Penting, Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menyebabkan Kerusakan Tulang Tanpa Kamu Sadari

By Hai Gadis

Tulang menjadi bagian yang penting untuk tubuh, karena alasan itulah, menjaganya tetap kuat adalah kewajibanmu. Namun tanpa kita sadari ada kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan tulang rusak lho girls.

Jika kamu lakukan terus menerus, bisa bisa masalah tulang akan kamu alami di usia muda. Yuk biar tulang tetap kuat, hindari kebiasaan buruk berikut ini!

Kebiasaan Sepele yang Bisa Merusak Tulang

1. Membungkukkan Badan Terlalu Sering / Lama

Photo by yogajournal.jp

Ketika kita bekerja atau mengerjakan tugas, kadang kita akan membungkuk untuk bisa melihat lebih baik. Gerakan ini memang alami, tapi kalau kamu lakukan setiap hari, dampaknya bisa buruk lho.

Khususnya pada bagian tulang belakang, terlalu sering membungkuk akan membuat saraf tulang punggung terjepit. Itulah kenapa kamu akan mengalami sakit pinggang kalau duduk terlalu lama. Agar tulangmu tetap kuat meski harus bekerja sepanjang hari, jangan lupa melakukan peregangan ya!

2. Terlalu Lama Duduk

Setelah beraktifitas, duduk sejenak tentu terasa nyaman. Tapi kamu tau gak kalau duduk akan membuat tulang belakang bekerja lebih keras? Menurut penelitian, ketika kamu duduk, tulang belakang akan menanggung 40 persen beban lebih besar dibandingkan berdiri.

Girls jangan sampai kebiasaan duduk lama membuat tulangmu bermasalah ya. Berdirilah dan lakukan gerakan peregangan ringan. Ini juga akan menurunkan resiko lordosis, scoliosis ataupun sakit punggung lho!

3. Merokok

Tembakau yang ada di dalam rokok memiliki radikal bebas yang akan berbahaya bagi kesehatan tulang. Radikal bebas ini akan bersarang di jaringan tisu, kemudian merusak persendian dan tulang. Sebaiknya jauh-jauh ya girls dari kebiasaan merokok.

4. Memakai Sepatu Hak Tinggi

photo by cnn-indonesia.com

Kalau kamu suka pakai sepatu hak tinggi, ada baiknya kamu mulai mengurangi kebiasaan yang satu ini. Pakai sepatu hak tinggi boleh-boleh saja, asalkan tidak dalam jangka waktu lama.

Ketika kamu mengguakan sepatu hak tinggi, ada peregangan di jaringan lunak sekitar sendi. Nantinya jaringan lunak ini akan rusak dan bisa menurunkan kesehatan tulang. Misal kamu mau pakai heels kesayangan, usahakan untuk tidak sering-sering ya!

5. Malas Bergerak atau Sedentari

Istilah sedentari mungkin masih awam bagi masyarakat Indonesia, tapi gimana kalau istilah malas bergerak? Ya, sedentary adalah sebutan untuk malas bergerak dan lebih memilih berdiam diri di rumah saja.

Gaya hidup seperti ini bisa mengakibatkan masalah kesehatan lho, khususnya untuk tulang. Kepadatan tulang bisa tetap terjaga kalau kamu bergerak, mengonsumsi makanan sehat dan terkena vitamin D dari sinar matahari. Agar tidak mager dan malah membuatmu sakit pinggang, coba lakukan olahraga ringan setiap hari.

7. Mengalami Stress Konstan

photo by kompas.com

Kebiasaan buruk yang merusak tulang lainnya adalah mengalami stress secara konstan. Sudah jadi rahasia umum girls kalau stress menjadi biang berbagai penyakit. Tak hanya masalah imun, kamu juga akan mengalami leher dan punggung pegal, lama kelamaan akan merambat dan membuatmu rentan terkena gangguan tulang belakang.

Kalau kamu mulai stress karena tugas kantor atau tugas kuliah, kamu bisa rehat sejenak atau minta cuti. Ketika bekerja, kamu bisa meluangkan sedikit waktu untuk berbincang dengan teman atau menikmati camilan yang kamu sukai.

8. Membawa Tas Berat

Girls kalau ke sekolah atau ke kampus kamu sering bawa tas berat tidak? Kalau iya, sebaiknya segera hentikan dari sekarang deh. Membawa tas yang berat akan memperparah kondisi tulang, bahkan bisa membuat kamu mengalami kelainan pada otot.

9. Tidak Mau Olahraga

kebiasaan merusak tulang

photo by tabloidbintang.com

Mau olahraga rutin tapi kok rasanya malas ya. Duh, mindset tersebut harus kamu buang jauh-jauh girls. Rutin berolahraga tak hanya membuat tubuhmu tetap sehat, kesehatan dan kepadatan tulangmu akan tetap terjaga.

Kalau kamu malas olahraga, ada kemungkinan otot dan tulangmu bermasalah lho. Mulai dari otot yang tegang, saraf terjepit, atau pengapuran pada tulang. Coba deh luangkan waktu 30 menit per hari untuk melakukan peregangan ringan.

Kebiasaan buruk diatas sebaiknya kamu hindari dari sekarang ya girls. Jangan sampai kamu menyesal di masa depan karena tak mau menjaga kesehatan tulang. Agar tulang makin kuat, kamu bisa mulai dengan olahraga dan rutin mengonsumsi makanan yang memiliki kalsium tinggi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.