Kapan Remaja Boleh Memakai Skincare? Ini Penjelasannya

By Hai Gadis

Mendapatkan kulit yang sehat tentu butuh usaha. Salah satunya caranya adalah memakai skincare secara rutin. Tapi tahukah kamu menggunakan skincare juga ada batasan umurnya? Kapan sih waktu yang tepat menggunakan skincare?

Bagi para remaja, menjaga kesehatan kulit wajah menjadi hal yang penting. Kondisi hormon yang berubah akan membuat tubuh beradaptasi. Jika tak mengubah kebiasaan dalam merawat wajah, bisa-bisa wajahmu jadi kusam dan jerawatan lho Girls.

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Skincare?

Photo by wollipop.com

Pemakaian produk skincare tak boleh terlalu dini, karena beresiko merusak jaringan kulit pada wajah. Idealnya, remaja mulai bisa menggunakan skincare di usia 12 tahun dengan produk-produk yang simpel dan tak terlalu kompleks.

Sebelum menggunakan skincare, kamu pun tetap harus memperhatikan dengan baik komposisi produk yang kamu gunakan. Pastikan tidak mengandung bahan berbahaya dan aman untuk penggunaan pada kulit remaja.

Memulai pemakaian skincare di usia muda ada banyak manfaatnya. Dengan bantuan skincare, kamu bisa membuat kulit lebih cerah, mencegah terjadinya penuaan dini, hingga membuat kulit tampak sehat dan terawat.

Untuk remaja, kamu bisa menggunakan tiga produk basic skincare, seperti produk pembersih, produk yang bisa mencerahkan kulit, serta melindungi kulit dari sinar UV dan flek hitam. Sekarang sudah banyak produk skincare khusus remaja yang bisa kamu coba lho.

Tips Aman Menggunakan Skincare untuk Remaja

Photo by orami.com

1. Hindari Senyawa yang Berbahaya

Biasanya banyak remaja tertarik dengan produk yang bisa membuat kulit halus dan cerah dalam waktu singkat. Namun ada baiknya tetap melihat label produk, apakah ia mengandung bahan yang berbahaya atau tidak.

Produk dengan kandungan asam tretinoat, hidroquin, alkohol dan paraben sebaiknya dihindari. Bagi pemilik kulit yang sensitif, kurangi juga pemakaian produk dengan kandungan alkohol yang tinggi, sebab bisa menimbulkan iritasi.

2. Jaga Rutinitas Tetap Sederhana

Kamu tak harus melakukan perawatan skincare lengkap pada usia remaja kok, Girls. Mulailah dengan membuat rutinitas sederhana, sehingga kulit mulai terbiasa dengan pemakaian skincare. Ini karena pemakaian skincare pada remaja lebih berfokus untuk merawat kulit, bukan mencegah atau mengatasi.

Awali dengan menggunakan pembersih wajah dengan busa yang lembut. Gunakan secara rutin untuk membuat wajah tetap bersih dan terawat. Jangan lupa pakai pelembab kalau kamu punya tipe kulit yang kering ya.

3. Pilih Sunscreen yang Tepat

Meski masih remaja, kamu tetap harus melindungi kulit dari paparan sinar matahari, ya. Caranya dengan menggunakan sunscreen sebelum beraktifitas di luar ruangan. Kalau kamu rutin menggunakan sunscreen sejak dini, kamu bisa mencegah kulit mengalami flek hitam di kemudian hari.

Tak hanya itu, pemakaian sunscreen juga bisa melindungimu dari penuaan dini, kulit terbakar, paparan sinar UV yang merusak, hingga mengurangi resiko terkena kanker kulit. Gunakan sunscreen dengan minimal kandungan SPF 30, ini akan membuat wajah kalian tetap terjaga.

4. Produk Skincare yang Pas Setelah Pubertas

Ketika pubertas, bisa jadi skincare yang kamu gunakan harus kamu ganti. Skincare routine yang dulunya sederhana, bisa makin kompleks karena kondisi kulitmu berubah. Misalnya, menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit dengan kandungan yang lebih lengkap.

Kamu juga bisa menambah produk skincare mu jadi lebih banyak, mulai dari serum, toner, ataupun masker wajah. Kini tujuan penggunaan skincare tak hanya merawat wajahmu, tapi juga menjaganya dari berbagai masalah kulit.

5. Bersihkan Makeup

Jika kamu sudah mulai mencoba-coba pemakaian makeup, kamu harus membersihkannya secara tuntas ya. Pilih produk micellar water atau pembersih yang mengangkat sisa kotoran, makeup ataupun debu, sehingga jerawat dan komedo tidak muncul.

Sebelum tidur, kamu harus membersihkan wajah agar pori-pori tak tersumbat. Sudah ada banyak produk pembersih dan micellar yang ramah untuk remaja, kok. Jadi kamu tak perlu takut wajah mengalami iritasi ketika memakainya.

Sekarang kamu sudah tahu kan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan skincare? Yuk dari sekarang mulai aware dengan kesehatan kulit wajahmu, Girls.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.