Tempat Makan di Atas Air Terbaik di Indonesia

By Hai Gadis

Siapa nih yang ingin merasakan sensasi kulineran yang unik dan berbeda dari biasanya? Jika iya, coba deh ajak keluarga atau teman-teman kamu untuk mengunjungi beberapa tempat makan di atas air terbaik di Indonesia berikut ini!

Jika kamu menjelajah Indonesia, kamu akan menemukan beberapa tempat makan di atas air. Menikmati hidangan nikmat sambil melihat hingga bermain air merupakan keunikan tersendiri yang mampu menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin melepas penat.

Nah bisa jadi bucket list kamu selanjutnya, berikut beberapa tempat makan di atas air terbaik di Indonesia yang wajib dikunjungi. So let’s check it out guys!

1. Ketjeh Resto – Klaten

Tempat Makan di Atas Air Terbaik di Indonesia

photo via instagram.com/ketjehresto

Yang pertama ada Ketjeh Resto. Tempat makan ini merupakan tempat makan di atas air terbaik yang berada di Klaten, Jawa Tengah. Sesuai namanya, restoran ini mengusung konsep “ketjeh” yang artinya bermain air dalam bahasa Jawa.

Ditempat ini kamu bisa menikmati sensasi makan di area kolam dangkal setinggi mata kaki orang dewasa. Kolam yang berkuran cukup luas tersebut memiliki aliran yang tidak deras, sehingga aman untuk dipakai area bermain anak.

Selain makan diatas kolam, kamu juga bisa berswafoto dibeberapa spot foto yang menarik, seperti area berbentuk hati di atas kolam air, berfoto di tengah-tengah aliran air dengan latar jejeran meja piknik yang cantik, dan area gubug yang terbuat dari bambu.

Untuk menu sendiri pilihannya cukup beragam, ada menu bakar dan juga goreng. Ada juga pilihan seperti spageti atau mix platter, dan french fries yang cocok untuk para milenials.

Alamat : Area Sawah/Kebun, Wangen, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah 57474

2. Wana Wisata Sumber Biru – Jombang

Tempat Makan di Atas Air Terbaik di Indonesia

photo via musimwisata.my.id

Kemudian ada Wana Wisata Sumber Biru yang terletak di Jombang. Tempat ini bukan hanya sekedar tempat makan, namun juga tempat rekreasi bertema alam yang cocok untuk healing.

Di sini terdapat meja dan kursi yang ditempatkan di tengah sungai sehingga kamu bisa merasakan makan di atas sungai dangkal yang masih jernih. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati suasana pegunungan yang sejuk dan asri khas kaki Gunung Anjasmoro.

Menariknya lagi kawasan Wana Wisata Sumber Biru juga menyediakan spot yang instagenik. Kamu bisa menemukan hiasan cantik berupa lampu yang disiapkan untuk pengunjung yang datang saat malam menjelang. Lampu-lampu tersebut menciptkan suasana romantis, apalagi ditambah dengan udara yang sejuk dan air yang jernih khas destinasi ini.

Untuk menu yang disediakan di sini cukup beragam dan dibanderol dengan harga yang murah meriah. Beberapa diantaranya seperti Nasi Jagung, Nasi Pecel, Sate Ayam, aneka gorengan, lontong tahu, bakso tumpeng, aneka penyet, rujak cingur, gado-gado, mie ayam, jus, bubur sruntul, es buah, soda gembira, smoothies dan lain-lain.

Alamat : Jl. Argobiru, Ngembag, Dsn Wonotirto, Ds, Wonotirto, Wonomerto, Kec. Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61476

3. Pawon Glagahan – Boyolali

Tempat Makan di Atas Air Terbaik di Indonesia

photo via mapsus.net

Pawon Glagahan yang berlokasi di Boyolali juga menjadi salah satu tempat makan di atas air terbaik yang wajib kamu kunjungi. Mirip seperti Wana Wisata Sumber Biru, disini kamu bisa menikmati makan di tengah-tengah aliran sungai. Uniknya, selain makan sambil merendam kaki, kamu juga bisa menikmati pemandangan persahawan dan nuansa khas Bali yang ditawarkan oleh pihak Pawon Glagahan.

Nuansa Bali nya sendiri tercipta dari penggunaan kain bermotif hitam putih ala catur yang banyak ditemui di Pulau Dewata di beberapa pilar resto. Ditambah lagi dengan payung berwarna emas yang menimbulkan kesan seakan liburan di Pulau Dewata.

Buat kamu yang ingin berenang, tersedia juga kolam renang khusus dengan air yang bersih dan jernih. Sementara itu, untuk menu makanan, Pawon Glagahan menawarkan menu makanan kampung asli dari Boyolali seperti sayur lodeh, nasi pecel, soto dan lain-lain.

Alamat : Glagahan, Jipangan, Banyudono Boyolali, Jawa Tengah 57373

4. Chef’s Table at Sokasi – Bali

Tempat Makan di Atas Air Terbaik di Indonesia

photo via girlisme.com

Jika berlibur ke Bali, kamu juga wajib mencoba sensasi makan ditengah alam sambil melihat atraksi chef dalam memasak. Pengalaman tersebut bisa kamu temukan di Chef’s Table Sokasi yang masih satu bagian dengan Four Season Hotel Ubud.

Di sini, kamu dapat menikmati berbagai kuliner tradisional Bali yang otentik dengan suasana alam yang menyejukkan. Apalagi, lokasinya yang berada di tepi Sungai Ayung, sehingga kamu bisa makan dipinggiran sungai sambil menikmati keindahan alam.

Selain itu, restoran ini juga mengusung konsep open kitchen yang memungkinkan pengunjung untuk melakukan interaksi secara langsung dengan para chef dan melihat kemampuan sang chef dalam mempersiapkan masakan.

Namun untuk dapat menikmati pengalaman bersantap dipinggiran sungai dengan gaya yang lebih mewah ini kamu harus melakukan reservasi tempat dan menyiapkan budget yang cukup mahal yakni sekitar Rp 1,8 juta per orang untuk setiap pemesanan.

Alamat : Four Seasons Resort Bali – Jl. Raya Sayan No.29, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

5. Swept Away At The Samaya Ubud – Bali

Tempat Makan di Atas Air Terbaik di Indonesia

photo via befreetour.com

Tempat makan terbaik yang menawarkan sensasi makan di atas ataupun dipinggir sungai berikutnya adalah Swept Away At The Samaya Ubud. Restoran ini berada diatas sungai Ayung yang membuat suasana terlihat semakin menarik. Kamu bisa menikmati hidangan sambil mendengarkan aliran air sungai Ayung yang menenangkan.

Suasana yang ditawarkan juga sangat sejuk karena dikelilingi pohon-pohon yang rindang. Buat kamu yang ingin mencoba makan malam romantis, kamu juga bisa memesan paket makan malam yang berada di atas sungai Ayung dan di bawah restoran. Saat makan kamu akan diterangi beberapa nyala lilin dan para waiter yang siap membantu membawakan hidangan yang kamu pesan.

Sementara itu, untuk makanannya Swept Away At The Samaya Ubud menawarkan makanan western. Mulai dari menu breakfast sampai menu dinner yang bervariatif dan dibagi menjadi beberapa menu. Seperti, spesial dining, menu khusus snack, menu ala carte siang hari, menu dessert, hingga menu daftar minuman.

Alamat : Jl. Baung, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

6. Jimbaran Lounge – Jakarta

Tempat Makan di Atas Air Terbaik di Indonesia

photo via instagram.com/jimbaranlounge

Biar nggak jauh-jauh, buat kamu yang tinggal di Jakarta bisa mengunjungi Jimbaran Lounge yang berlokasi di hotel Ayana Midplaza Jakarta. Jimbaran Lounge sendiri merupakan tempat makan bernuansa alam yang instagramable.

Tempat makan ini berada di atas sungai dan dikelilingi dengan pepohonan hijau sehingga pengunjung bisa merasakan sensasi makan di tempat yang sejuk seperti berada di pedesaan.

Menariknya lagi, restoran satu ini memiliki banyak spot yang Instagramable yang bisa menjadi background kamu berswafoto. Kamu juga bisa langsung memilih lounge yang akan kamu tempati.

Untuk menunya sendiri cukup lengkap, ada menu nusantara, dan menu ala cafe yang bisa menemanimu sembari menikmati pemandangan alam yang ada di Jimbaran Lounge.

Alamat : Ayana Midplaza Jakarta Lobby Level, Jl. Jend. Sudirman Kav. 10-11, Karet Tengsin, Tanah Abang, RT.10/RW.11, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10220

7. One Eighty Coffee Music – Bandung

Tempat Makan di Atas Air Terbaik di Indonesia

photo via instagram.com/oneeightycoffee

Selanjutnya ada One Eighty Coffee Music yang ada di Bandung. Kafe ini menyajikan konsep unik dimana pengunjung bisa merendamkan kaki dengan air dingin di kolam sambil menikmati hidangan. Sensasi ini tentu akan membuat pengunjung menjadi lebih rileks.

One Eighty Coffee Music sendiri memiliki desain kafe yang unik dan instagramable sehingga mampu membuat pengunjung betah berlama-lama nongkrong di tempat ini.

Sementara untuk menu makanan, One Eighty Coffee Music menyediakan berbagai menu makanan, mulai dari menu western, hingga menu ala makanan asia dengan harga yang tergolong terjangkau.

Alamat : Jl. Ganesa No.3, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

8. Talaga Sampireun Ancol- Jakarta

Tempat Makan di Atas Air Terbaik di Indonesia

photo via instagram.com/talagasampireun

Talaga Sampireun Ancol bisa menjadi pilihan berikutnya buat kamu yang ingin merasakan sensasi makan diatas air. Meski tidak langsung bersentuhan dengan air, namun tempat makan yang mengusung konsep gazebo di tepi danau ini mampu memberikan pengalaman makan yang tak terlupakan.

Dengan pemandangan danau yang dikelilingi dengan pemandangan hijau, tempat ini cocok untuk yang ingin menyantap hidangan dan merilekskan diri dari hiruk pikuk padatnya kota Jakarta.

Ada banyak gazebo yang bisa kamu pilih untuk singgah sambil menikmati beragam menu khas sunda seperti Gurame Terbang, Gurame Bumbu Mangga, Ayam Bakar Bekakak, Iga Garang Asam, Udang Bakar Madu, hingga Ayam Tangkap yang didampingi dengan lalapan segar serta berbagai pilihan menu sambal seperti Sambal Terasi, Sambal Dadak, Sambal Gledek, dan Sambal Mangga.

Alamat : Jl. Lodan Timur No.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

9. Purbasari, Dusun Bambu – Bandung

Tempat Makan di Atas Air Terbaik di Indonesia

photo via instagram.com/dusun_bambu

Buat kamu yang ingin healing, kamu bisa mengunjungi kawasan Dusun Bambu Lembang yang mengusung konsep wisata ecotourism. Ditempat ini kamu bisa menikmati beragam masakan Sunda di restoran yang bernama Purbasari.

Bukan hanya menikmati makanan khas Sunda, di restoran ini kamu juga bisa makan di tepi danau yang nyaman dan memiliki suasana yang damai dan asri. Ingin lebih romantis? Tempat ini juga menyediakan makanan di atas perahu. Kamu bisa makan dengan romantis sambil menyusuri danau. Selain makan, kamu juga bisa mencoba berbagai fasilitas menarik seperti Berkuda, ATV, Paintball, dan masih banyak yang lainnya.

Alamat : Jl. Kolonel Matsuri KM. 11, Cisaurua, Bandung

10. Casario Riverside – Jogja

Tempat Makan di Atas Air Terbaik di Indonesia

photo via instagram.com/casario_id

Satu lagi tempat makan di atas air terbaik di Indonesia adalah Casario Riverside yang berlokasi di Jogja. Casario Riverside merupakan cafe yang menawarkan suasana berbeda dimana pengunjung bisa menikmati aneka menu yang tersedia di pinggir sungai dengan spot instagramable.

Di tempar ini, kamu bisa memilih lokasi, baik indoor maupun outdoor yang menjadi lokasi paling favorit karena berada di pinggir sungai yang bening. Dengan ditemani bean bag dan meja kayu, kamu bisa duduk dengan tenang di atas deck kayu di tepian sungai sambil menikmati hidangan yang kamu pesan.

Nah untuk menunya sendiri, Casario Riverside menyediakan menu yang cukup lengkap, mulai dari coffee, breakfast, appetizer, dessert hingga main course yang mampu bikin pengunjung ketagihan.

Alamat : Jl. Pandanaran.Pencarsari, Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Nah itu dia beberapa tempat makan di atas air terbaik di Indonesia yang bisa kamu kunjungi untuk merasakan sensasi makan diatas air dengan pemandangan yang menyejukkan. Semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.