Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Organ Intim Wanita

7 bulan, by Hai Gadis

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Organ Intim Wanita

Makanan yang kamu konsumsi sehari-hari memang memiliki dampak bagi kesehatan lho. Salah satunya adalah kesehatan organ intim. Sebagai wanita, tentunya permasalahan di organ intim sering muncul. Jika hal ini terjadi, tentu akan membahayakan kesehatanmu karena bisa memicu terjadinya penyakit tertentu. Untuk itu, organ intim wanita perlu sekali untuk dijaga kesehatannya, misalnya dengan mengonsumsi makanan untuk kesehatan organ intim. Namun nggak hanya itu, kamu pun perlu merawat organ intim dengan cara seperti berikut ini.

Tips merawat kesehatan organ intim wanita

a. Hati-hati dalam memakai sabun pembersih organ intim

Dalam merawat kesehatan organ intim, tentu kamu sangat perlu menjaga kebersihannya. Apalagi area organ intim wanita termasuk sensitif, sehingga harus dirawat dengan baik. Oh ya, penggunaan sabun pembersih khusus organ intim juga terkadang nggak perlu kamu pakai kalau nggak benar-benar membutuhkan lho. Sebab, pemakaian sabun justru bisa merusak pH alami. Padahal, organ intim wanita bisa membersihkan dirinya sendiri dengan mengeluarkan cairan, misalnya saja seperti keputihan yang normal.

b. Membersihkan organ intim wanita dengan baik

Membersihkan organ intim dengan baik ini misalnya adalah membasuhnya dengan air mengalir yang bersih. Kemudian saat datang bulan, jangan sampai deh menunda-nunda mengganti pembalut.

c. Mengganti celana dalam secara teratur

Mengganti celana dalam secara teratur juga perlu dilakukan untuk merawat kesehatan organ intim. Hal ini karena celana dalam yang digunakan wanita bisa mudah lembap. Jika nggak diganti secara teratur, maka bisa menyebabkan tumbuhnya jamur atau bakteri jahat yang justru berisiko membahayakan organ intim. Kemudian pemilihan celana dalam juga sebaiknya yang berbahan katun agar kulit bisa bernapas dengan baik.

d. Melakukan pola hidup sehat

Menjaga kesehatan organ intim wanita nggak hanya bisa dilakukan dari luar, tetapi juga dari dalam melalui pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat ini bisa meliputi olahraga teratur, istirahat dengan cukup, dan juga mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Berbicara soal makanan yang bergizi seimbang, banyak lho makanan yang ternyata bagus untuk kesehatan organ intim wanita. Makanan-makanan tersebut memiliki kandungan gizi tertentu yang bisa menyeimbangkan hormonal wanita yang berpengaruh pada kesehatan organ intim. Kamu bisa mengonsumsinya karena makanan pasti akan lebih alami dibandingkan mengonsumsi obat-obatan maupun suplemen. Nah, berikut ini adalah makanan untuk kesehatan organ intim yang bisa kamu konsumsi, Girls.

Makanan untuk kesehatan organ intim

1. Apel

Apel

Salah satu makanan untuk kesehatan organ intim wanita adalah buah apel. Apel ini selain rasanya lezat, juga baik untuk hormonal wanita. Pasalnya, apel ini mengandung zat berupa phytoestrogen phloridzin yang baik dalam melancarkan aliran darah di area organ intim. Hal ini tentu sangat bermanfaat agar organ intim bisa berfungsi seksual dengan baik.

2. Yogurt

Yogurt

Yogurt juga termasuk makanan yang baik untuk kesehatan organ intim nih, Girls. Minuman fermentasi susu ini mengandung probiotik atau bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain bisa menjaga kesehatan pencernaan, yogurt juga bisa untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. Sebab, yogurt ini memiliki kandungan berbagai bakteri baik. Bakteri baik ini akan bermanfaat dalam menyeimbangkan pH di area organ intim, sehingga terhindar dari infeksi deh.

3. Pisang

Pisang

Makanan untuk kesehatan organ intim selanjutnya adalah pisang. Pasti kamu doyan, ‘kan? Beberapa zat gizi yang berperan penting dalam kesehatan organ intim wanita adalah vitamin B6, vitamin C, dan beberapa mineral. Nah, pisang ini adalah salah satu makanan yang recommended. Pisang mengandung vitamin-vitamin tersebut dan juga memiliki kandungan mangan, kalium, dan biotin. Kandungan-kandungan tersebut bisa memperkuat dinding organ intim dan menyeimbangkan sistem hormonal.

4. Alpukat

Alpukat

Sebagai makanan yang mengandung sumber lemak baik, alpukat juga bisa kamu konsumsi sebagai makanan untuk kesehatan organ intim. Lemak memiliki kandungan lemak baik dan vitamin B6 yang akan membantu dalam proses seksual dan menjaga hormonal wanita agar seimbang. Contohnya adalah hormon esterogen. Selain itu, alpukat ini juga memiliki kandungan omega-3 yang bisa meningkatkan mood positif. Hal ini juga berpengaruh agar r hubungan seksual bisa lebih bergairah dan organ intim pun akan tetap sehat.

5. Teh hijau

Teh Hijau

Kalau kamu suka teh hijau, bebahagialah Girls karena minuman ini juga baik untuk kesehaan organ intim wanita. Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan seperti katekin dan polifenol yang bisa membunuh bakteri jahat di organ intim seperti E.coli. Kamu pun akan terhindar dari penyakit infeksi saluran kemih.

6. Ubi

Ubi

Jangan ragu untuk mengonsumsi ubi, ya. Soalnya ubi juga termasuk makanan yang baik untuk kesehatan organ intim. Ubi memiliki kandungan beta karoten dan vitamin A yang bermanfaat dalam produksi hormonal reproduksi wanita. Manfaatnya, organ intim akan lebih sehat dan juga bisa meningkatkan kesuburan pada sistem reproduksi lho.

7. Cranberry

Cranberry

Ada lagi nih makanan untuk kesehatan organ intim yang bisa kamu konsumsi secara rutin, yaitu cranberry. Cranberry memiliki kandungan PACs (A-type proanthocyanidins) yang merupakan molekul untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kencing. Sebab, molekul ini bisa membunuh bakteri jahat yang menempel di area organ intim wanita. Oh ya, kalau ingin konsumsi cranberry, usahakan dimakan secara utuh ya agar manfaatnya lebih terasa.

8. Ikan

Ikan

Ikan juga termasuk makanan untuk kesehatan organ intim yang bisa kamu konsumsi secara rutin, Girls. Ikan megandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat dalam meningkatkan sirkulasi darah di area organ intim. Selain meningkatkan gairah seksual, hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan organ intim. Asam lemak omega-3 ini juga membantu mengatasi kekeringan organ intim terutama pada wanita pascamenopause.

9. Kedelai

Nah, jangan lupa juga untuk konsumsi makanan yang berasal dari bahan kedelai seperti tahu dan tempe, Girls. Kedelai ini akan membantu mencegah organ intim wanita mengalami kekeringan karena mampu meningkatkan hormon esterogen. Apalagi jika kekeringan tersebut disebabkan karena rendahnya hormon esterogen. Sebagai makanan untuk kesehatan organ intim, kedelai mengandung isoflavin yang dapat menyerap air ke tubuh. Selain itu juga mengandung phytoestrogen agar organ intim nggak kering dan tetap sehat.

10. Telur

Telur

Meski cenderung tinggi kolesterol, telur ini juga memiliki kandungan gizi lain seperti asam lemak omega-3, protein, riboflavin, dan vitamin B12. Kandungan gizi tersebut mampu memperkuat dinding organ intim dan mencegah organ intim kering. Selain itu, telur juga mampu menyeimbangkan sistem hormonal pada organ intim wanita. Nah, makanan untuk kesehatan organ intim yang satu ini tentunya mudah ditemukan, ‘kan?

11. Sayuran hijau

Sayuran hijau

Sayuran memang termasuk bahan makanan yang kaya akan manfaat, salah satunya pada kesehatan organ intim wanita. Sayuran hijau ini kaya akan kandungan zat gizi yang bermanfaat dalam membersihkan organ intim secara alami. Selain itu, sirkulasi darah di area organ intim juga bisa lebih lancar sehingga organ intim nggak akan kering. Oh ya, untuk aktivitas seksual, sayuran hijau juga bermanfaat dalam meningkatkan sinsitivitas. Organ intim kamu bakalan tetap sehat deh kalau rutin konsumsi sayuran hijau.

12. Air putih

Air Putih

Untuk menjaga kesehatan organ intim, kamu juga nggak boleh kekurangan cairan, Girls. Itulah sebabnya kamu harus mencukupi kebutuhan cairanmu dengan banyak mengonsumsi air putih. Air putih akan bermanfaat dalam menjaga kelembapan organ intim sehingga kebersihannya akan terjaga. Kamu pun juga bisa terhindar dari infeksi saluran kemih lho.

13. Jagung

Jagung

Jagung juga termasuk makanan untuk kesehatan organ intim yang kaya akan vitamin dan berbagai mineral lho. Tentunya, kandungan gizi tersebut bisa membantu melancarkan sirkulasi darah di area organ intim. Organ intim kamu pun akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Lagi pula, jagung termasuk bahan makanan yang mudah didapat, bukan?

14. Cabai

Cabai

Bagi kamu penyuka makanan pedas, cabai juga menjadi makanan untuk kesehatan organ intim yang bisa kamu konsumsi nih. Soalnya, cabai memiliki kandungan capsaicin untuk melancarkan sirkulasi darah di area organ intim. Sehingga kesehatan organ intim akan terjaga dan berhubungan seksual pun menjadi lebih baik. Oh ya, kalau ingin konsumsi cabai, sewajarnya saja ya. Jangan terlalu memaksakan.

15. Bawang putih

Bawang Putih

Sebagai makanan yang terkenal dengan kandungan antimikrobanya, bawang putih juga bermanfaat bagi kesehatan organ intim. Bawang putih ini akan membantu agar organ intim terhindar dari bakteri jahat yang bisa memicu penyakit infeksi. Organ intim pun akan lebih sehat dan pH-nya akan lebih terjaga dengan bakteri baik yang sudah ada secara alami. Nah, kalau ada bawang putih di dalam masakanmu, jangan dibuang ya, Girls.

Makanan yang perlu dihindari untuk kesehatan organ intim

Selain makanan untuk kesehatan organ intim yang dianjurkan untuk kamu konsumsi, ada juga makanan yang perlu kamu hindari karena berisiko mengganggu kesehatan organ intim. Berikut ini adalah makanan-makanan tersebut.

1. Makanan olahan

Makanan olahan maksudnya adalah makanan yang banyak melalui proses pengolahan. Misalnya adalah makanan-makanan instan, makanan kemasan, dan lain sebagainya. Untuk menjaga kesehatan organ intim, kamu nggak dianjurkan banyak mengonsumsi makanan olahan, Girls. Soalnya makanan olahan bisa menekan sistem kekebalan tubuh. Kalau sistem kekebalan tubuh menurun, bakteri jahat bisa meningkat. Ini akan menyebabkan ketidakseimbangan bakteri di organ intim yang bisa memicu infeksi.

2. Konsumsi makanan dengan terlalu banyak gula

Makanan yang banyak mengandung gula juga perlu kamu hindari nih, Girls. Soalnya terlalu banyak konsumsi gula bisa menyebabkan ketidakseimbangan bakteri baik di organ intim. Hal ini tentu juga memicu risiko terjadinya infeksi, jamur, bau nggak sedap, dan lain sebagainya.

Itu dia berbagai makanan untuk kesehatan organ intim wanita yang bisa kamu konsumsi secara rutin dan beberapa makanan yang perlu kamu kurangi. Oh ya, makanan-makanan tersebut tetap harus dikonsumsi secara seimbang dengan makanan lain, ya. Selain itu, kamu pun tetap nggak boleh lupa menjaga kesehatan organ intim dari luar.

 

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *