Tips Memilih Bra Yang Baik Untuk Kesehatan

By Hai Gadis

Bra memiliki fungsi yang penting untuk tubuh, selain menutupi payudara,  bra juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan dan bentuk buah dada. Kamu bisa gunakan tips memilih bra berikut ini untuk bra yang baik dan aman buat kesehatan.

Jika bra yang kamu kenakan tak nyaman, akan ada banyak masalah yang bisa terjadi. Mulai dari iritasi, payudara menjadi kendur, hingga ukura volume payudara yang berbeda. Supaya terhindar dari masalah tersebut, lakukan tips mudah berikut ini ya girls.

Cara Memilih Bra yang Tepat dan Nyaman

tips memilih bra

Photo by uniqlo.com

 

Ukur Lingkar Dada Sebelum Membeli

Mengukur lingkar dada adalah hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk membeli bra. Kamu bisa mengukur lingkar dada dengan tali pengukur atau meteran. Lakukan tepat di bawah payudara, tambahkan 4 inchi jika hasilnya genap dan 5 inchi jika hasilnya ganjil.

Selanjutnya kamu perlu mengukur lingkaran payudara tepat diatas dada. Jika hasilnya sudah kamu dapatkan, cari selisih dengan hasil pengukuran sebelumnya. Misal nih, ukuran lingkar bawah payudaramu 33 inchi dan bagian atasnya 31 inchi, maka hasilnya adalah 2 inchi.

Pilih Cup yang Pas dengan Ukuran Payudara

Kamu sudah dapat nomor untuk menentukan cup bra milikmu nih girls, tinggal pilih ukuran bra yang sesuai. Kalau selisih angka perhitunganmu tadi 2 inchi, maka cup yang pas untuk payudaramu adalah cup B. Berbeda jika selisihnya 0, bra yang pas untukmu adalah ukuran AA.

Apabila selisihnya 1 inchi, pilihan bra mu adalah cup A, kemudian berlanjut terus mengikuti alphabet. Ukuran cup bra bisa hingga DD dengan selisih 5 inchi. Kamu bisa minta bantuan pramuniaga kalau kesulitan memilih bra yang tepat ya!

Pilih Bentuk Bra yang Pas

Tips memilih bra yang baik selanjutnya adalah mempertimbangkan bentuk bra yang akan kamu gunakan. Dengan bentuk bra yang pas, kamu akan merasa nyaman dalam menggunakan bra tanpa khawatir ada keluhan selama pemakaian.

Bra yang bagus adalah bra yang bisa membantu menyokong payudara, sehingga bentuknya tak kendur atau besar sebelah. Namun tak semua bra punya fungsi tersebut lo girls, apalagi jika kamu salah memilih bra. Sebelum membeli perhatikan tali bra, bahan dan kawat yang digunakan agar pas di payudara.

Perhatikan Bagian Bagian Bra

Kalau kamu ingin beli bra dengan busa, pastikan busanya tak tebal dan membuat suhu udara menjadi lembab. Jika suhu terlalu tinggi, kamu bisa cepat gerah dan membuat bakteri lebih mudah berkembang biak.

Hal yang sama untuk bagian belakang bra, pilih yang sayanpnya lebar dan sesuaikan dengan kondisi payudara. Jangan pilih bra yang punya tali belakang kecil, karena tak bisa menahan buah dada secara maksimal. Jangan lupa pilih bahan yang tak menimbulkan alergi ya, jadi bisa meminimalisir terjadinya infeksi.

Ciri Bra yang Tidak Baik untuk Tubuh

Tips memilih bra yang bagus

Photo by self.com

Ada beberapa ciri bra yang harus kamu hindari pemakaiannya girls. Jika kamu rasa ciri-ciri berikut ini terjadi padamu setelah pemakaian bra, ada baiknya segera ganti ke bra lain yang lebih aman.

Muncul Iritasi

Apabila ada bekas merah atau gatal di bagian punggung atas dan dada, besar kemungkinan bra yang kamu gunakan terlalu kuat. Kamu bisa pilih bra dengan kawat yang tak menekan buah dada, sehingga lekukan payudara tetap terjaga.

Tak Mampu Menopang Payudara

Cup bra harusya bisa menopang keseluruhan payudara, tak hanya sebagian kecilnya saja. Pun kalau kamu pakai bra ukuran kecil, dada akan terasa sesak. Hal yang sama kalau ukurannya terlalu besar, payudara malah tak mendapat topangan. Jadi pastikan kamu memilih bra yang tepat ya!

Tali Melorot atau Bra yang Geser

Kalau bra yang kamu gunakan pas, maka bra tak akan terangkat ketika kamu bergerak. Tali bra juga tak akan turun dan kendur, meskipun kamu gunakan seharian. Apabila bra yang kamu gunakan bergeser, talinya turun dan terasa tak nyaman, sebaknya ganti yang sesuai dengan ukuran cup-mu girls.

Tak sulit bukan tips memilih bra yang baik diatas? Kamu bisa minta bantuan ibu, kakak, atau teman jika memang mengalami kesulita ketika memilih bra ya!

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.