12 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik untuk Berbagai Jenis Kulit

By Hai Gadis

Cleansing milk punya peran penting untuk membuat wajah tetap bersih setelah aktifitas seharian. Ada berbagai rekomendasi cleansing milk yang bisa kamu sesuaikan dengan jenis kulitmu nih girls, jadi kulitmu tetap sehat dan lembab setelah pemakaian.

Ketika memilih cleansing milk, kamu harus perhatikan komposisi bahannya ya. Jangan sampai kulit malah iritasi setelah penggunaan produknya. Biar tak bingung, simak informasi dan rekomendasi dari skincare ini ya girls.

Apa Itu Cleasning Milk?

Cleansing milk atau susu pembersih merupakan produk skincare yang punya tekstur lembut. Jika kamu menggunakannya kulit akan terasa lebih terhidrasi, lembab dan bersih dari berbagai kotoran termasuk makeup. Kamu bisa gunakan cleansing milk untuk jenis kulit sensitive, normal, hingga kering.

Kandungan air di dalam susu pembersih cukup tinggi sebagai ganti kandungan minyak. Karena itulah produk pembersih ini tak bisa membersihkan makeup waterproof dan heavy makeup secara maksimal. Kamu bisa gunakan produk pembersih wajah ini untuk membersihkan makeup ringan atau menghapus keringat dan minyak.

Cara Menggunakan Cleansing Milk

Agar hasil pembersihannya lebih efektif dan maksimal, kamu bisa memperhatikan cara penggunakan cleansing milk berikut ini:

Hangatkan Terlebih Dahulu

Sebelum kamu oleskan ke permukaan wajah, kamu bisa hangatkan cleansing milk dengan menggunakan suhu tubuh. Diamkan sejenak di tangan, baru ratakan di seluruh wajah. Dengan cara ini air dan minyak dalam cleansing milk akan tercampur dan membuat proses pembersihan makeup maupun kotoran maksimal.

Lakukan Proses Emulsifikasi

Berikutnya adalah melakukan proses emulfikasi, yakni membuat cairan cleansing milk lebih mudah dibilas. Kamu bisa memulainya dengan menambahkan sedikit air ke telapak tangan, kemudian baurkan ke wajah. Cara ini akan membuat sisa makeup terangkat sempurna.

Bersihkan dengan Lap atau Air

Banyak yang masih bingung ketika membersihkan cleansing milk. Kamu tetap bisa gunakan air sebagai pembersih atau pakai lap wajah. Beberapa brand bahkan menyediakan pembersih khusus yang bisa kamu pakai setelah mengaplikasikan cleansing milk.

12 Rekomendasi Cleansing Milk Terbaik

1. Loreal Paris Gentle Cleansing Milk

rekomendasi cleansing milk terbaik

Photo by shopee.com

Brand makeup terkemuka ini menawarkan cleansing milk yang bisa menjaga kelembapan alami kulitmu. Meskipun teksturnya cukup ringan, namun ia mampu membersihkan sisa makeup, kotoran dan debu di wajah secara tuntas. Formulanya juga menarik, kamu yang punya kulit berjerawat tetap aman lho pakai produk ini.

Kandungan lain yang terdapat di dalamnya adalah lipo protein, fungsinya untuk melindungi dan mengunci kelembapan pada kulit. Kalau kamu memakainya secara rutin, wajahmu akan lebih sehat dan lembab. Ada tambahan kandungan mineral oil berupa shea butter dan glycerin yang bisa merawat kulitmu.

2. Mineral Botanica Whitening Plus Complex Cleansing Milk

Photo by shopee.com

Jika ingin mendapatkan wajah yang bersih dan cerah, kamu bisa gunakan cleansing milk dari Mineral Botanica. Dengan kandungan vitamin C dan arbutin, produknya bisa menutrisi kulit sekaligus membuatnya tetap sehat dan bersih.

Tak hanya itu, ada pula kandungan ekstrak buah yang bisa menyamarkan noda bekas jerawat di wajah. Kamu yang punya masalah jerawat karena proses pembersihan wajah yang tak sempurna, produk permbersih wajah dari Mineral Botanica ini bisa jadi solusinya. Dengan kemasan 100 ml, kamu bisa mendapatkannya dengan harga 35 ribu rupiah saja.

3. Herborist Rose Cleansing Milk

Photo by beautyhaul.com

Rekomendasi cleansing milk terbaik selanjutnya adalah Herborist Rose Cleansing Milk. Produk ini bisa membantumu mengangkat sisa makeup, kotoran, bahkan debu dengan lebih maksimal. Apalagi aromanya yang harum dari ekstrak mawar akan membuatmu lebih rileks.

Ada tambahan ekstrak vitamin E dan whitening, keduanya akan menjaga kelembapan dan elastisitas kulit sekaligus membuatnya lebih cerah. Teksturnya berupa krim yang cocok dengan semua jenis kulit, jadi tak susah deh kalau mau double cleansing.

4. Emina Creamy Milk Cleansing Lotion

rekomendasi cleansing milk terbaik baru

Photo by lazada.com

Brand lokal Emina juga menawarkan cleansing milk yang bisa kamu coba. Formulanya yang ringan pas banget untuk kamu yang baru menggunakan skincare dan masih usia remaja. Kandungan lotionnya juga tak lengket di kulit, jadi bisa kamu gunakan tiap hari tanpa rasa khawatir.

Supaya wajahmu tetap cerah dan terawat, Emina juga menambahkan niacinamide dan glutathione lho di dalamnya. Wajahmu pun jadi kelihatan lebih cerah dan anti kusam kalau kamu produknya pakai secara rutin. Kemasannya yang minimalis dan ringan dari susu pembersih ini cocok buat kamu bawa travelling.

5. Sariayu Jeruk Cleansing Milk

Photo by blibli.com

Jeruk memang jadi buah yang punya banyak kelebihan, tak heran ekstrak buahnya sering kamu temukan di berbagai kandungan skincare. Sariayu juga memanfaatkan jeruk dalam Sariayu Jeruk Cleansing Milk.

Dengan formula buah jeruk, produk ini akan membantumu mendapatkan kulit yang lebih cerah dan bebas dari jerawat. Selain jeruk ada pula kandungan peppermint oil dan ekstrak gardenia untuk membersihkan makeup dengan maksimal. Tak heran wajahmu jadi lebih terawat dan bebas jerawat setelah pemakainnya.

6. The Face Shop – Rice Water Bright Cleansing Lotion

Photo by blibli.com

Beralih ke produsen skincare asal negeri Ginseng, brand The Face Shop juga menawarkan cleansing milk. Susu pembersih yang mereka miliki punya kandungan beras yang akan memberikan tiga manfaat sekaligus pada wajah.

Manfaat tersebut adalah mengangkat kotoran dan sisa makeup, menutrisi wajah sekaligus membuatnya lebih cerah. Teskturnya creamy dan bisa kamu aplikasikan ke kulit wajah dengan mudah. Formulanya juga ringan dan efektif, kamu akan merasakan kulit wajah yang lebih halus dan lembab setelah menggunakan produknya lho.

7. Nivea Makeup Clear Cleansing Milk

rekomendasi cleansing milk terbaik lokal

Photo by lazada.com

Kamu merasa wajahmu jadi lebih kering setelah pakai makeup seharian? Jangan khawatir girls, kamu bisa pakai Nivea Makeup Clear Cleansing Milk. Dengan kandungan susu, kamu bisa membersihkan makeup di wajah secara menyeluruh tanpa khawatir kulit terasa kering.

Produk ini juga punya kandungan minyak biji anggur yang membuat kulit lebih halus dan lembab. Formulanya memang ringan di kulit, namun kamu bisa gunakan produk ini untuk membersihkan makeup waterproof. Tak hanya itu, produk ini juga bebas wewangian, paraben dan alcohol, pas banget buat kamu yang punya kulit sensitive.

8. Mustika Ratu Pembersih Sari Sekar Gambir

Photo by lazada.com

Kembali ke brand lokal Indonesia, ada merek legendaris yang terkenal dengan konsistensi dan kualitas produk-produknya, yakni Mustika Ratu. Ada pembersih susu dari Mustika Ratu yang bisa kamu coba girls, yakni Pembersih Sari Sekar Gambir.

Produk skincare ini menggunakan ekstrak vitamin E dan aromatic essential jasmine oil sebagai bahan yang akan melembapkan kulitmu. Aroma wanginya juga bisa membuatmu lebih rileks ketika sedang membersihkan makeup. Selain untuk wajah, kamu bisa gunakan pembersih susu ini untuk leher juga lho.

9. The Body Shop Aloe Calming Cream Cleanser

rekomendasi cleansing milk

Photo by thebodyshop.com

Ekstrak aloe vera bisa kamu temukan ketika menggunakan cleansing milk dari The Body Shop. Dengan kandungan tersebut, kamu jadi bisa membersihkan wajah sekaligus merawatnya agar tetap lembab. Buat kamu yang punya kulit sensitive, jangan khawatir, produk ini bisa banget kamu pakai.

Kandungan aloe veranya yang alami akan menenangkan kulit dan meminimalisir terjadinya iritasi. Formulanya juga fragrance free dan soap free, jadi menghasilkan aroma alami yang natural. Harganya memang cukup mahal, sekitar 180 ribu rupiah untuk satu botolnya, namun ini sebanding dengan hasil yang nantinya kamu dapatkan.

10. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Photo by shopee.com

Kalau butuh rekomendasi cleansing milk terbaik yang punya fungsi ganda, ada Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Tak hanya punya fungsi sebagai susu pembersih, produk ini juga bisa kamu jadikan sebagai facial wash. Jadi kamu tak butuh banyak produk untuk merawat kulitmu tetap sehat.

Cleansing milk ini juga memberikan efek melembabkan setelah pemakaian. Komposisinya yang ringan dan alami tak akan membuat kulitmu mengalami iritasi. Produk ini punya beberapa ukuran botol yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

11. Wardah Lightening Milk Cleanser

Photo by tokopedia.com

Wardah juga punya susu pembersih dengan nama Wardah Lightening Milk Cleanser dengan formula yang ringan. Teksturnya lembut dan bisa membersihkan makeup maupun kotoran wajah dengan maksimal. Harganya yang terjangkau juga jadi nilai lebih dari produk ini.

Ada tambahan kandungan vitamin B3, ekstrak licorice, serta AHA yang akan membuat wajahmu lebih cerah. Jika wajahmu kusam karena pemakaian makeup harian, produk ini bisa mengatasinya dengan baik. Untuk kulit wajah yang lebih bersih dan bebas jerawat, kamu bisa lakukan double cleansing setelah menggunakan susu pembersih ini ya!

12. Acnes Natural Care Milk Cleanser Oil Control

rekomendasi cleansing milk terbaik murah

Photo by shopee.com

Terakhir ada rekomendasi cleansing milk terbaik dari Acnes. Produk ini akan membersihkan wajahmu dari makeup dan mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Kandungan olive oil yang ada di dalamnya akan membantu membersihkan sisa makeup dengan lebih maksimal.

Formula susu pembersih dari Acnes ini juga ramah untuk kamu yang punya kulit berminyak. Tak ada kesan lengket setelah pemakaian, pun wajahmu tak akan terasa berminyak. Pembersih ini akan membantumu mendapatkan wajah yang bersih, lembab, dan bebas kilap serta minyak.

Memilih Cleansing Milk yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Pilih Formula yang Lembut di Kulit

Hindari formula susu pembersih yang tak ramah untuk kulit, seperti alcohol atau paraben. Kalau wajahmu sensitive, pilih produk yang bisa meminimalisir terjadinya iritasi dan alergi. Perhatikan label di produk susu pembersih dan pastikan sesuai dengan jenis kulitmu girls.

Pilih yang Sudah Teruji Dermatologist

Agar lebih aman, kamu bisa pilih cleansing milk terbaik yang sudah mendapatkan label lolos uji dari dermatologist. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir menggunakan produk susu pembersih karena aman untuk kulit wajahmu.

Pertimbangkan yang Punya Daya Lembab Tinggi

Setiap produk punya keunggulannya sendiri, tapi untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa gunakan produk dengan daya lembab yang tinggi. Misalnya dengan memilih produk yang mengandung ceramide, aloe vera maupun sodium hyaluronate.

Gunakan Produk Berbahan Organik Jika Kulitmu Sensitif

Kalau kulitmu terlalu sensitive dengan bahan kimia, kamu bisa gunakan produk dengan bahan-bahan yang organic. Sudah banyak brand skincare yang menyediakan susu pembersih berbahan alami. Meski harganya lebih mahal, namun produk tersebut tentu lebih aman untuk kulitmu.

Kamu bisa mempertimbangkan rekomendasi cleansing milk terbaik dalam daftar ini sebagai skincare rutinmu girls. Agar wajah tampak cantik alami, kamu bisa gunakan produk pembersih dua kali sehari ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.