14 Hal yang Bikin Cewek Merasa Insecure

By Hai Gadis

Dibandingkan cowok, umumnya cewek lebih sering merasakan insecure. Dan inilah beberapa hal yang bikin banyak cewek merasa insecure dalam menjalani berbagai aspek kehidupan!

Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya insecure. Namun cewek disebut lebih sering dan mudah merasakan insecure ketika mendapati dirinya tidak semenarik cewek lain. Apalagi jika kamu sering scroll media sosial yang isinya banyak orang flexing dan memamerkan kesempurnaan, jadi nggak heran hal tersebut membuat banyak cewek menjadi obsesif dan merasa semakin tertekan untuk mencapai kesempurnaan. Dan hal tersebut membuat banyak cewek memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah.

Insecure sendiri merupakan perasaan tidak percaya diri, malu, takut, gelisah dan tidak aman yang disebabkan oleh rendahnya penilaian terhadap diri sendiri. Perasaan insecure ini kerap kali terjadi ketika kita harus berhadapan dengan seseorang yang “lebih” dari diri kita sendiri.

Nah berikut berbagai hal yang bikin cewek merasa insecure! Apakah relate dengan yang kamu alami?

1. Kecantikan wajah

Hal-hal yang Bikin Cewek Merasa Insecure

photo via themodernman.com

Nggak bisa ditampik kalau penampilan wajah memang sangat mempengaruhi kesan pertama orang-orang dalam menilai seseorang. Bahkan banyak cewek yang menganggap kalau penampilan merupakan salah satu faktor yang menentukan cara mereka dievaluasi oleh orang lain. Nggak heran jika cewek lebih memperhatikan penampilan dibanding cowok. Mereka menganggap bahwa semakin cantik wajah maka semakin banyak yang tertarik dan mau berteman dengannya.

Inilah yang membuat banyak cewek rela menggelontorkan banyak uang untuk membeli skincare atau makeup yang mahal untuk mempercantik diri. Tak hanya itu, banyak juga yang rela melakukan prosedur kecantikan yang mahal dan menyakitkan, seperti botox, filler, hingga bedah plastik untuk meningkatkan kepercayaan diri.

2. Warna dan kondisi kulit

Hal-hal yang Bikin Cewek Merasa Insecure

photo via medpagetoday.com

Selain kecantikan wajah, warna dan kondisi kulit juga sering kali membuat para wanita merasa insecure. Entah dari kapan, namun warna kulit putih seperti telah menjadi standar kecantikan wanita Indonesia. Padahal mayoritas penduduk Indonesia sendiri memiliki warna kulit sawo matang. Nggak heran jika banyak wanita Indonesia yang ingin memutihkan warna kulit alami mereka dengan menggunakan berbagai jenis skincare dan perawatan yang mahal.

Selain warna kulit, kondisi kulit seperti kusam, berjerawat, berminyak dll juga membuat para wanita merasa tidak percaya diri bahkan enggan keluar rumah. Mereka khawatir dan takut akan mendapatkan kalimat pertanyaan seperti “Wajah kamu berminyak banget sih?”, “Jerawatnya kenapa makin parah?”, “Duh hidung kamu kayak landak deh, banyak komedonya!” Nah pertanyaan-pertanyaan seperti itulah yang membuat kaum hawa merasa insecure dan malas keluar rumah.

3. Berat badan dan bentuk tubuh

Hal-hal yang Bikin Cewek Merasa Insecure

photo via byrdie.com

Berat badan memang menjadi momok yang menakutkan bagi kebanyakan cewek. Sudah menjalani program diet dan olahraga yang rutin, tetap saja overweight. Belum lagi banyak cowok yang menganggap cewek bertubuh langsing lebih cantik dibanding mereka yang bertubuh gemuk. Inilah yang sering kali membuat para cewek merasa insecure.

Para cewek biasanya akan mudah tersinggung dan tersakiti hatinya, ketika ada yang mengomentari berat badan dan bentuk tubuhnya. Seperti “kamu gendutan ya?, gimana nggak gendut, makannya banyak gitu”. Nah kalimat-kalimat yang mengarah pada penampilan fisik inilah yang akan membuat mood mereka menjadi rusak sekaligus membuat kepercayaan diri mereka berkurang. Alhasil, para wanita ini rela melakukan berbagai cara termasuk cara ekstrim yang membahayakan agar penampilan fisiknya tak lagi dipermasalahkan.

4. Ukuran payudara

Hal-hal yang Bikin Cewek Merasa Insecure

photo via freepik.com

Ukuran payudara juga sering kali membuat para cewek merasa insecure. Mereka yang memiliki dada yang rata merasa kurang percaya diri dan ingin memiliki dada yang lebih berisi. Hal inilah yang membuat banyak cewek rela melakukan banyak cara untuk mendapatkan apa yang dia inginkan, termasuk ukuran payudara.

Disisi lain, tak sedikit cewek yang justru merasa kurang bercaya diri memiliki ukuran payudara yang besar karena merusak proporsi tubuh mereka. Dan cewek-cewek dengan permasalahan ini justru ingin memiliki payudara yang berukuran kecil. Terlepas dari itu semua, ukuran payudara memang salah satu momok yang bikin cewek merasa insecure.

5. Bentuk gigi

Hal-hal yang Bikin Cewek Merasa Insecure

photo via blakeneysmiledentistry.com

Meski memiliki wajah yang cantik, bentuk tubuh yang ideal namun jika mereka merasa bentuk gigi mereka kurang indah, maka hal tersebut bisa menjadi sumber penyebab cewek merasa insecure. Nggak hanya bentuk gigi saja, warna gigi juga kerap kali membuat cewek merasa kurang percaya diri. Karena penampilan giginya tersebut, banyak cewek yang jadi malu saat berbicara dengan orang lain. Bahkan untuk tertawa lepas pun mereka benar-benar tidak percaya diri.

6. Penampilan rambut

Hal-hal yang Bikin Cewek Merasa Insecure

photo via lovedbycurls.com

Bagi cewek, rambut merupakan mahkota kecantikan. Jadi jangan heran jika mereka selalu menata rambut mereka setiap saat. Namun jika rambut mereka terlihat lepek, kusut, mengembang dan berantakan, maka mereka akan merasa tidak percaya diri untuk berhadapan dengan orang lain. Mereka takut dinilai sebagai cewek yang jorok dan tidak memperhatikan penampilan jika rambut mereka lepek dan berminyak, meskipun hal itu terjadi karena aktivitas mereka yang padat.

7. Bau badan

Hal-hal yang Bikin Cewek Merasa Insecure

photo via everydayhealth.com

Bau badan sering kali membuat orang-orang kabur dan tidak mau dekat-dekat dengan kita. Jadi nggak heran jika bau badan menjadi salah satu penyebab cewek merasa insecure. Bahkan bukan hanya pada cewek, namun semua orang yang menyadari jika dirinya memiliki bau badan tak sedap pasti akan merasa malu untuk bertemu dengan banyak orang.

Jadi jangan heran jika banyak cewek selalu membawa parfum kemana-mana untuk memastikan dirinya tetap harum sehingga mereka memiliki kepercayaan diri bertemu banyak orang.

8. Uang

Hal-hal yang Bikin Cewek Merasa Insecure

photo via freepik.com

Pasti banyak diantara kalian yang pernah mendengar kalimat “cantik tapi kok gak modal”, atau mungkin pernah dianggap beban keluarga karena belum sukses diaspek finansial. Nah hal-hal seperti inilah yang membuat uang menjadi salah satu faktor yang dapat menghilangkan rasa kepercayaan diri seseorang termasuk para wanita.

Belum lagi banyak menantu cewek yang dianggap hanya menghabiskan duit suami hanya karena tidak bekerja dan tidak memiliki penghasilan. Jadi jangan heran jika banyak cewek yang merasa insecure jika tidak memiliki uang tabungan pribadi yang memadai.

9. Faktor keberuntungan asmara

Hal-hal yang Bikin Cewek Merasa Insecure

photo via lovedevani.com

Tidak memiliki pasangan dan menjomblo terlalu lama meski usia sudah matang untuk menikah juga menjadi salah satu penyebab kenapa cewek merasa insecure. Mereka jadi menghindari pertemuan-pertemuan dengan orang-orang yang selalu menanyakan status asmara mereka. Seperti pertanyaan “umur segini kenapa belum menikah?”, “kenapa jomblo terus, nggak laku ya?”, “terlalu pemilih sih, makanya nggak dapet jodoh”. Nah pertanyaan-pertanyaan seperti ini tak hanya membuat insecure, namun juga membuat suasana hati menjadi rusak.

Masalah asmara yang tidak seberuntung cewek lain ini juga membuat kebanyakan cewek lebih fokus pada hal-hal yang kurang dalam dirinya daripada kelebihan yang sudah dimiliki.

10. Kemampuan intelektual

Hal-hal yang Bikin Cewek Merasa Insecure

photo via betterhelp.com

Banyak juga cewek yang merasa insecure ketika berhadapan dengan orang-orang intelek dan memiliki wawasan luas. Ini karena mereka ragu dengan kemampuan intelektual yang mereka miliki, sehingga mereka takut mengeluarkan pendapat, dan memilih diam dan tidak terlibat sama sekali.

Mereka juga takut jika pendapat mereka ditolak karena dianggap tidak berarti. Perasaan menyakitkan yang belum tentu terjadi itu membuat mereka merasa takut sebelum mencoba. Dan hal inilah yang menjadi cikal bakal rasa insecure terjadi.

11. Tidak pernah merasa dihargai

Hal-hal yang Bikin Cewek Merasa Insecure

photo via marriage.com

Tidak pernah merasa dihargai juga menjadi salah satu penyebab seseorang merasa insecure. Contohnya saja seperti sering diberikan kata-kata yang bersifat meremehkan, sering diberikan komentar yang menjatuhkan, sering tidak dianggap keberadaannya, karyanya tidak pernah diapresiasi dll. Semua itu dapat membuat cewek mudah merasa insecure. Bahkan nggak hanya cewek, siapapun yang mengalaminya pasti akan merasa insecure dan merasa dirinya tidak berguna.

12. Pengalaman buruk dan takut penolakan

Hal-hal yang Bikin Cewek Merasa Insecure

photo via healthshots.com

Hampir kebanyakan cewek yang memilki pengalaman buruk pasti memiliki rasa insecure ketika harus bersosialisasi dengan banyak orang. Pengalaman buruk ini bisa seperti pelecehan, tindak kekerasan, dicampakan oleh kekasih dll. Selain itu, penolakan juga membuat banyak cewek tidak percaya diri dalam melalui beberapa aspek kehidupan.

Penolakan yang membuat insecure ini contohnya seperti, ditolak cintanya sehingga merasa kurang percaya diri untuk mencari pasangan baru. Bisa juga karena ditolak ide-idenya ketika rapat bersama rekan kantor namun ide serupa dari orang lain justru diterima. Penolakan dalam lingkup pertemanan karena kurang cantik dan kaya juga membuat banyak cewek merasa insecure. Jika penolakan ini terjadi secara terus-menerus, tentu mereka akan berpikir kalau dirinya tidak pantas memiliki teman ataupaun pasangan.

13. Tuntutan sosial

Hal-hal yang Bikin Cewek Merasa Insecure

photo via liveboldandbloom.com

Dibanding cowok, cewek memiliki tuntutan sosial yang lebih banyak. Dimana untuk menjadi cewek yang unggul, maka cewek harus bisa memasak, harus pinter ngurus suami dan anak, terampil mengurus rumah tangga, harus bisa dandan, harus pintar mengatur keuangan, harus feminin dan sebagainya. Tuntutan tersebut juga semakin diperburuk dengan klaim bahwa cewek yang nggak bisa masak ataupun mengurus rumah tangga maka tidak akan mendapatkan jodoh.

Tuntutan sosial seperti inilah yang bikin cewek jadi insecure dan lebih sering merasa gelisah, khawatir, tertekan, dan takut. Para cewek seakan ditekan untuk bisa menyenangkan hati banyak orang.

14. Penilaian dari orang lain

Hal-hal yang Bikin Cewek Merasa Insecure

photo via verywellfamily.com

Satu lagi hal yang bikin cewek merasa insecure adalah penilaian dari orang lain. Jika penilaian yang diberikan positif, tentu bukan masalah. Namun faktanya, banyak orang-orang disekitar kita justru memberikan penilaian yang buruk terhadap pilihan kita.

Misalnya saja kamu menggunakan dress berwarna pink, dan teman kamu mengomentari dirimu norak karena menggunakan dress tersebut. Atau bisa juga kamu memilih memesan makanan yang porsinya jumbo, dan teman kamu mengomentari kalau porsi makan kamu terlalu banyak. Hal-hal yang seperti inilah yang membuat banyak orang khususnya cewek merasa insecure.

Maka dari itu, sebaiknya hindari tipe-tipe teman yang toxic yang hanya memberikan komentar negatif yang menjatuhkan kepercayaan diri demi kesehatan mental kamu.

Nah itu dia beberapa hal yang bikin cewek merasa insecure. Apakah relate dengan yang kamu rasakan? Ada yang bilang kalau rasa insecure dibutuhkan agar kita selalu termotivasi menciptakan perubahan yang lebih baik untuk hidup kita. Namun rasa insecure yang berlebih juga tidak baik karena dapat mengganggu kesehatan mental kamu dan membuat kamu kesulitan menjalani kehidupan sehari-hari. Maka dari itu sangat penting untuk belajar menerima apapun kelebihan dan kekurangan dirimu agar kita bisa lebih percaya diri.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.