15 Tempat Wisata Belanja Terbaik di Indonesia

By Hai Gadis

Siapa nih yang suka shopping? Bagi kamu yang shopaholic dan suka wisata belanja, maka deretan wisata belanja terbaik di Indonesia ini wajib kamu kunjungi!

Hampir disetiap kota di Indonesia memiliki pusat perbelanjaannya masing-masing. Bahkan banyak diantaranya yang terkenal hingga ke seluruh Indonesia, seperti misalnya Pasar Tanah Abang di Jakarta, Pasar Cibaduyut di Bandung, Jl Malioboro di Jogja, hingga Pasar Seni Sukawati di Bali.

Di tempat-tempat tersebut kita bisa menemukan berbagai produk-produk menarik yang kita butuhkan mulai dari produk fashion, kerajinan tangan, karya seni, kuliner khas, dan masih banyak lainnya dengan harga yang murah meriah.

Nah bagi kamu yang suka belanja, berikut beberapa rekomendasi wisata belanja terbaik di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. So let’s check it out guys!

1. Pasar Tanah Abang – Jakarta

Wisata Belanja Terbaik di Indonesia

photo via idxchannel.com

Rekomendasi wisata belanja terbaik di Indonesia yang pertama adalah Pasar Tanah Abang di Jakarta. Pasar yang populer ini memamg memiliki tingkat aktivitas perdagangan yang sangat tinggi, jadi nggak heran jika pasar ini selalu ramai pengunjung. Menariknya lagi, banyak penjual pakaian online dan toko pakaian lain di kota Jakarta yang mendapatkan produknya dari pasar Tanah Abang.

Di pasar tradisional ini, kamu akan menemukan berbagai macam produk fashion mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris dan lain sebagainya dengan harga yang terjangkau. Selain murah, kamu juga bisa menawarnya lagi sampai harga yang pas untuk kantong kamu lho!

Alamat : RR66+FMF, RT.1/RW.9, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10250

2. Pasar Baru – Jakarta

Wisata Belanja Terbaik di Indonesia

photo via newstempo.github.io

Ada juga Pasar Baru yang menjadi salah satu wisata belanja terkenal di Jakarta selain Tanah Abang. Meskipun namanya Pasar Baru, nyatanya destinasi wisata belanja di Indonesia ini merupakan salah satu pasar tertua di Jakarta dan sudah berdiri sejak tahun 1800-an, lho!

Pasar ini menjual berbagai produk tekstil, aksesoris, barang antik, hingga barang elektronik. Kamu yang suka belanja pasti ketagihan untuk mengunjungi pasar ini karena produk-produknya yang bagus dan juga harganya yang miring.

Alamat : Sawah Besar, Jakarta Pusat

3. Pasar Mayestik – Jakarta

Wisata Belanja Terbaik di Indonesia

photo via thejakartapost.com

Masih dikawasan Jakarta, kali ini ada Pasar Mayestik. Awalnya pasar ini memang merupakan pasar tradisional yang kumuh dan kurang nyaman untuk berbelanja. Namun sejak tahun 2012, pasar ini telah disulap menjadi pasar yang megah dan moern. Jadi kamu yang suka belanja bisa menjadikan pasar ini sebagai lokasi berbelanja yang murah meriah.

Pasar Mayestik sendiri kini dikenal sebagai surganya tekstil. Meski begitu, barang yang dijual di sini juga terbilang lengkap. Mulai dari barang-barang kebutuhan sehari-hari, peralatan rumah tangga, fashion, bahkan aneka kue dan kuliner lainnya bisa kamu temukan di pasar ini.

Alamat : Jl. Tebah III No.3, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

4. Pasar Cibaduyut – Bandung

Wisata Belanja Terbaik di Indonesia

photo via dirgantaracarrental.com

Pasar Cibaduyut yang terkenal di Bandung juga bisa menjadi tujuan kamu selanjutnya. Pasar satu ini terkenal akan produk sepatunya. Tak hanya sepatu ada juga jaket dan aneka produk kerajinan tangan lainnya.

Menariknya, kamu bisa langsung belanja sepatu ataupun jaket di pabriknya langsung, sehingga mendapat harga yang jauh lebih murah di bandingkan di pasaran lainnya. Meskipun harganya murah, namun produk sepatu, jaket dan anke kerajanan tangannya memiliki kualitas yang sangat tinggi lho. Bahkan sepatu dan jaket di Cibaduyut banyak yang dikirim ke luar negeri karena kualitasnya yang baik.

Alamat : Jl. Cibaduyut No.7, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235

5. Pasar Baru Trade Centre – Bandung

Wisata Belanja Terbaik di Indonesia

photo via rri.co.id

Wisata belanja terbaik di Indonesia yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Pasar Baru Trade Centre yang ada di Bandung. Pasar Baru Trade Centre ini sering disebut sebagai Tanah Abang nya Bandung karena menyediakan beragam barang yang lengkap dengan harga yang murah. Mulai dari kebutuhan fashion, kebutuhan bayi, makeup dan skincare, aneka perlengkapan rumah tangga seperti seprai, bed cover, gorden, hingga karpet.

Buat kamu yang jual beli emas, di pasar ini juga tersedia toko mas dan beberapa tenant yang menjual tekstil. Wisata belanja di Bandung ini selalu ramai pengunjung karena para pengunjung bisa membeli barang secara eceran atau grosir dengan harga yang lebih murah.

Alamat : Jl. Otto Iskandardinata No. 70, Kebon Jeruk, Andir, Bandung, Jawa Barat.

6. Pasar Beringharjo – Jogja

Wisata Belanja Terbaik di Indonesia

photo via yogyasemesta.com

Selanjutnya ada Pasar Beringharjo yang telah dianggap sebagai ikon wisata belanja di Jogja. Di wisata belanja ini, kamu bisa menemukan berbagai macam hal yang kamu perlukan, mulai dari makanan, perlengkapan dapur, barang antik dan kuno, aneka tas, aneka gamis dan kaftan, jual beli emas, dan masih banyak lagi.

Namun yang menjadi ciri khas di pasar ini adalah kesenian batik nya. Mulai dari kain hingga pakaian bermotif batik yang etnik bisa kamu temukan di Pasar Beringharjo.

Alamat : Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55122

7. Jalan Malioboro – Jogja

Wisata Belanja Terbaik di Indonesia

photo via tourjogja.com

Selain Pasar Beringharjo, Jalan Malioboro juga sangat populer tak hanya bagi warga asli Jogja, tapi juga sampai luar Jogja. Bahkan liburan ke Jogja belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Jalan Malioboro.

Jalan Malioboro sendiri merupakan tempat yang tepat untuk membeli oleh-oleh khas Jogja dengan harga yang murah meriah. Di tempat ini kamu bisa menemukan beragam pakaian hingga celana bermotif bati, sepatu, tas, aneka kerajinan tangan hingga kuliner khas Jogja yang cocok dijadikan oleh-oleh seperti bakpia.

Alamat : Jl. Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

8. Pasar Senthir – Jogja

Wisata Belanja Terbaik di Indonesia

photo via misteraladin.com

Nah buat kamu yang suka mencari barang-barang loak, maka Pasar Senthir bisa kamu kunjungi. Pasar yang buka dari jam 7-12 malam ini. Di pasar ini, kamu bisa menemukan apapun yang kalian cari. Mulai dari peralatan dapur, barang elektronik, fesyen, buku, perkakas untuk merenovasi bangunan, onderdil motor, dan masih banyak lagi.

Pasar ini sangat cocok buat kamu yang suka mengoleksi barang antik. Di wisata belanja ini kamu bisa menemukan kartu pos dan perangko tempo dulu, kompas, majalah jadul, tape kaset lawas, uang koin kuno, piano antik, keris, hingga beragam minyak herbal yang aneh-aneh. Jadi kalau kamu berkunjung ke Malioboro, maka jangan lewatkan mampir di Pasar Senthir karena lokasinya masih berdekatan dengan kawasan Malioboro.

Alamat : Jalan Pabringan Selatan, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta

9. Pasar Klewer – Solo

Wisata Belanja Terbaik di Indonesia

photo via larismanis.com

Destinasi wisata belanja terbaik di Indonesia berikutnya adalah Pasar Klewer yang ada di Solo. Pasar Klewer ini merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Kota Solo. Di pasar ini, kamu bisa membeli beragam batik dengan harga super miring, sehingga kamu bisa memborong apapun yang kamu mau tanpa rasa khawatir.

Meskipun barang dagangannya didominasi oleh batik, namun di tempat ini, kamu juga masih bisa menemukan pakaian-pakaian lain mulai dari baju bayi, gamis, baju anak-anak hingga orang dewasa. Ada juga kaos oleh-oleh, hingga aksesoris.

Alamat : Pagelaran Kraton, Pasar Klewer Blok D.6, Jalan Doktor Radjiman, Gajahan, Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57115

10. Pasar Gede – Solo

Wisata Belanja Terbaik di Indonesia

photo via surakarta.go.id

Pasar Gede yang ada di kota Solo juga wajib dikunjungi karena merupakan salah satu tempat wisata belanja terbaik di Indonesia. Ada banyak daya tarik yang bisa kamu nikmati di pasar ini mulai dari keindahan arsitektur bangunannya, makanan tradisional yang langka, hingga oleh-oleh khas Solo seperti teh cap 999, cap Bola, cap Jaring, Sepeda Balap, cap Ceret, dan Gopek.

Tersedia juga bahan makanan pokok, buah-buahan pakaian, perkakas rumah tangga, peralatan dapur, dan oleh-oleh khas Solo lainnya seperti intip dan abon. Harga-harganya pun sangat murah, sehingga sayang untuk dilewatkan.

Alamat : Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57129

11. Pasar Seni Sukawati – Bali

Wisata Belanja Terbaik di Indonesia

photo via jejakpiknik.com

Kemudian ada Pasar Seni Sukawati yang terkenal di Bali. Hampir semua wisatawan lokal hingga mancanegara yang berlibur ke Bali wajib mengunjungi pasar seni satu ini untuk membeli oleh-oleh.

Pasar Seni Sukawati sendiri merupakan pusat kerajinan seni lokal di Pulau Bali. Di sini kamu bisa menemukan banyak sekali kerajinan tangan seperti tas, patung, kain, lukisan hingga aksesoris. Ada juga dress, kemeja, kaos hingga kulot khas pantai yang bisa dibeli dengan harga yang miring. Lokasinya pun cukup strategis karena berada di jalan utama dekat dengan Ubud.

Alamat : Jalan Raya Sukawati, Sukawati, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

12. Pusat Grosir Surabaya (PGS) – Surabaya

Wisata Belanja Terbaik di Indonesia

photo via suarasurabaya.net

Sementara jika kamu berlibur ke Surabaya, maka kamu wajib mengunjungi Pusat Grosir Surabaya (PGS). Disini merupakan surganya belanja karena terdapat kurang lebih 2000 tenant di tempat grosir ini dengan produk yang beragam.

Di Pusat Grosir Surabaya kamu bisa membeli banyak barang yang dibutuhkan untuk keperluan rumah tangga. Mulai dari pakaian, peralatan rumah tangga, hingga barang elektronik lainnya. Kamupun nggak perlu khawatir dengan harganya karena rata-rata produk yang dijual di tempat ini dibenderol dengan harga yang amat sangat terjangkau.

Alamat : Jl. Dupak Raya No.1, Gundih, Kec. Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur 60172

13. Jembatan Merah Plaza – Surabaya

Wisata Belanja Terbaik di Indonesia

photo via tokokainmurah.com

Selain Pusat Grosir Surabaya, ada juga Jembatan Merah Plaza atau yang lebih dikenal dengan singkatan JMP. Sesuai namanya, pusat perbelanjaan di Surabaya ini terletak di dekat Jembatan Merah yang kental akan sejarah Surabaya di masa kolonial Jepang sebelum merdeka.

Di Jembatan Merah Plaza ini, kamu bisa mendapatkan berbagai barang kebutuhan pribadi ataupun untuk dijual kembali. Mulai dari aneka produk fashion seperti pakaian, tas, sepatu hingga aksesoris. Ada juga perlengkapan dapur, hingga perlengkapan rumah lainnya yang semuanya dibanderol dengan harga murah.

Alamat : Jl. Taman Jayengrono No.2, Krembangan Sel., Kec. Krembangan, Kota SBY, Jawa Timur 60175

14. Pasar Turi – Surabaya

Wisata Belanja Terbaik di Indonesia

photo via jejakpiknik.com

Masih di Surabaya, kamu juga wajib mengunjungi Pasar Turi jika kamu ingin membeli barang secara grosiran. Pasar Turi sendiri dikenal sebagai pusat grosir yang menyediakan berbagai jenis barang secara lengkap.

Di sini kamu bisa menemukan beragam makanan dan minuman khas Surabaya seperti Rujak, cendol, dan beberapa kue-kue tradisional Jawa Timur. Ada juga kebutuhan seperti garment, elektronik, peralatan rumah tangga, sepatu dll. Kamu yang ingin membeli barang secara grosiran untuk dijual kembali, maka Pasar Turi adalah solusinya karena pasar ini memberikan harga terbaik untuk dijual kembali. Harga yang dipatok bersaing dengan pusat grosir lainnya.

Alamat : Jl. Semarang, Bubutan Surabaya

15. Jalan Somba Opu – Makassar

Wisata Belanja Terbaik di Indonesia

photo via review.bukalapak.com

Satu lagi wisata belanja terbaik di Indonesia yang wajib kamu kunjungi adalah Jalan Somba Opu yang ada di Makassar. Di tempat ini kamu akan menemui berbagai kios yang menjual oleh-oleh khas makassar. Mulai dari kuliner khas Makassar, peci, kain, hingga emas.

Lokasi Jalan Somba Opu pun tidak jauh dari pusat kota makassar, dan dari pantai losari, jadi nggak heran jika Jalan Somba Opu, selalu dipadati wisatawan lokal hingga internasional yang berkunjung ke Makassar.

Alamat : Jln. Somba Opu, No. Genap Sulawesi Selatan – Kec. Ujung Pandang – MAKASSAR

Nah itu dia beberapa rekomendasi wisata belanja terbaik di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Selain pasar-pasar tradisional di atas, Indonesia juga masih memiliki berbagai mall-mall modern yang layak disebut sebagai destinasi wisata belanja di Indonesia yang menawarna berbagai barang branded terlengkap. Namun jika kamu mencari yang murah meriah, maka deretan tempat wisata belanja diatas bisa menjadi tujuan yang pas.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.