10 Tempat Makan Enak dan Cozy Banget di Jogja

Abhayagiri Restaurant, Jogja

4 bulan lalu

Siapa yang nggak tahu Yogyakarta? Apalagi kalau bukan daerah yang istimewa, kaya akan wisata alam dan juga kuliner serta budaya Jawanya yang kental? Soal wisata alam, Jogja tak diragukan lagi kekayaan alamnya yang indah. Soal budaya, ah mana mungkin kamu bisa lupa dengan Jogja. Di mana-mana, kamu akan menyaksikan aksara Jawa yang bertebaran. Kalau soal kuliner, pasti ingetnya gudeg kan, girls? Padahal kuliner Jogja macam-macam dan banyak diburu wisatawan.

Omong-omong soal kuliner, urusan perut memang nggak bisa dilewatkan begitu saja. Kalau kamu pergi ke Jogja, pasti penginnya nggak cuma nyobain kuliner yang enaknya menggoyang lidah dong. Tempat makan yang kita tuju, pastinya harus nyaman, tenteram, dan cozy abis. Nggak peduli siapa pun yang kita ajak.

Nah, HaiGadis punya rekomendasi tempat makan di Jogja yang selain enak, juga cozy banget nih. Yuk, check this out!

1. Makan Enak Sambil Melihat Pemandangan Merapi di D’Padukan Pie & Resto, Kaliurang

D'Padukan Pie & Resto, Kaliurang, Jogja

Ini adalah salah satu tempat nyaman yang Jogja banget, girls. Tempat yang satu ini lokasinya di Desa Padukan, Pakem Jalan Kaliurang KM 17, Sleman, Yogyakarta. Untuk ke sana, dari Jalan Kaliurang Yogyakarta, kita tinggal jalan ke arah utara, lalu akan menemukan Gereja Katolik ST Maria Assumpta Pakem. Setelah itu belok kanan (timur) sampai ada traffic light, kemudian lurus saja sampai SPBU, belok kiri. Nanti kita akan melewati pertigaan jalan Cangkringan, masih lurus saja. Restoran ini terletak kurang lebih 100 meter di kanan jalan.

Resto satu ini menyediakan makanan dan minuman yang cukup lengkap. Mulai dari menu Indonesia seperti nasi campur Padukan, sate maranggi, lontong sayur, mendoan, lumpia, sampai makanan ala barat seperti pie, strudel maupun steak juga ada. Selain enak, semuanya disajikan dengan tampilan yang cantik. Pas banget untuk kamu yang suka keindahan dan hobi mempercantik feed Instagram mu.

Selain makanannya, tempatnya pun nyaman banget. Resto yang satu ini memiliki pemandangan alam indah khas pegunungan, dengan hamparan persawahan hijau dan angin semilir yang menyejukkan. Adem banget deh suasananya. Fasilitas tempat ini pun lengkap (wifi, toilet, musala), bahkan tersedia rooftop yang menampilkan pemandangan Gunung Merapi yang menakjubkan. Coba deh ajak keluarga, pasangan, atau temanmu. Dijamin gak bakalan nyesel deh!

2. Menikmati Makan di Pinggir Sungai Ala Pondok Makan Pelem Golek

Pondok Makan Pelem Golek, Jogja

Masih di seputaran Sleman, Pondok Makan Pelem Golek berada di Jalan Palagan Tentara Pelajar KM.7 No.99, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Kalau pengin ke
sini, gampang banget. Jalan Palagan Tentara Pelajar merupakan salah satu ruas jalan yang ramai di Jogja, sehingga tidak perlu masuk-masuk gang. Jadi, tempat ini mudah banget ditemukan.

Menu makanan di sini cukup lengkap, girls. Cocok kalau kamu adalah penggemar seafood. Ada Gurame Tabur Permata, Udang Bago Saus Lada Hitam, Kwe Bakar Bumbu Jimbaran, dan masih banyak lagi. Lalu minumannya, ada aneka jus, es kelapa muda, dan Es Singapore. Tentu saja, rasanya enak-enak dan nggak akan bikin kamu menyesal.

Oh ya, di sini tempatnya juga nyaman banget. Banyak spot cozy favorit pengunjung. Namun, terfavorit adalah makan di area gazebo yang terletak di pinggiran sungai. Gimana nggak cozy banget? Lingkungannya asri dengan banyak tanaman dan ditambah suara gemericik air sungai yang menenangkan tentu menyebabkan suasana makan semakin santai dan enjoy. Yuk, ke sana!

3. Makan di Joglo dengan Grojogan Air ala Joglo Pari Sewu

Joglo Pari Sewu, Jogja

Mau makan di joglo yang khas Jogja banget? Di sini tempatnya. Tempat makan dengan konsep tradisional pinggir air terjun di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini membantu menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari. Cara ke sini, kalau dari arah selatan, sebelum sampai di Joglo Pari Sewu, kamu akan melewati jembatan sungai. Dari atas jembatan ini kamu sudah bisa melihat area Joglo Pari Sewu.

Bangunan Joglo Pari Sewuyang sarat akan budaya Jawa, selaras dengan menu-menu makanan yang ditawarkan. Konsep makanan yang diangkat mengedepankan makanan rumahan dan makanan tradisional. Ada makanan lawas Jogja seperti gudeg manggar ayam kampung, brongkos, mangut lele, ayam jembar, nasi goreng joglo pari sewu, nasi goreng seafood, pecel peyek komplit, dan masih banyak lagi. Sementara untuk minumannya ada aneka float, aneka juice, aneka kopi, dan minuman tradisional seperti wedang uwuh. Cemilannya juga enak-enak, ada singkong bumbu laos, bakso pedas, bakwan jagung, kentang goreng, dan sebagainya. Rasanya seenak masakan rumahan yang pastinya akan membuat para pengunjungnya rindu akan masakan orang tua di kampung halaman.

Menikmati makanan rumahan yang lezat di tempat yang syahdu merupakan perpaduan yang cozy maksimal. Di sini, kita bisa menikmati air sungai yang mengalir tepat di sebelah tempat makan ini dari Sungai Kalikuning yang berhulu di daerah sekitar Gunung Merapi. Tepian sungai berupa taman mini, lengkap dengan rerumputan, batuan kecil, dan jalanan setapak dari semen. Gemericik aliran air dari atas semakin membuat syahdu dan sejuk suasana. Pokoknya, adem banget deh suasananya!

4. Ngopi dan Baca Buku di Blanco Coffee and Books

Blanco Coffee and Books, Jogja

Bagi yang suka ngafe, tempat ini nggak boleh dilewatkan, girls. Minum kopi sambil baca buku dijamin enjoy banget. Tempat ini lokasinya di Jl. Kranggan No.30, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233. Letaknya cukup dekat kok dengan pusat kota, tepatnya berada di belakang pasar Kranggan. Blanco Coffee & Books dapat dicapai dari Jl. Asem Gede hingga ke perempatan Gudeg Bu Djuminten, lalu kita bisa belok ke arah timur.

Cafe dengan baristanya yang profesional ini tentu saja menyajikan menu racikan kopi yang rasanya nggak sembarangan dengan jenis kopi berkualitas tinggi. Berbagai macam kopi dengan rentang harga sekitar 18 ribu hingga 30 ribu rupiah bisa didapatkan, seperti espresso, macchiato, piccolo, affogato, americano, cappuccino, frapuccino, the hemingway, flemings vanilla, dan masih banyak lagi.Menu makanan dan snacknya juga lengkap kok. Ada croissant, apple slipper, almond pie, calamari, strawberry muesli, nachos, sandwich, hungarian pastry, dancreme brulee.

Di sini, kamu bisa minum kopi dan menikmati snack sambil duduk tenang membaca buku, bahkan bisa juga sambil bekerja. Buku yang nggak cuma pajangan ini banyak banget jenisnya. Ada yang menggunakan bahasa Indonesia, Inggris, Belanda, Perancis, dan sebagainya. Desain interiornya pun ala-ala Eropa. Dijamin cozy abis menghabiskan waktu di sini!

5. Sensasi Makan di Penjara ala Bong Kopitown

Bong Kopitown, Jogja

Belum pernah kan makan di penjara? Penasaran rasanya gimana? Coba deh ke sini. Bong Kopitown Jogja beralamat di Jalan Sagan No.4, Terban, Gondokusuman. Lokasinya mudah dijangkau karena berada di pusat kota. Jika kamu berangkat dari Bandara Adisutjipto, bisa arahkan kendaraan menuju Jalan Raya Solo-Yogyakarta hingga Jalan Urip Sumoharjo. Begitu sampai perempatan Sagan, belok kanan menuju Jalan Sagan.

Masih dengan keunikannya, daftar menu makan di sini juga unik banget, seperti koran. Menu makanan di sini sangat memanjakan lidah. Bahkan tak kalah nikmat dengan restoran bintang lima. Di sini, kita bisa mencicipi kuliner dengan cita rasa turun-temurun ala China peranakan. Kebanyakan diadopsi dari daerah-daerah seperti Medan dan Singkawang. Mulai darimain menu, kongkow menu, menu buronan, hingga special menu, rasanya ciamik. Namun, menu spesialnya jangan sampai terlewat. Ada Nasi Goreng Tom Yum, Tom Yum Kung with Noodle, Rendang Noodle, dan Pontianak Crab Noodle.

Konsep penjara ala Hongkong ini, juga dilengkapi pelayan yang berpakaian seperti narapidana. Tak sekedar makan, pengunjung bisa coba bersantai dan bercengkrama di balik jeruji besi.Dijamin seru. Meski konsepnya penjara, makan di sini tetap nyaman banget kok. Ayo, ajak keluarga, teman, atau pasangan!

6. Makan Berlatar Pemandangan Candi Prambanan di Abhayagiri Restaurant

Abhayagiri Restaurant, Jogja

Siapa yang nggak tahu Candi Prambanan yang eksotis itu? Kalau mau makan di tempat dengan pemandangan dan latar Candi Prambanan yang keren banget, kamu harus ke sini. Abhayagiri Restaurant terletak di Sumberwatu Heritage Resort RT.02/RW.01, Sumberwatu, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571. Kalau susah menemukannya, terdeteksi Google Maps kok. Dijamin langsung ketemu deh.

Makanan dan minuman di tempat ini adalah menu lokal yang dikemas dengan cita rasa modern. Bakalan nempel terus di lidah deh. Misalnya saja roasted salmon yang ditata cantik, kambing rica-rica yang menggoda, dan fruit punch yang ceria. Masih banyak kok menu lainnya yang match banget dengan suasana tempatnya yang syahdu.

Kalau ke sini, cocoknya sore hari sambil menikmati senja. Kita bisa singgah sampai malam karena disuguhkan oleh pemandangan yang eksotis dan keren banget. Kamu akan terpesona menyaksikan view Gunung Merapi, Candi Prambanan dan Sojiwan. Ditambah lampu lampu hias yang tertata bagus, makin bikin betah. Abhayagiri juga menawarkan hiburan tradisional yang unik seperti Sendratari Jonggrang, Cokean dan penampilan akustik live. Kalau sudah di sini, nggak mau pulang pastinya!

7. Sarapan Murah di Pecel Pincuk Pedes Sedep

Pecel Pincuk Pedes Sedep, Jogja

Kalau bingung cari tempat sarapan yang enak tapi nyaman, di sini tempatnya. Pecel Pincuk Pedes Sedep lokasinya di Jalan Perumnas Nomor 19 Seturan, tepatnya di sebelah utara Olivine Cafeyang beralamat di Jl. Perumnas No.9, Kledokan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Pastinya, mudah banget ditemukan, girls.

Tak hanya berbagai jenis pecel, kamu juga bisa menikmati sarapan dengan menu-menu lain seperti ayam goreng sambal korek, sampai jenang candil, dan bubur mutiara. Makanannya Jawa banget, dan tentunya nggak akan mengecewakan lidahmu.

Di sini tempatnya memang nggak luas, tapi tetap bikin nyaman kok. Sudah pelayanannya ramah banget, harganya juga murah. Sarapan di sini selain mengenyangkan, juga membuat hatimu senang, girls. Coba aja kalau penasaran!

8. Makan Seafood di Kastil Ala Gubug Mang Engking

Gubug Mang Engking, Jogja

Rumah makan dengan konsep unik ini terletak di Jl. Soragan No.13, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Apabila kita dari pusat kota, maka arahkan saja kendaraan kamu 30 kilometer menuju arah barat. Bisa melalui Tugu Pal Putih atau melalui Jalan Wates. Kita akan menuju Jalan Godean lalu menemukan Superindo Godean. Dari Superindo, kita masih harus lurus sampai bertemu perempatan, kemudian ke arah kiri (selatan). Sampai deh di rumah makan yang eksotis ini.

Menu makanan di Mang Engking ini sangat banyak dan beragam. Namun menu andalannya adalah udang bakar madu. Sajiannya juga lengkap, mulai dari ikan, seafood, karedok, kangkung, terancam, dan menu makanan berat lainnya. Sementara minuman langganan pengunjung adalah es kelapa muda. Di sini, kita juga bisa menikmati sambal dengan sajian yang istimewa dan rasanya nikmat. Menu nasi disajikan dalam bakul yang membuat perut ingin segera makan.

Keunikan tempat ini adalah kita bisa makan sambi menikmati suasana kastil dengan pemandangan alam yang memukau. Namanya Soragan Castle, sebuah bangunan berbentuk kastil ala eropa dengan bahan baku berupa batu kali nan besar dan gagah. Beuh, selain unik, juga cozy banget kan makan di sini?

9. Makan Sambil Menyaksikan Gemerlap Bintang di The Manglung Cafe

The Manglung Cafe, Jogja

Kali ini kita menuju Gunung Kidul, girls. Pengin nggak sih makan outdoor sambil menyaksikan bintang-bintang? The Manglung Cafe terletak di Jl. Ngoro Ngoro Ombo No.16, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Untuk sampai ke The Manglung, kita harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari pusat kota. Nggak perlu bingung atau takut kesasar sih, kita hanya perlu ikuti jalan utama Jogja-Wonosari, lewati pertigaan Piyungan, lalu naik ke arah Patuk.

Menu di sini adalah makanan Indonesia, Asia, dan menu western, dengan menu andalan nya Nasi Goreng Manglung, karena bumbunya khas banget racikan The Manglung. Selain itu, ada menu-menu seperti wader sambel ijo, rawon, dan lainnya.Ada pula snack seperti tahu bejeg, singkong keju, salad, dan pisang keju.

Menu-menu tersebut akan tambah enak disantap sambil menikmati suasana di sini. Cocoknya memang untuk makan malam sih girls, supaya kita bisa menyaksikan kerlip bintang-bintang dan indahnya cahaya lampu kota. Tempat ini pun memiliki banyak spot foto instagrammable. Pilihan yang cozy dan nggak membosankan nih.

10. Ngopi Santaiala Rumah Sendiri di Warkop Semesta

Warkop Semesta, Jogja

Nah, yang terakhir ini tempat ngopi lagi, girls. Warkop Semesta ini populer banget di Jogja. Lokasinya di Jl. Abu Bakar Ali No.2, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224. Santai saja, tempatnya gampang banget ditemukan karena masih berada di pusat kota. Nggak bakal nyasar deh!

Menu-menu di sini, selain kopi khas semesta, juga ada makanan hits seperti nasi goreng semesta (nagota). Masih ada beragam makanan lain yang pastinya rasanya nggak biasa aja, girls. Enak di lidah. Terbukti, karena setiap hari selalu ramai pengunjung.

Di sini, kita bisa duduk minum kopi atau bersantai selayaknya di rumah sendiri. Bangunan interiornya terbuat dari bambu yang mempunyai kesan pedesaan, juga dihiasi dengan tanaman hijau dan batang pohon bambu. Cozy banget untuk kamu yang sukanya menyendiri. Pokoknya, kamu bakalan betah dan ketagihan di sini deh.

Gimana girls? Keren-keren semua kan? Makanya kalau lagi berada di Jogja, jangan lupa mampir ya. Dijamin gak bakal nyesel deh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *