Jenis-jenis Industri Film India, Sandalwood Hingga Bollywood

By Hai Gadis

Siapa nih yang selalu menyebut semua film India dengan sebutan Bollywood? Ternyata hal itu salah besar lho! Pasalnya India masih memiliki pusat industri perfilman lainnya yang masing-masing memiliki kelas sendiri dan dibedakan menurut bahasa lho.

Nah Bollywood yang selama ini kita kenal bisa dibilang sebagai pemegang kasta tertinggi dalam industri perfilman di India. Bahkan Bollywood adalah produsen film terbesar di India sekaligus salah satu produsen film terbesar di dunia.

Agar tidak salah paham lagi, berikut jenis-jenis industri film India yang wajib kamu ketahui. So let’s check it out guys!

1. Bollywood (Sinema Hindi)

Jenis-jenis Industri Film India

photo via koimoi.com

Selama ini banyak yang mengira kalau semua film ataupun sinetron India adalah Bollywood. Padahal sebutan Bolywood hanya digunakan pada film yang diproduksi di Mumbai lho!.

Lebih jelasnya, Bollywood adalah salah satu pusat industri film terbesar di India yang banyak diproduksi di kota Mumbai sebagai pusatnya. Karena dulunya kota ini bernama Bombay, maka disebut dengan nama Bollywood.

Film Bollywood sendiri berbasis bahasa Hindi, yang merupakan bahasa nasional di India. Ini juga menjadikan Bollywood dikenal dengan sebutan Sinema Hindi. Karena bahasa yang dipakai adalah bahasa Hindi, maka film Bollywood dianggap sebagai film nasional dan pemersatu bangsa, bahkan disebut sebagai industri perfilman terbesar di dunia.

Bollywood mampu merangkul lebih banyak penonton dibanding dengan jenis film India lainnya yang menggunakan bahasa daerah. Namun tidak semua seleb India bisa debut sebagai artis Bollywood. Hanya mereka yang benar-benar berbakat dan beruntung bisa jadi bagian dari film Bollywood.

Nama-nama besar yang terkenal di industri Bollywood seperti Amitabh Bachchan, Shahrukh Khan, Kajol, Kareena Kapoor, Hrithik Roshan, Rani Mukerji, Deepika Padukone dan masih banyak lagi.

2. Kollywood (Sinema Tamil)

Jenis-jenis Industri Film India

photo via onmanorama.com

Kemudian ada Kollywood yang merupakan film India berbahasa Tamil yang kemudian dikenal juga sebagai Siname Tamil. Kollywood ini berbasis di Kodambakkam, Chennai, kawasan selatan India. Jenis film India ini memiliki wilayah distribusi sendiri. Dimana daerah penyebarannya meliputi Karnataka, Andhra Pradesh, Telangana, Kerala.

Meskipun target pasarnya lebih kecil dari Bollywood, namun film-film Kollywood sendiri mampu menembus pasar Singapura, Jepang, Malaysia, hingga Indonesia lho.

Beberapa nama aktor dan aktris film Kollywood alias Tamil yang telah terkenal seperti Rajinikanth, Anushka Shetty, Joseph Vijay, Tamannaah Bhatia, Suriya Sivakumar, Trisha Krishnan, Silambarasan, Samantha Akkineni dan masih banyak lagi.

3. Tollywood (Sinema Telugu/Sinema Bengali)

Jenis-jenis Industri Film India

photo via timesofindia.indiatimes.com

Jenis industri film India yang wajib kamu ketahui berikutnya adalah Tollywood yang disebut juga dengan Sinema Telugu karena bahasa utama yang digunakan adalah bahasa Telugu. Jenis film ini berpusat di negara bagian India Andhra Pradesh, Telangana, dan sebagian besar di wilayah Hyderabad Film Nagar. Di daerah ini terdapat markas besar industri film Telugu, dan merupakan pusat kehidupan film Telugu.

Selain Sinema Telugu, Tollywood juga kerap digunakan untuk menyebut film-film dari Sinema Bengali. Film Tollywood dari Sinema Bengali ini merupakan perfilman berbahasa Bengali yang berbasis Tollygunge di kota Kolkata, Bengal Barat, India.

Tollywood sendiri merupakan gabungan dari kata Tollygunge dan Hollywood. Sayangnya perfilman berbahasa Bengali sudah jarang diproduksi. Namun mereka masih memiliki artis terkenal seperti Jeet, Dev, Abir Chatterjee, Joy Sengupta, Parambratha Chattopadhyay dan lainnya.

4. Mollywood (Sinema Malayalam)

Jenis-jenis Industri Film India

photo via pinklungi.com

Selain Tollywood ada juga Mollywood yang merupakan julukan untuk Sinema India yang berbasis di Kerala dan didedikasikan untuk produksi film-film dalam bahasa Malayalam. Sinema tersebut juga dikenal dengan sebutan Sinema Malayalam.

Beberapa aktor dan aktris Mollywood yang terkenal seperti Mohanlal, Mammootty, Dileep, Dulquer Salmaan, Prithviraj Sukumaran, Abhija Sivakala, Aadhya Prasad, Abhirami Bhargavan dan masih banyak lagi.

5. Sandalwood (Sinema Kannada)

Jenis-jenis Industri Film India

photo via thehansindia.com

Sandalwood merupakan salah satu bagian dari sinema India, di mana film-film Sandalwood diproduksi dalam bahasa Kannada, dan berbasis di Bengaluru serta filmnya banyak tersebar di kawasan Karnataka. Hal tersebut menjadikan Sandalwood juga disebut dengan nama Sinema Kannada.

Meski namanya tak begitu populer, namun industri perfilman satu ini selalu melahirkan lebih dari 100 film setiap tahunnya. Selain itu film-film Sandalwood juga ditayangkan di 950 bioskop tunggal di Karnataka. Hebatnya lagi, tak sedikit film Sandalwood sukses menembus pasar Amerika Serikat, Australia, Jerman, Britania Raya dan negara-negara lainnya.

Kichcha Sudeep, Yash, Darshan Thoogudeepa, Shiva Rajkumar, Rashmika Mandanna, Shraddha Srinath dan Amulya adalah sederet nama besar di industri perfilman Sandalwood.

6. Pollywood (Sinema Punjabi)

Jenis-jenis Industri Film India

photo via timesofindia.indiatimes.com

Dari beberapa tingkatan “kasta” perfilman India, Pollywood bisa dibilang hampir menyaingi Bollywood. Ini karena Pollywood telah merilis lebih dari 1000 film sejak pertama kali diproduksi tahun 1970. Bahkan, mereka sudah berhasil membuat film 3D, PEHCHAAN 3D yang dirilis pada tahun 2013.

Film Pollywood sendiri adalah industri film berbahasa Punjabi dari orang Punjabi di seluruh dunia yang dikenal juga dengan sebutan Sinema Punjabi.

Banyak aktor dan aktris memulai karir mereka dalam film-film Punjabi, di antaranya telah mendapatkan reputasi internasional seperti Neeru Bajwa, Dev Kharoud, Jaswinder Bhalla, Simi Chahal, Binnu Dhillon dan masih banyak lagi.

7. Bhojiwood (Sinema Bhojpuri)

Jenis-jenis Industri Film India

photo via starbiz.com

Selanjutnya ada Bhojiwood yang merujuk pada film-film yang dibuat dalam bahasa Bhojpuri. Inilah yang membuat industri perfilman ini disebut dengan Sinema Bhojpuri. Bhojiwood sendiri berpusat di timur Uttar Pradesh, Barat Bihar dan Madhesh di Selatan Nepal.

Sinema Bhojpuri telah berkembang pada tahun-tahun terkini. Bahkan telah ditayangkan di berbagai belahan Eropa dan Asia dimana para migran generasi kedua dan ketiga masih memakai bahasa Bhojpuri.

Selain itu, film-film Bhojiwood juga telah memasuki pasar Guyana, Trinidad dan Tobago, Suriname, Fiji, Mauritius, dan Afrika Selatan yang memang memiliki populasi Bhojpuri yang besar.

Sejumlah aktor dan aktris yang sukses di industri perfilman Bhojiwood diantaranya Khesari Lal Yadav, Awdhesh Mishra, Rani Chatterjee, Shubhi Sharma dan masih banyak lagi.

8. Dhollywood atau Gollywood (Sinema Gujarat)

Jenis-jenis Industri Film India

photo via gujaratexpert.com

Tak sampai disitu, industri perfilman India juga memiliki Sinema Gujarat yang secara tak resmi disebut sebagai Dhollywood atau Gollywood.

Sinema Gujarat ini merujuk pada industri film yang menggunakan bahasa Gujarat. Dhollywood sendiri terbentuk dari tahun 1932 dan berkembang dari tahun 1960an sampai 1980an. Sayangnya industri perfilman Dhollywood sempat menurun sampai akhirnya bangkit kembali pada waktu-waktu terkini.

Setidaknya industri film satu ini telah memproduksi lebih dari seribu film sejak pembentukannya. Bahkan ada beberapa aktor dan aktris yang mendapat ketenaran setelah berperan dalam film-film Gujarat seperti Malhar Thakar, Manoj Joshi, Pratik Gandhi, Raunaq Kamdar, Netri Trivedi, Shraddha Dangar dan masih banyak lagi.

9. Ollywood (Sinema Odia)

Jenis-jenis Industri Film India

photo via odialive.com

Kemudian ada Ollywood yang merupakan industri perfilman yang menggunakan bahasa Oriya. Industri perfilman ini juga disebut dengan Sinema Odia dan berbasis di Cuttack, Odisha. Nama Ollywood sendiri merupakan penggabungan dari kata Oriya dan Hollywood.

Ollywood sendiri mungkin tidak sepopuler industri perfilman India lainnya, namun industri film ini tetap memiliki nama-nama besar seperti Akash Das Nayak, Anubhav Mohanty, Arindam Roy, Babushan, Anu Chowdhury, Aparajita Mohanty, Archita Sahu, Barsha Priyadarshini, Mahasweta Ray dan banyak nama populer lainnya.

10. Marathi Cinema

Jenis-jenis Industri Film India

photo via timesofindia.indiatimes.com

Jenis industri perfilman India berikutnya adalah Marathi Cinema. Industri film ini merupakan industri film pelopor dan tertua di India karena partama kali merilis film pada tahun 1912 Coronation Cinematograph, Mumbai.

Marathi cinema sendiri adalah film yang dibuat dengan menggunakan bahasa Marathi, di mana pusat produksinya ada di Maharashtra, India. Dimana Maharashtra adalah salah satu pusat produksi film tertua di India.

Aktor dan aktris dari Marathi Cinema juga tidak bisa dibilang sedikit, ada banyak nama besar yang kerap muncul di banyak film Marathi seperti Adinath Kothare, Nana Patekar, Ashok Saraf, Sai Tamhankar, Swapnil Joshi hingga Varsha Usgaonkar.

11. Tellywood

Jenis-jenis Industri Film India

photo via facebook.com (Serial Tellywood ANTV)

Satu lagi industri hiburan yang ada di India adalah Tellywood. Berbeda dengan industri lainnya, Tellywood lebih merujuk pada industri pertelevisian dimana produk yang dihasilkan adalah berupa sinetron atau serial, miniseries dan FTV.

Di India, industri Tellywood dianggap sebagai kasta terendah di industri hiburan India. Bahkan ada larangan untuk menyebut aktor televisi dengan sebutan aktor “Bollywood”. Pasalnya bagi mereka, kasta masing-masing aktor ini berbeda, dengan Bollywood sebagai kasta tertinggi.

Meski dianggap sebagai kasta terendah di industri hiburan India, namun Tellywood memiliki banyak aktor dan aktris yang terkenal bahkan serial-serialnya banyak ditayangkan di Indonesia seperti Mahabrata, Uttaran, Jodha Akbar dan masih banyak lagi.

Sementara itu, aktor dan aktris Tellywood yang populer diantaranya Shaheer Sheikh, Vin Rana, Mohit Raina, Arjun Bijlani dan masih banyak lagi.

Nah itu dia jenis-jenis industri film India yang wajib kamu ketahui agar tidak keliru lagi. Dunia perfilman dan pertelevisian India memang besar. Meski tidak semua sepopuler Bollywood, namun hampir semua jenis industri yang ada berhasil membuat banyak bintangnya jadi artis internasional. Jadi selain Bollywood kamu suka nonton yang mana guys?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.