Sinopsis dan Fakta Menarik ‘Kuntilanak 3’

By Hai Gadis

Ada kabar baik bagi pecinta film horror karena akhirnya kamu bisa menyaksikan lanjutan dari Kuntilanak Universe besutan Rizal Mantovani. Setelah menunggu sekitar 2 tahun sejak film terakhir rilis. Yakni, ‘Mangkujiwo’ yang rilis pada tahun 2020 lalu. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak sinopsis Kuntilanak 3 di bawah ini.

Meski jalan cerita pada film ini sebenarnya melanjutkan film ‘Kuntilanak 2’ yang rilis pada tahun 2019. Tapi film ini masih memiliki benang merah dengan film sebelumnya.

Karena memang film ‘Kuntilanak 3’ merupakan bagian dari Kuntilanak Universe. Sehingga setiap filmnya pasti memiliki benang merah yang sama.

Jadwal Tayang ‘Kuntilanak 3’

Instagram .com/kuntilanakfilm

Film garapan dari Rizal Mantovani ini akan tayang pada tanggal 30 April 2022 besok yang artinya akan tayang sebelum Lebaran. Memang film ini sengaja hadir sebagai tontonan di waktu libur Hari Raya.

Kabar mengenai pembuatan film ini sendiri sudah lama sekali namun sayangnya belum ada pengumuman mengenai tanggal perilisan. Akhirnya kabar baik mengenai tanggal perilisan film ini diumumkan.

Tak hanya mengumumkan tanggal perilisannya saja. MVP Pictures selaku rumah produksi yang memproduksi film ini juga mengungkapkan jika film ini akan memberikan pengalaman yang berbeda bagi penonton.

Karena mereka mengklaim jika film ini akan memiliki alur cerita yang berbeda. Dan akan menampilkan karakter yang lebih kuat dari film film yang ada di Kuntilanak Universe lainnya.

Daftar Pemeran Film ‘Kuntilanak 3’

Instagram .com/kuntilanakfilm

Amrit Punjabi sebagai produser dari film ini menyatakan jika film ini sudah pasti berbeda dengan film ‘Kuntilanak 3’ yang tayang pada tahun 2018 silam. Dan merupakan film penutup dari Trilogi Kuntilanak 3 yang diperankan oleh Julie Estelle.

Sedangkan film ini adalah lanjutan dari Trilogi film kuntilanak yang tayang pertama kali pada tahun 2018 lalu. Berbeda dari Trilogy sebelumnya film ini diperankan oleh beberapa aktor baru dan aktor muda.

Seperti Nicole Rossi, Ali Fikry, Andryan Bima, Adlu Fahrezy dan Ciara Nadine Brosnan. Lalu didukung oleh beberapa aktor kawakan seperti Aming Sugandhi, Nafa Urbach, Zara Leola, Wafda Saifan, Clarice Cutie, Sara Wijayanto dan juga Romaria Simbolon.

Cerita pada film ini akan menekankan kisah Legacy Kuntilanak yang akan mulai muncul di kehidupan para tokoh film ini. Masih mengisahkan tentang Dinda sebagai karakter utama yang di film sebelumnya terungkap mengenai asal usul dirinya.

Di film ini dia akan berjuang keras untuk mengontrol kekuatannya dan berusaha untuk menjalani hidup senormal mungkin. Seperti pergi ke sekolah atau bergaul dengan teman sebaya.

Akan tetapi ternyata Dinda tidak pernah tahu jika jejak kuntilanak masih mengikutinya hingga kini. Bahkan membuat kehidupan normal yang coba dia jalani terganggu. Karena bahkan kuntilanak tersebut mengikutinya hingga ke sekolah.

Lalu apakah Dinda bisa mengatasi permasalahan tersebut dan mengungkap apa yang tengah terjadi? Sebelum nonton, kita simak dulu yuk, sinopsis Kuntilanak 3 di bawah ini.

Sinopsis ‘Kuntilanak 3’ 2022

Instagram .com/kuntilanakfilm

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, jika film ini melanjutkan kisah Dinda and the gang. Dinda yang awalnya berhasil menemukan jati diri dan asal usulnya menjadi harus berurusan dengan Kuntilanak.

Karena ternyata Ayah dan Ibu Dinda adalah anggota dari perkumpulan rahasia yang bernama Mangkujiwo. Di mana perkumpulan ini bersekutu dengan Kuntilanak untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mulai dari harta, tahta hingga kekuatan.

Namun semua itu tidak gratis, sebab setiap anggota Mangkujiwo harus menyerahkan persembahan berupa anak kandungnya. Tiba saat di mana kedua orang tua Dinda harus menyerahkan Dinda sebagai persembahan.

Namun mereka justru berkhianat membawa Dinda kabur. Hal inilah yang membuat kehidupan Dinda mendapatkan teror dari masa lalu kedua orang tuanya.

1. Teror Kuntilanak Tidak Berakhir

Instagram .com/kuntilanakfilm

Singkat cerita Dinda and the gank berhasil mengalahkan Kuntilanak. Namun setelah kejadian tersebut ternyata mereka tidak bisa hidup dengan tenang karena selalu mengalami teror yang tak biasa.

Mereka justru mengalami banyak sekali kesulitan sehingga tidak bisa menjalani hidup secara normal seperti sebelumnya.

Apalagi Dinda harus merasakan dan menghadapi kenyataan bahwa orang-orang di sekitarnya menjauh serta mengasingkannya. Karena kejadian yang membuat Dinda berhasil mendapatkan kekuatan mistis yang tak bisa dijelaskan dengan nalar.

Sudah pasti, hal tersebut membuat Dinda dianggap aneh dan tidak normal oleh orang-orang di sekitarnya. Karena hal tersebut Dinda mulai berusaha dan berjuang dengan keras untuk mengendalikan kekuatannya.

Karena takut jika nanti kekuatan yang dia miliki hanya akan membuatnya mencelakai orang-orang yang dia sayang. Maka dari itu Dinda pun mulai berusaha untuk mencari tahu mengenai kekuatan yang ada dalam dirinya.

Dengan bantuan internet, Dinda menemukan sebuah Sekolah Khusus untuk anak-anak seperti dirinya. Sekolah ini bernama Sekolah Mata Hati yang di dalamnya terdapat banyak anak Indigo dengan kekuatan khusus dan spesial.

2. Rahasia di Balik Sekolah Mata Hati

Instagram .com/kuntilanakfilm

Suatu ketika Dinda tanpa sengaja menyakiti temannya yang bernama Panji sehingga membuatnya terluka parah. Akibat kejadian ini, Dinda meminta Tante Dona yang selama ini menjaga dan merawatnya seperti anak kandung. Untuk dibawa ke Sekolah Mata Hati.

Melihat kejadian ini, Tante Dona pun setuju untuk membawa Dinda ke sekolah tersebut karena tidak ingin jika Dinda tak mampu mengendalikan kekuatannya. Sehingga tidak lagi terjadi hal-hal yang membahayakan Dinda dan orang-orang di sekitarnya.

Kedatangan Dinda dan Tante Dona disambut oleh Kepala Sekolah Mata Hati yang diperankan oleh Wafda Saifan. Kemudian Dinda pun dibawa berkenalan dengan beberapa pengajar di Sekolah tersebut.

Di antaranya adalah Nafa Urbach yang berperan sebagai Adelle, lalu ada Aming Sugandhi yang berperan sebagai Mr. Bejo hingga ada Emmie Lemu yang berperan sebagai Bonang.

Di dalam lingkungan barunya ini, Dinda cepat beradaptasi sehingga hanya dalam waktu singkat dia merasa nyaman di sana. Karena merasa bersama orang-orang yang sama dengan dirinya.

Apalagi Dinda juga berhasil bertemu dan berteman dengan anak sebayanya yang bernama Uchi dan Dimas. Mereka berdua juga memiliki kekuatan khusus.

Tapi tanpa Dinda sadari sebenarnya sekolah tersebut menyimpan banyak sekali misteri yang justru disadari oleh Miko yang merupakan saudara Dinda yang juga anak adopsi dari Tante Dona.

Miko dan Kresna pun secara diam-diam menyelidiki mengenai Sekolah Mata Hati. Dan rupanya mereka menemukan fakta yang sangat mengejutkan mengenai sekolah tersebut. Sebab ada banyak sekali kasus anak hilang yang terjadi selama Sekolah berdiri.

Namun kasus tersebut tidak pernah terbuka dan mendapatkan penyelidikan untuk mengungkap kebenaran. Sehingga para murid yang hilang hanya menjadi misteri belaka.

Berdasarkan fakta tersebut, Miko dan Kresna pun menaruh kecurigaan mengenai sosok Kuntilanak yang masih mengikuti Dinda. Apalagi Dinda justru melihat Kuntilanak di Sekolah.

3. Membongkar Misteri Sekolah Mata Hati

Instagram .com/kuntilanakfilm

Dan di sisi lain, Baskara yang memiliki kemampuan unik melihat aura tak biasa dan istimewa dari Dinda. Langsung melaporkan keberadaan Dinda pada Eyang Sukma yang diperankan oleh Sara Wijayanto.

Eyang Sukma sendiri merupakan pendiri Sekolah Mata Hati dan selama ini terkenal sangat misterius karena tidak pernah memperlihatkan sosoknya. Namun karena kedatangan Dinda sebagai murid baru membuat Eyang Sukma langsung turun tangan.

Lalu apakah hubungan antara Eyang Sukma dan Dinda serta kemunculan Kuntilanak di Sekolah Mata Hati? Apakah Eyang Sukma adalah dalang di balik menghilangnya murid murid Sekolah Mata Hati selama ini?

Kamu bisa mengetahui semua faktanya dengan menonton film yang akan rilis pada tanggal 30 April nanti ya, Girls.

Fakta-fakta Film ‘Kuntilanak 3’

Tidak hanya wajib baca sinopsis Kuntilanak 3 tapi kamu juga wajib simak beberapa fakta mengenai film ini ya, biar nanti nonton nya bisa lebih asyik. Berikut beberapa fakta mengenai film ini:

1. Bertema Horor Fantasy yang Tak Biasa

Instagram .com/kuntilanakfilm

Mengusung tema baru yang belum banyak ada di film Indonesia yakni tema Horor Fantasy. Film ini diharapkan nantinya mampu memberikan pilihan pada tontonan selama libur lebaran.

Mereka mengklaim film ini bisa memberikan nuansa baru yang berbeda dengan film Kuntilanak sebelumnya. Di mana paduan visual, set tempat, efek serta sisi cerita yang berbeda akan membuat film ini sangat menarik untuk kamu tonton.

Selain itu, alih-alih mengambil budaya yang terlalu asing, film ini justru akan menonjolkan budaya Jawa yang kental. Hal ini bisa penonton lihat dari set bangunan, kostum bahkan mantra akan menggunakan bahasa Jawa.

2. Syuting di Ngawi dan Beberapa Kota di Jawa

Instagram .com/kuntilanakfilm

MVP Pictures menyebutkan jika film ini sebagian besar mengambil lokasi syuting di Ngawi dan beberapa kota di Jawa lainnya. Karena memang ingin menunjukkan elemen Jawa kuno dalam visual maupun set tempat.

Selain itu nuansa lokasi tempat syuting film ini juga akan memberikan kesan horror dan thriller yang khas nuansa Jawa. Dari sini kamu akan melihat jika ada film Indonesia keren yang menonjolkan budaya Khas Tanah Air dan kamu wajib bangga.

Karena untuk mengangkat genre fantasy, tidak harus mengangkat tema yang kebarat-baratan.

3. Melalui Tahap Penantian yang Panjang

Instagram .com/kuntilanakfilm

Tak seperti beberapa film pendahulu yang rilis setiap tahun, mulai dari Kuntilanak 1 yang rilis pada tahun 2018 lalu lanjut Kuntilanak 2 yang rilis pada tahun 2019. Hingga Mangkujiwo yang rilis pada tahun 2020.

Film ini harus menunggu waktu hingga 2 tahun lebih untuk akhirnya berhasil rilis pada 30 April mendatang. Hal ini mungkin karena kondisi Pandemi Covid-19 yang membuat beberapa film harus mengalami kemunduran tanggal rilis.

Padahal berita mengenai film ini sudah lama, namun sayangnya sempat tidak ada kabar lagi dalam waktu lama. Hingga secara resmi MVP Pictures mengumumkan tanggal rilisnya. Mudah-mudahan nanti tidak mengalami pengunduran lagi ya.

4. Bagian dari Kuntilanak Universe

Instagram .com/kuntilanakfilm

Rizal Mantovani selaku sutradara mengungkapkan jika film ini merupakan bagian dari rangkaian franchise film Kuntilanak atau yang dia sebut dengan Kuntilanak Universe. Kesuksesan film kuntilanak bermula dari film Kuntilanak 1 yang rilis pada tahun 2006.

Film tersebut menghadirkan Julie Estelle sebagai Sam yang merupakan keturunan dari Mangkujiwo sehingga memiliki kemampuan untuk memanggil Kuntilanak. Sukses besar, film ini pun diproduksi menjadi trilogy.

Kuntilanak 2006, Kuntilanak 2007 dan Kuntilanak 3 2008 yang semuanya menampilkan perjalanan Sam dalam mengungkap misteri mengenai dirinya dan masa lalunya.

Sukses besar trilogy film Kuntilanak versi Sam membuat Rizal memproduksi versi terbaru yakni Trilogy Kuntilanak versi Dinda dan Mangkujiwo.

Kuntilanak versi Dinda ini sendiri mengambil tema yang tak biasa dan lebih modern. Kamu pun bisa mengetahui perbedaan jalan cerita dari semua film tersebut dari sinopsis Kuntilanak 3 yang sudah kami berikan di atas.

Karena karakter utamanya adalah anak kecil, berbeda dengan film sebelumnya. Sehingga balutan komedi dan fantasy menjadikan film ini memberikan nuansa yang tak biasa. Sedangkan Mangkujiwo dianggap sebagai pembuka Kuntilanak Universe.

Karena menceritakan mengenai asal usul Kanti dan perkumpulan rahasia bernama Mangkujiwo. Bisa jadi nantinya film ini juga dibuat menjadi trilogy. Kita tunggu saja ya.

5. Berbeda dengan Kuntilanak 3 yang Rilis pada 2008

Instagram .com/kuntilanakfilm

Berdasarkan penjelasan sinopsis Kuntilanak 3 sebelumnya jika film ini memiliki benang merah yang sama dengan trilogy Kuntilanak versi Sam, Mangkujiwo dan dua sekuel Kuntilanak versi Dinda.

Untuk cerita sendiri, tentu Kuntilanak 3 ini tidak memiliki hubungan dengan Kuntilanak 2008. Tapi merupakan lanjutan dari Kuntilanak 2 yang rilis pada tahun 2019 lalu.

Di mana kisahnya berlatar pada cerita karakter utama bernama Dinda dan kempat saudara tirinya yakni Panji, Miko, Ambar dan Kresna. Mereka semua sama-sama merupakan anak adopsi dari Tante Dona dan hidup bersama.

Namun belakangan baru terungkap mengenai rahasia keluarga kandung dan asal usul dari Dinda yang berhubungan dengan Kuntilanak dan perkumpulan Mangkujiwo.

Sehingga membuat Dinda memiliki kemampuan yang juga dimiliki Sam yang merupakan karakter utama pada trilogy Kuntilanak sebelumnya.

Dari sinilah Dinda and the gank memulai petualangan hingga membuat mereka harus menghadapi beberapa peristiwa yang nyaris merenggut nyawa mereka. Berbeda dengan trilogy sebelumnya.

Film ini mengambil tema anak-anak yang masih berbalut komedi, namun horor yang tak kalah mencekam.

6. Semua Film Kuntilanak Punya Benang Merah yang Sama

Instagram .com/kuntilanakfilm

Terdapat benang merah yang sama pada setiap film, yakni Kuntilanak, Perkumpulan rahasia Mangkujiwo, kekuatan spesial dan cermin. Semua benang merah ini bisa kamu temukan pada semua film Kuntilanak. Termasuk pada versi Dinda.

Jika kamu perhatikan sejak di film Kuntilanak 1 pada tahun 2006, terdapat cermin yang menjadi gerbang keluarnya Kuntilanak. Cermin ini juga bisa kamu temukan di rumah lama Dinda.

Cermin ini juga ada di film Mangkujiwo bahkan disebutkan sebagai pusaka sakti. Sam sendiri sudah menghancurkan satu cermin untuk menghilangkan teror Kuntilanak. Sedangkan di film Mangkujiwo kamu bisa melihat cermin tersebut berjumlah 2 buah.

Yakni di rumah Brotoseno dan Tjokro Kusumo. Cermin ini juga kembali muncul dalam Kuntilanak versi Dinda. Salah satunya ada di rumah lama orang tua Dinda.

Benang merah berikutnya adalah Perkumpulan rahasia Mangkujiwo yang mulai ada sejak film Mangkujiwo. Brotoseno dan Nyi Kenanga sendiri adalah pendiri dari Perkumpulan Mangkujiwo yang bersekutu dengan Kuntilanak selama ratusan tahun. Di film ini juga kamu bisa melihat Kanti asal usul Kuntilanak.

Sebelumnya Perkumpulan Mangkujiwo juga sudah sering kamu dengar dalam Trilogy Kuntilanak versi Sam meski tidak menjelaskannya lebih lanjut. Sedangkan orang tua kandung Dinda merupakan anggota perkumpulan Mangkujiwo.

Dan benang merah terakhir bisa kamu lihat pada kekuatan khusus yang ada pada keturunan dari Mangkujiwo yakni memanggil Kuntilanak. Yang dimiliki oleh Sam dan Dinda.

Karena jika kamu mengikuti film ini, kamu pasti sudah tahu jika di setiap film pasti menyebutkan jika hanya keturunan langsung Mangkujiwo yang bisa memanggil Kuntilanak.

Penutup

Sebagai salah satu film yang menyajikan tema dan unsur Budaya Jawa yang tak biasa. Film ini pastinya sangat menarik untuk kamu tonton bersama keluarga nanti saat libur lebaran.

Apalagi setiap film yang ada pada Kuntilanak Universe pasti memiliki keterkaitan yang sangat menarik untuk kamu simak. Seperti yang sudah kamu tahu dari sinopsis Kuntilanak 3 yang sudah kami bahas di atas. Nah, jangan lupa nanti ke Bioskop pada tanggal 30 April 2022 untuk nonton ‘Kuntilanak 3’ ya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.