Bibir Hitam dan Kering? Ini Dia Cara Merawatnya!

By Hai Gadis

Siapa yang tak ingin mendapatkan bibir segar dan merona? Bibir yang indah akan menunjang penampilanmu, sehingga tampak cantik dengan berbagai model make up. Tapi gimana kalau ternyata bibir hitam dan kering karena kurang perawatan?

Jangan khawatir girls, bibir yang hitam atau kering tetap bisa kamu ubah kembali jadi bibir yang sehat. Tentu ada perawatan panjang yang harus kamu lakukan ya, simak beberapa perawatannya berikut ini.

Kenapa Bibir Bisa Hitam dan Kering?

bibir kering dan hitam

photo by liputan6.com

Ada beberapa penyebab kenapa bibirmu bisa kering dan menghitam disaat yang bersamaan. Bisa karena hormon yang tidak stabil, ada faktor genetik dari keluarga, iritasi terhadap kosmetik bibir, dan masih banyak lagi. Ada lho kebiasaan yang bisa membuat bibirmu kering, diantaranya:

Mengelupas Kulit Bibir yang Kering

Apa yang akan kamu lakukan kalau bibirmu sedang kering dan pecah pecah girls? Ada yang membasahi atau menjilatnya dengan air ludah? Ternyata kebiasaan ini malah akan membuat bibir makin kering lho. Kalau terlalu kering, kamu malah akan mengelupas kulit di permukaan bibir. Ini nanti bisa membuat permukaan bibir jadi menghitam.

Memakai Kosmetik Bibir dan Tak Membersihkannya

Ingat untuk selalu membersikan make up secara merata sebelum tidur ya. Tak hanya di permukaan kulit wajah saja, tapi juga di permukaan bibir. Jika kamu tak membersihkannya, lipstick yang kamu pakai akan menutup pori-pori dan merusak rona bibir. Makin lama, bibir akan menghitam dan kering!

Punya Kebiasaan Merokok

Sudah jadi rahasia umum kalau sering merokok akan membuat bibir menjadi hitam. Tak hanya bibir, gigi juga akan berubah menjadi kuning dan nafasmu jadi bau. Kandungan nikotin rokok lah yang menjadi penyebabnya. Karena itu, jauh-jauh dari kebiasaan buruk ini ya girls.

Terpapar Sinar UV

Sinar UV juga memberikan efek buruk pada warna bibir karena bisa menstimulus pertumbuhan melanin. Kalau kamu sering beraktifitas di luar ruangan, kamu pasti akan merasakan bibir yang kering setelah seharian terkena sinar matahari.

Cara Mengatasi Bibir Hitam dan Kering

Dengan mengurangi beberapa kebiasan diatas, kamu bisa mendapatkan bibir yang merona lho girls. Agar hasilnya makin maksimal, kamu bisa melakukan beberapa perawatan berikut ini, diantaranya:

Periksa Kandungan Lipstick yang Kamu Pakai

photo by sociolla.com

Sebelum menggunakan lipstick atau kosmetik bibir yang lain, ada baiknya periksa kandungannya terlebih dahulu. Penggunaan lipstick memang bisa menyamarkan warna bibir, namun kamu harus cermat melihat apa saja komposisi dari lipstick tersebut.

Beberapa bahan yang bisa menimbulkan iritasi pada bibir adalah parfum, menthol, peppermint, kamper, fenol, minyak kayu putih dan asam salisilat. Kalau lipstick milikmu mengandung bahan tersebut, sebaiknya ganti dengan komposisi yang lebih alami guna menghindari bibir kering atau hitam.

Lakukan Eksfoliasi

mengatasi bibir kering

photo by merdeka.com

Cara berikutnya untuk merawat bibir kering atau hitam adalah melakukan eksfoliasi. Pengangkatan sel kulit mati pada permukaan bibir bisa kamu lakukan dengan scrub berbahan lembut. Melakukan scrubbing pada bibir juga bermanfaat untuk membuat bibir memiliki teksur yang lebih halus.

Jaga Bibir Tetap Lembab

photo by kompas.com

Hindari mengigit, menjilat, ataupun mengelupas kulit di permukaan bibir. Jika kulit bibirmu sudah kering, kamu bisa minum air putih atau menggunakan lip balm. Menjaga bibir tetap lembab bisa membantumu mengembalikan rona bibir yang hilang.

Berikan Pijatan pada Bibir

mengatasi bibir gelap dan hitam

photo by alodokter.com

Memijat bibir menggunakan minyak almond atau es batu ternyata bisa membuat warna bibir memerah secara perlahan lho. Kamu bisa melakukannya secara rutin dengan bahan lain, misalnya:

  • Kombinasi buah beri dan madu bisa mencerahkan bibir secara alami, mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, serta mengurangi iritasi. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker atau menjadikannya scrub.
  • Mengoleskan gel lidah buaya tipis tipis di permukaan bibir. Kandungan aloe vera akan menghidrasi kulit dan menghilangkan pigmen warna gelap.
  • Menggunakan buah bit, caranya dengan memblender buah bit sampai menjadi adonan halus. Kemudian mengoleskannya di permukaan bibir seminggu tiga kali. Area bibir akan kembali sehat dan punya warna merah alami.

Minum dengan Cukup

photo by suara.com

Masalah bibir kering bisa kamu atasi dengan mengonsumsi air minum dengan cukup. Selain air putih, kamu juga bisa mengonsumsi jus buah untuk rasa yang lebih segar. Buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi seperti mentimun atau semangka juga bisa kamu masukkan dalam menu harian.

Cara alami diatas dapat membantumu mendapatkan warna bibir yang merona dan sehat. Untuk mendapatkan warna alami bibir memang butuh waktu yang tak sedikit, jadi kamu harus bersabar ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.