5 Budaya Korea Selatan yang Terkenal Hingga Penjuru Dunia

By Hai Gadis

Korea Selatan tak hanya terkenal sebagai negara Asia yang maju, tapi juga terkenal karena budayanya yang masih mengakar kuat. Dengan demam halyu wave di seluruh dunia, budaya Korea Selatan yang terkenal juga semakin banyak.

Masyarakat Korea Selatan juga tak sungkan untuk memperkenalkan kebudayaan mereka lewat berbagai cara. Ini terlihat dengan banyaknya kebudayaan Korea Selatan yang disisipkan lewat pariwisata, lagu, bahkan drakor yang kamu tonton.

Kira-kira apa saja ya budaya dari negeri ginseng yang sudah mendunia? Yuk simak informasinya berikut ini, Girls.

1. Masakan ala Korea

budaya korea selatan yang mendunia

Photo by kompasiana.com

Nasi

Tak berbeda jauh dengan negara Asia lain, Korea Selatan masih menggunakan nasi sebagai makanan pokok. Negara ini dulunya merupakan negara agraris, yang baru belakangan berubah karena perkembangan zaman dan teknologi berjalan cepat. Menu lain yang akan terhidang bersama nasi bisanya ikan, daging, dan sayur-sayuran.

Kimchi

Makanan hasil fermentasi ini merupakan kuliner lezat dan paling terkenal dari Korea Selatan. Bahan pembuatnya adalah sayur-sayuran lokal, seperti timun, sawi, lobak, atau wortel. Kimchi sebenarnya makanan awetan, resepnya bahkan sudah turun-temurun sejak zaman kerajaan, lho.

Minuman Soju

Minum soju sudah dilakukan sejak dulu, Girls. Selain soju, minuman keras lain yang juga digemari adalah anju, sikhye, atau makgeolli. Bahkan masyarakat Korea Selatan juga punya tata cara dan tradisi ketika minum minuman ini.

2. Street Food yang Lezat

Photo by dreamstime.com

Masih dalam aspek makanan, Korea Selatan juga punya budaya kuliner street food. Makanan street food tak kalah enak dari makanan tradisional dan kebanyakan anak muda Korea menyukai makanan ini.

Kalau kamu berkunjung kesana, kamu akan menemukan banyak stand street food di pinggir jalan. Tak perlu khawatir gerainya akan tutup, mayoritas gerai street food tutup pada pukul 4 pagi. Street food dari Korea juga terkenal hingga keluar negeri karena rasanya yang lezat dan otentik.

3. Hanbok

Photo by namsan-culture.com

Pakaian tradisional ini juga termasuk budaya Korea Selatan yang terkenal. Hanbok merupakan pakaian dari kain yang menggunakan warna-warna cerah. Masyarakat Korea masih banyak yang menggunakan hanbok untuk acara tradisional, seperti festival budaya, pernikahan hingga pertemuan keluarga.

Kini model hanbok makin berkembang dan terlihat kian modis. Beberapa desaigner ternama dunia banyak yang menggunakan hanbok sebagai inspirasi dan mengubahnya menjadi item fashion yang lebih modern.

4. Musik

budaya korea selatan yang terkenal

Photo by kompasiana.com

Korea Selatan punya dua jenis musik, yakni minsogak dan jeongak. Musik minsogak adalah musik yang bisa dimainkan oleh siapa saja, tanpa memandang status atau kedudukannya. Salah satu musik minsogak yang terkenal adalah musik genre K-pop.

K-pop merupakan tipe musik yang berbeda dengan tipe musik lainnya di dunia. Membahas K-pop juga tak lepas dari idol, para entertain yang membuat musik ini kian terkenal di seluruh dunia. Idol adalah individu dari agensi hiburan yang sudah berlatih dalam jangka waktu tertentu.

Jenis musik kebalikan dari minsogak adalah jeongak, yang merupakan musik khusus untuk kalangan istana saja. Pementasan musik joengak hanya bisa kamu temui ketika masyarakat kelas atas melakukan pagelaran.

5. Bahasa Korea

budaya korea selatan yang terkenal

Photo by line-today.com

Budaya Korea tentu tak lepas dari bahasa. Sebagai bahasa negara, bahasa Korea kini makin banyak penuturnya di dunia. Tak heran kamu akan menemukan muda-mudi yang mulai lancar berbahasa Korea meski mereka belum pernah menetap kesana.

Penyebaran bahasa Korea kebanyakan terjadi karena pengaruh halyu wave. Berbagai konten berbahasa Korea kini bisa anak muda akses dengan mudah, yang nantinya membuat mereka juga tertarik untuk belajar bahasanya.

Budaya Korea Selatan yang terkenal ke seluruh dunia tak hanya sekedar konsep idol dan lagu K-pop saja kan, Girls. Kamu jadi makin tahu kalau budaya negara ini begitu kaya. Masyarakatnya pun juga terlibat untuk membuat budaya tradisional tak pudar meski zaman semakin maju.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.