Ciri-Ciri Budak Cinta yang Harus Kamu Ketahui Agar Nggak Termasuk Salah Satunya

5 bulan, by Hai Gadis

Ciri budak cinta

Pasti kamu sering mendengar istilah bucin, ‘kan? Tahu nggak nih Girls ciri-ciri bucin? Ya, bucin atau budak cinta menggambarkan seseorang yang rela melakukan apa pun untuk pasangannya, meski nggak masuk akal. Mungkin yang namanya sudah mencintai seseorang bakalan membuatmu rela berkorban dan akan selalu membuat pasanganmu bahagia. Namun kalau berlebihan hingga kamu merasa menderita, itu namanya bucin.

Kalau menurut artikel di guesehat.com yang mewawancarai pakar hubungan Denrich Suryadi, M.Psi, budak cinta ini adalah kondisi seseorang yang sulit menyaring antara logika dan emosi. Demi selalu membahagiakan pasangan, kamu bakalan rela melakukan apa pun meski banyak berkorban. Sebenarnya nggak masalah sih kalau kamu dan dia memiliki tujuan yang sama dalam menjalin hubungan serta bisa saling pengertian. Namun jika kamu hanya dimanfaatkan? Waduh, jangan sampai deh Girls!

Penyebab bucin

Sebenarnya apa sih yang bikin seseorang jadi bucin terhadap pasangannya? Kalau yang satu ini sih bisa jadi sangat kompleks. Mungkin saja penyebabnya pengalaman di masa lalu yang membuat seseorang jadi takut kehilangan pasangannya. Mending simak deh penyebab bucin berikut ini.

a. Pengalaman yang nggak enak di masa lalu

Mungkin saja lho kehilangan pasangan, keluarga, atau teman dekat menjadi hal yang bikin seseorang jadi bucin. Ia akan merasa bahwa pasangannya saat ini harus dijaga sebaik mungkin agar kehilangan nggak terulang lagi. Bisa jadi, ‘kan?

b. Terlalu mencintai karena susah mendapatkan pasangan

Yang ini juga bisa jadi penyebab lho. Misalnya nih, seorang cowok merasa susah mendapatkan hati seorang cewek. Maka, karena ia harus menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mendapatkan orang tersebut, saat sudah dimiliki, pasti ia nggak akan membiarkan dirinya kehilangan.

c. Kurang percaya diri

Penyebab kamu menjadi bucin selanjutnya adalah kurang pede lho. Bisa jadi karena kamu merasa kurang cantik, kurang cerdas, atau kurang baik, kamu jadi takut ia meninggalkanmu untuk mencari yang lebih baik. Akibatnya, kamu akan melakukan apa saja untuknya.

Nah, itu dia beberapa penyebab bucin yang mungkin terjadi. Masih banyak lho yang bisa menjadi faktor penyebab karena kondisi seseorang pastinya berbeda-beda. Namun apa pun itu, kamu harus tahu juga ciri-ciri budak cinta, Girls. Bisa jadi kamu selama ini termasuk salah satunya lho.

Ciri-ciri bucin

1. Selalu menuruti apa kata pasangan

Menuruti apa yang dikatakan pasangan sebenarnya nggak masalah kok asalkan itu adalah hal baik yang nggak bakalan merugikanmu. Namun kalau semua kata pasangan kamu turuti tanpa dipilah, itu termasuk ciri-ciri bucin, Girls. Apalagi kalau sampai mengorbankan kepentinganmu, mengorbankan waktu, pikiran, tenaga, perasaan, hingga harga dirimu, jangan sampai deh!

Misalnya nih, pasangan ingin kamu selalu memakai baju seksi saat kalian berkencan tetapi kamu kamu nggak suka karena nggak kamu banget dan nggak banyak koleksi baju seksi. Kalau kamu menuruti sampai bela-belain beli baju baru padahal kamu nggak suka dan nggak nyaman memakainya, itu namanya bucin. Akan berbeda kalau pasangan memintamu datang tepat waktu saat berkencan karena kamu memang memilki kebiasaa terlambat.

2. Mengorbankan prioritasmu hanya untuk bertemu dengannya

Pernah nggak nih Girls mengalami ciri-ciri budak cinta yang satu ini? Pernah nggak kamu harus bela-belain bertemu dengannya padahal kamu memiliki urusan yang lebih penting? Kalau nggak ketemu, kamu takut banget hubungan kalian berakhir karena doi marah. Hmm coba deh pikir-pikir lagi.

Dalam berpasangan, kamu atau dia wajar kok saling memprioritaskan. Namun nggak gitu juga. Kamu dan dia pasti juga punya prioritas utama, bukan? Seperti kuliah, kerja, keluarga, ibadah, dan lain sebagainya. Bisa dikatakan bucin kalau kamu misalnya bolos kerja hanya untuk ketemu dia padahal saat bertemu paling hanya makan bersama dan jalan-jalan.

3. Menghabiskan sebagian besar waktumu hanya untuknya

Kalau dalam waktu 24 jam selama 7 hari berturut-turut kamu selalu menghabiskan waktu dengannya, bisa jadi ini termasuk ciri-ciri bucin. Apalagi kalau kamu dan dia masih pacaran. Pasangan yang sudah menikah saja nggak mesti selalu menghabiskan waktu bersama 24 jam kok.

Nah, kamu harus bisa membagi waktu Girls, kapan harus memberi waktu khusus untuknya, kapan kamu harus beraktivitas seperti biasa, kapan harus punya waktu bareng keluarga, dan lain-lain.  Pastinya kamu juga perlu waktu untuk bersama teman-teman atau menekuni hobimu, ‘kan? Jangan sampai deh setiap hari dalam 24 jam waktumu buat dia terus.

4. Mau diminta terus-terusan menjemputnya padahal kamu sedang ada urusan lebih penting

Kalau yang satu ini biasanya terjadi pada cowok sih. Namun bisa juga kok akan kamu alami  kalau kamu nggak hati-hati, Girls. Saling menjemput memang boleh-boleh saja karena mungkin tujuannya adalah menjaga pasangan supaya lebih aman di perjalanan. Yang keliru itu kalau memaksakan diri menjemput pasangan ketika kamu ada urusan yang lebih penting.

Dalam berhubungan pastinya harus saling pengertian, bukan? Kamu dan pasanganmu bukanlah sopir atau tukang ojek yang harus selalu menjalankan pekerjaannya ketika diminta. Jangan sampai cuma dimanfaatkan deh karena ciri-ciri budak cinta yang satu ini!

5. Rela mengeluarkan uang demi pasangan padahal keuanganmu sedang sulit

Yang satu ini juga menjadi ciri-ciri bucin yang perlu kamu waspadai lho. Saling membelikan sesuatu untuk pasangan itu sah-sah saja asal nggak menyulitkanmu. Begitu pula dengan saling mentraktir saat kalian makan bersama. Namun jangan sampai deh soal yang satu ini bikin kamu malah tertekan secara emosional hanya karena kamu memaksakan diri.

Misalnya nih, pasangan ingin kamu membelikan sesuatu yang diinginkannya. Kalau kamu sedang kesulitan keuangan, boleh banget kok untuk menolak. Kamu bisa tetap memberikannya hadiah saat dia ulang tahun atau saat momen tertentu. Nggak harus setiap saat, bukan? Kalau pasanganmu tetap memaksa, berarti kamu hanya dimanfaatkan.

6. Kamu jadi jauh dengan teman-teman dekatmu

Kamu mengalami ciri-ciri budak cinta yang satu ini nggak? Meski berpacaran dan saling memprioritaskan, bukan berarti kamu harus jauh dari teman-teman dekatmu lho. Kamu maupun dia tetap akan membutuhkan lingkup pertemanan untuk bisa saling tukar pikiran, berbagai pengalaman, dan lain-lain.

Kalau sampai kamu jadi sulit berhubungan dengan teman-temanmu, bisa jadi kamu telah menjadi bucin pada pasanganmu. Misalnya nih kamu sudah janjian nongkrong bareng teman-teman, tetapi harus kamu batalkan karena pasanganmu minta dijemput di waktu yang sama. Kamu boleh banget kok mengatakan kalau kamu sudah lebih dulu janjian dengan teman-temanmu dan nggak bisa menjemput pasanganmu. Atau lebih parah lagi, pasanganmu malah melarangmu pergi bersama teman-teman. Kalau ini masih dituruti sih kamu bucinnya kebangetan.

7. Terlalu sering mengalah dan nggak bisa tegas

Nah, yang satu ini sih menjadi ciri-ciri bucin yang bisa kamu lihat saat kamu dan pasangan bertengkar. Kamu atau dia sama-sama manusia yang pasti bisa berbuat kesalahan kok. Dan yang berbuat salah, pastinya harus meminta maaf, mengakui kesalahan, serta nggak mengulanginya lagi, bukan?

Kalau kamu sudah jadi bucin, bisa jadi dia yang salah malah kamu terus yang minta maaf. Kamu juga takut mau tegas ke dia atau mengingatkannya saat berbuat kesalahan. Selain itu, bisa jadi juga kamu tanpa sadar selalu menutupi kesalahannya dan membenarkan hal salah yang ia perbuat. Kalau sudah seperti ini sih kamu harus pikir-pikir lagi, Girls. Jangan sampai malah kamu yang rugi perasaan ya!

8. Nurut saja kalau dia terlalu banyak menuntut hingga menggunakan kekerasan

Berawal dari bucin, bisa-bisa hubunganmu dengannya jadi toxic lho, Girls. Apalagi jika ia terlalu banyak menuntut dan kamu menurutinya meski nggak bersedia. Bahkan lebih parah lagi kalau pasanganmu mulai berani menggunakan kekerasan dan kamu jadi takut menolak permintaannya.

Wah, jangan sampai deh ciri-ciri budak cinta ini terjadi padamu. Kamu boleh punya prinsip sendiri dan nggak harus menurutinya kok. Lalu jika sudah menggunakan kekerasan, mending tinggalkan. Hal ini justru akan menyiksamu, baik secara fisik maupun secara emosional.

9. Mengorbankan masa depan demi cinta

Sebagai wanita, kamu pasti punya cita-cita di masa depan dong? Nah, jangan sampai kamu mencari pasangan yang menghalangimu untuk mencapai cita-citamu, Girls. Ini termasuk ciri-ciri bucin yang harus kamu hindari. Bukankah dalam berpasangan, baik kamu atau dia tetap boleh fokus mengejar cita-cita dan masa depan masing-masing?

Kalau sekiranya ia menghalangimu dari masa depanmu, mending pertimbangkan lagi deh akan mempertahankannya sebagai pasanganmu atau enggak. Kalau kamu hanya menuruti saja, maka kamu termasuk bucin. Padahal ia belum tentu jadi pasanganmu di masa depan lho. Lebih baik kehilangan dia daripada kehilangan masa depan, bukan?

10. Kamu nggak bisa lepas dari sifatnya yang terlalu posesif

Kira-kira doimu terlalu posesif nggak Girls? Kalau iya dan kamu nggak bisa lepas, alias nurut-nurut saja, ini termasuk ciri-ciri budak cinta yang sudah kamu alami. Pasanganmu terlalu mengekangmu dalam hal berhubungan dengan teman, keluarga, bermedia sosial, dan lain sebagainya.

Misalnya nih, kamu dan dia masing-masing harus saling tahu password media sosial. Padahal sebenarnya kamu nggak nyaman, bukan karena kamu diam-diam selingkuh tetapi privasimu bisa terganggu. Apalagi jika kamu sampai diminta memblokir semua kontak lawan jenis di gadget-mu. Wah, kalau sudah begini sih terlalu berlebihan, bukan?

11. Langsung merasa sedih saat pasanganmu cuek atau sedang sibuk dan belum ada kabar

Hayo ngaku! Ciri-ciri bucin yang satu ini terjadi di kamu nggak, Girls? Saat pasangan membalas chat dengan cuek atau nggak ada kabar seharian, kamu jadi langsung galau. Kamu pun langsung negative thinking, berpikir jangan-jangan dia selingkuh. Kamu juga kepikiran seharian sampai nggak doyan makan, nggak fokus belajar, nggak fokus kerja, dan lain sebagainya.

Tanpa kamu sadari, kamu sudah terlalu ketergantungan dengannya. Bisa jadi ia cuek karena memang sedang ada urusan. Bisa jadi ia nggak memberi kabar karena urusan pekerjaannya membuatnya nggak bisa membuka ponsel. Kamu harus pandai-pandai berpikir positif supaya nggak jadi bucin. Kecuali kalau ia benar-benar mengkhianatimu, baru deh kamu bisa bertindak tegas. Bukan dengan mudah percaya-percaya saja dengan kebohongannya, ya.

12. Merasa terlalu putus asa saat ditinggalkan

Pernah ada kata-kata bahwa mencintai itu sewajarnya saja. Supaya kalau ia meninggalkanmu, kamu nggak terlalu sakit hati. Jika ia mencintaimu, ia nggak akan terkekang oleh perasaanmu yang terlalu besar. Apalagi sampai rela melakukan apapun untuknya.

Nah, ciri-ciri budak cinta yang bisa terjadi adalah kamu terlalu putus asa hingga kehilangan semangat hidup saat ia meninggalkanmu. Jika kamu masih pacaran, yang namanya putus atau ditinggalkan itu wajar terjadi, bukan? Itu berarti ia bukan orang yang tepat untukmu. Jangan sampai deh saat ia meninggalkanmu, kamu jadi terampas energi, semangat, pikiran, bahkan tenagamu hanya karena patah hati.

Itu dia beberapa ciri-ciri bucin yang harus kamu tahu, Girls. Sekarang, coba deh tengok dirimu, kamu termasuk menjadi salah satunya atau  enggak? Jika iya, kamu bisa memperbaiki kembali hubunganmu dengan pasangan agar salah satu dari kalian nggak ada yang terlalu berkorban banyak hal. Kalau memang susah diperbaiki, kamu bisa bersikap tegas untuk meninggalkannya. Karena kalau pasanganmu benar-benar mencintaimu, ia nggak akan memanfaatkanmu dan meninggalkanmu dengan mudah kok.

Referensi:
Tami Nasution. 2020. Artikel berjudul “Ciri-Ciri Bucin Alias Budak Cinta, Kamu Salah Satunya?” diakses dari https://www.guesehat.com/ciri-ciri-bucin-alias-budak-cinta.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *