Tips Menjaga Kesehatan Agar Tetap Bugar Selama Puasa

By Hai Gadis

Menjaga tubuh tetap bugar selama puasa tidak sulit untuk dilakukan lho. Meskipun ada perubahan pola makan dan aktifitas, ada banyak tips agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Jika tubuhmu bugar, kamu tentu bisa tetap beraktifitas dengan baik di siang hari tanpa rasa kantuk atau lelah. Tetap sehat dan bugar di waktu puasa? Siapa takut! Ini dia tips yang bisa kamu ikuti.

Perhatikan Porsi Makanan

photo by tirto.id

Tetap Makan Sahur

Ketika puasa, jadwal makanmu akan berubah. Sarapan yang biasanya kamu lakukan di pagi hari akan bergeser ke jam sahur. Walau jam makan berubah, tetap usahakan untuk makan sahur ya, tapi ingat, jangan berlebihan.

Untuk sahur, kamu bisa konsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi dan kompleks. Beberapa makanan yang sering disarankan adalah nasi merah, roti gandum, atau ubi. Dengan makan karbohidrat, kamu bisa kenyang lebih lama dan tidak lemas.

Jangan Kalap Ketika Berbuka

Setelah menahan lapar dan haus di siang hari, pasti tubuh akan langsung segar ketika berbuka. Tapi ingat, girls, selapar apapun kamu ketika berbuka, jangan kalap dan mengonsumsi makana berlebihan.

Jika kamu lapar mata dan banyak makan, perutmu akan terasa penuh dan begah. Misal kamu tetap ingin makan ketika berbuka lakukan secara bertahap. Berbukalah dengan makanan ringan seperti salad buah, es campur, kurma atau air putih, baru makan makanan berat seperti nasi dan lauk pauknya.

Perhatikan Makanan yang Kamu Konsumsi

Banyak orang yang ngidam makanan manis, dingin atau berminyak ketika puasa. Ketika berbuka pun, mereka lebih memilih menghidangkan gorengan atau makanan yang memiliki banyak kandungan gula.

Padahal mengonsumsi gorengan atau makanan penuh glukosa tidak disarankan lho ketika berbuka. Jika kamu mengonsumsinya sebulan penuh, berat badanmu akan naik girls, kamu juga tak bisa tampil fit ketika lebaran nanti.

Tetap Bugar Selama Puasa dengan Mengubah Lifestyle

photo by astra-life.com

Ketika puasa, pola aktifitas juga berubah. Jika sebelumnya bisa makan siang ketika lapar, puasa mengharuskanmu menunggu maghrib untuk berbuka. Perubahan ini tentunya akan membuat tubuh kaget pada awalnya. Ini nih tips agar tubuhmu bisa adaptable selama puasa.

Tidur dengan Cukup

Pas puasa kamu tetap harus tidur dengan cukup ya girls. Kurang tidur akan membuat kamu sulit berkonsentrasi, mudah lemas, bahkan membuat kondisi kulit tak optimal. Karena kamu harus sahur pukul 3 pagi, usahakan untuk tidur lebih awal agar kebutuhan istirahatmu terpenuhi.

Lakukan Olahraga Ringan

Walaupun sedang berpuasa, kamu tetap harus olahraga lho. Tidak perlu berat, kamu bisa melakukan jogging ringan atau berjalan-jalan di sekeliling rumah. Bersepeda bersama teman juga asik kok. Dengan melakukan olahraga singkat, tubuh akan tetap bugar selama puasa.

Konsumsi Multivitamin

Kalau memang dibutuhkan, kamu bisa konsumsi multivitamin untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Apalagi untuk kamu yang memiliki aktivitas padat tiap hari. Dengan mengonsumsi multivitamin, tubuhmu bisa terhindar dari penyakit dan tetap sehat.

Jangan Malas Malasan

Meski sedang berpuasa, kamu tetap tidak boleh malas-malasan ya girls. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk terus tidur di kasur sepanjang hari. Kamu bisa melakukan aktivitas ringan seperti berkebun, bermeditasi, atau membaca buku.

Pilih Makanan yang Sehat

photo by blogunik.com

Ketika puasa, pilihan makanan juga harus kamu perhatikan. Ada beberapa makanan yang direkomendasikan agar kamu tetap bugar selama puasa, diantaranya adalah:

Protein

Ketika puasa, asupan kalori akan berkurang dan menyebabkan kondisi otot menyusut. Karena itu, protein jadi pilihan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk membuat tubuh tetap kuat. Sumber protein yang bisa kamu coba adalah dada ayam, yogurt, tempe, atau edamame.

Buah dan Sayur

Mengonsumsi buah dan sayur selama puasa juga sering dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Ini karena sayur dan buah mengandung banyak antioksidan, kadar air tinggi, vitamin, hingga mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Pilih Makanan Alami

Daripada kamu makan makanan yang instan, gorengan atau makanan manis, coba pilih makanan alami untuk buka puasa atau sahur girls. Dengan makan makanan alami, kamu bisa mengurangi resiko penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya di masa depan.

Penuhi Asupan Cairan

Pastikan kamu tetap mengonsumsi air putih selama puasa ya, sebab hampir sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Kalau tubuh kekurangan cairan, fatal dampaknya untuk kesehatan. Kamu bisa memenuhi asupan cairan dengan minum yang cukup selama berbuka puasa dan sahur.

Berbagai tips tubuh tetap bugar selama puasa diatas tak sulit buat kamu lakukan kan girls? Dengan melakukan tips diatas, kamu bisa tetap fit dan mampu beraktivitas dengan baik walau sedang puasa.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.