Rekomendasi Serum Untuk Kulit Kering dan Berjerawat

6 bulan, by Hai Gadis

Apakah kamu punya tipe kulit kering, Girls? Ternyata kulit kering juga bisa mengalami jerawat lho, nggak hanya kulit yang berminyak saja yang identik dengan jerawat. Kedua masalah kulit ini jika terjadi pada wajahmu, harus dirawat dengan tepat. Misalnya saja dengan penggunaan skincare, salah satunya serum untuk kulit kering berjerawat. Namun sebelum membahas tentang serum yang cocok, kamu perlu mengetahui dulu nih Girls penyebab kulit menjadi kering berjerawat.

Penyebab kulit kering dan berjerawat

Mungkin kamu sudah tahu bahwa jerawat bisa terjadi akibat penyumbatan pori-pori kulit oleh kelebihan minyak, kotoran, maupun penumpukan sel kulit mati. Lalu kulit kering sendiri terjadi karena kurangnya kelembapan sehingga kulit jadi terasa bersisik dan kesat. Jika kulit kamu kering, maka secara alami kelenjar sebaceous akan memproduksi lebih banyak minyak untuk melembapkan kulit.

Nah, bukan nggak mungkin ‘kan jika kulit terlalu kering, maka produksi minyak yang berlebihan berisiko menghalangi folikel rambut? Jika minyak berlebih ini disertai dengan penumpukan bakteri dan sel kulit mati, maka akan membentuk benjolan di kulit yang disebut jerawat. Nggak heran ‘kan kalau kulit kering juga bisa mengalami masalah jerawat?

Tips memilih serum untuk kulit kering berjerawat

Untuk mengatasi masalah pada kulit kering berjerawat, tentu salah satu caranya adalah dengan menggunakan skincare yang sesuai permasalahan kulitmu ini. Salah satu skincare krusial yang sering digunakan adalah produk serum. Namun, gimana ya cara memilih serum untuk kulit berjerawat yang tepat?

a. Pilih yang formulanya non-comedogenic dan non-acnegenic

Tips yang pertama adalah memilih serum yang formulanya non-comedogenic dan non-acnegenic. Produk dengan label tersebut cenderung memiliki kandungan dan formula yang nggak menyumbat pori. Pada kulit berjerawat, produk yang menyumbat pori akan rentan memicu komedo dan jerawat, Girls.

b. Gunakan produk yang bebas alkohol dan bahan pemicu iritasi lainnya

Karena kulitmu kering dan berjerawat, tips selanjutnya adalah mempertimbangkan kandungan alkohol dalam memilih produk serum. Pasalnya, alkohol dapat menyebabkan kulit menjadi kering bahkan mengiritasi kulitmu yang sedang sensitif karena masalah jerawat. Untuk itu, jangan lupa untuk memilih produk yang bebas kandungan alkohol. Bahkan, bahan pemicu iritasi lainnya seperti paraben dan fragrance pun sebaiknya dihindari ya, Girls.

c. Pilih produk yang memiliki kandungan pelembap tinggi

Pada kulitmu yang kering, sangat penting untuk memilih produk yang mengandung tinggi pelembap. Kandungan pelembap yang baik misalnya adalah hyaluronic acid, lanolin, ceramide, glycerin, dan lain sebagainya. Gliserin bermanfaat untuk membantu menarik air ke dalam kulit. Sementara itu, hyaluronic acid bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan pada kulit, dan lanolin bermanfaat untuk mengunci kelembapan. Kalau ceramide, manfaatnya adalah memperkuat skin barrier kulit. Jika kulitmu terlembapkan dengan baik, maka sebum nggak akan diproduksi secara berlebih. Masalah jerawat pun nggak akan mudah muncul deh.

d. Pilih produk dengan kandungan antioksidan

Tips memilih serum untuk kulit kering berjerawat berikutnya adalah memilih produk yang terdapat kandungan antioksidan. Antioksidan sangat bermanfaat untuk mengurangi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, antioksidan bermanfaat mencegah efek penuaan dan juga mengurangi peradangan, termasuk peradangan pada jerawat.

e. Hati-hati memilih produk yang memiliki kandungan untuk mengobati jerawat

Jika kulitmu tipe yang berminyak dan berjerawat, memilih serum dengan kandungan yang mengatasi jerawat seperti salicylic acid dan benzoyl peroxide mungkin nggak terlalu bermasalah. Namun, hati-hati mengaplikasikan kandungan tersebut pada kulit kering, Girls. Kedua bahan tersebut memang bermanfaat untuk mengatasi sumbatan pori-pori, tetapi sangat berisiko menimbulkan kulit kering dan iritasi jika digunakan berlebihan. Jika memang memerlukan kandungan tersebut, pilih yang kadarnya nggak terlalu tinggi, Girls.

Itulah beberapa tips memilih serum untuk kulit kering berjerawat. Memang sih, saking banyaknya produk yang beredar di pasaran bikin kamu bingung memilih yang paling tepat. Namun, kamu nggak perlu khawatir dan kebingungan lagi Girls, karena Hai Gadis punya rekomendasinya berikut ini.

Rekomendasi serum untuk kulit kering berjerawat

1. Avoskin Your Skin Bae Ultimate Hyaluron Hyacross 3% + Green Tea

via avoskinbeauty.com

Rekomendasi serum untuk kulit kering berjerawat yang pertama ada Avoskin Your  Skin Bae Ultimate Hyaluron Hyacross 3% + Green Tea. Produk baru dari Avoskin ini memang lagi trend banget di kalangan beauty enthusiast. Nggak jarang juga ada beauty influencer yang me-review serum ini lho. Serum dengan kemasan botol bernuansa biru muda ini memiliki kandungan hyacross 3% dan juga green tea.

Hyacross sendiri merupakan versi lain dari hyaluronic acid yang memiliki kemampuan hidrasi kulit lebih optimal sehingga cocok untuk mengatasi masalah kulit keringmu. Selain itu, serum ini juga bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit, sebagai antibakteri untuk meredakan jerawat, membuat kulit lebih kenyal, mencegah penuaan, dan meningkatkan skin barrier.

Dengan tekstur gel transparan, saat menggunakan produk ini nggak akan terasa lengket deh karena cepat meresap. Kamu bisa membeli serum ini seharga Rp 139.000-an.

2. Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum

via khyrastore.com

Selanjutnya, ada Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum yang juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat dan kulit kering. Serum ini menjadi alternatif alami atau vegan untuk retinol. Manfaat retinol sendiri bermanfaat sebagai antioksidan yang kuat, antiinflamasi, merawat jerawat, merangsang kolagen pencegah penuaan, dan memperbaiki tekstur kulit.

Serum ini diformulasikan memiliki klaim hypoallergenic dan minimal efek samping. Sehingga, dapat digunakan oleh semua jenis kulit bahkan kulit sensitif sekalipun, wanita hamil, wanita menyusui, dan juga remaja yang masih pemula menggunakan skincare. Dengan tekstur agak thick seperti oil, serum ini nggak terasa greasy saat diaplikasikan kok. Aromanya juga nggak menyengat. Harga produk lokal yang satu ini masih terjangkau, yaitu Rp 89.000,-.

3. Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial C-Serum

via shopee.co.id

Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial C-Serum juga termasuk serum untuk kulit kering berjerawat yang bisa kamu gunakan nih, Girls. Serum ini juga mampu menyeimbangkan minyak di wajah, sehingga cocok juga digunakan pada kulit berminyak maupun kombinasi. Kandungan dari serum ini adalah senyawa murni dari tumbuhan yang mampu menyeimbangkan kulit dan memulihkan kulit yang bermasalah.

Ada lidah buaya untuk menghidrasi kulit, ada tea tree, gotu kola, dan minyak lemon yang berfungsi melawan jerawat. Lalu ada juga kandungan ekstrak kakadu plum yang kaya akan vitamin C dan bermanfaat untuk meremajakan kulit. Dengan kandungan bahan-bahan alami, serum dari Sensatia Botanicals ini terkenal aman. Namun, tetap saja lakukan patch test terlebih dahulu jika baru menggunakan produk ini. Kamu bisa membeli Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial C-Serum seharga Rp 180.000-an.

4. Innisfree Green Tea Seed Serum

via innisfree.com

Serum dari Innisfree yang satu ini juga terkenal bagus dari dulu lho, hingga sekarang pun masih banyak yang menggunakannya. Innisfree Green Tea Seed Serum memiliki kandungan nutrisi dari perasan daun dan biji teh hijau Jeju yang mampu menjaga kelebapan kulit wajah. Produk ini juga kaya akan mineral dan amino acids dari 100% ekstrak perasan daun green tea Jeju sehingga kulit akan terlembapkan secara mendalam. Selain itu, teknologi moisturizer ganda dari kandungan green tea dan green tea seed oil mampu melindungi kelembapan kulit lebih lama.

Nggak hanya melembapkan, manfaat green tea pada produk skincare juga memberi efek menenangkan, mengatasi kemerahan dan iritasi, dan mengurangi rasa gatal pada kulit. Recommended deh buat kulit kering yang punya masalah jerawat. Sayangnya, harga produk ini  memang agak pricey, yaitu Rp 370.000,-. Namun jika belum pernah mencobanya, kamu bisa memilih produk yang sample size berukuran 1 ml.

5. Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Serum

via picapica.id

Rekomendasi serum untuk kulit kering berjerawat selanjutnya ada Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Serum. Produk ini mengandung tiga acid yang berfungsi sebagai exfoliant, antara lain AHA, BHA, dan PHA. Fungsinya adalah mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori, mencerahkan kulit, dan memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih halus.

Nggak hanya masalah jerawat, jika kulitmu mengalami masalah komedo atau bruntusan pun dapat teratasi dengan produk ini. Nggak hanya mengandung acid, produk ini juga memiliki kandungan 10.000 ppm Real Tea Tree yang bagus untuk meredakan peradangan pada jerawat agar cepat kempis dan kering. Kamu pun nggak perlu khawatir kulit jadi kering karena kandungan tea tree ini juga mampu melembapkan kulit, mengontrol sebum, dan menenangkan kulitmu. Untuk kemasan berukuran 50 ml, kamu bisa membelinya seharga Rp 145.000-an.

6. Luxcrime Aurora Serum Essence: Acne Care

via luxcrime.com

Untuk mengatasi masalah jerawat dan kulit kering, selanjutya ada Luxcrime Aurora Serum Essence nih, Girls. Produk ini memiliki kemasan yang cantik berupa botol kaca warna toska yang menggemaskan. Memiliki tekstur ringan seperti essence, serum ini mudah meresap di kulit deh. Manfaatnya sendiri adalah mengurangi jerawat, bekas jerawat, kemerahan, peradangan, mengontrol sebum, dan melembapkan serta mengenyalkan kulit.

Dari segi kandungan, produk ini memiliki ekstrak daun Hamamelis virginiana, minyak asam salisilat, dan minyak peppermint untuk meredakan jerawat. Selain itu, ada juga kandungan ekstrak buah Vaccinium myrtillus dan ekstrak jeruk lemon yang meningkatkan kolagen sehingga kulit lebih kenyal serta halus karena terlembapkan dengan baik. Kandungan lain dari serum ini antara lain orange dan dekstrin untuk mengurangi iritasi, serta ekstrak mapel dan ekstrak daun Cynara scolymus untuk mencegah keriput. Kamu bisa membeli serum ini seharga Rp 300.000-an.

7. The Aubree Centella Herb Serum

via cnfstore.com

Serum untuk kulit kering berjerawat yang recommended berikutnya ada The Aubree Centella Herb Serum. Serum ini mampu mengatasi masalah jerawat dengan kandungan bahan antiacne dan Centella asiatica. Fungsinya adalah sebagai antiiritasi dan antioksidan sehingga masalah jerawat yang meradang bisa cepat kempes.

Selain itu, produk ini tetap bisa melembapkan kulitmu dengan baik lho. Kandungan selain Centella asiatica, ada glycerin, niacinamide, Aloe barbandensis leaf juice, dan masih banyak lagi. Teksturnya agak thick dengan konsistensi berwarna putih. Namun, produk ini tetap mudah meresap dan mudah diratakan ke kulit kok. Kamu bisa membelinya seharga Rp 99.000,-, Girls.

8. Scarlett Whitening Acne Serum

via shopee.co.id

Scarlett Whitening Acne Serum juga recommended untuk kamu gunakan dalam mengatasi masalah jerawat dan kulit kering. Serum ini memiliki kandungan utama tea tree water yang bermanfaat untuk mengobati jerawat dengan sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dimiliki. Tea tree water juga bermanfaat untuk menenangkan kulit yang kemerahan atau meradang.

Serum ini juga mampu mencegah timbulnya jerawat baru dan mengurangi noda hitam bekas jerawat. Kandungan lain dari produk ini adalah Centella asiatica extract yang menenangkan kulit dan juga salicylic acid sebagai gentle exfoliant. Ada juga kandungan vitamin C yang membantu mencerahkan kulit. Meski ampuh untuk mengatasi jerawat, serum ini nggak akan membuat kulitmu terasa kering. Buat kamu yang sensitif terhadap bau, produk ini nggak memiliki wangi apa pun. Kamu bisa membelinya seharga Rp 65.000-an.

9. Everwhite Cica Soothing Serum

via shopee.co.id

Serum untuk kulit kering berjerawat yang direkomendasikan untuk kamu masih ada lho, yaitu Everwhite Cica Soothing Serum. Produk ini memiliki kemasan botol kaca warna hijau dan terdapat pipet untuk mengambil produk. Dari segi kandungan, serum ini memiliki Centella asiatica (Cica), glycyrrhiza, hyaluronic acid, niacinamide, dan hexamidine.

Kandungan Cica bermanfaat untuk melembapkan, melembutkan kulit, mengencangkan kulit, dan meningkatkan produksi kolagen. Sementara itu, kandungan glycyrrhiza bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat. Kamu juga nggak perlu khawatir kulit makin kering karena ada kandungan hyaluronic acid dalam serum ini yang mempercepat penyembuhan luka, menghidrasi dan memperbaiki tekstur kulit.

Untuk kandungan niacinamide, manfaatnya adalah mengatasi jerawat dan mencerahkan kulit wajah. Begitu pula dengan kandungan hexamidine yang ampuh mengatasi jerawat. Dengan warna bening, serum ini memiliki konsistensi seperti gel. Kamu bisa menggunakannya secara rutin untuk hasil lebih maksimal. Harga serum ini adalah Rp 99.000-an.

10. Nutrishe Intensive Bright & Glow Serum

via reviews.femaledaily.com

Masih ada nih Girls rekomendasi serum untuk kulit kering berjerawat yang juga nge-hits di kalangan beauty enthusiast, yaitu Nutrishe Intensive Bright & Glow Serum. Serum ini memiliki tekstur ringan dan mudah meresap di kulit. Kandungannya sendiri ada Alpha arbutin yang mampu membantu memudarkan noda hitam, meratakan warna kulit, dan mencerahkan kulit.

Ada juga kandungan Brown algae extract yang mengandung protein untuk menghidrasi kulit dengan maksimal dan membuat kulit lebih glowing. Kandungan Centella asiatica juga terdapat dalam produk ini untuk menguatkan lapisan kulit, menenangkan kulit, dan menenangkan jerawat yang meradang. Harga Nutrishe Intensive Bright & Glow Serum ini adalah Rp 169.000-an.

11. Mario Badescu Anti Acne Serum

via amazon.com

Mario Badescu Anti Acne Serum juga menjadi salah satu serum untuk kulit kering berjerawat yang memiliki kandungan salicylic acid dan thyme extract. Kedua kandungan ini memiliki banyak manfaat untuk kulitmu. Diantaranya adallah menyeimbangkan kulit, menghidrasi, mengeksfoliasi pori-pori, dan mengatasi jerawat.

Dengan pemakaian teratur, kulitmu akan lebih bersih dan nggak mudah mengalami breakout. Kamu pun nggak perlu khawatir kulit jadi kering setelah menggunakan produk ini. Sayangnya, produk ini harganya lumayan pricey. Kamu bisa membelinya seharga Rp 400.000-an.

12. The Body Shop Tea Tree Anti-Imperfection Daily Solution Serum

Produk The Body Shop Tea Tree

Photo via thebodyshop.co.id

The Body Shop Tea Tree Anti-Imperfection Daily Solution Serum merupakan serum wajah yang memiliki tekstur ringan. Serum ini diperkaya dengan Community Trade tea tree oil dari Kenya yang berfungsi menenangkan kulit berjerawat dan memperbaiki tampilan kulit.

Dengan pemakaian teratur, serum ini akan membuat kulit wajah tampak lebih bersih, halus, lembap, dan bebas kilap. Oh ya, meskipun formula oil control-nya cenderung memiliki finishing matte, tetapi produk ini nggak bikin kulit kering. Kamu bisa membelinya seharga Rp 339.000,- dengan kemasan 50 ml.

13. The Potions Mugwort Water Essence

via caroelle.com

Rekomendasi serum untuk kulit kering berjerawat kali ini adalah The Potions Mugwort Water Essence. Serum yang satu ini diperkaya dengan ekstrak mugwort murni yang manfaatnya adalah membantu meredakan inflamasi dan kemerahan, serta mengatasi jerawat. Selain itu, serum ini mampu menjaga kelembapan kulit dengan baik, menjaga skin barrier, dan menangkal radikal bebas.

Kulit dengan masalah tanda penuaan bakalan teratasi dengan baik. Menariknya lagi, kandungan dari produk ini adalah 100% ekstrak Artemisia annua atau mugwort. Dengan kemasan berukuran 20 ml, harga serum ini adalah Rp 279.000,-. Tenang saja,Girls. Produk ini sudah BPOM kok.

14. Keep Cool Soothe Bamboo Serum

via shopee.co.id

Keep Cool Soothe Bamboo Serum merupakan produk serum yang memiliki kandungan Centella asiatica, Bamboo water, dan hyaluronic acid. Fungsi dari kandungan bamboo water yang terdapat sebanyak 66% adalah untuk melembapkan kulit. Kemudian, kandungan soothing complex akan bermanfaat untuk menyejukkan kulit.

Selain melembapkan kulit, produk ini mampu meredakan kulit yang kemerahan dan juga menenangkan jerawat. Cocok juga lho digunakan pada kulit sensitif. Menariknya lagi, produk ini nggak hanya mampu mengatasi jerawat. Ada kandungan Centella asiatica untuk merawat kulitmu dan hyaluronic acid untuk melembapkan kulit agar nggak kering. Kamu bisa membeli serum ini seharga Rp 170.000-an untuk ukuran 50 ml.

15. Votre Peau Vitamin C Serum

Serum wajah bagus

Photo via blibli.com

Votre Peau Vitamin C Serum juga menjadi rekomendasi serum untuk kulit kering berjerawat berikutnya yang bisa kamu gunakan. Serum ini memiliki kandungan vitamin C dan salicylic acid. Manfaat dari kandungan-kandungan tersebut adalah merawat tekstur kulit sekaligus membasmi jerawat, menyeimbangkan pH kulit, dan mencerahkan kulit wajah.

Serum dari Votre Peau ini juga mampu menangkal polusi dan radikal bebas. Dengan penggunaan rutin, kamu akan mendapatkan kulit wajah yang cerah, kenyal, dan bebas jerawat. Karena produk ini banyak mengandung vitamin C, maka jangan lupa untuk menyimpannya dengan baik dan hindari dari paparan sinar matahari. Hal ini agar serum nggak mudah teroksidasi. Votre Peau Vitamin C Serum ini dijual seharga Rp 220.000-an untuk kemasan berukuran 30 ml.

Itulah beberapa rekomendasi serum untuk kulit kering berjerawat yang bisa kamu gunakan. Tentunya, kamu perlu memakai produk tersebut dengan dibarengi produk skincare rutin lainnya secara teratur agar hasil lebih maksimal. Nah, ada nggak nih dari serum di atas yang menjadi holygrail-mu?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *