Rekomendasi Kuliner Khas Kota Daegu, Dari yang Berkuah Hingga yang Dibakar

By Hai Gadis

Daegu merupakan salah satu wilayah di Korea Selatan yang cukup mendunia. Hal ini karna Daegu adalah tempat kelahiran salah satu personel BTS yaitu Suga. Bukan hanya tentang itu saja, kota ini rupanya juga menyimpan banyak sekali keindahan serta kuliner unik khas Kota Daegu.

Kali ini HaiGadis akan membahas terkait kuliner khas Kota Daegu. Jadi jika kamu diberi kesempatan pergi kesana, bisa jadikan beberapa makanan ini sebagai referensi!

Kuliner Khas Kota Daegu yang Wajib Untuk Dicoba!

Berbicara mengenai Daegu sebenarnya kota ini bisa dibilang cukup esktrem. Meski demikian, Kota Daegu menjadi list wajib yang harus kamu kunjungi saat liburan ke Korea Selatan. Apalagi, kota ini memiliki beberapa makanan yang wajib kamu coba! Berikut diantaranya!

1. Ttaro Gukbap Perpaduan Antara Hidangan Sup Dengan Nasi

Photo via koreamairline.vn

Kuliner khas kota Daegu yang pertama adalah Ttaro Gukbap. Makanan ini berasal dari dua kata yakni ttaro yang artinya terpisah dan gukbap yang maknanya sup dan nasi. Seperti yang kita tahu bahwa ciri khas Korea Selatan adalah mencampur hidangan sup dan nasi menjadi satu.

Oleh karenanya tak heran apabila di kota Daegu pun kamu akan menemukan hidangan seperti ini. Hanya saja untuk Ttaro Gukbap sendiri berisikan daging sapi, lobak, dan daun bawang yang ditambah kaldu. Kaldu ini dibuat dari bumbu khas Daegu yang kemudian dikombinasikan dengan cita rawa bang serta cabai.

2. Gopchang dan Makchang Usus Babi Panggang  Khas Kota Daegu

Photo via visitdaegu2011.blogspot.com

Selanjutnya ada  Gopchang dan Makchang yang menjadi makanan wajib cicip saat berkunjung ke Daegu. Jika kamu bertanya seperti apa bentuknya maka jawabannya berupa usus babi yang sudah dipanggang. Meski terdiri dalam satu hidangan, namun kedua makanan ini memiliki perbedaan. Dimana Gopchang dibuat dari usus kecil sedangkan Makchang dibuat dari usus besar.

Selain unik karena bahan bakunya, Gopchang dan Makchang sendiri juga memiliki citarasa yang sangat lezat. Saking lezatnya, makanan ini sering direkomendasikan untuk turis-turis asing di luar Korea Selatan. Selain itu makanan ini juga mudah ditemukan dan ada di hampir semua restoran di Kota Daegu.

3. Dongindong Jjim Galbi Hidangan Daging Sapi yang Lezat

Photo via maangci.com

Mencari hidangan dari daging sapi yang nikmat dan tidak dimiliki negara lain? Mungkin kamu perlu mencicipi kuliner khas kota Daegu dengan nama Dongindong Jjim Galbi. Makanan ini terbuat dari iga sapi yang dimasak semur. Mirip dengan Indonesia memang namun rasanya pasti berbeda.

Hal ini dikarenakan bumbu-bumbu yang digunakan tidaklah sama. Kombinasi pedas yang dihasilkan dari cabai juga membuat siapapun pasti tergiur dan tak bosan untuk mencicipinya. Jika ingin menikmati hidangan ini disarankan bersama nasi hangat. Selain kenyang kamu akan menemukan sensasi berbeda ketika mengkonsumsinya.

4. Buchu Jeon dan Baechu Jeon Pancake Ala Daegu

Photo via asianrecipes4u.com

Sebenarnya Buchu Jeon dan Baechu Jeon merupakan nama pancake ala Daegu. Meskipun mirip namun jangan salah karena kuliner ini mempunyai cita rasa yang berbeda dari pencake pada umumnya. Cita rasa khasnya adalah asin dan gurih, jadi cocok bagi mereka yang tidak menyukai makanan-makanan manis.

Untuk Buchu Jeon sendiri merupakan pancke yang ditaburi dengan daun bawang serta cabai. Sementara Bachu Jeon dipenuhi dengan kubis serta mempunyai rasa renyah yang memanjakan lidah. Jadi kuliner khas kota Daegu, tempat kelahiran Suga BTS ini cocok dikonsumsi saat bersantai di salah satu café di Daegu sambil menikmati indahnya kota itu.

Itu dia 4 rekomendasi kuliner khas kota Daegu yang bisa kamu cicipi saat berkunjung kesana. Kira-kira makanan mana yang paling ingin kamu coba?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.