Tips Mudik yang Harus Kamu Perhatikan agar Selamat Sampai Tujuan

By Hai Gadis

Lebaran memang masih lama, namun rencana untuk mudik sudah di depan mata kan? Agar mudikmu aman dan selamat sampai tujuan, ada tips mudik yang bisa kamu lakukan nih. Jadi di hari lebaran nanti, kamu bisa berkumpul bersama keluarga tersayang.

Mudik bisa dilakukan dengan beragam kendaraan, mulai dari motor, mobil, pesawat, hingga kendaraan umum seperti bis dan kereta. Girls, biar tidak tergesa-gesa menjelang lebaran nanti, yuk siapkan perlengkapannya dari sekarang.

Persiapkan Kondisi Fisik

tips mudik bersama anak

photo by techinasia.com

Baik kamu pakai kendaraan pribadi atau umum, mempersiapkan kondisi fisik tetap harus kamu lakukan. Karena perjalanan mudik cukup panjang, jangan sampai kamu malah sakit, apalagi kamu dalam keadaan puasa.

Sakit ketika mudik malah akan menyulitkanmu, besar kemungkinan kamu harus menunda perjalanan dan menunggu sampai sembuh. Mempersiapkan kondisi fisik bisa dengan mengatur konsumsi makanan dan minum multivitamin.

Bawa Kebutuhan yang Diperlukan

tips mudik aman

Photo by greenflag.com

1. Siapkan Perlengkapan Mudik

Sebelum memulai perjalanan, lebih baik siapkan perlengakapan untuk mudik. Obat pribadi jangan sampai kamu lupakan ya girls, begitu pula dengan jas hujan, jaket atau kaca mata.

2. Pakai Pakaian yang Nyaman

Ketika mudik, cuaca tak bisa ditebak, bisa panas terik, bisa juga dingin. Karena itu gunakan pakaian yang sekiranya nyaman kamu kenakan. Pakaian dengan bahan katun dan linen bisa kamu pertimbangkan karena bahannya yang adem dan menyerap keringat.

3. Jangan Bawa Barang Terlalu Banyak

Umumnya masyarakat Indonesia akan melakukan mudik di minggu pertama dan kedua setelah lebaran. Kalau memang tak ingin menginap dalam jangka waktu lama, sebaiknya bawa barang secukupnya. Barang yang terlalu banyak malah akan memberatkanmu selama perjalanan.

Perhatikan Kondisi Kendaraan

photo by okezone.com

Kalau kamu mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam kondisi prima ya! Sebelum berangkat, kamu sebaiknya membawa kendaraan untuk di servis. Jadi selama perjalanan kamu tak harus mengurus kendaraan yang tiba tiba macet.

Tapi bukan berarti kamu tak membawa peralatan darurat ya! Ini untuk berjaga-jaga jika kendaraanmu mogok di tengah jalan. Perlengkapan darurat ini bisa kamu beli sebelum berangkat mudik.

Kalau kamu naik kendaraan umum, beli tiket jauh-jauh sebelum berangkat. Dengan begitu kamu bisa dapat dengan harga yang lebih terjangkau dan bisa memilih tempat duduk yang nyaman selama perjalanan.

Jangan Lupa Istirahat

tips mudik 2022

photo by tempo.co

Biasanya ada banyak rest area sepanjang jalan raya atau jalan tol. Kalau kamu sudah merasa capek mengemudi, kamu bisa berhenti sejenak untuk beristirahat. Hal yang sama kalau kamu naik kendaraan umum, jika dirasa tubuh sudah capek, istirahatkan badan terlebih dahulu.

Kalau kamu tak bisa menemukan rest area, kamu bisa menginap di hotel murah sepanjang perjalanan. Bisa pula mampir ke masjid untuk beribadah atau sekedar meluruskan kaki girls.

Tips Sepanjang Perjalanan Mudik

Tips mudik aman

photo by tatacapital.com

1. Manfaatkan Aplikasi Peta

Agar kamu tak tersesat, manfaatkan aplikasi peta di ponsel pintarmu. Pilih jalan raya utama agar lebih mudah untuk berisitirahat atau membeli kebutuhan darurat. Hindari jalan tikus, apalagi kalau kamu tak paham daerah tersebut.

2. Jangan Ngebut

Memakai kendaraan pribadi memang akan membuatmu lebih leluasa selama perjalanan. Namun bukan berarti kamu bisa ngebut ya girls, tetap kendarai motor atau mobilmu dengan kecepatan normal. Kalau ngebut, tak hanya rawan kecelakaan, tapi juga bisa membahayakan orang lain.

3. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Jangan lupa untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas selama mudik ya. Selain jangan mengebut, tetap berhati-hati selama perjalanan dengan tidak berkendara dalam keadaan mengantuk atau mabuk. Bawa juga semua surat penting kendaraanmu.

4. Jangan Mudah Percaya Orang Lain

Ketika naik kendaraan umum, ada banyak orang yang akan kamu temui. Namun ingat untuk tidak mudah percaya dengan orang lain, apalagi kalau mereka mengaku-ngaku anggota keluarga. Jika memang tidak kenal, hindari terlalu akrab dengan orang lain.

5. Jangan Pakai Perhiasan Mencolok

Hindari menggunakan perhiasaan yang mencolok selama melakukan mudik. Kurangi penggunaan ponsel selama naik kendaraan umum dan simpan semua barang berharga dalam tas agar tak mengundang copet.

Itu dia beberapa tips mudik yang bisa kamu lakukan nanti. Selama mudik, tetap berhati-hati ya, ingat ada keluarga besar yang menunggumu di rumah girls!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.