Aneka Menu Buka Puasa Kekinian yang Lezat dan Murah

By Hai Gadis

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di dunia tak terkecuali di Indonesia. Selain akan lebih fokus pada ibadah, banyak orang yang mulai memikirkan menu buka puasa yang akan disantap saat berbuka.

Setelah seharian menahan lapar dan haus, semua orang  yanng berpuasa pasti menginginkan menu berbuka puasa terbaik. Untuk jenis menu berbukanya mulai dari takjil hingga makanan berat.

Menyambut bulan suci Ramadhan, HaiGadis akan merangkum beberapa menu buka puasa kekinian yang lezat dan murah. Kamu bisa menjadikannya referensi untuk disantap bersama anggota keluarga.

Menu Buka Puasa Dari Aneka Hidangan Rumahan

Bagi Kamu yang suka dengan masakan tumis, ada beberapa menu yang bisa dipertimbangkan yaitu:

1. Ayam rica-rica

Photo via made-blog.com

Jika Kamu dan keluarga adalah pencinta pedas, maka ayam rica-rica adalah menu berbuka yang bisa dijadikan pilihan. Warnanya yang merah dari cabai pasti bisa membuatmu semakin tergoda. Tambahkan sedikit gula pada masakan agar pedasnya tidak membuat perut menjadi sakit. Makanan yang pedas dan minuman yang manis memang kenikmatan di bulan puasa.

2. Sayur tumis kentang

Photo via icookaisa.com

Kentang merupakan bahan makanan yang mengandung karbohidrat. Jadi Kamu bisa menggunakannya sebagai pengganti nasi. Kandungan antioksidan di dalam kentang membantu menekan risiko penyakit berbahaya. Banyak sekali manfaat lain yang ditawarkan oleh bahan makanan satu ini.

3. Sayur capcay kuah

Photo via jatengtribunnews.com

Rekomendasi menu berkuah selanjutnya adalah sayur capcay berkuah. Kuah dari masakan ini lebih kental dibandingkan dengan sop ayam. Biasanya ada tambahan bahan-bahan lezat seperti udang, ayam, atau sayuran lezat. Makan dengan nasi hangat agar semakin nikmat.

Menu Buka Puasa Ketika Di Luar Rumah

Photo via abdurahmarahmadi.blogspot.com

Kebanyakan orang makan di luar ketika buka bersama dengan teman atau sahabat. Jika Kamu akan buka di luar rumah, berikut beberapa ide menunya:

1. Restoran Jepang

Photo via tokopedia.com

Pilihan menu makanan yang tepat jika berkunjung ke restoran Jepang adalah ocha hangat, wakame salad, dan udon. Karena masih dalam keadaan perut kosong, pilih jenis makanan yang direbus agar sehat.

2. Aneka Hidangan Kafe

Photo via mydiaryofus.com

Jika datang ke kafe, sebaiknya hindari mengonsumsi kopi saat berbuka puasa. Pilih minuman lain seperti teh celup atau teh bunga. Menu makanannya bisa caesar salad, tuna salad, atau nicoise salad. Apabila ada menu roti gandum, Kamu juga bisa memilihnya.

3. Buffet Hotel

Photo via mrfood.com

Banyak sekali dessert menarik di tempat ini, namun Kamu harus menahannya. Mulai berbuka dengan buah, kemudian pasta. Makanan penutupnya bisa berupa puding buah atau agar-agar berisi buah.

Menu Takjil Untuk Buka Puasa

Rasanya tidak lengkap jika tidak ada takjil di bulan puasa. Pilihan takjil kekinian untuk Kamu coba yaitu sebagai berikut:

1. Waffle

Photo via wall.alphacoders.com

Waffle merupakan jenis makanan khas Belgia yang terlihat seperti wafer namun biasanya lebih tebal. Anak muda suka makanan ini karena rasanya memang enak. Apalagi waffle cocok dipadukan dengan es krim dan minuman lainnya. Jika tidak ingin membeli, Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah.

2. Puding roti

Photo via cookpad.com

Puding roti memiliki tekstur yang lembut dan creamy. Aroma kayu manis yang membuat Kamu pasti semakin tergoda untuk memakannya. Takjil kekinian satu ini dibuat dari roti tawar, jadi Kamu akan merasa kenyang setelah memakannya. Karena hal tersebut, puding roti biasanya dijadikan menu berbuka untuk Kamu yang ingin berbuka dengan yang ringan-ringan saja. Jadi setelah berbuka, Kamu tetap semangat untuk beribadah.

3. Es pisang hijau

Photo via blackneomus.com

Takjil kekinian yang terakhir adalah es pisang hijau yang tidak kalah lezat dibandingkan menu takjil lainnya. Pisang di takjil ini bisa berwarna hijau karena dibalut adonan yang berwarna hijau. Penyajiannya dikombinasikan dengan sirup, bubur sumsum, dan juga es. Jadi rasanya pasti segar sehingga cocok dimakan saat berbuka.

Itulah rekomendasi menu buka puasa yang yummy dan pastinya kekinian. Sebenarnya apapun makanannya, semua akan terasa nikmat jika bersama dengan keluarga.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.