Berapa Lama Efek Produk Skincare Bisa Terlihat?

4 bulan, by Hai Gadis

Berapa Lama Efek Produk Skincare Bisa Terlihat

Buat kamu yang selalu rutin memakai skincare, pasti bakalan bertanya-tanya deh kapan lama efek skincare yang kamu pakai akan terlihat. Hal tersebut wajar kok Girls karena kita tentu nggak sabar melihat perubahan di kulit wajah. Apakah wajah menjadi lebih sehat yang berarti efek skincare tersebut memang berhasil di kulitmu, atau justru kulitmu masih seperti semula hingga justru malah tambah bermasalah?

Pada dasarnya skincare is a marathon, not a sprint. Efek dari pemakaian skincare memerlukan waktu bertahap, bukannya yang instan dan langsung terlihat. Jadi, kalau kamu memakai produk skincare dalam waktu singkat dan belum terjadi perubahan, kamu jangan buru-buru ganti produk, Girls. Masing-masing produk skincare memiliki waktu kerja yang berbeda-beda.

Menurut dermatologist dalam artikel di thezoereport.com, produk skincare umumnya akan bekerja sekitar 28 hari atau 4 minggu. Namun demikian, hal tersebut tetap bergantung pada permasalahan kulit dan juga kandungan di dalam skincare. Dua puluh delapan hari ini sesuai dengan siklus kulit dalam melakukan proses alaminya, yang meliputi sel kulit baru muncul, matang, mati, kemudian terlepas.

Nah, kalau kamu ingin mengetahui lama efek skincare terlihat, simak deh ulasan berikut.

Berapa lama efek skincare terlihat?

1. Cleanser

Yang pertama ada cleanser yang efeknya mungkin bisa terlihat dalam kurun waktu lebih singkat. Pasalnya, fungsi cleanser sendiri adalah untuk membersihkan wajahmu dari sisa makeup, minyak berlebih, dan kotoran. Untuk fungsi yang satu ini sih kamu bisa merasakan efeknya secara langsung, diantaranya wajah terasa bersih, segar, dan lebih cerah karena bersih. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, mungkin saja kamu akan merasakan hasil instan dimana kulit terasa bersih dan kesat tanpa terasa ketarik.

Kalau menurut dr. Aanand Geria, MD, F.A.A.D., dilansir dari thezoereport.com, lama efek skincare berupa cleanser ini akan terlihat dalam kurun waktu sekitar 2 minggu. Namun untuk cleanser dengan tujuan khusus seperti mengurangi jerawat dan hiperpigmentasi, kemungkinan membutuhkan waktu lebih lama. Yang terpenting, gunakan saja secara konsisten ya, Girls.

2. Toner

Lama efek skincare berupa toner mungkin akan langsung terlihat dalam segi melembapkan kulit dan mengembalikan pH kulit setelah cuci muka. Namun untuk manfaat toner sebagai treatment seperti mengatasi kemerahan dan mengecilkan pori, menghaluskan, serta melembapkan kulit, hasilnya baru terlihat dalam pemakaian teratur selama 1-2 minggu. Untuk itu, kamu perlu menggunakan toner secara teratur sehari 2 kali setelah cuci muka supaya skincare ini juga bisa bekerja efektif di kulitmu.

3. Exfoliant

Selanjutnya, pasti kamu penasaran ‘kan dengan lama efek skincare berupa exfoliant ini terlihat? Menggunakan produk eksfoliasi dalam rangkaian skincare-mu memang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran di pori-pori kulit sehingga kulit akan lebih bersih serta cerah. Untuk sekadar kulit terlihat bersih sih secara langsung kamu akan menikmati hasilnya. Namun, untuk peningkatan hasil, kamu bisa merasakannya setelah 5-14 hari. Kamu pun perlu menggunakannya secara rutin dan teratur.

4. Moisturizer

Kalau moisturizer, apa pun jenis kulitmu, pasti bakalan membutuhkannya. Soalnya fungsi moisturizer sendiri adalah melembapkan dan menghidrasi kulit. Meskipun dalam kebanyakan produk ini, akan ada fungsi-fungsi tambahan untuk mengatasi masalah kulit. Lama efek skincare yang satu ini sebenarnya bisa dirasakan secara cepat sekali pemakaian. Misalnya saja kulitmu jadi lebih lembap, terasa halus, hingga terasa lebih cerah (untuk produk moisturizer dengan efek tone up).

Akan tetapi, efek yang lebih baik lagi bakalan terlihat dalam waktu 2 – 8 minggu pemakaian teratur. Kemudian efek tersebut akan tetap ada jika kamu continue memakainya. Jadi, kalau belum merasakan efek moisturizer dalam penggunaan singkat, kamu perlu bersabar dulu ya, Girls.

5. Serum dan booster

Untuk produk serum atau booster, pada dasarnya lama efek skincare ini akan berbeda-beda tergantung kandungan dan fungsinya. Misalnya saja serum atau booster untuk antiaging pastinya akan berbeda waktu kerjanya dengan serum atau booster untuk jerawat. Umumnya, produk serum diperkirakan akan terlihat hasilnya setelah 6 – 8 minggu penggunaan rutin.

6. Produk serum / booster antiaging

Jika sebelumnya dibahas mengenai waktu kerja serum secara umum, kini Hai Gadis akan membahas lebih spesifik tentang serum atau booster untuk antiaging maupun antikerutan. Skincare antiaging sebenarnya nggak akan menunjukkan hasil yang instan. Memakainya saat ini, maka kamu akan mendapatkan manfaatnya di waktu yang akan datang.

Untuk serum maupun booster antiaging, hasilnya baru bisa dilihat setidaknya setelah pemakaian selama 2 – 4 minggu. Kamu pun harus menggunakannya secara teratur dua kali sehari setelah memakai toner.  Hasil tersebut bisa meningkat dari waktu ke waktu. Namun tetap saja jangan berharap bahwa menggunakan skincare antiaging akan membuatmu terlihat 20 tahun seperti klaim suatu produk. Kulitmu memang akan lebih sehat tapi klaim tersebut too good to be true.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa produk skincare antiaging bisa ditunggu hasilnya dalam kurun waktu 3 – 6 bulan. Agak lama karena menurut dermatologis dr. Annie Chiu, hal ini disebabkan produk penuaan kulit akan bekerja hingga ke lapisan terdalam untuk mengubah tekstur kulit. Itulah kenapa produk membutuhkan waktu yang nggak singkat. Apalagi produk serum antiaging tersebut akan membantu tubuh memproduksi kolagen yang prosesnya cukup lama.

7. Produk acne treatment

Lama efek skincare berupa produk acne treatment biasanya bisa terlihat hasilnya dalam waktu cepat yaitu selama beberapa jam saja. Namun itu bukan hasil keseluruhan. Saat menggunakan produk dengan kandungan untuk mengatasi jerawat seperti benzoyl peroxide dan asam salisilat, kamu bisa melihat hasil yang lebih baik dalam waktu 4 – 12 minggu setelah penggunaan yang konsisten.

Oh ya, untuk acne treatment ini tentunya beda produk juga akan beda waktu efeknya. Selain itu, tingkat keparahan jerawat juga akan memengaruhi, Girls. Misalnya saja, produk yang dijual bebas biasanya butuh waktu 3 bulan hingga terlihat hasilnya. Akan berbeda dengan obat oles yang diresepkan dokter dimana efeknya butuh waktu 6 minggu untuk terlihat. Sementara obat jerawat yang diminum hasilnya bisa dirasakan dalam 2 – 3 minggu.

Kemudian menurut sumber lain dari The Kong, penggunaan skincare jerawat yang mengandung AHA dan salicylic acid, biasanya akan bekerja setelah 6 minggu atau 1,5 bulan pemakaian. Oh ya, buat kamu yang memiliki masalah jerawat, penggunaan skincare untuk acne treatment sebaiknya dilakukan secara teratur supaya jerawat nggak hanya sembuh, tapi juga tercegah untuk muncul kembali.

8. Skincare untuk kulit kusam dan hiperpigmentasi

Selanjutnya, kamu pasti penasaran juga ‘kan dengan lama efek skincare untuk mencerahkan wajah dan mengatasi kusam serta hiperpigmentasi? Untuk masalah kusam, hiperpigmentasi, flek hitam, hingga noda bekas jerawat, produk skincare butuh sekitar 2 – 3 bulan untuk bisa bekerja. Dilansir dari klikdokter.com, menurut dermatolog Union Square Laser Dermatoology yang bernama dr. Jennifer MacGregor, efektivitas produk pencerah wajah juga bergantung pada pemakaian tabir surya.

Itulah kenapa memakai skincare rutin tanpa dibarengi sunscreen, akan percuma Girls. Kamu bisa menggunakan sunscreen pada pagi hari setelah menggunakan moisturizer. Bahkan bila perlu, kamu bisa menggunakan produk moisturizer yang sudah mengandung tabir surya sekalian.

9. Skincare untuk masalah peradangan kulit / kemerahan (rosacea)

Kalau kamu belum tahu, rosacea adalah gangguan kulit wajah yang ditandai dengan kulit terlihat kemerahan dan terdapat bintik menyerupai jerawat. Produk skincare yang digunakan untuk mengatasi masalah ini biasanya akan bekerja selama 2 – 3 bulan pemakaian. Bahkan produk untuk mengatsi rosacea ini juga biasanya diresepkan oleh dokter. Bukan sembarangan menggunakan produk yang terdapat di pasaran.

10. Eye cream

Kulit di area mata yang lebih tipis dan sensitif memang rawan untuk mengalami masalah kering maupun keriput. Untuk itu, kamu juga perlu merawat kesehatan kulit di area mata dengan skincare berupa eye cream. Secara umum, lama efek skincare ini terlihat dalam waktu 6 – 8 minggu pemakaian teratur. Oh ya, untuk mengatasi masalah di area mata ini nggak cukup hanya dengan pemakaian eye crea, Girls. Kamu juga perlu melakukan gaya hidup sehat seperti istirahat teratur, hindari begadang, konsumsi cairan yang cukup, dan lain sebagainya.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemakaian skincare

Selain memberikan ulasan di atas, Hai Gadis juga punya beberapa info tambahan buat kamu yang sedang kebingungan dengan lama efek skincare yang kamu pakai nih.

a. Jangan mudah tergiur dengan klaim suatu produk yang berlebihan

Untuk memasarkan suatu produk skincare, para produsen skincare pastinya akan memberikan klaim tertentu agar skincare laris di pasaran. Nah, sebagai konsumen kamu nggak boleh mudah tergiur dengan klaim yang berlebihan tersebut, Girls. Klaim yang berlebihan menyebabkan kamu berekspektasi tinggi terhadap hasil suatu skincare. Akibatnya jika efek yang kamu dapat nggak sesuai dengan yang kamu harapkan, kamu jadi merasa bahwa suatu produk nggak cocok. Kamu pun akan cenderung mudah berganti-ganti produk sebelum melihat apakah suatu produk memang sebenarnya berefek baik di kamu atau enggak.

Untuk poin yang satu ini, contohnya saja pada produk moisturizer yang banyak memiliki klaim pencerah, antipenuaan, dan lain sebagainya. Sementara produk tersebut malah nggak mengandung SPF yang akan melindungi kulitmu dari sinar UV. Kalau kamu nggak teliti, terlalu tergiur dengan klaim produk, maka bisa-bisa kamu hanya mengandalkan produk tersebut tanpa dibarengi penggunaan tabir surya.

b. Nggak ada satu produk atau satu ingredients tertentu yang bisa mengatasi semua masalah kulit

Mungkin sebagian dari kamu sudah menemukan produk skincare yang holygrail dan menjadi penyelamat banget buat kulitmu. Namun perlu diketahui bahwa nggak ada satu produk atau satu ingredients yang bisa mengatasi semua masalah kulit. Seperti halnya makanan, kita nggak akan bisa mencukupi kebutuhan gizi dengan hanya makan nasi saja, bukan?

Itulah kenapa, kamu perlu menggunakan skincare sesuai kondisi kulit wajahmu. Misalnya saja kulitmu kali ini memiliki masalah kusam, kamu bisa menggunakan skincare yang fokus menangani masalah tersebut. Nah, setelah ini jika kulitmu memiliki masalah jerawat, fokus saja atasi jerawatmu ya, Girls. Perlu diingat, meski satu produk nggak bisa menangani semua masalah, bukan berarti kamu bisa berganti-ganti skincare dalam waktu singkat.

c. Gunakan produk skincare secara rutin sesuai aturan

Menggunakan produk skincare secara konsisten memang penting. Namun, penggunaan berlebihan juga nggak dianjurkan, Girls. Untuk produk seperti toner, moisturizer, dan serum kamu bisa menggunakannya pada pagi dan malam hari. Untuk sunscreen, kamu bisa memakainya pada pagi atau siang hari.

Sementara untuk produk eksfoliasi dan produk masker, cukup gunakan 2 – 3 kali seminggu saja, ya. Kamu bisa melihat anjuran pemakaian produk tersebut sesuai dengan yang tertera di kemasan kok. Kemudian, jangan sembarangan mix produk skincare, ya. Misalnya saja retinol nggak boleh digunakan bersamaan dengan AHA/BHA maupun vitamin C, dan lain sebagainya. So, be smart Girls!

d. Jangan lupa gunakan sunscreen dan eksfoliasi kulit secara teratur

Melakukan eksfoliasi nggak hanya membuat wajahmu terasa lebih cerah karena sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori bisa terangkat. Namun jika kulitmu bersih, produk skincare bisa terserap lebih mudah ke dalam pori-pori. Untuk itu, jangan lupa untuk eksfoliasi kulitmu secara rutin, Girls. Dengan eksfoliasi rutin, kulitmu juga akan terhindar dari masalah jerawat atau komedo.

Sementara untuk sunscreen pun nggak boleh di-skip nih. Lama efek skincare berupa sunscreen memang nggak instan. Namun sangat memengaruhi kinerja skincare lain dan akan memberikan manfaat buat kulitmu di waktu yang akan datang. Kamu bisa menggunakan sunscreen yang mengandung SPF setidaknya 30 dan juga mengandung PA. Jadi, kulitmu nggak hanya terlindungi dari UVB, tetapi juga UVA. Selain itu, tetaplah gunakan sunscreen meskipun kamu berada di dalam ruangan ya, Girls.

e. Hindari produk skincare yang menyebabkan iritasi di kulitmu

Kalau dalam sekali pemakaian produk skincare baru kemudian kulitmu bereaksi, hentikan pemakaian saja ya Girls. Nggak perlu deh menunggu lama efek skincare dari produk baru tersebut muncul meskipun produk terkenal bagus. Sebab, jika suatu produk skincare yang kamu gunakan membuat kulit jadi sensitif, maka lama-lama kulit bisa mengalami kerusakan.

Tanda skincare-mu bekerja dengan baik

Di bawah ini Hai Gadis juga punya ulasan lho, apakah skincare-mu cocok dan bekerja dengan baik, berbahaya, atau justru nggak menimbulkan efek apa-apa. Simak yuk, siapa tahu kamu butuh!

a. Kulitmu terasa terhidrasi tapi juga nggak oily

Menurut University of Tennessee Medical Center, hidrasi sangat penting bagi kulit untuk meregulasi dirinya sendiri. Produksi minyak yang over justru bisa menyebabkan breakout, sementara kulit yang kurang terhidrasi bisa terasa kering. Nah, menggunakan skincare untuk melembapkan kulitmu sangat penting agar kulit tetap terhidrasi dan mengurangi risiko kekeringan maupun berminyak.

Kemudian, dr. Heidi Waldorf, seorang dermatologis mengatakan bahwa jika kulitmu terasa terhidrasi dan cerah, berarti kulit memang cocok dengan produk dalam rangkaian skincare-mu. Namun jika kulit malah terasa berminyak, kotor, atau terasa gatal, mungkin saja produk skincare-mu nggak bekerja dengan baik. Intinya, kulit yang cocok dengan lama efek skincare yang kamu gunakan, maka akan terlihat glowing di bagian cheekbones, dahi, dan cupid’s bow. Berbeda dengan kulit oily yang terlihat mengkilap hampir di semua bagian wajah, terutama di T-zone.

b. Kulit nggak merasa gatal atau iritasi

Jika kulitmu nggak mengalami sensasi gatal atau iritasi, bisa saja produk skincare yang digunakan memang aman buat kulitmu alias nggak alergi dengan produk skincare tersebut. Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa beberapa ingredients pada skincare memang kadang menimbulkan efek gatal pada waktu singkat. Misalnya saja saat kamu menggunakan retinol untuk pertama kali.

Kulitmu akan menyesuaikan diri dengan bahan baru yang menimpanya dengan memunculkan reaksi seperti gatal dan kemerahan. Namun reaksi tersebut nggak akan berlangsung lama, Girls. Jika kamu merasakan sensasi iritasi tersebut meningkat setelah 2 – 3 minggu pemakaian skincare, maka jangan lupa untuk menghentikan pemakaian dan hubungi dermatologist ya.

c. Kulit akan terasa kenyal dan warnanya merata

Menurut dr. Rebecca Baxt yang merupakan seorang dermatologist di New Jersey, cara agar tahu bahwa produk skincare bekerja dengan baik adalah kulit kita terasa clear alias bersih. Kulit kita akan lebih balance, terhidrasi, dan bisa meregulasi dirinya sendiri. Kulitmu juga akan terasa kenyal. Saat tekstur kulit lebih kenyal, maka ukuran pori-pori akan mengecil, noda, jerawat, maupun discoloration juga akan berkurang.

Nah, demikian ulasan tentang lama efek skincare beserta hal-hal tambahan yang perlu kamu ketahui sebagai skincare enthusiast. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya. Gimana? Sejauh ini skincare yang kamu pakai cocok-cocok saja ‘kan, Girls? Kalau kamu mengalami masalah di kulit terkait produk skincare-mu, segera hubungi dokter ya supaya mendapat penanganan yang tepat!

Referensi:

  • https://www.thezoereport.com/p/how-long-does-it-take-skincare-products-to-work-19306066
  • https://www.paulaschoice.com/expert-advice/skincare-advice/skin-care-how-tos/is-your-skincare-routine-working.html
  • https://www.insider.com/how-to-tell-your-skincare-routine-is-working-2020-8
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3637371/tak-bisa-instan-ini-waktu-yang-diperlukan-skin-care-untuk-tunjukkan-hasil#:~:text=Produk%20skin%20care%20yang%20ditujukan,setelah%202%2D3%20bulan%20pemakaian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *