15 Film Thailand Paling Sedih yang Bakal Menguras Air Mata

4 bulan, by Hai Gadis

Film Thailand Paling Sedih

Negeri Gajah Putih alias Thailand memang terkenal akan filmnya yang keren-keren lho. Mungkin kamu hafal beberapa judul film Thailand yang memang hits banget. Namun, pernah nggak sih kamu nonton film Thailand paling sedih yang menawarkan adegan-adegan mengharukan atau yang bikin nangis bombay?

Bicara soal film yang sedih-sedih, nggak melulu bergenre romantis tentang percintaan muda-mudi lho. Ada juga film tentang keluarga dan kemanusiaan yang penuh nilai kehidupan. Nah, kalau kamu bingung nyari film Thailand yang bikin menguras air mata, simak yuk rekomendasi Hai Gadis berikut ini. Siapin tisu dulu sebelum nonton, ya!

15 Film Thailand Paling Sedih

1. Timeline, 2014

Film Thailand paling sedih

Photo via imdb.com

Rekomendasi film Thailand paling sedih yang pertama adalah Timeline. Film ini sudah tayang perdana sejak 13 Februari tahun 2014. Film romantis Thailand ini mengisahkan tentang cinta terpendam yang membuat penyesalan di akhir. Dijamin kamu bakalan baper dan nangis saat menontonnya. Film yang disutradarai oleh Nonzee Nimibutr ini bercerita tentang seorang ibu bernama Mat (Piyathida) yang harus membesarkan anak seorang diri tanpa seorang ayah.

Anak Mat sendiri bernama Tan (Jirayu). Mat tinggal di pedesaan dan ada seseorang yang jatuh cinta padanya bernama Watt (Noppachai). Suatu hari Tan bersekolah di suatu kota dan meninggalkan ibunya. Ia lalu bertemu dengan June (Jarin Joonkiat) yang merupakan seniornya. Diam-diam, Tan jatuh cinta pada June. Kisah mereka baru dimulai nih. Siap-siap dicampur aduk perasaannya, ya!

2. Friendship, 2008

Film Thailand paling sedih

Photo via imdb.com

Film berjudul Friendship ini mungkin sudah tayang sejak 2008, tapi tetap menarik untuk ditonton sepanjang waktu kok. Disutradarai oleh Chatchai Naksuriya, Friendship bercerita tentang kehidupan remaja alias anak sekolah. Ada tokoh bernama Singha (Mario Maurer) yang mendapat kabar untuk mengadakan reuni kelas saat SMA.

Acara reuni ini membuat Singha kembali mengingat seorang gadis cinta pertamanya bernama Mituna (Apinya Sakuljaroensuk). Ia pun jadi bernostalgia ketika awal bertemu dengan gadis itu. Selain cantik, Mituna sendiri adalah gadis pendiam yang misterius. Sayangnya, mereka nggak bisa bersatu. Pokoknya meski kehidupan remaja di film ini penuh keceriaan, tetap ada scene sedih yang bikin nyesek abis.

3. Sunset at Chaophraya, 2013

Film Thailand paling sedih

Photo via asianwiki.com

Sunset at Chaophraya yang sudah tayang sejak 2013 juga menjadi salah satu rekomendasi film Thailand paling sedih yang wajib kamu tonton. Film ini disutradarai oleh Kittikorn Liasirikun dan memiliki jalan cerita yang sangat menarik. Sunset at Chaophraya berkisah soal seorang Perwira Militer Jepang bernama Kobori (Nadech Kugimiya) yang tergabung dalam pasukan Jepang saat Perang Dunia II dan masih menduduki Thailand.

Saat bertugas, ia bertemu dengan wanita bernama Angsumalin (Oranate D. Caballes) dan jatuh cinta. Kobori pun sering memberikan perhatian terhadap wanita yang justru bersikap cuek itu. Hingga suatu hari, Kobori rela mempertaruhkan nyawa demi pujaan hatinya. Duh, jangan lupa siapin tisu ya, Girls.

4. Jod Mai Rak (The Letter), 2004

Photo via imdb.com

Kali ini, ada Jod Mai Rak atau disebut juga The Letter yang bisa kamu tonton untuk mengisi waktu luang. Meski tergolong lawas karena sudah tayang sejak 2004 lalu, film ini memiliki alur cerita yang menarik dan menyedihkan. Recommended banget deh buat kamu yang lagi mencari film sedih dan bikin baper sampai nangis bombay.

Pa-oon Chantarasiri adalah sutradara dalam film keren ini, Girls. Ceritanya sendiri tentang seorang wanita bernama Dew (Ann Thongprasom) yang merupakan seorang programmer. Suatu hari, ia bertemu dengan seseorang bernama Ton (Attaporn Teemakorn) saat menghadiri sebuah pemakaman di Chiang Mai. Kisah mereka terus berlanjut karena saling jatuh cinta. Sayangnya, mereka harus perjuang keras karena Ton didiagnosis mengidap kanker otak. Hmm, pasti bakalan sedih abis nih!

5. My True Friend, 2012

Film Thailand paling sedih

Photo via kompasiana.com

Kalau film yang satu ini sudah pernah nonton belum, Girls? My True Friend merupakan film dari sutradara Atsajun Sattakovit yang sudah tayang sejak 2012 lalu. Film ini bercerita tentang kehidupan remaja di masa SMA. Cocok banget deh ditonton oleh kamu yang butuh film-film ringan tapi seru. Di My True Friend ini, kamu akan terhanyut oleh cerita persahabatan 2 orang bernama Gun (Mario Maurer) dan Song (Natcha Jantapan).

Song memiliki sifat yang lugu, pendiam, dan cenderung penakut. Ia juga baru saja pindah sekolah ke kota Chiang Mai dan bertemu dengan Gun serta teman-temannya (Tod, Nick, Kla, Champ, dan lain sebagainya). Semenjak saat itu, sifat Song jadi berubah. Saat menikmati jalan ceritanya, kamu akan dibawa mewek sama ending dari film ini. Kalau penasaran tonton saja deh!

6. Bangkok Traffic Love Story, 2009

Photo via imdb.com

Rekomendasi film Thailand paling sedih berikutnya adalah Bangkok Traffic Love Story. Pasti kamu sudah pernah nonton kan? Film yang sudah tayang sejak 2009 ini sebenarnya memiliki genre komedi romantis. Namun, nggak hanya mengundang gelak tawa, film ini pun bakalan bikin penontonnya nangis bombay oleh adegan di dalamnya.

Disutradarai oleh Adisorn Tresirikasem, Bangkok Traffic Love Story mengisahkan tentang Mei Li (Cris Horwang) dan laki-laki bernama Loong (Theeradej Wongpuapan) yang diam-diam ia taksir. Mei Li sempat merasa kesepian setelah seluruh sahabatnya menikah meninggalkannya yang tetap melajang hingga usia 30 tahun. Suatu hari, ia mengalami kecelakaan dan bertemu Loong. Kira-kira kelanjutan kisah mereka gimana ya?

7. My Girl (Fan Chan), 2003

Film Thailand paling sedih

Photo via imdb.com

My Girl (Fan Chan) pun menjadi film Thailand paling sedih selanjutnya yang wajib ada di list-mu. Film ini menceritakan tentang kisah antara Noi-Naa (Focus Jirakul) dan Jeab (Charlie Trairat). Suatu hari, Jeab yang merupakan seorang pemuda dan tinggal di Bangkok, mendapat kabar jika sahabat masa kecilnya, Noi-Naa akan segera menikah.

Cerita pun langsung flashback ke masa tahun 80-an. Mereka adalah 2 anak yang masih sekolah. Di dunia mereka, tentu akan ada kesulitan sekolah, bullying, hingga cinta monyet. Film ini pokoknya bakalan bikin baper dan membawamu pada kenangan masa kecil deh. Penasaran?

8. First Kiss, 2012

Film Thailand paling sedih

Photo via imdb.com

Film berjudul First Kiss ini ada di deretan selanjutnya yang recommended buat kamu tonton di akhir pekan. Memang sih, film bergenre romantis komedi yang disutradarai oleh Kirati Nakintanon ini sudah rilis sejak 2012. Namun tetap bagus kok untuk ditonton kapan pun. First Kiss menceritakan tentang  Sa (Khanungnit Jaksamitthanont) yang dalam seumur hidupnya belum pernah pacaran.  Ia kini berusia 25 tahun. Alasan nggak pacaran, soalnya dia naksir temannya yang bernama Ohm, laki-laki pemain basket yang banyak dipuja oleh perempuan.

Sementara itu suatu hari, Sa nggak sengaja berciuman dengan seseorang bernama Bass (Thakrit Hamannopjit) saat sedang naik bus. Di sinilah awal mula dilematis Sa. Harusnya first kiss-nya ditujukan untuk orang yang ia cintai, bukannya Bass. Saat nonton film ini, nggak hanya ada adegan kocak. Ada juga adegan yang bikin mewek saat Sa dan Bass harus terpisah. Duh, penasaran nggak sih?

9. The Teacher’s Diary, 2014

Film Thailand paling sedih kali ini adalah bergenre romantis tapi penuh nilai kehidupan lho. The Teacher’s Diary  disutradarai oleh Nithiwat Tharatorn dan bercerita tentang dua orang guru yang mengajar di tempat terpencil. Ada Song (Sukrit Wisetkaew) yang merupakan seorang mantan atlet dan melamar pekerjaan sebagai guru. Sayangnya, ia ditempatkan di sebuah SD terpencil yang bangunannya ada di atas air.

Di sana, ia menemukan sebuah buku harian milik Ann (Laila Boonyasak) yang sebelumnya mengajar di sana 3 tahun lalu. Ann dikeluarkan gara-gara dia memiliki tato kecil yang dikhawatirkan menjadi contoh nggak baik bagi murid-muridnya. Di buku harian tersebut, terdapat juga curahan hati Ann termasuk soal percintaannya. Tonton deh Girls, film ini dijamin bakalan menyentuh banget.

10. Mr. Hurt, 2017

Mr. Hurt merupakan film romantis yang disutradarai Ittisak Eusunthornwattana. Film ini selain dibalut komedi juga menampilkan adegan-adegan yang bikin baper dan sedih. Ceritanya sendiri tentang seorang petenis profesional yang menjadi idola banyak orang, yaitu Don Sri-Chang (Sunny Suwanmethanon). Ia memiliki kekasih seorang superstar bernama Anna (Maria Broenner). Sayangnya, saat melamar gadis itu, Don ditolak.

Don yang patah hati jadi kehilangan semangat sehingga hidupnya sengsara. Karirnya juga sempat meredup sampai dia sering terlibat perkelahian. Akibat perkelahian itulah ia malah mengalami cedera tangan. Duh, saat patah hati, malah lagi banyak masalah. Pasti kamu bakalan tersentuh deh nonton film ini. Jangan lewatkan, ya!

11. One Day, 2016

Film Thailand paling sedih

Photo via imdb.com

Kalau mau nonton film Thailand paling sedih dengan jalan cerita yang unik abis, One Day ini wajib kamu tonton saat weekend. One Day yang sudah ada sejak 2016 ini menceritakan soal kisah cinta satu hari. Banjong Pisanthanakun adalah seseorang yang menyutradarai film keren ini, Girls. Cerita bermula pada Denchai (Chantavit Dhanasevi), seorang karyawan di perusahaan IT.

Ia jatuh cinta dengan rekan kerjanya yang bernama Nui (Nittha Jirayungyum) yang merupakan seorang karyawan baru. Sayangnya, Nui nggak menganggap keberadaan Denchai karena hanya memanggil priaitu ketika membutuhkan. Hingga suatu hari, Nui mengalami kecelakaan sehingga amnesia. Nah, Denchai mengambil kesempatan untuk berpura-pura sebagai kekasihnya. Setelah ini, kisah mereka jadi makin kompleks. Tonton deh Girls dan siap-siap saja nangis bombay!

12. Manta Ray, 2018

Photo via imdb.com

Nggak melulu tentang cinta, kali ini ada film yang bertema kemanusiaan, yaitu Manta Ray. Baru rilis 2018 lalu, pastinya Manta Ray masih tergolong baru. Debut pertama film yang disutradarai oleh Phuttiphong Aroonpheng ini adalah di Toronto International Film Festival 2018 dan rilis secara resmi pada awal 2019. Dengan sinematografi yang keren, Manta Ray memiliki cerita yang sangat menyentuh.

Seorang nelayan berusaha menyelamatkan seorang pengungsi Rohingnya. Mereka lalu bersahabat baik. Namun sayangnya, maut terjadi menimpa mereka. Kira-kira gimana ya kelanjutannya? Kalau belum nonton film ini, wajib banget deh. Soalnya akan mencampur aduk emosi dan menguras air mata.

13. Brother of The Year, 2018

Film Thailand paling sedih

Photo via imdb.com

Brother of The Year pun masuk dalam deretan rekomendasi film Thailand paling sedih nih, Girls. Bergenre komedi, film dengan sutradara Witthaya Thongyooyong ini mengisahkan tentang adik-kakak. Brother of The Year ini baru dirilis 10 Mei 2018 kok. Ceritanya tentang Chut (Sunny Suwanmethanon) dan Jane (Urassaya Superbund), dua kakak beradik dengan kepribadian yang berbeda.

Chut menjadi orang yang selalu gagal saat melakukan apa pun, sementara Jane selalu berhasil. Namun, Chut adalah seorang kakak yang selalu melindungi adiknya dalam masalah percintaan. Suatu hari, Jane berpacaran dengan orang Jepang bernama Moji (Nichkhun 2PM) dan backstreet karena nggak mau ketahuan kakaknya. Kisah mereka jadi makin kompleks saat Moji melamar Jane. Apalagi kalau menikah, Jane harus ikut Moji ke Jepang.

14. Handle Me With Care, 2008

Photo via imdb.com

Berikutnya, ada Handle Me With Care yang nggak boleh kamu lewatkan. Film yang telah rilis sejak 2008 ini selain memiliki sinematografi yang keren, jalan ceritanya juga sangat menyentuh. Banyak banget deh nilai kehidupan yang bisa kamu petik saat menontonnya. Dengan sutradara bernama Kongdej Jaturanrasamee, film ini bercerita tentang seorang pria bernama Kwan (Kiatkamol Lata) yang lahir dengan 3 tangan.

“Kelebihan” yang dimiliki Kwan ini malah menjadikannya bahan olok-olok oleh teman-temannya. Ia pun memutuskan untuk bertemu dokter agar bisa memotong tangannya yang ketiga itu. Nah, di perjalanan saat akan operasi tangan, Kwan bertemu seorang wanita bernama Na (Supakson Chaimongkol). Kalau penasaran kelanjutannya, tonton sendiri deh!

15. Dear Dakanda, 2005

Photo via imdb.com

Rekomendasi berikutnya ada Dear Dakanda yang merupakan film karya sutradara Komgrit Triwimol. Memiliki genre romantis, film ini mengusung tema persahabatan menjadi cinta. Klasik sih, tapi tetap menarik buat ditonton. Dear Dakanda menceritakan tentang Dakanda (Siraphun Wattanajinda) yang merupakan sosok wanita enerjik.

Sejak kecil, ia bersahabat dengan pria bernama Khaiyoi (Sunny Suwanmethanon) yang merupakan sosok berjiwa seni tinggi. Saat masuk perguruan tinggi, sebenarnya mereka menyimpan perasaan satu sama lain tetapi nggak berani saling mengungkapkan. Kisah mereka jadi makin kompleks deh karena ada orang baru yang hadir di tengah-tengah keduanya. Pokoknya film ini wajib kamu tonton, ya!

Gimana? Berbagai rekomendasi film Thailand paling sedih di atas menarik-menarik banget, ‘kan? Pasti kamu penasaran dan pengen nonton semuanya. Atau, sudah ada yang pernah kamu tonton nih, Girls? Kira-kira kamu paling suka yang mana?

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *