Intip 7 Inspirasi Nail Art Kekinian, Wajib Dicoba

By Hai Gadis

Bukan hanya wajah yang butuh sentuhan dan perawatan ekstra, kuku juga membutuhkannya agar tetap sehat. Selain merawat, kuku dapat pula menghiasnya sebagai media seni tanpa batas nan epik. Seni dalam kecantikan kuku ini bernama nail art kekinian.

Setiap seni memiliki keindahan tersendiri, terlebih dengan media tak biasa, kuku. Bentuknya yang mungil dan sempit membutuhkan teknik tersendiri ketika mempercantiknya. Kamu dapat melakukannya dengan seru dengan berbagai tema unik kekinian yang wajib kamu coba.

Pengertian Nail Art dan Keunikannya

Pengertian nail art dalam Bahasa Indonesia secara umum adalah seni kuku. Merupakan kreasi dalam hal melukis, menghias, memperindah hingga mempercantik kuku. Biasanya melukis kuku dilakukan setelah perawatan kuku dengan baik, manikur dan pedikur.

Manikur dan pedikur sendiri perawatan untuk memangkas, membentuk serta memoles kuku sehingga kuku benar-benar siap untuk dihias. Sebagaimana wajah, sebelum dirias dibersihkan dahulu sehingga hasil riasan optimal.

Salah satu keunikan yang menjadi tak biasa karena kuku memiliki bidang kecil. Media kecil ini membutuhkan ide tak biasa untuk membentuk dan melukisnya menjadi indah. Tak dipungkiri, untuk mempercantik dibutuhkan keterampilan tersendiri.

Namun, tenang saja, nail art ini dapat dilakukan siapa saja jika memang suka akan seni. Kamu hanya membutuhkan sedikit teknik dan dapat langsung mempraktekkan sendiri. Tentunya dengan gaya seni ala kamu dan sesuai karaktermu.

Perlengkapan yang Perlu Disiapkan Sebelum Membuat Nail Art Kekinian

Melukis pada kuku memerlukan persiapan berbagai bahan layaknya melukis pada canvas. Melukis membutuhkan bahan yang harus kamu sediakan sebelum eksekusi karya seni dimulai. Apabila masih awam dan asing dengan bahan dasar ini, dapat melihat lebih detail di artikel berikut.

Adapun bahan dasar yang kamu gunakan sebelum kamu memoles kukumu menjadi lebih cantik adalah:

1. Base Coat

Apa itu base coat? Inilah bahan dasar paling penting sebelum kamu mulai melukis kuku. Bahan ini digunakan agar kuku terlindung dari bahan kuteks. Maka dari itu pastikan bahwa kuku yang akan dipercantik sudah dipoles bahan ini terlebih dahulu.

Manfaat dari base coat agar kuteks atau bahan hiasan kuku tidak secara langsung menyentuh kuku. Penggunaan base coat menciptakan lukisan yang rapi dan lebih indah. Pada umumnya, base coat tidak memiliki warna, sehingga mempermudah penggunaan lukisan kuku itu sendiri.

2. Nail Dotting Tool

Buat pemula yang baru belajar melukis kuku, mungkin belum begitu familiar dengan alat ini. Sejenis alat yang digunakan nail art dengan ujung bulat. Besar kecilnya bulatan dapat disesuaikan kebutuhan. Ukuran yang berbeda-beda mempermudah kamu ketika mulai melukis kuku.

Dengan bentuk bulatan pada ujung, digunakan untuk melukis bentuk polkadot, garis, bunga dan yang lain. Menggunakan alat ini akan menciptakan motif yang beragam dan tak membosankan. Untuk itu penting memiliki satu set nail dotting tool agar hasil seni makin kreatif.

3. Pen Detailer

Bentuk dari pen detailer mirip sekali dengan pulpen dengan ujung super lancip. Ujung lancip  digunakan ketika ingin membentuk motif secara detail. Pen detailer pada umumnya dimiliki oleh profesional yang memang fokus dalam karya nail art.

Namun, tak perlu khawatir jika tak memilikinya. Kamu dapat mengganti dengan tusuk gigi dalam membuat motif tertentu. Sebaiknya pilih tusuk gigi yang kualitasnya bagus atau yang terbuat dari bambu dan runcing. Jangan tusuk gigi yang mudah patah, ya.

4. Selotip dan Kertas

Dalam membentuk motif garis, dapat dibantu menggunakan kertas tipis atau selotip. Hal ini untuk meminimalkan melubernya cat yang digunakan. Hasil pembentukan dapat dibuat lebih bagus dan rapi. Jika ingin bentuk lurus, hasilnya benar-benar lurus dan tidak berkelok.

Caranya hanya tinggal menempelkannya ke kuku dengan motif dan pola sesuai kebutuhan. Lakukan perlahan sehingga tak ada kesalahan ketika menempatkannya.

5. Kuas

Kuas khusus penghias kuku ada banyak bentuk, mulai dari pipih hingga garis. Seperti halnya kuas biasa, kuas ini digunakan untuk melukis kuku, hanya saja bentuknya kecil. Dalam penggunaannya, perlu teknik khusus sehingga harus mempelajarinya terlebih dahulu.

Bagi pecinta seni, kuku dapat dijadikan arena tak biasa dalam mengekspresikan karya seni. Kuas ini salah satu alat yang paling sering digunakan khususnya para profesional. Hasilnya memang benar-benar epik dan cantik sekali.

6. Top Coat

Top coat digunakan ketika melukis di kuku telah selesai dilakukan. Berfungsi sebagai pelindung agar karya seni tidak mudah rusak dan mengelupas. Pada umumnya berwarna bening sehingga lukisan di kuku tetap terlihat jelas.

Bahan dapat diganti dengan kuteks warna bening apabila kamu tak memiliki top coat. Hasilnya sama saja karena pewarnaan lukisan kuku masih tetap terlihat dengan baik.

Bahan untuk nail art sebetulnya sederhana saja dan tidak wajib dimiliki jika kamu memang baru pemula. Khusus profesional tentu harus memiliki untuk hasil karya seni optimal. Sekarang ini ada banyak inspirasi nail art keren yang harus kamu ketahui juga lho, apa saja?

Wajib Dicoba, Ini Dia 7 Inspirasi Nail Art Kekinian, Cobain Yuk

Jika sudah tahu bahan dasar yang diperlukan, saatnya kamu mencari ide keren untuk kuku. Lukisan apa yang akan kamu bubuhkan di media mungil ini. Apakah yang simpel, mudah, warna warni, terlihat norak atau elegan.

Semua kembali ke masing-masing orang karena selera tentu berbeda. Sekarang ini ada inspirasi kekinian yang dapat kamu coba kembangkan menjadi lebih kreatif lagi. Biar dapat langsung melihat hasilnya seperti apa, wajib coba di bawah ini.

1. Emoticon

instagram.com/ nailworld.bdg

Bentuk emoticon tak lekang oleh zaman karena gen milenial suka dengan gaya milenial juga. Kamu dapat mengaplikasikannya membentuk emoji tersenyum, menangis, tertawa atau emoji lain sesuka hati.

Pembuatan emoji ini tak rumit, hanya butuh bentuk melingkar dengan warna dasar pada umumnya kuning. Sedangkan bentuk lengkungan menggunakan warna hitam. Mudah, cepat dan sangat kekinian. Silahkan langsung mencobanya dan pastikan dibuat serapi mungkin, ya.

2. Sparkle Dust

pinterest .com

Mau yang agak blink-blink tapi tidak norak gunakan saja gaya sparkle dust nail art. Taburan warna cerah dan berpendar membuat tampilan kuku lebih menawan. Pilih warna yang epik dan tak biasa, hasilnya akan berbeda dari yang lain.

Karena sangat simple dan magic gaya ini banyak orang sukai dan berasal dari semua kalangan bukan hanya anak muda saja. Kamu dapat menghias kuku ini saat bepergian santai atau sekedar nongkrong bersama teman.

3. The Flame

pinterest .com

Inspirasi melukis kuku gaya ini seperti artis Kylie Jenner loh. Sebetulnya cukup sederhana tapi hasilnya terkesan glamour dan eksklusif. Model ini biasanya berupa warna penuh di bagian ujung kuku dan menyerupai ombak di bagian bawahnya.

Melukis dengan gaya the flame memang terlihat cantik. Lengkung dan bentuk unik di bagian bawah menciptakan tampilan tersendiri. Kuku terlihat manis dan makin cantik serta menarik.

4. Abstract Face

pinterest .com

Tak semua orang menyukai bentuk objek seperti kenyataan, ada bentuk abstrak yang unik. Penggemar pinterest dapat membuat lukisan kuku dengan bentuk tak biasa ini. Dengan daya kreasi tinggi bentuk dapat dibuat dengan mudah dan tanpa kesulitan berarti,

Kamu dapat memulainya dengan warna kuku dasar bening atau warna lain yang lembut. Setelah itu gunakan cat warna hitam untuk membentuk pola wajah yang kamu sukai. Bentuk abstrak dapat separuh wajah atau garis saja dengan membentuk sebuah benda lain dan pemilihan sudut tertentu.

5. French Nail Art

pinterest .com

Inspirasi lain yang tak kalah seru dan kerennya adalah french nail art. Bentuk sangat sederhana tapi kuku akan terlihat bersih dan rapi. Bagian bawah berupa warna bening biasa dan cemerlang, sedangkan bagian atas pilih saja warna putih susu.

Tampil makin elegan, membuat lukisan versi french tak membutuhkan waktu lama. Terlihat cantik dan tentu saja bersih tanpa ada coretan lain di kuku bagian bawah. Hasilnya eksotik banget dan terlihat dominan.

6. Glossy Nail Art dan Mutiara

lazada. com

Mau yang blink tapi tidak norak dapat memilih gaya glossy. Padukan cat yang sudah ada dengan mutiara di bagian ujung kuku atau sesuka selera. Hasilnya tak perlu kamu ragukan lagi, makin manis dengan gaya kekinian tanpa terlihat norak.

Jangan lupa, pilih mutiara yang mungil dengan warna emas. Meski kecil, mutiara ini mampu memberi daya tarik tersendiri untuk seni melukis kuku. Kamu dapat mengaplikasikannya ketika akan kondangan atau acara resmi, keren loh.

7. Fruit

pinterest .com

Gaya ini memang sudah ada dalam waktu lama tapi dengan kreasi kekinian akan menimbulkan inspirasi tersendiri. Buah dapat kamu lukis di bagian bawah dan ambil warna mencolok. Pilih buah-buahan yang menarik misalnya saja strawberry, semangka atau jeruk.

Dengan warna buah menyala memberi kesan dominan untuk lukisan kuku. Percantik sesuai dengan buah-buahan yang sebenarnya. Kamu dapat membuatnya sesederhana mungkin tapi tetap dengan daya kreasi tingkat tinggi.

Banyak sekali inspirasi yang dapat kamu contek dan ubah sesuai keinginan. Semakin banyak yang kamu lihat akan menambah kreasi untuk lebih memiliki banyak ide. Jangan terpaut dengan satu ide saja, cari inspirasi lain di luar zona kebiasaan.

Tips Agar Nail Art Tidak Cepat Rusak

Nail art yang telah terlukis dengan baik dapat saja rusak atau mengelupas karena sesuatu hal. Agar kuku yang telah kamu lukis ini lebih awet dan tahan lama, maka kamu bisa melakukan beberapa hal untuk membuatnya menjadi tahan lama.

Tak perlu panik, karena akan ada solusi pemecahan dan sepertinya kamu harus tahu. Tips mudah agar nail art tidak cepat rusak dapat adalah berikut ini.

1. Gunakan Jenis yang Berkualitas dan Bagus

Nail art kekinian memiliki beberapa jenis yaitu dua dimensi, tiga dimensi dan empat dimensi. Masing-masing memiliki kriteria tersendiri agar keawetannya terjaga. Apapun pilihan kamu, pastikan bahan yang kamu gunakan berkualitas bagus.

Kualitas atas cat atau kuteks yang kamu gunakan akan berpengaruh pada awet tidaknya sebuah karya seni kuku. Menggunakan bahan dan alat berkualitas tinggi akan menghasilkan karya yang bagus dan tak mudah rusak.

2. Pakai Pelembab Kuku

Mempercantik kuku ini sama seperti ketika mempercantik wajah. Sebelum dipoles dengan macam-macam make up harus ada dasarnya terlebih dahulu yaitu pelembab. Kuku sendiri perlu menggunakan pelembab sebelum dilukis, yang disebut base coat.

Penggunaan ini supaya cat tidak secara langsung terkena kuku dan hasilnya lebih maksimal. Selain itu kuku tidak rusak jika beberapa kali melakukan nail art. Tak lupa gunakan top coat jika lukisan kuku telah selesai agar hasilnya lebih tahan lama dan mengurangi kerusakan.

3. Penggunaan Alat Khusus

Ada alat khusus nail art yang tadi telah kami jelaskan di atas. Meskipun tidak wajib memiliki menggunakannya untuk melukis kuku akan menghasilkan karya yang lebih awet. Penggunaan ini sesuai dengan kebutuhan untuk hasil lebih bagus dan tahan lama.

Selain itu pengerjaan bagian detail lebih terarah dan jangkauan maksimal. Karena khusus untuk nail art, wajar apabila alat ini memang menghasilkan karya seni bukan kaleng-kaleng.

4. ‘Mobilitas’ Kuku Itu Sendiri

Pada umumnya wanita melukis kuku jika ada acara tertentu, tapi ada pula yang dalam keseharian menggunakan terus menerus. Meskipun bentuknya terlihat sederhana tetap saja ada yang memang suka terus melukis kuku.

Namun, perlu kamu sadari apabila kerja dari kuku itu sendiri tak wajar atau terlalu keras, akan membuat nail art lekas rusak. Misalnya saja jika kamu gunakan untuk mencuci pakaian atau mencuci piring dengan sabun pencuci piring, hal itu tentu akan lebih cepat merusak nail art.

Agar nail art awet maka kami sarankan untuk menggunakan produk berkualitas bagus. Kuku sendiri jangan melakukan aktivitas yang berlebih sehingga cat mengelupas. Semua ini sekali lagi tergantung dari kamu sendiri kok, mau awet atau tidak.

Pertanyaan Dasar yang Sering Muncul Mengenai Nail Art Kekinian

Tak semua orang familiar dengan nail art kekinian, tapi seni melukis kuku ini juga bukan milik selebritis saja. Orang awam dan biasa sekarang apalagi gen z sering menggunakan untuk tampilan dan memperluas pergaulan.

Mungkin, kamu bertanya-tanya kenapa orang menyukai nail art dan bagaimana dengan kukunya. Apa kukunya tidak rusak dan adakah jasa yang dapat membantu agar yang bersangkutan tidak ribet melukis sendiri.

Berbagai pertanyaan dasar tersebut terangkum di bawah ini dengan jawaban yang akan bikin kamu oh ternyata begini to. Yuk, langsung lihat pertanyaan apa saja yang sering muncul terkait nail art.

1. Apakah dapat merusak kuku?

Iya, kandungan kimia yang terdapat dalam cat dapat mempengaruhi kesehatan kuku. Namun, tak perlu terlalu khawatir apabila kamu tak menggunakannya sehari-hari tetap aman. Ketika memutuskan untuk melukis kuku, pastikan saja bahan yang kamu gunakan berkualitas ya Girls.

Selain itu kuku akan selalu tumbuh, jika rusak, maka tumbuh kembali meskipun membutuhkan waktu. Sebaiknya nail art ini kamu aplikasikan ketika ada hal penting saja. Selain terlihat makin modis, tampilan juga makin keren loh.

2. Apa manfaatnya?

Secara umum, adanya nail art akan terlihat mempercantik wanita. Bagian mungil ini dapat terlihat dominan dan menarik dengan adanya lukisan unik di sana. Sebagian wanita menyukainya karena memang terlihat lebih modis dan cantik.

Menggunakan nail art akan menambah rasa percaya diri juga loh. Hal ini menunjukkan bahwa daya seni sekecil apapun mampu menarik sebagian orang untuk lebih kreatif.

3. Bagaimana langkah membuat nail art?

Pertama kali bersihkan terlebih dulu kuku dari pewarna lama. Kemudian potong atau kikir kuku hingga rapi. Setelah itu berikan base coat pada kuku, semacam pelembab kuku. Jika telah selesai semua barulah kamu dapat melukis kuku sesuai keinginan.

4. Adakah jasa membuat nail art?

Ya ada, sekarang ini telah banyak bermunculan jasa nail art yang khusus melukis kuku. Buat kamu yang benar-benar ingin kuku cantik, dapat menggunakan jasa nail art. Tak perlu ribet dan bisa sesuaikan motif berdasar keinginan.

5. Apakah nail art awet?

Sebetulnya awet tidaknya tergantung dari kualitas cat yang kamu gunakan. Selain itu akan awet juga jika kuku tidak melakukan pekerjaan yang membuat kuku bisa tergores atau terluka.

Nail art kekinian selalu memberikan inspirasi untuk seni baru di luar zona kebiasaan. Kamu dapat melukis sendiri dengan bahan seadanya dan memaksimalkan kreativitas dan untuk mencobanya. Karya seni selalu saja penuh ide baru, tanpa batas dan selalu istimewa.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.