag yang sudah akut. Rasanya seperti sudah kehilangan tenaga. Agar tidak terkena maag, ada beberapa hal yang seharusnya tidak kamu lakukan, diantaranya: stres, kecamasan yang berlebihan, terlalu banyak makan, efek samping dari pemakaian obat OAINS, tukak lambung, merokok, obesitas, dan lain-lain.

Ada beberapa cara yang efektif untuk meredakan penyakit maag yang sedang kamu alami, antara lain:

  1. Buat jadwal makan yang teratur dan jangan sampai terlambat makan. Kamu bisa mencantumkan jam kapan kamu akan sarapan, makan siang, dan makan malam.
  2. Harus selalu menyiapkan obat maag dimanapun dan kapanpun. Mintalah resep obat dari dokter. Jangan sembarangan membeli obat maag supaya bisa mendapatkan obat yang tepat.
  3. Jangan makan makanan yang pedas, asam, dan memiliki tingkat kafein yang tinggi. Ini bisa memicu asam lambung naik.
  4. Istirahatlah dengan cukup jika kamu mengalami sakit. Jika tidak sakit pun, kamu perlu istirahat yang cukup.
  5. Setelah makan, jangan langsung rebahan.
  6. Makanlah dengan jumlah porsi yang sedikit, namun sering.
  7. Hindari rokok karena rokok bisa meningkatkan asam lambung.
  8. Jangan makan terlalu cepat karena sistem pencernaan akan susah mengolah makanan yang kamu makan.
  9. Jangan makan secara belebihan karena bisa menyebabkan rasa mulas.

Keenam cara ini bisa meredakan sakit maag jika dilakukan secara konsisten dan disiplin. Kalau sakit maag-mu kambuh, jangan ragu-ragu untuk mengunjugi dokter ya agar keadaanmu bisa membaik dan cepat sembuh. Jangan menunda-nunda untuk mengunjungi dokter.

Sebagai penerita maag, kamu perlu menjaga asupan gizimu setiap hari. Ini perlu diterapkan agar asam lambungmu tidak naik. Selain itu, kamu harus memilih makanan dan minuman yang tepat. Untuk kamu yang menderita penyakit maag, kamu harus menghindari makanan-makanan dan minuman-minuman tertentu, yaitu:

1. Minuman Bersoda

Minuman yang Harus Dihindari oleh Penderita Maag

Minuman Bersoda – Photo via amazon.com

Saat cuaca sangat panas, soda memang sangat cocok untuk diminum karena rasanya yang cukup segar. Tapi, minuman bersoda dan berkarbonasi kurang cocok untuk para penderita maag. Minuman bersoda dan berkarbonasi bisa meningkatkan asam lambung. Otot kerongkongan bagian bawah menjadi lemah sehingga asam lambung bisa naik.

Bagi kamu yang menderita penyakit maag, kamu bisa pilih minuman yang lebih sehat ya, kamu tidak boleh asal memilih. Salah satunya, kamu harus cukup minum air putih, karena air putih sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kalau kamu kurang minum air putih dan dehidrasi, kesehatanmu bisa terganggu. Akhirnya, aktivitasmu pun bisa terganggu. Kurangnya minum air putih juga bisa membuat bibirmu kering dan pecah-pecah sehingga bisa merusak penampilanmu. Minum air putih juga sangat penting untuk kesehatan kulitmu. Jadi, jangan lupa untuk minum air putih setiap hari ya, minimal 2 liter.

Jika kamu tidak mau aktivitasmu terganggu, kamu bisa juga hentikan kebiasaan dalam mengonsumsi minuman yang bersoda. Minuman yang bersoda pada umumnya mengeluarkan gas yang bisa membuat perutmu menjadi kembung.

2. Kopi

Minuman yang harus dihindari penderita maag

Kopi – Photo via independent.co.uk

Kopi memang tidak diperuntukkan dan tidak disarankan bagi para penderita maag. Sama seperti minuman bersoda, kopi juga bisa melemahkan otot kerongkongan bagian bawah. Karena hal ini, asam lambungmu bisa naik. Kamu pun akan merasa kurang nyaman. Untuk penderita maag, sebaiknya kamu menghindari kopi ya. Kamu bisa pilih minuman lain yang lebih sehat dan tidak membuat maag-mu kambuh.

Kalau kamu tidak mau penyakit maagmu kambuh, kamu bisa menghentikan kebiasaanmu dalam mengonsumsi kopi. Kandungan kafein yang tinggi pada kopi bisa membuat asam lambungmu naik. Minum kopi atau teh setiap hari sebenarnya bisa memberi efek yang tidak baik bagi tubuhmu, terutama kesehatan lambung. Jadi, kamu harus menguranginya ya demi kesehatan tubuhmu.

Kopi bisa berdampak buruk pada penyakit maagmu, karena mengandung kadar asam yang cukup tinggi. Kandungan asam inilah yang memaksa lambung untuk bekerja lebih keras lagi.

Kopi memiliki kafein tinggi yang bisa mengakibatkan seksresi hormon gastrin yang berujung pada sekresi getah lambung. Ini bisa membuat mukosa lambungmu mengalami iritasi.

3. Makanan Pedas

Makanan yang harus dihindari penderita maag

Makanan Pedas – Photo via penntoday.upenn.edu

Makanan pedas secara berlebihan juga bisa membuat perutmu sakit, misalnya mulas dan diare. Selain mulas dan diare, cabai juga bisa memperburuk kondisi lambung. Capsaicin pada cabai bisa memperlambat sistem pencernaan.

Kalau kamu doyan makan makanan yang pedas tetapi menderita penyakit maag, mulai sekarang kamu harus mengurangi kebiasaanmu ini, karena makanan yang pedas bisa memicu naiknya asam lambung sehingga lambung bisa terluka. Kamu bisa mengurangi konsumsi lada, paprika, dan cabai yang dominan dengan rasa pedas.

Buat pecnta maag harus bisa menahan makanan yang pedas, karena makanan yang pedas bisa melukai lambungmu. Makan  makanan yang pedas memang enak untuk disantap, namun jangan terlalu sering dan jangan berlebihan ya.

Makan makanan  yang pedas secara berlebihan bisa menimbulkan konstraksi dalam pencernaan. Meskipun sedang booming, kamu jangan terpengaruh ya. Usahakan tidak menyantap makanan yang pedas lebih dari sekali dalam satu minggu selama enam bulan secara berturut-turut. Beberapa referensi mengatakan bahwa makanan pedas merupakan salah satu penyebab utama penyakit maag. So, kamu harus tetap hati-hati ya.

Makanan ini bila dikonsumsi berlebihan akan merangsang sistem pencernaan berkontraksi, terutama pada lambung dan usus. Kontraksi inilah yang membuat rasa panas dan nyeri di ulu hati disertai mual dan muntah.

4. Gorengan

Makanan yang harus dihindari penderita maag

Gorengan – Photo via aarp.com

Gorengan memang salah satu makanan yang paling enak dan banyak diminati orang. Makanan ini memang tak pernah lekang oleh waktu, karena disukai orang dari waktu ke waktu. Makanan gorengan seperti bakwan, tempe goreng, tahu goreng, dan ubi goreng memang sangat nikmat. Selain harganya yang murah, gorengan juga cocok dijadikan sebagai camilan ditemani dengan segelas teh manis. Namun, gorengan bisa menjadi pemicu menaiknya asam lambung. Otot kerongkonganmu juga akan melemah sehingga asam lambung akan naik dan menjalar ke kerongkongan.

Intinya, gorengan memberi efek yang berbahaya bagi para pengidap penyakit maag. Lemak yang ada di gorengan memang tidak baik untuk kesehatan tubuhmu. Jadi, kamu perlu mengurangi porsi makan gorenganmu ya! Gorengan memang tidak pernah cocok dengan para pengidap penyakit maag. Jadi, lebih baik dihindari daripada maag-mu semakin parah.

5. Buah yang Terlalu Asam

Makanan yang harus dihindari penderita maag

Buah yang Terlalu Asam – Photo via pe.com

Para penderita maag tidak disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang terlalu asam. Misalnya, lemon, jeruk nipis, jeruk bali, dan jeruk. Kandungan asam pada buah-buahan tersebut bisa melukai tubuhmu. Sehingga bisa menimbulkan rasa mulas. Jadi, buah-buahan yang sifatnya terlalu asam tidak direkomendasikan untuk para penderita maag.

Kebiasaan terlalu sering mengonsumsi minuman yang sifatnya asam pun bisa berdampak pada kesehatanmu. Misalnya, mengonsumsi muman asam bisa merusak enamel gigi. Contoh minuman asam adalah minuman olahraga, minuman eneergi, cola, dan jus apel. Ada penelitian yang mengatakan jika mengonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak dan berlebihan, seiring berjalannya waktu ini bisa merusak enamel gigi.

6. Daging dengan kandungan lemak tinggi

Makanan harus dihindari penderita maag

Daging Berlemak Tinggi – Photo via discover.grasslandbeef.com

Sama seperti gorengan dan makanan yang pedas, kamu yang menderita maag tidak disarankan makan daging dengan kadar lemak yang tinggi. Kandungan lemaknya bisa memicu naiknya asam lambung. Katup kerongkongan jadi melemah. Daging berlemak tinggi juga susah untuk dicerna oleh lambung sehingga bisa memicu peningkatan asam lambung.

Contoh dari daging dengan kadar lemak yang tinggi adalah domba, kambing, dan sapi. Daging-dagingan seperti ini bisa kamu hindari karena lemaknya bisa membuat asam lambung naik.

Daging sapi dan kambing memang dikenal sebagai daging dengan tingkat lemak jenuh yang tinggi. Apalagi jika kamu mengambil bagian yang banyak lemak, misalnya bagian T-bone, rib eye, atau sirloin. Mengonsumsinya secara berlebihan tidak hanya mempengaruhi penyakit maag-mu, bahkan bisa menyebabkan kolesterol.

7. Susu berlemak tinggi (high fat)

Makanan harus dihindari penderita maag

Susu Berlemak Tinggi – Photo via medicaldaily.com

Selain daging berlemak tinggi, hindari juga susu dengan kadar lemak yang tinggi. Hal ini bisa memicu naiknya asam lambung. Untuk penderita maag, lebih baik untuk mengonsumsi susu dengan kadar lemak yang rendah atau low fat daripada susu dengan kadar lemak yang tinggi.

Salah satu produk yang kadar lemaknya tinggi adalah susu full cream. Susu seperti ini juga tidak cocok jika dikonsumsi oleh orang yang menderita obesitas karena mengandung kalori yang cukup tinggi. Orang yang obesitas pun juga dianjurkan untuk minum susu rendah lemak atau low fat.

8. Makanan dengan kadar gula yang tinggi

Makanan harus dihindari penderita maag

Makanan dengan Kadar yang Tinggi – Photo via womenfitness.net

Gula bisa memberi rasa manis pada makanan dan minuman. Beberapa makanan bahkan sudah mengandung gula secara alami. Bahkan makanan yang terasa tidak manis, terkadang juga mengandung gula di dalamnya. Misalnya, yoghurt, oatmel, dressing salad, granola, air kelapa, dan lain-lain.

Sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang kadar gulanya tinggi secara berlebihan. Tindakan ini tidak hanya harus diambil oleh penderita maag, tapi juga oleh mereka yang tidak mengidap maag. Makanan dengan kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan iritasi dan luka pada lambung. Beberapa makanan dengan kadar gula yang tinggi, antara lain roti, cokelat, tart cake, kue kering, dan minuman-minuman yang  manis. Makan makanan manis yang terlalu berlebihan juga bisa menyebabkan penyakit diabetes. Jadi, jangan berlebihan ya, guys.

Orang yang bukan pengidap maag pun harus mengatur konsumsi gula mereka karena jika berlebihan tidak baik untuk tubuh, Misalnya, konsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan penyakit, seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, aneka permasalahan pada gigi. Ada baiknya, ketika kamu mengonsumsi banyak gula, kamu menyempatkan diri untuk melakukan olahraga.

9. Minuman alkohol

Minuman harus dihindari penderita maag

Minuman Alkohol – Photo via en.wikipedia.com

Jangan minum minuman alkohol jika kamu merupakan pengidap penyakit maag. Pada umumnya minuman alkohol memiliki kandungan berupa asam yang tinggi. Hasilnya, asam lambungmu bisa naik sehingga perutmu menjadi sakit dan nyeri. Jika tidak langsung ditangani, kamu bisa merasa lemas. Maka, ada baiknya kamu tidak mengonsumi minuman beralkohol demi kesehatan tubuhmu.

Minum minuman beralkohol yang berlebihan bisa menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatanmu. Jadi, kamu harus mengontrol kebiasaanmu dalam minum minuman yang beralkohol ya. Minum minuman beralkohol bisa menyebabkan gangguan mental. Pecandu minuman alkohol juga lebih mudah terkena penyakit. Minuman ini juga bisa membuatmu kehilangan kesadaran.

Inilah beberapa makanan dan minuman yang perlu kamu hindari sebagai penderita penyakit maag karena bisa menaikkan asam lambung. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang lain yang tidak memicu meningkatnya asam lambung. Misalnya, kamu bisa makan buah pisang dan pepaya. Selain mengonsumsi buah-buahan terentu, kamu juga bisa mengonsumsi beberapa sayuran tertentu, seperti brokoli, kentang, dan lain-lain. Untuk minumannya, kamu bisa minum air putih secukupnya setiap hari. Jangan lupa juga datang ke dokter untuk mengontrol penyakit maag-mu dan meminta saran makanan dan minuman apa yang cocok untuk kamu konsumsi.

Kamu perlu ingat bahwa kesehatan tubuhmu itu sangat penting. Jadi, kamu harus mempertimbangkan banyak hal dalam memilih makanan dan minuman untuk kesehatan tubuhmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *