15 Film Islami Terbaik Indonesia yang Penuh Hikmah

By Hai Gadis

Di Indonesia, film islami memiliki banyak penggemar, apalagi dengan banyaknya genre yang melengkapinya. Kalau kamu butuh tontonan yang menarik, coba deh tengok film islami terbaik Indonesia berikut ini.

Tak hanya memberikan alur cerita yang memikat, akting yang dimiliki tiap pemain juga terkesan sangat nyata. Belum lagi hikmah yang terdapat dalam film religi tersebut, pesan moralnya bisa kamu jadikan pelajaran dan hikmah agar hidupmu jadi lebih baik.

Di bulan Ramadhan, daripada bengong menunggu waktu berbuka, tak ada salahnya menyempatkan sedikit waktu untuk menonton rekomendasi film islami ini. Bisa sendirian, sama teman atau sama keluarga kok

Rekomendasi Film Islami Religi Indonesia

1. Hijab – 2015

film islami indonesia

photo by viu.com

Film pertama yang bisa kamu coba tonton adalah Hijab, yang rilis pada tahun 2015. Film ini menceritakan tentang 4 orang sahabat yang membangun bisnis di bidang fashion. Sayangnya, kekuatan persahabatan mereka diuji karena salah satunya dari 4 sahabat ini memilih untuk mengundurkan diri.

Hijab merupakan film dengan aktor dan aktris yang berpengalaman. Empat pemeran utama dipegang oleh Zaskia Mecca, Tika Bravani, Natasha Rizki dan Carissa Putri. Tentunya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton yang ingin tahu seluk beluk dunia fashion hijab dalam Islam.

2. Di Bawah Lindungan Ka’bah – 2011

photo by hootstar.com

Kamu tentu taka sing dengan film Di Bawah Lindungan Ka’bah yang rilis tahun 2011 lalu. Film ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Buya Hamka. Film ini mengisahkan kisah cinta romantis antara Zainab dan Hamid.

Zainab merupakan seorang gadis dari keluarga yang kaya, berbeda dengan Hamid, yang hanya anak pembantu di rumah Zainab. Polemik kisah cinta mereka berkembang makin rumit karena keduanya saling mencintai namun tak bisa bersama.

Film ini diperankan dengan sangat baik oleh Laudya Cynthia Bella dan Herjunot Ali sebagai pasangan Zainab dan Hamid. Film ini banyak dipuji karena memiliki alur cerita yang indah tanpa meninggalkan nilai-nilai religi dalam Islam.

3. Mencari Hilal – 2015

photo via imdb.com

Kalau kamu mencari tontonan mengenai permasalahan isu sosial, coba deh nonton Mencari Hilal. Film yang rilis di tahun 2015 ini memiliki alur cerita yang sederhana, minim konflik, namun mengangkat isu sosial yang umum di Indonesia.

Konflik dalam film ini hanya menonjolkan perbedaan pendapat antara orang tua dan anak muda terkait pemahaman terhadap agama. Dalam Mencari Hilal, seorang ayah yang taat beragama dan terkesan ‘kolot’ harus saling tentang dengan anaknya yang terkesan ‘gaul’ dan kekinian.

Film ini sarat dengan hikmah terkait dengan pemahaman dan perbedaan pendapat mengenai agama. Agama akan membantu manusia untuk hidup dalam kehidupan sosial sekaligus menyelesaikan isu sosial yang ada.

4. Ayat Ayat Cinta – 2013

film islam kisah cinta

photo by viu.com

Film Ayat Ayat Cinta rasanya sudah jadi semacam fenomena di tahun 2013 girls. Semua orang setidaknya pernah menonton film ini di bioskop. Ayat Ayat Cinta juga beberapa kali ditayangkan oleh stasiun tv lokal. Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama ini mengisahkan kisah cinta segitiga penuh konflik karena perbedaan agama.

Sejak pertama kali muncul, film ini sudah mencuri atensi banyak penonton dan penikmat film Indonesia. Tak hanya menjadi film islami terbaik, film ini juga mendapatkan banyak pujian karena mengangkat tema terkait dengan poligami yang masih tabu di tanah air.

Ayat Ayat Cinta juga sarat dengan hikmah dan pelajaran hidup terkait dengan kisah cinta. Kamu tak perlu khawatir girls, film ini tetap aman kok kalau kamu mau tonton bersama dengan keluarga. Apalagi pemeran filmnya sangat menjiwai tiap karakter masing-masing.

5. Perempuan Berkalung Sorban – 2009

photo by hotstar.com

Kalau kamu merasa film-film religi hanya menampilkan sosok perempuan yang lemah, maka kamu harus nonton Perempuan Berkalung Sorban. Film ini mengisahkan tentang Annisa, yang hidup dalam lingkungan konservatif di dalam pesantren.

Dalam film tersebut, Annisa harus belajar dan memegang teguh ajaran agama, mulai dari al-Quran, Hadis, hingga Sunnah. Namun dalam perjalannya, Annisa merasa bahwa semua ajaran tersebut hanya berpihak pada laki-laki. Hanya sedikit yang membahas mengenai peran perempuan, yang kemudian membuat Annisa kecewa.

Perempuan Berkalung Sorban juga mengisahkan cinta Annisa yang tak berjalan mulus. Awalnya ia menikah dengan anak kyai yang ringan tangan dan suka berbicara kasar. Penonton akan merasa terharu melihat bagaimana Annisa berjuang menemukan cinta sejatinya sekaligus dan teguh pada idealismenya.

6. Haji Backpaper – 2014

film islam indonesia terbaik

photo by hotstar.com

Bagaimana rasanya kalau kamu menikah tapi gagal bahkan sebelum ijab? Kecewa, marah, sedih dan berbagai emosi negative tentunya kamu rasakan ya girls. Itulah perasaan yang Abimana rasakan ketika gagal menikah dengan pujaan hatinya, karena calon istrinya memilih kabur ketika pernikahan hampir mulai.

Marah kepada Tuhan, ia pun kabur dari rumah dan hidup tanpa tujuan. Hidupnya yang dulu taat dengan Tuhan lambat laun berubah dan ia melupakan ajaran Islam. Apakah Abimana akan mendapatkan hidayah dari Tuhan? Kalau penasaran dengan kelanjutannya, tonton sendiri ya!

7. Sang Kiai – 2013

photo by medcom.com

Penyebaran agama Islam di masa lampau tak semudah kelihatannya. Inilah yang ingin disampaikan oleh film Sang Kiai, film yang menceritakan mengenai perjuangan KH Hasyim Asya’ri dan KH Wahid Hasyim untuk menyebarkan agama Islam.

Tak hanya mengenai ajaran agama saja, film ini juga mengisahkan bagaimana para santri menghadapi pasukan Jepang dan sekutu ketika menyerang Indonesia. Sang Kiai mendapatkan banyak pujian karena plot, alur dan pemeran karakternya yang apik.

Film ini memberikan nuansa baru dalam khazanah layar perak Indonesia saat itu dengan genre religi yang memiliki sisi historis apik. Nantinya Sang Kiai juga menjadi film menarik kalau kamu ingin tahu lebih lengkap mengenai perjalanan Islam di Pulau Jawa.

8. Negeri 5 Menara – 2012

photo by liputan6.com

Film islami Indonesia tak hanya mengangkat tema serius lho girls. Kalau kamu suka menonton film religi dengan tambahan genre komedi, coba deh nonton Negeri 5 Menara.

Film ini mengisahkan tentang 6 santri yang hidup dalam pondok pesantren. Sebagaimana santri pada umumnya, ada banyak kisah seru dan menarik untuk kamu ikuti. Negeri 5 Menara juga mengisahkan bagaimana masing-masing anak berjuang untuk menggapai mimpinya.

Negeri 5 Menara sayang kalau kamu lewatkan meski tidak sekental film religi Indonesia pada umumnya. Film ini cukup apik dengan pembawaan para aktor yang memang sudah berpengalaman berakting di layar perak.

9. Sang Pencerah – 2010

film islam indonesia terbaru

photo by kompasiana.com

Sebagaimana film Sang Kiai, Sang Pencerah juga mengangkat tema perjuangan dalam penyebaran agama Islam. Sang Pencerah mengangkat kisah KH Ahmad Dahlan, salah seorang pahlawan Indonesia yang mendirikan Muhammadiyah.

Film yang disutrdarai oleh Hanung Barmanto ini menjadi pemicu munculnya film dengan tema yang sama, yakni mengangkat kisah hidup pahlawan Indonesia. Kamu tak hanya bisa menikmati alur ceritanya yang menarik, namun juga semangat untuk menyebarkan ajaran Islam.

10. Emak Ingin Naik Haji – 2009

photo by liputan6.com

Film dengan judul yang sedikit unik ini mengisahkan tentang perjuangan seorang anak untuk memberangkatkan ibunya ke tanah suci. Diperankan oleh Reza Rahardian, film ini banyak dipuji karena temanya yang lekat dengan kehidupan masyarakat muslim kelas menengah.

Reza Rahardia berperan menjadi tokoh utama dalam film ini, bekerja serabutan agar bisa memiliki dana yang cukup untuk ibunya ke Mekkah. Akhirnya dengan perjuangan yang keras, keinginan sang ibu terkabul.

11. Layla Majnun – 2021

photo by netflix.com

Kalau kamu ingin menonton film religi keluaran terbaru, coba deh nonton Layla Majnun. Film ini merupakan adaptasi dari kisah legenda tanah Arab yang sudah turun temurun.

Kisah ini menceritakan mengenai sepasang kekasih, Layla dan Majnun, namun akhir kisah cintanya cukup tragis. Meski menjadi kisah lama yang sudah terkenal, namun adaptasi yang baru yang dibuat untuk membuat film islami ini tak main-main.

Beberapa bagian sedikit dirubah, terutama bagian latar belakang, agar penonton modern bisa menikmatinya dengan lebih mudah. Film ini juga dibintangi oleh aktris dan aktor kenamaan Indonesia, mulai dari Baim Wong, Acha Septiarsa, hingga Reza Rahardia.

12. Assalamuallaikum, Beijing – 2014

photo by hot-detik.com

Kisah cinta beda latar belakang budaya dan agama memang menjadi menarik untuk dijadikan tema film Islami di Indonesia. Salah satu film yang mengangkat tema ini adalah Assalamuallaikum Beijing, yang rilis di tahun 2014.

Film ini menceritakan kisah cinta antara Kenny Roger, seorang keturunan Tionghoa – Medan yang jatuh cinta dengan Fidya, gadis muslim keturunan Batak – Melayu. Selain berbeda agama, keduanya juga memiliki latar belakang suku yag berlainan.

Meskipun keduanya saling mencintai, namun kisah cinta mereka tak berjalan mulus. Orang tua Kenny memaksa Kenny menikah dengan Chelsea, sedangkan Fahri, mantan pacar Fidya, baru pulang dari Turki.

13. 3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta – 2010

Film islami terbaik

photo via imdb.com

Kisah cinta dalam film 3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta ini merupakan kisah cinta religi yang menarik untuk kamu ikuti. Film ini juga membawa para aktor terbaik tanah air, mulai dari Reza Rahardian, Laura Basuki, hingga Arumi Bachsin.

Film ini mengisahkan kisah cinta beda agama yang sering terjadi dalam masyarakat. Selain beda agama, kisah cinta juga kadang bisa pupus karena perbedaan nilai nilai dalam agama. 3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta ini menjadi film yang cocok kalau kamu tonton bersama keluarga.

14. 99 Nama Cinta

photo by kompas.com

Film kisah cinta religi ini cocok banget kalau kamu mau nonton bareng sama teman. Mengisahkan tentang Talia, seorang presenter acara televise yang meniti karirnya di sebuah acara gossip.

Awalnya kehidupan Talia cukup glamour karena teman dan lingkungan kerjanya. Namun dunianya kini berubah setelah bertemu dengan Kiblat, teman masa kecilnya, yang juga menjadi guru agama bagi Talia.

Setelahnya, hidup Talia juga tak mudah, karir Talia sempat terpuruk karena suatu masalah. Alih-alih meninggalkannya Talia, Kiblat terus mendukung Talia untuk terus bangkit dari keterpurukan.

15. Hafalan Shalat Delisa – 2011

photo via imdb.com

Kalau kamu mau nonton film islami religi dengan kisah drama yang menyentuh, maka Hafala Shalat Delisa bisa menjadi pilihan. Film ini mengisahkan tentang Delisa, yang harus menghafalkan doa shalat beserta gerakannya untuk mendapat nilai bagus di sekolah.

Namun niat Delisa tak hanya itu, ia juga ingin mendapatkan hadiah kalung yang ibunya janjikan, asalkan Delisa mendapatkan nilai yang bagus. Sayangnya, harapan Delisa pupus karena bencana tsunami melanda desanya di Aceh.

Film bernuansa Islami memang menjadi tontonan yang menarik karena memberikan hikmah dan pemahaman yang mendalam mengenai agama. Sayang lho girls kalau kamu melewatkan film religi, inspirasinya akan membantumu menjalani hidup dan terus berusaha menjadi lebih baik.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.