Cara Menghilangkan Sariawan Secara Cepat Dan Aman

1 minggu, by haigadis

Tips Menghilangkan Sariawan Secara Cepat Dan Aman

Sariawan atau panas dalam yang di dalam dunia kesehatannya sering disebut stomatitis aphthous adalah luka kecil yang menyakitkan di dalam mulut. Sariawan bisa timbul dimana saja dibagian mulut kita baik itu di lidah, pada lapisan pipi, bibir, dan tenggorokan. Bila kita amati biasanya warnanya putih, abu-abu, atau kuning, dengan batas merah.

Sariawan itu banyak jenisnya dan banyak penyebabnya namun kita sebagai orang awam sering kali hanya mengklasifikasikannya dengan satu jenis saja.

Apa saja yang menyebabkan sariawan?

Penyebab sebagian besar sariawan tidak dipahami dengan baik, dan beberapa faktor dapat menyebabkan sariawan muncul. Beberapa kemungkinan penyebab sariawan meliputi:

  • Cedera pada mulut dapat menyebabkan sariawan sederhana. Cedera bisa disebabkan oleh menyikat gigi dengan kuat, perawatan gigi, kawat gigi atau gigi palsu, atau kecelakaan olahraga.
  • Makanan asam seperti buah jeruk, cuka dll.
  • Sensitivitas atau alergi terhadap makanan (mulai dari makanan yang sangat asam hingga cokelat dan kopi).
  • Kekurangan vitamin B12, seng, folat (asam folat), atau zat besi.
  • Pasta gigi yang mengandung sodium lauryl sulfate.
  • Alergi terhadap bakteri tertentu di mulut.
  • Hormon.
  • Stres emosional.
  • Merokok.
  • Penyakit saluran pencernaan seperti penyakit Celiac atau penyakit Crohn.
  • Gangguan autoimun seperti lupus erythematosus sistemik atau penyakit Behçet.
  • Kelemahan sistem kekebalan tubuh lainnya seperti pilek atau flu, HIV / AIDS, atau transplantasi organ.
  • Kondisi sistemik seperti penyakit Crohn atau defisiensi nutrisi.
  • Kanker mulut.
  • Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan sariawan seperti obat anti nyeri, antibiotik dll.

Apa saja tanda dan gejala sariawan?

Tanda dan gejala yang muncul pada seseorang yang menderita sariawan bisa sangat bervariasi seperti: sensasi terbakar, kesemutan, atau seperti rasa tertusuk. Apabila kita lihat dengan seksama tampak luka seperti bisul mirip kawah yang berwarna putih, abu-abu, atau kuning, dengan garis merah. Luka yang timbul biasanya menyakitkan, kita akan mengalami kesulitan berbicara, makan, atau menelan.

Seperti yang sudah kita lihat dari list yang tertera di atas, bahwa penyebab sariawan sangat banyak. Bisa jadi memang merupakan hal sederhana seperti kekurangan vitamin, namun bisa jadi karena ada penyakit ganas. Oleh karena itu sariawan tidak boleh kita sepelekan. Jangan dibiarkan berlama-lama, segera di cari tahu penyebabnya dan segera ditangani.

Bila memang penyebabnya adalah hal-hal yang bisa kita tangani tanpa harus pergi ke dokter maka sebaiknya dilakukan segera.

Tips mengatasi sariawan secara cepat dan alami

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menghilangkan sariawan secara cepat dan alami:

1. Redakan rasa nyeri dengan salep

Kita bisa membeli obat topikal atau salep yang bisa kita tempelkan langsung ke lokasi sariawan. Obat seperti ini biasa mengandung antibiotik ataupun pereda nyeri. Obat jenis ini bisa mencegah luka sariawan timbul lebih besar lagi akibat teriritasi oleh makanan pedas atau asam, atau disentuh.

2. Menggunakan obat kumur

Obat kumur sangat baik untuk mengatasi terjadinya sariawan. Obat seperti ini biasanya memiliki antiseptik yang berfungsi untuk mencegah infeksi dan mematikan kuman-kuman yang bersarang di dalam mulut yang sering sekali menjadi penyebab terjadinya sariawan itu sendiri.

Obat kumur juga sering memberi sensasi segar dan rasa lega di dalam mulut. Ini sangat berguna karena sering sekali ketika kita mengalami sariawan mulut kita terasa bau dan tidak segar.
Obat kumur saat ini sudah tersedia dalam varian yang banyak dan kita dapat dengan mudah menemukannya baik itu di swalayan maupun di apotik. Namun anda juga dapat memilih untuk menggunakan alternatif alami, seperti larutan garam, untuk meningkatkan penyembuhan.

3. Memperhatikan kebersihan gigi dengan sikat gigi yang lembut

Merawat mulut dan berhati-hati agar tidak membuat luka sariawan semakin besar dapat mempercepat proses penyembuhan.

Menggunakan sikat gigi yang lembut dapat membantu menghindari iritasi yang menyebabkan luka sariawan semakin besar. Memilih sikat gigi yang lembut juga dapat menjaga kesehatan gusi kita.

5. Mengkonsumsi suplemen vitamin B-12

Ini penting, karena sering sekali penyebab sariawan itu adalah karena kekurangan vitamin B-12. Vitamin B-12 mendukung fungsi normal otak dan sistem saraf dan memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah.

Sebuah studi kecil menemukan bahwa mengambil suplemen vitamin B-12 mengurangi jumlah rasa sakit karena sariawan.

6. Minum teh chamomile dengan madu

Teh chamomile dicampur dengan madu dapat bertindak sebagai antiseptik, membantu meringankan gejala sariawan termasuk rasa sakit yang timbul akibat sariawan tersebut.

Chamomile dan madu telah digunakan secara historis karena berbagai alasan kesehatan, dan telah dilaporkan membantu menyembuhkan sariawan dengan mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Madu mungkin memiliki sifat antiseptik dan dapat dioleskan langsung ke sariawan. Ini juga dapat dikombinasikan dengan chamomile dalam teh, yang harus dibiarkan sedikit dingin sebelum diminum.

Chamomile mungkin memiliki sifat anti-inflamasi. Seseorang dapat menggunakan chamomile sebagai obat sariawan, dengan menyeduh teh chamomile yang kuat dan menggunakannya untuk membilas mulut setelah dingin. Mereka juga bisa merendam kantong teh chamomile dalam air hangat dan langsung mengoleskannya ke luka.

7. Menghindari makanan tertentu

Seseorang harus menghindari makanan yang sangat pedas, asin, atau asam, yang dapat mengiritasi sariawan dan menghentikannya dari penyembuhan.

Bahkan minuman panas dan makanan dengan pinggiran yang kasar, seperti sepotong roti bakar, dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Sebaiknya harus memperhatikan makanan saat kita tengah mengidap sariawan.

8. Menggunakan lidah buaya

Mengoleskan gel lidah buaya secara langsung ke sariawan dapat membantu meredakan iritasi, serta mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Ada bukti ilmiah tentang manfaat lidah buaya untuk sariawan, dianggap aman untuk digunakan oleh Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif (NCCIH).

9. Kompres sariawan dengan menggunakan es batu

Seseorang dapat mengambil es batu lalu mengoleskannya pada luka mulut untuk meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan, karena rasa dingin bisa mngurangi rasa nyeri.

10. Membuat bilas minyak cengkeh

Minyak cengkeh telah digunakan secara turun-temurun untuk menghilangkan rasa sakit. Seseorang dapat menggunakan minyak cengkeh sebagai obat dengan membilas mulut terlebih dahulu dicampur dengan larutan garam laut atau obat kumur, kemudian mengoleskan kapas yang direndam dalam minyak cengkeh ke luka kanker untuk menghilangkan rasa sakit.

Kapan harus ke dokter?

Sariawan biasanya tidak membutuhkan perawatan ekstra. Luka sariawan akan hilang tanpa perawatan dan biasanya tidak merupakan pertanda adanya masalah serius. Namun perlu diperhatikan bahwa seseorang harus mengunjungi dokter jika lukanya bertahan lebih dari 3 minggu, menyebabkan kesulitan menelan, atau jika orang tersebut juga menderita sakit yang lain selain sariawan.

Jika sariawan sering terjadi berulang dalam waktu yang lama, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Bisa jadi hal ini merupakan suatu pertanda bahwa anda sedang menderita sebuah penyakit.

Jaga kesehatan mulut kita ya girls agar terhindar dari sariawan. Semoga artikel diatas bermanfaat!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *