10 Destinasi Wisata Hits dan Terfavorit di Bandung yang Nggak Bikin Nyesel

Floating Market Lembang - Tempat wisata favorit Bandung

2 bulan lalu

Bandung, lekat dengan sebutan Paris van Java maupun Kota Kembang. Sepanjang sejarahnya, ibukota di Jawa Barat ini memang terkenal dengan beragam wisata alam, kuliner, wisata seni dan budaya, maupun wisata belanja. Jelas jika kota ini cocok menjadi tempat tujuan untuk melepas penat bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Bicara soal melepas penat, pasti kita butuh berekreasi. Dan di Bandung, tempat rekreasi alias destinasi wisatanya nggak ada kata habis. Dari waktu ke waktu, selalu muncul tempat wisata baru yang tak kalah kerennya dengan tempat wisata lama. Jangan heran kalau wisatawan lokal maupun mancanegara tertarik untuk menghabiskan waktu di kota dengan pusat pemerintahan di Gedung Sate ini.

Belum pernah ke Bandung? Atau pernah tapi bingung ke destinasi wisata yang terfavorit, hits, dan recommended? Ah, jangan bilang pernah ke Bandung kalau belum ke 10 tempat terhits ini! Dijamin betah.

1. Bandung Rasa Korea di “Little Seoul Bandung”

Little Seoul Bandung - Tempat wisata favorit Bandung

Nggak perlu jauh-jauh deh kalau pengin menikmati suasana Negeri Ginseng yang terkenal dengan artis K-pop nya itu. Little Seoul Bandung menghadirkan tempat wisata yang mengusung tema street food, perkampungan dan arsitektur indah ala-ala Korea. Tempat wisata hits nan instagrammable ini lokasinya di Jalan Sawunggaling No.10, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116. Lokasinya strategis kok, mudah diakses karena berada di pusat kota. Dekat dengan Cafe Madtari yang buka 24 jam, serta taman-taman seperti Taman Dago, Taman Jomblo, dan Taman Film. Lebih mudah lagi, kita bisa memanfaatkan gadget untuk mencari tempat ini di Google Maps.

Seberapa rasa Korea sih di sini? Wuih, daebak Gengs. Korea banget! Mulai dari kulinernya, kita bisa mencicipi odeng, corndog, hotteok, kimbab, tteokkochi, tteokbokki, Jjajangmyeon, Jjampong, dan masih banyak lagi deh. Nah, kalau cari spot instagrammable supaya feed kita penuh dengan foto-foto hits, jalan-jalan aja di sekitar sini. Sekeliling kita dipenuhi arsitektur bergaya Korea. Tambah lagi, kita bisa lho menyewa kostum tradisional Korea–Hanbook untuk selfie-selfie cantik. Murmer, cuma Rp. 30.000 kok.

Lalu, biar makin seru ala-ala drakor romantis, ada lho fasilitas seperti MRT khas Korea, gembok cinta Namsan Tower, bahkan sampai penjual susu pisang otomatis. Kalau sama pasangan, waah udah mirip Song-Song couple. Oh ya, di sini tiket masuknya masih gratis, Gengs. Tinggal siapin kocek aja deh buat nyicipin beragam kuliner nya. Ayo chingu, kita ke sini!

2. “Orchid Forest Cikole” yang Alami

Orchid Forest Cikole - Tempat Wisata Favorit di Bandung

Di mana lagi surganya anggrek kalau bukan di Orchid Forest Cikole? Tempat dengan berbagai spesies anggrek yang tumbuh ini berlokasi di daerah Jl. Tangkuban Perahu Raya KM.8, Cikole, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Cara ke sana gampang kok, kita tinggal menuju arah Tangkuban Perahu. Nanti bakalan ketemu gerbang menuju Orchid Forest, deh.

Tempat ini merupakan kawasan konservasi dan budidaya tanaman anggrek di tengah hutan pinus yang diklaim terbesar di Asia. Wow banget, kan? 157 spesies anggrek bisa tumbuh di sini karena temperatur udara yang sejuk dan bersih. Menariknya, tak hanya tempat budidaya anggrek lho, di sini juga terdapat fasilitas outbond dan eko-edukasi. Ada juga coffee corner, area piknik, area bermain anak-anak, taman bacaan, dan masih banyak lagi.

Syahdu banget, Gengs! Apalagi buat kita yang suka nuansa alami. Buat selfie pun jelas instagrammable dan bikin sejuk feed kita. Dan pastinya, tempat ini juga cocok untuk anak-anak bermain sambil belajar. Cuma Rp. 25.000 untuk hari biasa dan Rp. 35.000 untuk hari libur kok tiket masuknya. Tertarik?

3. “Kawah Putih Ciwidey” yang Eksotis

Kawah Putih Ciwidey - Tempat wisata favorit Bandung

Kawah yang putih kehijauan nan eksotis ini merupakan sebuah danau vulkanik dari letusan Gunung Patuha dengan luas hampir 10 hektar dan berlokasi di jalur wisata Ciwidey-Patengan. Letaknya berdekatan dengan berapa objek wisata lain, seperti Ranca Upas, Patuha Resort dan TWA Cimanggu. Tepatnya, di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Untuk menuju ke sini cukup mudah kok, Gengs. Infrastruktur jalannya baik dan banyak petunjuk jalan. Jadi, nggak bakal takut nyasar. Dari Kota Bandung, tempat ini bisa ditempuh selama satu jam setengah lewat Tol Soreang Pasir Koja.

Selain indah, tempat ini bersejarah. Gunung Patuha yang meletus pada abad ke-10 membentuk kawah yang mirip danau berwarna putih kehijauan ini. Tak heran kalau di sini suasananya romantis abis! Panorama kawah berpadu dengan kabut tipis dan pepohonan rimbun di sekitarnya yang benar-benar menyejukkan mata. Nggak diragukan lagi kalau pengin punya foto-foto keren berbackground kawah putih kehijauan.

Oh ya, spot foto di sini nggak cuma kawah putihnya, tapi ada juga Dermaga Ponton dan Tebing Sunan Ambuyang mengapit si kawah eksotis. Tiket masuknya cukup Rp. 20.000 untuk wisatawan domestik, dan Rp. 50.000 untuk wisatawan mancanegara. Yak, ayo siapkan kamera dan ajak orang tersayang!

4. Yang Unik dan Menarik di “Taman Kardus”

Taman Kardus - Tempat Wisata favorit Bandung

Mau selfie-selfie unik dan anti mainstream, ya di sini tempatnya! Taman Kardus merupakan wisata kuliner yang mengusung konsep edukasi dan cocok banget untuk fotografi. Lokasinya, ada di Jalan Sersan Bajuri No 102 Kota Bandung, di dalam Resort Green Forest. Akses ke sini gampang banget kok. Dari Terminal Ledeng, tinggal ambil arah kiri ke Jalan Sersan Bajuri. Bila perlu, akses Google Maps deh kalau bingung.

Taman Kardus ini menjadi hits dan favorit karena memiliki keunikan tersendiri. Gimana enggak, dekorasi dan desain propertinya semua dari kardus yang mengusung tema Bandung tempo doeloe. Penataannya pun estetik banget. Ciamiklah buat menghias feed instagram dengan foto-foto unik.

Bagi yang ingin mencicipi kuliner, di sini disuguhkan menu makanan khas Nusantara seperti cireng, seblak, ronde, bandrek, hingga bajigur yang harganya ramah di kantong, yaitu Rp. 9.000 – Rp. 35.000. Yang nggak kalah penting, udara di sini sejuk abis. Pasti betah deh! Apalagi, masuknya gratis, cukup bayar parkir dan jajan aja.

5. Surga Karet di “Bajabang Eduar”

Bajabang Eduar - Tempat wisata favorit Bandung

Destinasi wisata yang mengusung konsep keindahan dan kesejukan alam selalu laris dikunjungi wisatawan. Kali ini, nggak cuma pepohonan pinus maupun cemara, Bandung juga punya objek wisata hijau yang berisi pepohonan karet, lho. Bajabang Eduar berlokasi di kawasan perkebunan karet di Kampung Pasir Ucing, Desa Nenggeleng, Cipeundeuy, Bandung Barat. Untuk ke sini, dari pusat Kota Bandung memakan waktu 1,5 jam. Cara aksesnya, wisatawan dari Bandung – Cianjur bisa menuju ke sini dengan rute via Rajamandala. Setelah itu, kita akan melintasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, lurus mengarah ke Kecamatan Cipeundeuy. Tenang, banyak petunjuk arah kok.

Sampai tempat ini, kita akan disambut pepohonan karet yang rimbun dan suasananya menyejukkan. Selain itu, kita juga bisa menikmati wahana seperti flying fox, perahu mainan, jembatan bamboo,panahan, permainan anak-anak, paddle boat, low road,dan juga berbagai sajian kuliner.

Kalau cari spot foto yang hits, di sini setiap sudutnya oke banget kok, pemandangannya mantap abis. Namun, spot favoritnya ada di Awi Nangkring. Jangan lupa ajak keluarga, teman, atau pasangan ke sini, ya. Tiketnya cuma Rp. 5.000. Jangan ngaku hits kalau belum ke sini!

6. Mengapung di “Floating Market Lembang”

Floating Market Lembang - Tempat wisata favorit Bandung

Cari destinasi wisata yang hits dan mengapung di air, ya di sini tempatnya. Yang ini wajib banget dikunjungi, Gengs! Soalnya, baru saja beroperasi udah langsung dikunjungi banyak wisatawan. Lokasinya gampang banget dijangkau, karena terletak di pusat Kota Lembang, tepatnya di Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kalau dari pusat Kota Bandung, rutenya menuju jalan Setiabudi, lalu masuk ke jalan Ledeng dan Lembang. Setelah itu, kita perlu memutar balik lagi ke arah Bandung melewati Masjid Agung Lembang dan pasar. Ikuti terus jalan ini. Lokasi jalan masuk berada tidak begitu jauh dari pertigaan ke arah Bandung.

Di sini, banyak banget spot menarik yang bisa kita nikmati. Ada Kota Mini, Rainbow Garden, wahana permainan air, Taman Kelinci, Hijab Swimming Pool, Kampung Jepang Kyoto, dan Rainbow Garden. Semuanya menarik banget untuk dijelajahi. Siapkan kamera aja deh,spot foto-fotonya super lengkap. Pantes jadi favorit wisatawan ya.

Tiket masuk ke sini, mulai dari Rp. 20.000 sampai Rp. 30.000. Namun, tiap wahana juga ada tiket masuknya, Gengs. Siapin dompet aja deh. Nggak bakal nyesel sampai sini. Selain lengkap, kita bakal puas!

7. Yang Hijau dan Segar di “Kebun Teh Sukawana”

Kebun Teh Sukawana - Tempat wisata favorit Bandung

Ada lagi yang hijau-hijau dan menyegarkan nih, Gengs. Yaps, Kebun Teh Sukawana yang indah ini berlokasi di Karyawangi, Parongpong, Lembang, Bandung. Untuk mencapai ke sana, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti angkot. Jaraknya sekitar 15 km dari pusat kota. Sayangnya, jalannya kurang bagus. Tenaaang, meski begitu, pemandangannya super keren, kok.

Di kebun teh ini, kita dapat menghirup udara segar sambil tea walk menyusuri area kebun. Anginnya pun sepoi-sepoi mendamaikan hati. Yang menarik nih, kita bisa juga mengunjungi pabrik pengolahan teh, camping, dan juga bersepeda. Pemandangan kebun teh yang luas nan hijau di sini juga oke banget diabadikan kamera. Bahkan, kita juga bisa selfie bersama sunset atau sunrise dengan menginap di kawasan kebun ini.

Konon, perkebunan ini dulunya merupakan tanah milik orang Belanda. Namun,setelah masa penjajahan berakhir, kawasan ini dikelola oleh pihak PTPN. Oh ya, harga tiket masuknya murah meriah. Cukup Rp. 10.000 saja per orang.

8. “Danau Situ Patenggang” yang Dikelilingi Lembah dan Kebun Teh

Danau Situ Patenggang - tempat wisata favorit Bandung

Meski letaknya berdekatan dengan Kawah Putih Ciwidey, tempat ini nggak boleh ketinggalan untuk dikunjungi, Gengs. Lokasinya masih di kawasan Ciwidey. Untuk ke sini, dari Kota Bandung kita bisa melewati 2 rute, yaitu Buah Batu atau Majalaya. Dari pintu tol Buah Batu, kita bisa menuju arah Bojong Soang, kemudian Banjaran, selanjutnya Soreang dan Ciwidey, dan seterusnya Patenggang. Jika dari arah Majalaya, kita bisa mengambil rute jalan kemuju ke Ciparay, kemudian menuju Soreang, seterusnya Ciwidey dan Situ Patenggang.

Wisata berupa danau yang dikelilingi oleh bayangan pegunungan di sekelilingnya, serta dipagari oleh kebun teh ini super eksotis. Spot selfie di Situ Patenggang nggak akan habis, soalnya keren semua. Namun spotter favorit di sini adalah Kapal Penisi. Serunya nih, menuju Kapal Penisi ini kita harus melewati rawayan atau jembatan gantung yang terbuat dari kayu besi baja.

Nggak cuma selfie aja kok. Kita bisa banget camping di tepi danau dan lake slide glamping. Tiket masuknya juga terjangkau lho. Cuma Rp. 18.000 per orang untuk hari biasa, serta sekitar Rp. 23.000 ribu per orang untuk weekend dan tanggal merah. Jangan lewatkan, pokoknya!

9. Jalan-Jalan Asikdi “Farm House Lembang”

Farm House Lembang - Tempat wisata favorit Bandung

Tempat ini hits banget di sosial media, lho. Destinasi kekinian ini menarik banget, karena berkonsep pertanian ala Eropa. Farm House Lembang berlokasi di Jl. Raya Lembang No.108, Gudang Kahuripan, Lembang, Bandung Barat. Strategis banget kok, karena berada langsung di pinggir jalan raya Bandung -Lembang. Kalau dari arah Bandung, tempatnya ada di sebelah kanan jalan. Letak tempat ini kurang lebih 2 km sebelum pusat Kota Lembang. Rutenya, menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui Cimahi, atau bisa juga menaiki angkutan umum jurusan stasiun hall – Lembang.

Tempat yang didesain berdasarkan gaya pertanian yang ada di Benua Eropa ini, digabungkan dengan panorama pegunungan tropis menjadi destinasi yang menakjubkan. Para pengunjung akan disajikan bangunan-bangunan bergaya Eropa, yang dapat digunakan sebagai tempat untuk ber-selfieria. Ada juga lho fasilitas menarik yang juga unik-unik seperti Rumah Hobbit, bisa foto bersama hewan, dan menyewa kostum ala Eropa.

Untuk bisa menikmati fasilitas kece di tempat hits ini, cukup merogoh dompet sebesar Rp. 25.000 per orang. Ke sini bersama keluarga, sahabat, teman, atau pasangan pastinya seru pisan!

10. Menikmati Suasana di “Dusun Bambu Lembang”

Dusun Bambu - Tempat wisata favorit Bandung

Dusun Bambung Lembang ini nyesel deh kalau dilewatkan. Lokasinya di Jalan Kolonel Masturi KM 11, Desa Kertawangi, Cisarua Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk sampai sana, ada beberapa rute, bisa melalui Bandung maupun Cimahi. Pastinya, Google Maps akan sangat membantu perjalanan kita, Gengs.

Banyak yang bisa kita lakukan di sini. Sekadar bersantai, menikmati kuliner, atau berjalan mengitari taman. Semua objek menarik dan instagrammable banget deh untuk di foto. Ada Lutung Kasarung, Taman Arimbi, Cafe Burangrang, dan Pasar Khatulistiwa.

Dusun Bambu ini berkonsep eco-friendly dan memiliki area yang cukup luas serta tertata dengan sangat baik. Bahkan juga sudah memiliki fasilitas yang lengkap, seperti restoran, musala, dan tempat untuk menginap. Tiket masuk hanya Rp. 25.000 per orang. Ayo, ke sini!

Itu dia destinasi wisata yang hits abis di Bandung. Favoritmu yang mana, Gengs?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *