16 Film Horor Paling Seram Berdasarkan Kisah Nyata

By Hai Gadis

Film horor menjadi genre film yang selalu laris di pasaran. Tapi kamu sudah tahu belum kalau ada film horor paling seram berdasarkan kisah nyata? Judul film horor terkenal yang mungkin sudah kamu tonton ternyata punya kisah kelam dibaliknya.

Kalau kamu ingin nonton film horor yang bikin merinding, rekomendasi film horor berikut ini bisa kamu simak. Dengan menonton film tersebut, mungkin kamu akan bertanya-tanya kengerian seperti apa yang dirasakan oleh pelaku sebenarnya.

Rekomendasi Film Horor yang Diangkat dari Kisah Nyata

1. Danur

Film asal Indonesia bertema horor ini ternyata berasal dari kisah nyata lho. Danur merupakan adaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Risa Saraswati. Danur mengisahkan tentang Risa, seorang gadis indigo yang berteman dengan tiga hantu anak kecil. Ketiga hantu tersebut adalah Peter, William, dan Jansen.

Awalnya Risa merasa kesepian karena ayah ibunya sibuk bekerja. Akhirnya di ulang tahunnya yang ke delapan, ia bertemu dengan tiga temannya tersebut. Ibunya yang khawatir karena sering melihat Risa berbicara sendiri, akhirnya mendatangkan paranormal. Dengan bantuan paranormal tersebut, Risa tahu bahwa teman yang ia ajak bicara ternyata hantu dan punya wujud yang seram.

2. Winchester

Selanjutnya adalah film horor berjudul Winchester yang rilis 2018 lalu. Film ini merupakan adaptasi dari cerita lokal di Amerika mengenai rumah paling seram di California, yakni Winchester Mystery House. Film ini menceritakan tentang Sarah Winchester, pemilik rumah terkutuk tersebut.

Sarah percaya bahwa ia dikutuk oleh arwah yang menjadi korban perusahaannya. Karena kodisinya yang menyedihkan, akhirnya seorang dokter jiwa datang memeriksa keadannya. Namun kejadian menyeramkan malah muncul dan membuat semua orang ketakutan.

3. The Amityville Horror

Film horor paling seram tak selamanya rilisan terbaru lho girls. Banyak film jadul yang masih menakutkan kalau kamu tonton sekarang. Salah satunya adalah The Amityville Horor yang rilis tahun 1979. Film horor klasik ini mengisahkan tentang keluarga Lutz yang membeli rumah Amityville di New York.

Berbagai kejadian menyeramkan kemudian mulai dirasakan oleh keluarga Lutz. Mulai dari lendir hijau yang keluar dari dinding, munculnya suara aneh, hingga penampakan makhluk yang menyeramkan. Ternyata pemilik sebelumnya, Ronald Defeo Jr pernah membunuh seluruh keluarganya di rumah tersebut.

4. Keluarga Tak Kasat Mata

Kembali lagi ke film horor Indonesia, yakni film berjudul Keluarga Tak Kasat Mata. Film ini mengisahkan tentang Bonaventura Genta yang pindah ke kantor baru di daerah Yogyakarta. Kantor tersebut ternyata dihuni oleh makhluk seram dan membuat semua karyawan ketakutan.

Berbagai pengalaman horor bisa kamu ikuti di film ini secara total, seperti kamu mengalaminya sendiri. Menariknya ketika pembuatan film, kru dan produser film sempat meminta izin lho dengan makhluk halus yang ada disana. Jadi kamu bisa lihat sendiri bagaimana seramnya film ini.

5. The Conjuring

Kamu tentu sudah tak asing dengan film The Conjuring yang rilis 2013 lalu. Film horor yang meledak di pasaran ini ternyata diadaptasi dari pengalaman nyata pasangan Ed dan Lorraine Warren. Keduanya pernah melakukan pengusiran roh jahat di rumah pertanian angker milik keluarga Perron.

Roh jahat tersebut bernama Bathsheba dan merasuki ibu dari keluarga tersebut. Walaupun merasuki sang ibu, namun anggota keluarga lain juga merasakan terror yang menakutkan. Bahkan tiap anggota keluarga pernah melihat penampakan hantu dan mengalami kejadian aeh.

6. The Shining

Film rilisan 1980 ini ternyata juga berasal dari kisah nyata. Jack Torrance, tokoh utama dalam film merupakan seorang penjaga hotel yang bersejarah. Nama hotel tersebut adalah Overlook Hotel yang terletak di Colorado. Jack tinggal bersama dengan istri dan seorang anak dekat bangunan tersebut.

Semakin lama bekerja, Jack kemudian tahu kisah kelam dibalik berdirinya hotel tersebut. Apalagi kondisi mental Jack juga memburuk karena pengalaman gaib yang ia alami selama bekerja. The Shinning awalnya memang dimaksudkan sebagai film fiksi, namun ternyata penulis novelnya, Stephen King, menulisnya karena terilhami kisah Stanley Hotel.

7. The Possession

Film horor paling seram lainnya adalah The Possession, film yang rilis tahun 2012 ini merupakan film adaptasi dari kisah nyata. Film ini mengisahkan tentang kotak Dybbuk yang berhantu dan terkutuk. The Possession mulai dengan kisah Emily yang menemukan kotak Dybbuk di rumah ayahnya.

Setelah menemukan kotak tersebut, kelakukan Emily makin aneh dan janggal. Ternyata Emily sudah dirasuki oleh iblis yang bersemayam di kotak tersebut. The Possession terinspirasi dari laporan surat kabar mengenai sebuah keluarga yang melawan roh jahat dari kotak bernama sama.

8. The Exorcism of Emiy Rose

Film horor legendaris The Exorcism of Emily Rose tentu masuk dalam daftar ini. Film ini merupakan remake dari film berjudul sama yang rilis pada tahun 1952 silam dengan plot cerita yang sama. Kisah film ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Annelise Michel.

Dalam filmnya, nama Annelise berganti menjadi Emily Rose, yang meninggal dunia karena menjalani proses pengusiran setan. Emily awalnya punya penyakit epilepsi, namun obat-obatan yang ia konsumsi malah membuatnya depresi dan ingin bunuh diri. Selain itu, Emily juga mengalami hal yang aneh. Karena alasan inilah orang tuanya memanggil pendeta yang memulai ritual pengusiran setan yang menakutkan.

9. The Exorcist

Kisah horor mengenai pengusiran setan juga pernah menjadi inspirasi film The Exorcist, yang rilis tahun 1973. Saking berkualitasnya film ini, ia pernah menyabet 10 nominasi dalam Piala Oscar. Film horor paling seram berdasarkan kisah nyata ini menceritakan proses pengusiran setan pada tubuh Regan, anak perempuan yang kerasukan setan setelah memainkan papan Ouija.

Pengusiran setan dilakukan oleh dua pendeta yang sudah berpengalaman dalam exorcism. Namun kedua pemuka agama ini malah meninggal ketika pengusiran roh jahat dilakukan. Lalu bagaimana nasib Regan? Kamu harus lihat sendiri girls.

10. A Nightmare on Elm Street

Masih dari film horor jadul, A Nightmare on Elm Street menjadi film horor berdasar kisah nyata selanjutnya. Film ini menceritakan pengalaman warga di Jalan Elm ketika mereka diteror oleh sosok bernama Freddy Krueger. Makhluk misterius ini muncul di dalam mimpi dan membunuh korbannya.

Film ini berasal dari kisah nyata mengenai seorang anak yang meninggal dalam tidurnya karena bermimpi buruk. Awalnya si anak mengatakan sulit tidur karena takut dengan mimpi yang ia alami. Tak berapa lama, si anak tidur dan membuat keluarganya tenang. Namun ada suara teriakan dari kamarnya dan ketika keluarganya datang, si anak sudah tak bernyawa.

11. The Girl Next Door

Kalau sebelumnya mengisahkan film horor supranatural, maka The Girl Next Door masuk dalam kategori film horor criminal. Film ini terinspirasi dari kisah nyata mengenai pembunuhan seorang gadis bernama Sylvia Likens pada tahun 1965. Awalnya orang tua Sylvia harus keluar kota, yang membuat Sylvia harus tinggal sebentar di rumah kerabatnya.

Saat itu Slyvia tinggal di rumah milik Baniszewski bersama dengan saudara perempuannya, Jenny, yang berumur 15 tahun. Bukannya mendapat sambutan yang baik, Sylvia malah menerima siksaan ketika tinggal di rumah tersebut. Akhirnya Slyvia meninggal karena pendarahan otak dan kekurangan gizi.

12. The Strangers

Kamu yang suka film horor thriller, coba deh nonton The Strangers, kamu pasti merinding! The Strangers merupakan film yang berasal dari kisah nyata mengenai terror pembunuhan di sebuah kota. Film ini mengisahkan tentang keluarga yang diteror oleh tiga pembunuh bertopeng. Tak hanya menakutkan, film ini juga menawarkan alur menegangkan.

Sutradara film ini, Bryan Bertino mengatakan bahwa kisah di film The Strangers merupakan kejadian yang ia alami sendiri waktu masih anak-anak. Dulu ia dan saudarinya tinggal di rumah sendiri karena orang tuanya sedang pergi. Malam-malam ada beberapa orang mengetuk rumahnya untuk menanyakan seseorang yang tak tinggal di rumah tersebut, ternyata orang ini adalah perampok.

13. The Haunting in Connecticut

Film horor paling seram yang rilis di tahun 2009 ini juga mengisahkan tentang pengalaman Ed dan Lorraine Warren ketika melakukan pengusiran setan. The Haunting in Connecticut mengisahkan keluarga yang pindah ke rumah sewaan baru di Connecticut.

Film ini bermula mengenai kisah Matt, anak dari keluarga tersebut yang mengidap kanker stadium akhir. Suatu hari Matt bangun dan mendapatkan mimpu buruk sekaligus penglihatan mengenai rumah tersebut. Ternyata rumah ini penuh dengan roh jahat yang juga menyebabkan penyakit Matt dan mimpi buruk yang ia alami.

14. Annabelle

Girls kamu pernah dengar film horor berjudul Annabelle? Samar samar tentu pernah kan? Film yang mengisahkan tentang boneka terkutuk ini pernah rilis di tahun 2004 dan menjadi fenomena tersendiri di zamannya. Kisah Annabelle merupakan adaptasi dari kisah nyata mengenai roh jahat yang merasuki boneka.

Dalam filmnya, ada sekelompok orang pemuja setan yang mengirimkan boneka Annabelle kepada pasangan yang menanti buah hati mereka, John dan Mia. Menjelang kelahiran, malah banyak kejadian buruk yang menimpa keduanya. Boneka Annabelle benar benar ada dan sekarang tersimpan di museum milik Ed dan Lorraine Warren.

15. The Hills Have Eyes

Film horor menyeramkan lain yang bisa kamu coba tonton adalah The Hills Have Eyes. Berdasarkan kisah nyata mengenai kelompok kanibal yang memangsa manusia, film klasik bisa jadi tontonan seram buatmu. Meski rilis tahun 1977 namun kengerian tentang keluarga yang menjadi sasaran manusia kanibal terasa nyata.

Naskah dari film The Hills Have Eyes ternyata berdasarkan legenda nyata di Skotlandia, yakni kisah Sawney Bean sekitar abad 15. Sawney merupakan seorang pemimpin klan yang hidup di gua dan melakukan aktifitas kanibalisme. Di dalam gua tersebut bahkan ditemukan ratusan tulang manusia.

16. The Entity

Novel berjudul The Entity mendapatkan adaptasi film berjudul sama pada 1982. Ternyata novel ini muncul karea kisah nyata mengenai seorang ibu bernama Doris Bither. Doris mengaku bahwa selama tidur, ia mendapatkan serangan secara seksual berkali-kali oleh sosok tak terlihat di tahun 1974.

Dalam filmnya, kamu akan melihat secara langsung kehidupan seorang ibu tunggal yang hidup di Los Angeles. Sebagaimana kisah Doris, sang ibu juga mendapatkan serangan seksual secara terus menerus oleh sosok yang tak kasat mata.

Daftar film horor paling menyeramkan diatas ternyata berasal dari kisah nyata yang menakutkan ya girls. Gimana? Apa kamu tertarik untuk menonton film-film horor nan seram diatas?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.