10 Merek Shampo Yang Bagus Untuk Rambut Rontok

6 bulan lalu   |     |   by haigadis

Rambut merupakan aset kecantikan bagi wanita. Mahkota di kepala ini amat menunjang kecantikan, karena style rambut berpengaruh banget pada penampilan kita. Namun, masalah-masalah rambut masih sering terjadi kan, Girls? Misalnya saja rambut rontok. Rambut rontok itu memang nyebelin dan merusak hari banget.

Pasalnya, manusia bisa mengalami rambut rontok 50 hingga 100 helai perhari. Namun demikian, kerontokan rambut tersebut pada umumnya nggak akan menyebabkan penipisan rambut (atau bahkan kebotakan). Tentu saja, karena kita memiliki kurang lebih 100 ribu helai rambut di kepala dan helai rambut baru bertumbuh pada waktu bersamaan menggantikan rambut yang rontok.

Tetap saja kan Girls, masalah rambut rontok ini harus kita atasi. Kita nggak mau dong, kalau tiap menyisir rambut, selalu banyak helai rambut yang tertinggal di sisir? Bahkan yang paling gawat nih, rambut rontok bisa saja mengindikasikan penyakit serius. Wah, serem!

Sebenarnya apa sih penyebab rambut kita bisa rontok? Nih, HaiGadis berikan ulasannya.

Penyebab rambut rontok

  1. Stres
    Stres berat bisa mengganggu siklus rambut, sehingga mempercepat rambut mengalami kerontokan. Pembuluh darah kita berkontraksi karena stres berlebihan, sehingga peredaran darah kurang lancar. Akibatnya, nutrisi yang seharusnya bisa mengalir ke seluruh tubuh, nggak mencapai kulit kepala dan rambut. Tandanya bisa dari helai rambut rontok dari akar.
  2. Kurang mengonsumsi makanan bergizi
    Rambut rontok bisa juga disebabkan karena kekurangan zat gizi seperti vitamin B, kekurangan protein, atau kekurangan zat besi. Oleh karena itu, tubuh butuh asupan makanan bergizi seimbang untuk dapat melengkapi zat-zat gizi tubuh dan menyeimbangkan hormon. Ketidakseimbangan hormon disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi akibat menyantap makanan yang kurang sehat, atau diet yang terlalu ekstrem. Olahraga terlalu keras yang nggak diimbangi pola makan sehat juga menyebabkan kerontokan rambut.
  3. Kulit kepala kurang sehat
    Kerontokan rambut juga meningkat apabila kulit kepala memproduksi minyak dalam jumlah yang besar. Minyak yang berlebihan akan menyumbat pori-pori dan melemahkan akar rambut. Hal ini memicu kerontokan parah. Selain itu, kulit kepala yang nggak sehat bisa menyebabkan peradangan, sehingga menyulitkan rambut untuk tumbuh dengan baik. Kulit kepala yang nggak sehat bisa disebabkan karena pola makan, penggunaan shampo yang nggak cocok, bahkan cat rambut yang nggak tepat sesuai kondisi kulit kepala kita.
  4. Terlalu sering menggunakan hairdryer atau catokan
    Terlalu sering menata rambut menggunakan hairdryer dan catokan bisa merusak sifat alami rambut lho, Girls. Apalagi jika suhu yang digunakan terlalu panas. Soalnya, alat ini menghilangkan kelembapan alami rambut dengan mengurangi kandungan airnya. Rambut malah jadi rusak, kering, dan bercabang deh. Nggak jarang penggunaan hairdryer atau catokan rambut yang terlalu sering dan panas juga dapat membuat rambut sulit untuk kembali tumbuh.
  5. Penuaan
    Girls, meskipun kita sudah mengonsumsi cukup nutrisi dan memiliki kulit kepala yang sehat, faktor usia juga memengaruhi kerontokan. Pada wanita, hal ini disebabkan oleh menurunnya hormon. Kalau soal rambut rontok karena penuaan, memang sulit dihindari. Namun, bisa kita siasati dengan perawatan yang tepat kok.

Itu dia beberapa penyebab rambut rontok, Girls. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan perawatan rambut yang tepat, misalnya adalah penggunaan shampo secara teratur. Supaya nggak bingung memilih shampo yang cocok untuk rambut rontok, simak yuk beberapa rekomendasi merek shampo di bawah ini.

1. L’oréal Paris Fall Repair 3X Anti Hair Fall Shampoo

Shampo rambut rontok - L’oréal Paris Fall Repair 3X Anti Hair Fall Shampoo

Photo via loreal-paris.co.id

ebay.com L’oreal Paris Fall Repair 3X Anti Hair Fall Shampoo memberikan 3 aksi melawan rambut rontok, yaitu formula untuk memelihara akar rambut, memperbaiki serat rambut, dan membuatnya tumbuh lebih kuat. Shampo ini memiliki kandungan asam amino esensial arginine yang penting untuk menutrisi kulit kepala dan melancarkan sirkulasi darah. Shampo ini harganya masih puluhan ribu Girls, tersedia dalam berbagai ukuran sesuai kebutuhan dan tentunya mudah sekali kita temukan di toko-toko terdekat. Boleh nih dicoba untuk mengatasi rambut rontok yang nyebelin abis. Kemasannya juga bagus, dan memiliki wangi yang segar.

2. Unilever TRESemme Anti Hair Fall Shampoo

Shampo rambut rontok - Unilever TRESemme Anti Hair Fall Shampoo

Photo via bukalapak.com

TRESemmé Hair Fall Control dilengkapi dengan Chia Seed Oil dan Amino Vitamin yang membantu mengurangi kerontokan rambut hingga 98%, untuk rambut 10x lebih kuat. Shampo untuk rambut rontok ini juga diperkaya dengan Amino-Vitamin Complex, dapat membantu mengurangi rambut rontok. Shampo ini juga dikenal ampuh dalam merawat kerontokan tanpa membuat rambut lepek.

Produk berbahan surfaktan dari Amerika Serikat, dan disebut-sebut sebagai merek yang digunakan oleh para profesional ini mengklaim produknya dapat memberikan kualitas profesional seperti di salon. Hal ini karena teknologi keratin yang diformulasikan untuk rambut wanita yang mudah kaku dan rusak. Cocok banget nih Girls untuk kita pakai sehari-hari. Harganya pun terjangkau, sekitar 41.000 rupiah.

3. Garnier Neril Anti Loss Guard

Shampo rambut rontok - Garnier Neril Anti Loss Guard

Photo via blibli.com

Rekomedasi selanjutnya dari merek Garnier, Girls. Shampo ini dapat mengurangi kerontokan karena mengandung bahan alami seperti nettle, chamomile dan horsetail. Shampo yang diproduksi oleh PT Yasulor Indonesia ampuh banget deh untuk mengatasi rambut rontok dan dipakai untuk keramas setiap hari.

Kandungan nettle di dalamnya adalah bahan yang menyegarkan dan dapat merangsang pertumbuhan rambut, sementara Chamomile dan Horsetail dapat menghilangkan ketombe serta menguatkan akar rambut. Oh ya, produk ini harganya juga terjangkau kok. Boleh deh dicoba!

4. Natur Natural Extract Shampoo with Ginseng Extract

Shampo rambut rontok - Natur Natural Extract Shampoo with Ginseng Extract

Photo via natur.co.id

Natur Natural Extract Shampoo with Ginseng Extract merupakan merek yang sudah terkenal di Indonesia. Shampo ini diproduksi oleh PT Gondowangi Tradisional. Shampo ini memiliki kandungan varian ekstrak ginseng yang dapat memperbaiki tekstur akar dan batang rambut kita yang rusak. Natur juga memiliki kandungan bioaktif, seperti saponins, phytosterols, peptides, polysaccharides, polyacetylenes, vitamin, mineral, dan asam lemak.

Selain itu, bioaktif juga melembapkan dan melancarkan peredaran darah di kulit kepala. Shampo dari Natur dapat digunakan sehari-hari, dan tersedia dalam berbagai ukuran botol. Dengan harga Rp 100.000-an dan pemakaian teratur, rambut rontok kita akan berkurang dan lebih terawat, Girls. Coba, yuk!

5. Makarizo Vorsatz Intensive Care

Shampo rambut rontok - Makarizo Vorsatz Intensive Care

Photo via makarizo.com

Vorsatz yang merupakan bagian dari brand Makarizo mengeluarkan tiga paket produk Vorsatz untuk mengatasi kerontokan rambut, yaitu Makarizo Vorsatz Complete Hair Loss Treatment System A1, Makarizo Vorsatz Intensive Care Shampoo A2 dan Vorsatz Complete Hair Loss Treatment System A3. Brand yang diproduksi oleh PT Akasha Wira Internasional ini memiliki beberapa kandungan yang sangat bermanfaat mengatasi rambut rontok.

Ada Intensive Care Shampoo yang membuat rambut kita nggak gampang rontok. Selain itu, juga membersihkan kulit kepala kita dari debu dan minyak yang menempel. Kemudian Triple Action Activator, mengandung mengandung ekstrak ginseng yang berfungsi untuk menyegarkan serta melindungi kulit kepala dari minyak berlebih. Serta Triple Action Lotion, mengandung ekstrak ginseng serta peptides meningkatkan kualitas folikel rambut kita. Kalau ingin mendapatkan paket lengkap perawatan rambut dengan produk ini, cukup rogoh kantong sebesar 300.000-an saja, lho.

6. Sebamed Anti Hair Loss Shampoo

Shampo rambut rontok - Sebamed Anti Hair Loss Shampoo

Photo via sebamed.co.uk

Produk ini bisa kita gunakan untuk rambut rontok yang sudah cukup parah, Girls. Shampo yang satu ini kandungannya bebas dari pewarna, busa dan alkali yang dapat merusak perlindungan alami kulit kepala yang cenderung asam. Sebamed mencegah kerontokan dengan menstimulasi oksigen dan nutrisi meresap ke akar rambut. Selain itu, shampo ini juga mengandung NHE complex dan kafein yang mengefektifkan sirkulasi, serta ekstrak natural gingko biloba sebagai asupan nutrisi.

Pemakaian produk ini pun cukup mudah, cukup aplikasikan pada rambut untuk keramas, pijat lembut, lalu bilas hingga bersih. Kalau ingin membeli shampo ini untuk mengurangi rambut rontok, harganya ratus ribuan ya Girls. Coba deh!

7. Unilever Dove Nutritive Solutions Total Hair Fall Treatment

Shampo rambut rontok - Unilever Dove Nutritive Solutions Total Hair Fall Treatment

Photo via dove.com

Jenis shampo satu ini pasti nggak asing lagi di telinga kita, bukan? Dove adalah brand perawatan tubuh dari Amerika Serikat sejak tahun 1957. Produk ini mengklaim dapat menutrisi rambut secara mendalam mulai dari akar hingga ke ujung rambut dengan kandungan Trichazole-nya, memperkuat setiap helai rambut untuk mencegah kerontokan hingga 98%, menjadikan rambut terlihat lebih bervolume dan aman digunakan sehari-hari.

Boleh banget nih Girls produk satu ini menemani hari-harimu dalam merawat rambut rontok. Dengan pemakaian secara teratur, shampo ini akan membuat rambut menjadi lebih bervolume serta berkilau. Harganya puluhan ribu kok. Masih sesuai dengan kantong kita-kita.

8. Kérastase Specifique Bain Prevention

Shampo rambut rontok - Kerastase Specifique Bain Prevention

Photo via lookfantastic.com

Kerastase Bain Prevention adalah shampo untuk mengatasi rambut rontok bagi kamu yang memiliki kulit kepala normal, rambut rontok dengan helai rambut normal-tebal. Produk ini termasuk brand perawatan rambut premium dan luksurius yang masih berada di bawah naungan Loréal. Shampo satu ini mengandung GL®, Stimulation agents, dan Texturising agent untuk merawat dan melembutkan kulit kepala, juga Soothing agent sebagai agen anti-inflamasi dan agen pendingin yang memberikan sensasi menyejukkan.

Formulanya lembut, merawat kulit kepala dan mencegah kerontokan. Meski harganya agak mahal yaitu ratusan ribu, tapi manfaat untuk rambut dan kulit kepala nggak akan mengecewakan deh. Coba, Girls!

9. Keskei Hair Shampoo

Shampo rambut rontok - Keskei Hair Shampoo

Photo via elevania.com

Keskei adalah produk shampo dengan nano technology dan tanpa deterjen. Produk ini efektif menumbuhkan rambut, menyembuhkan kerontokan, dengan teknologi Nano yang sepuluh kali lebih cepat merangsang pertumbuhan rambut baru. Keskei juga nggak mengandung deterjen sehingga aman bagi kulit kepala dan nggak akan memicu kerusakan rambut.

Masalah-masalah rambut seperti kebotakan karena usia maupun genetis, ketombe, jamur, rambut bercabang, hingga penyakit dermatitis seboroik juga nggak akan terjadi deh. Caranya, tinggal pakai saja deh produk ini secara teratur. Kalau perlu ditambah menggunakan tonic dan vitamin rambut untuk hasil lebih maksimal dalam 2 hingga 6 minggu. Tertarik mencoba?

10. Rudy Hadisuwarno Hair Loss Defense

Shampo rambut rontok - Rudy Hadisuwarno Hair Loss Defense

Photo via id.jagoanbelanja.com

Shampo ini merupakan produk dari hair stylist ternama, Rudy Hadisuwarno. Kandungan ekstrak ginseng dan HL Defense Complex di dalamnya mampu mengatasi kerontokan dan menguatkan rambut. Rudy Hadisuwarno juga menambahkan UV Filter pada produk ini untuk melindungi rambut dan kulit kepala dari paparan sinar matahari.

Paket lengkap banget, kan Girls? Harganya terjangkau lagi. Produk yang dikemas dalam botol berwarna cokelat ini ukurannya tinggi dan meramping pada bagian tengah sehingga mudah digenggam. Oh ya, untuk perawatan lebih maksimal, lanjutkan deh dengan pemakaian rangkaian produknya dari seri yang sama yaitu hair mask, conditioner, dan hair tonic, supaya rambutmu makin sehat maksimal!

Dari rekomendasi shampo-shampo untuk rambut rontok yang bagus di atas, kamu suka yang mana Girls? Yang penting, kenali penyebab rambut rontokmu, jangan terlalu sering memakai hairdryer dan catokan. Lalu, nggak cuma dengan perawatan shampo, tapi kamu juga harus menjaga pola makan dan mengurangi stres. Semangat merawat mahkotamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *